You are on page 1of 10

A.

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor didirikan tanggal 18 Mei 1817 oleh Prof. Dr.
C. G. C. Reindwart, seorang ahli botani berkebangsaan Jerman. Pada
awalnya kebun ini bernama s’Lands Plantentuin te Buitenzorg, yang
menjadi pusat introduksi berbagai tanaman ekonomi penting
pertanian. Kelapa sawit (Elaeis guinensis) adalah salah satu
komoditi pertanian yang diintroduksi dari Afrika Barat ke Indonesia
melalui Kebun Raya Bogor yang akhirnya menjadi induk kelapa
sawitse-Asia Tenggara.
Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor adalah sebuah
kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Luasnya
mencapai 87 hektaree dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan
tumbuhan. Saat ini Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi sebagai
tempat wisata, terutama hari Sabtu dan Minggu. Di sekitar Kebun
Raya Bogor tersebar pusat-pusat keilmuan yaitu Herbarium
Bogoriense, Museum Zoologi Bogor, dan PUSTAKA.
Kebun Raya Bogor pada mulanya merupakan bagian dari
'samida' (hutan buatan atau taman buatan) yang paling tidak telah
ada pada pemerintahan Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi,
1474-1513) dari Kerajaan Sunda, sebagaimana tertulis dalam

Koleksi unik lainnya. J. Begitu memasuki gerbang utama Kebun Raya Bogor. Sekitar 10. salah seorang kurator Kebun Raya Bogor yang banyak berkarya dalam bidang lansekap. semakin melengkapi keragaman koleksi yang ada. meranti (Dipterocarpaceae) dan kantung semar (Nephentaceae). Taman Kaktus. Di samping samida itu dibuat pula samida yang serupa di perbatasan Cianjur dengan Bogor (Hutan Ciung Wanara). teratai raksasa (Victoria amazonica) dan pohon-pohon tua seperti leci.). Hutan ini kemudian dibiarkan setelah Kerajaan Sunda takluk dari Kesultanan Banten. Jalan Astrid. Hutan buatan itu ditujukan untuk keperluan menjaga kelestarian lingkungan sebagai tempat memelihara benih benih kayu yang langka. dan 1835. tampak deretan pohon kenari (Canarium vulgare) di sebelah kiri dan kanan jalan. yaitu Taman Lebak Sudjana Kasan. Masih banyak tempat lain yang menarik.000 spesimen anggrek koleksi Kebun Raya Bogor ditampilkan di rumah anggrek yang dilengkapi sistem fogging sebagai pengatur kelembaban. Pohon . Kemudian Taman Teysmann. berasal dari Sulawesi dan Maluku ini menimbulkan kesan tersendiri. Smith. Kebun Raya Bogor juga memiliki beberapa tempat dan bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. seperti Bunga Titan Arum (Amorphophallus titanum Becc.prasasti Batutulis. seperti pohon raja (Koompassia excelsa). juga Monumen J. Bunga dengan perbungaan terbesar di dunia ini tingginya bisa mencapai 3 meter. terdapat pohon palem (Arecaceae). 1834. Pohon yang ditanam tahun 1831. tanaman obat. randu dan jati. Selanjutnya. hingga Gubernur Jenderal van der Capellen membangun rumah peristirahatan di salah satu sudutnya pada pertengahan abad ke-18. buah-buahan langka. Selain koleksi tanaman tropis. ia menebarkan bau bangkai sehingga mengundang serangga untuk membantu penyerbukannya. Kebun Raya Bogor memiliki beberapa koleksi menarik yang diminati masyarakat. Jembatan Gantung. Pada saat mekar. sebuah taman bergaya formal yang dibangun tahun 1889 sebagai penghargaan kepada Johannes Teysmann.

Museum ini terbagi menjadi dua. H. Bogor. laboratorium ini didirikan sebagai sarana . Koningsberger ahli botani berkebangsaan Jerman. salah satunya dibuka setiap hari untuk umum yang berisi ruang pameran terletak di Jalan Ir. C. Awal berdirinya Museum Zoologi Bogor merupakan laboratorium zoologi dengan nama Landbouw Zoologisch Laboratorium yang didirikan pada tahun 1894 gagasan dari J. serta Monumen Lady Raffles adalah tempat yang jarang dilewatkan begitu saja.Bogor Km. 9 Bogor. berada di Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong tepatnya di Jalan Raya Jakarta . Juanda No. museum yang satu lagi berfungsi sebagai tempat koleksi dan hanya dibuka untuk umum setahun sekali pada bulan Oktober. Kuburan Belanda. memiliki koleksi yang berkaitan dengan dunia satwa seperti berbagai spesimen yang diawetkan maupun fosil hewan.46 Cibinong.Kalong. Musium Zoologi Bogor Museum Zoologi Bogor adalah museum yang terletak di Bogor. Kedua bagian museum ini dikelola oleh Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi-LIPI.

dan invertebrata lain yang bukan moluska dan serangga. 3.000 contoh binatang (spesimen).937 contoh binatang. pada tahun 1910 kemudian berubah lagi menjadi Zoologisch Museum en Laboratorium. 1. dari 19.penelitian yang berkaitan dengan pertanian dan zoologi. koleksi berbagai jenis ikan terdiri dari 12. reptil dan amphibi. koleksinya terdiri dari berbagai jenis binatang menyusui yang dukumpulkan dari berbagai kepulauan di Indonesia. ikan. Ikan. Jumlah seluruhnya 1.000 jenis. meliputi 30.762 contoh binatang. serangga.000 jenis yang diwakili oleh 140. Reptil dan amfibia. Koleksi Museum Zoologi yang berada di gedung Widyasatwaloka. dengan pembangunan yang didanai dari dana hibah Bank Dunia dan Jepang. Ruang koleksi tempat penyimpanan spesimen burung suhu udara di ruangan dipertahankan pada 22° C untuk menjaga agar koleksi tidak hancur. 4.05% contoh binatang (spesimen) yang dimiliki oleh Bidang Zoologi. 2. Pusat Penelitian Biologi.5% jumlah jenis fauna yang terdapat di Indonesia. Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong meliputi 3. koleksi dikumpulkan dari wilayah Indonesia Timur dan Barat. Burung. koleksi yang tersimpan tercatat 763 jenis. . dan akhirnya sampai sekarang menjadi Museum Zoologi Bogor. moluska. Antara tahun 1945-1947 tempat ini dikenal dengan nama Museum Zoologicum Bogoriense. Tempat koleksi museum ini memiliki 24 ruangan koleksi dan baru ditempati pada 1997. Koleksi ilmiah yang dimiliki museum ini meliputi kategori antara lain: mamalia. dan dari keberagaman fauna di Indonesia hanya 0. Pada tahun 1906 namanya berubah menjadi Zoologisch Museum and Wekplaats. LIPI.000 contoh binatang. burung. Mamalia. terdiri dari 30. Jumlah koleksi 650 jenis.

Serangga.100 jenis burung. Koleksi kebun raya bogor yang terkenal adalah bunga bangkai. 6.000 contoh binatang. Hasil Kunjungan Dan Rekomendasi Pada hari ke 5 yaitu hari kamis 7 mei 2015 tepat pukul 08.000 jenis serangga. 7. bunga bangkai menjadi salah satu daya tarik utama Kebun . koleksi moluska yang tersimpan tercatat 959 jenis yang dari 13. Kesemua koleksi hewan yang ada disini dipajang dalam sebuah wadah khusus dan dibatasi dengan kaca. Invertebrata lain. Untuk Anda yang ingin kesini jangan lupa untuk mencatat jam bukanya dari pukul 08. Koleksi serangga tercatat 12. Satwa-satwa yang ada disini terdiri dari 650 jenis mamalia. B. Jangan lupa untuk mengajak anak dan keluarga berkunjung ke Museum Zoologi ini supaya pengetahuan mereka tentang hewan semakin bertambah.00 - 11.558 contoh binatang. 600 jenis reptil dan jug aikan. Koleksi yang terkumpul ada 700 jenis dari 1. 5. tediri dari jenis-jenis invertebrata bukan moluska dan serangga.000 jenis. Museum Zoologi Bogor merupakan tempat penyimpanan serangga terlengkap dan terbesar di Asia Tenggara. Satwa-satwa tersebut dikelompokkan menurut jenisnya.146 contoh binatang.00. 1. Moluska. 700 invertebrata dan juga 10. Sesampainya di sana kami dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengikuti pemandu yang telah siap untuk memberikan penjelasan kepada kami.30 kami rombongan KKL PGSD UMP 2015 mengunjungi tempat wisata Kebun Raya Bogor dan Musium Zoologi bogor. merupakan kelompok binatang yang paling banyak jumlah koleksinya. dari 2.580.00 – 17.

Bunga ini dapat mencapai tinggi 2m dan merupakan bunga majemuk terbesar di dunia tumbuhan dan di kebun raya bogor ada pohon kelapa sawit tertua di Asia Tenggara yang masih hidup sampai sekarang. Beberapa koleksi kebun raya bogor yang kami ambil gambarnya: . karena saat-saat mendekati mekar akan mengeluarkan bau bangkai yang menyengat. Oleh pemandu kami di ajak berkeliling melihat koleksi – koleksi yang lainnya.Raya Bogor. Namun saat kami mengunjungi kebun raya bogor bunga bangkai yang menjadi salah satu daya tarik utama kebun raya bogor baru saja di tanam.

.

tanpa resiko ketika berhubungan dengan binatang yang hidup. ikan serangga dan lainnya. unggas. Di dalam Kebun Raya Bogor ini. karena banyak dari koleksi binatangnya sekarang sudah sangat sulit dijumpai di habitat aslinya atau punah oleh karena pertumbuhan populasi manusia atau pun Revosi. Koleksi museum sungguh memberikan Edukasi kepada kita yang membuat imajinasi kita berkembang. memiliki Koleksi Binatang – Binatang yang ada di Indonesia maupun dari Luar Indonesia. Museum Zoologi Bogor ini juga memiliki Koleksi Binatang langka yang telah punah maupun yang masih tersisa yang telah diawetkan. . Seperti berbagai jenis binatang mamalia. Kita bisa melihat Binatang yang telah diawetkan tersebut dalam jarak yang sangat dekat. Beberapa contoh koleksi musium yang kami foto.

Saran .C.

SMP. banyak pengetahuan yang ada di kebun raya bogor dan musium Zoologi untuk pembelajaran IPA di sekolah dasar. .Kebun raya bogor dan musium Zoologi menjadi salah satu tempat wisata yang bisa di jadikan sebagai alternatif untuk pembelajaran. SMA dan perguruan tinggi.