You are on page 1of 12

Tahapan Seleksi

1. Fasilitasi Seleksi Calon Peserta dan Sosialisasi Program Bantuan PDS/PDGS di Provinsi

Daftar usulan calon peserta yang diajukan oleh masing-masing Dinas Kesehatan Provinsi
selanjutnya akan ditelaah kembali oleh Tim Pelaksana dan Pengelola Program Bantuan
PDS/PDGS Kemenkes. Daftar calon peserta hasil telaah oleh Tim dimaksud kemudian akan
disampaikan kepada Dinas Kesehatan Provinsi. Selanjutnya Dinas Kesehatan Provinsi
memanggil calon peserta untuk mengikuti Fasilitasi Seleksi Calon Peserta dan Sosialisasi
program bantuan PDS/PDGS di Provinsi pengusul sesuai jadwal yang telah ditetapkan (Tentatif
jadwal fasilitasi terlampir).
Bagi calon peserta baru (bukan residen) wajib mengikuti pelaksanaan fasilitasi seleksi
administrasi dan sosialisasi program bantuan PDS/PDGS di Provinsi pengusul. Calon
peserta yang berstatus residen wajib melengkapi persyaratan sesuai ketentuan dan tidak
perlu membeli dan mengisi formulir pendaftaran peserta dari Pusat Data Pendidikan
Tinggi.
Diinformasikan pada seluruh calon peserta diwajibkan menyiapkan laptop dan modem
serta rekomendasi yang sudah di file scanning.

2. Seleksi Administrasi

Seleksi administratif dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan dengan memperhatikan usulan
dari Dinas Kesehatan Provinsi. Dinas Kesehatan Provinsi melaksanakan koordinasi penerimaan
calon peserta program yang diusulkan oleh Pimpinan Unit Kerja/Direktur Rumah Sakit yang
masih membutuhkan tenaga dokter spesialis/dokter gigi spesialis dengan mengacu kepada
Permenkes 56 tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perijinan Rumah Sakit.
Tim Pelaksana dan Pengelola Program Pemberian Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter
Gigi Spesialis akan melakukan kajian dan analisis terhadap rekapitulasi data calon peserta yang
diusulkan dari masing-masing Provinsi, dan disesuaikan dengan rencana kebutuhan program,
tenaga kesehatannya, yang sedang pendidikan, akan pensiun, dan alokasi dana yang tersedia.

Standar kebutuhan tenaga spesialis di rumah sakit berdasarkan kelas

Kelas RS Kebutuhan Peminatan/spesialisasi

4 spesialis dasar 4 spesialisasi penunjang lainnya

Standar Jlh Standar Jlh Standar Jlh

D Wajib 1

diharapkan kepada para calon peserta untuk melampirkan data keadaan dan kebutuhan tenaga spesialis beserta kelengkapan peralatan standar rumah sakit untuk mendukung pelayanan spesialistik yang diajukan. Verifikasi keadaan dan kebutuhan spesialis di rumah sakit Kelas 4 spesialis dasar 4 spesialisasi penunjang Spesialisasi lainnya RS Std Ada Sklh Bth Std Ada Sklh Bth Std Ada Sklh Bth D Belum prioritas Belum prioritas C Belum prioritas B Keterangan Std : standar kebutuhan Ada : Jumlah spesialis yang ada Sklh : peserta yang sedang sekolah Bth: : spesialis yang masih dibutuhkan . C Wajib 2 Wajib 1 B Wajib 3 Wajib 2 Wajib 1 Untuk itu.

Batasan umur maksimal. Fakultas Kedokteran/Fakultas Kedokteran Gigi penyelenggara Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis akan melaksanakan seleksi akademik bagi calon peserta yang direkomendasikan oleh kementerian Kesehatan dengan sebelumnya melaksanakan seleksi kesesuaian terhadap ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan oleh masing-masing Fakultas Kedokteran/ Fakultas Kedokteran Gigi. Para calon peserta diwajibkan untuk memenuhi ketentuan dan persyaratan akademik yang ditentukan oleh FK/FKG penyelenggara PPDS/PPDGS. Pengalaman klinik. Para peserta yang tidak memenuhi ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan oleh FK/FKG tidak dapat merubah peminatan Program Studi dan FK/FKG yang telah dipilih. 5. Seleksi Akademik Calon peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi oleh Kementerian Kesehatan akan diajukan untuk mengikuti seleksi akademik sesuai dengan pengantar yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan melalui Tim Pelaksana dan Pengelola Program Pemberian Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis.Bagi calon yang sesuai dengan ketentuan akan dinyatakan lulus seleksi administrasi dan akan direkomendaskan untuk mengikuti seleksi akademik sesuai pilihannya di Fakultas Kedokteran/Fakultas Kedokteran Gigi penyelenggara Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau pihak berwenang lainnya. 3. 6. . Score TOEFL minimal. 4. Ketentuan dan persyaratan akademik yang ditetapkan oleh FK/FKG diantaranya adalah: 1. Sertifikat bukti mengikuti pendidikan dan pelatihan yang diwajibkan (misalkan ATLS. ACLS dan lain-lain). Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal. Mengingat bervariasinya ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan di masing-masing FK/FKG penyelenggara PPDS/PPDGS maka para calon peserta diharapkan dapat secara proaktif untuk mendapatkan informasi dimaksud. Waktu penyelesaian pendidikan kedokteran. 2. 3.

5. Penetapan Peserta dan Penerbitan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Hasil Kajian dari Tim Pelaksana dan Pengelola Program Pemberian Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis diajukan kepada Menteri Kesehatan untuk ditetapkan melalui Penerbitan Surat Keputusan Menteri Kesehatan tentang Peserta Penerima Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis Kementerian kesehatan. Verifikasi Calon Peserta Penerima Bantuan Pendidikan Calon peserta yang dinyatakan lulus seleksi akademik oleh FK/FKG diserahkan oleh Dekan FK/FKG kepada Tim Pelaksana dan Pengelola Program Pemberian Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis cq. Calon peserta yang telah lolos proses pra penetapan oleh Tim Pelaksana dan Pengelola Program Pemberian Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis akan diajukan kepada Menteri Kesehatan untuk ditetapkan sebagai Peserta Penerima Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis Kementerian Kesehatan. Kepala Dinas Kesehatan Propinsi dan pihak terkait lainnya. Bila calon peserta baru masih belum memenuhi kuota peserta yang akan dibiayai pada periode tersebut maka akan ditetapkan calon peserta yang berasal dari residen (sudah mengikuti seleksi akademik dan dinyatakan lulus seleksi akademik tanpa melalui proses penerimaan/pemberkasan formulir pendaftaran calon peserta PPDS/PPDGS Kementerian Kesehatan dari awal). verifikasi dan pengecekan silang data secara komprehensif terhadap calon peserta dimaksud termasuk kesesuaian kuota anggaran.4. Pusat Peningkatan Mutu SDM Kesehatan. Tim Pelaksana dan Pengelola melakukan klarifikasi. Surat Keputusan Menteri Kesehatan tersebut selanjutnya didistribusikan kepada Pimpinan Institusi Pendidikan. Penyerahan nama- nama peserta yang lulus seleksi akademik disusun berdasarkan ranking untuk memudahkan penilaian penetapannya. . Dalam pelaksanaan proses pra penetapan. Tim Pelaksana dan Pengelola Program Pemberian Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis selanjutnya melakukan kajian dengan menetapkan calon peserta baru yang telah dinyatakan lulus seleksi akademik dan telah melalui proses pra penetapan.

Jika data belum lengkap. data peminatan dan lampiran persyaratan. calon peserta yang mengikuti program bantuan pendidikan dookter spesialis/dokter gigi spesialis diwajibkan mendaftar secara online melalui website: www.bppsdmk. termasuk diantaranya data pendaftaran.depkes. riwayat pendidikan. 3. Dan ini di batasi sekali konfirmasi saja. Tuliskan Kode Pendaftaran pada bagian luar amplop surat permohonan. Melengkapi riwayat pribadi. riwayat pendidikan. maka akan muncul pesan “Ditolak” dan calon peserta diberi kolom untuk menanyakan alasan ditolak. yaitu proses menunggu hasil pengiriman berkas fisik kepada Administrator di Dinkes Propinsiropinsi. riwayat pribadi. Selanjutnya bila ingin menanyakan lebih detail. Data Pengusul. yang dapat digunakan untuk masuk ‘Login Melengkapi Data Pelamar’.go. Setelah administrator Dinkes Propinsi selesai menyeleksi. 5. maka calon peserta akan menerima email verifikasi yang berisi account berupa ‘ID User’ dan ‘Password’. yang bisa dibuka pada kotak inbox account email calon peserta. 4. Rencana Penempatan. maka akan muncul pesan “Diterima”. Kirimkan dokumen fisik hasil print out aplikasi beserta lampiran dokumen yang disertakan Tahap II Pendaftaran Tahap II berupa seleksi administratif dari Dinkes Propinsi. Tahapan yang dilalui pada tahap ini.Langkah Pendaftaran Mulai tahun 2013.id/ppds. Print out data permohonan bantuan pendidikan. riwayat keluarga. harap mempergunakan fasilitas “Mesage Service” . Selanjutnya calon peserta dapat mengisi Formulir Pendaftaran Online. Informasi Email Pelamar. riwayat pekerjaan dan data peminatan. . 2. Melengkapi data lampiran dokumen dan sertifikat yang diwajibkan. Jika telah memenuhi persyaratan pendaftaran secara online. maka akan mucul pesan informasi pendaftaran pada tahap selanjutnya (Ditolak atau Diterima). Jika kelengkapan data anda telah dinyatakan terpenuhi. maka calon peserta akan menerima email konirmasi dan verifikasi tentang pendaftaran. antara lain : 1. riwayat keluarga. Para calon peserta dapat meng ‘klik’ pada menu ‘Pendaftaran Online’ dan klik pada ikon ‘Pendaftaran Tahap XII’. Setelah diverifikasi oleh Tim Administrator. Selanjutnya calon peserta mengikuti 5 langkah yang harus dilakukan dan harus dipenuhi yaitu: Tahap I Mengisi kelengkapan data calon peserta.

Daftar nama peserta penerima bantuan pendidikan dapat diakses pada bagian bawah halaman ini. Pelamar wajib melakukan ujian akademik pada Pusat Pendidikan yang telah ditentukan. 3. Tahapan langkah ini adalah : 1. Persyaratan dan konfirmasi lebih lanjut dapat diakses melalui tabel informasi dan konfirmasi. Untuk informasi selengkapnya terkait pendaftaran online dapat dicermati melalui Buku Panduan Sistem Pendaftaran Online yang dilampirkan pada surat edaran ini. 3.Tahap III Tahap ini berupa seleksi administratif dari BPPSDMK Kemkes. Tahapan pada langkah ini adalah : 1. yaitu proses menunggu hasil seleksi dari administrator di tingkat BPPSDMK Kemkes. Buku Panduan tersebut dapat . 4. maka akan mucul pesan informasi pendaftaran pada tahap selanjutnya (Diterima atau Ditolak). Hasil ujian akademik akan diproses lebih lanjut oleh Kemkes. 2. 4. 3. 2. Kemkes akan melakukan verifikasi kembali terhadap hasil seleksi akademik yang dinyatakan lulus. 2. Tahap V Tahap ini berupa seleksi penerimaan bantuan. yaitu proses menunggu hasil seleksi dari adminitrator di tingkat pusat pendidikan. Hasil ujian akademik dari FK/FKG sedang diproses oleh Kemkes. yaitu proses menunggu hasil pengiriman berkas fisik kepada Administrator di Kemkes. Penitia Pusat adalah BPPSDMK Kemkes beserta unit terkait lainnya akan melakukan seleksi administratif. Setelah administrator Kemkes selesai menyeleksi. maka akan mucul pesan informasi pendaftaran pada tahap selanjutnya (Ditolak atau Diterima) Tahap IV Tahap ini berupa seleksi akademik di pusat pendidikan (FK/FKG). Berkas pengajuan anda telah disetujui oleh Kemkes. Selanjutnya calon peserta yang telah dinyatakan lulus verifikasi akan ditetapkan melalui SK Menteri Kesehatan sebagai Peserta Penerima Bantuan Pendidikan. Setelah administrator Kemkes selesai menyeleksi. Tahapan pada langkah ini adalah : 1. Persyaratan dan konfirmasi lebih lanjut dapat diakses melalui tabel informasi dan konfirmasi. 4. Berkas pengajuan anda akan segera di proses oleh Panitia Pusat.

depkes.id/ppds pada menu Kategori Dasar Hukum (pada kolom kanan laman website) di sub menu Petunjuk Umum.juga didownload melalui alamat website www.go. calon peserta dapat melakukan konfirmasi kepada Tim Kemkes apakah proses registrasi yang dilaksanakan sudah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. .bppsdmk. Calon peserta yang mengikuti pendaftaran online diharapkan datang pada acara Sosialisasi dan Pendampingan Pendaftaran Online Program Bantuan Pendidikan Dokter Spesialis/Dokter Gigi Spesialis Kemkes yang diselenggarakan di Ibukota Provinsi masing- masing sesuai jadwal yang ditetapkan pada surat edaran ini. Pada acara sosialisasi dan pendampingan tersebut.

.karena itu adalah program pemerintah... 535/MENKES/PER/VI/2008..... Oya gosipnya PPDS BK ini cm sampe tahun 2014 loh. apa yg harus dilakukan..ya kesadaran aja si. nah..... berilah kesempatan bagi yg ingin sekolah tp mempunyai kendala biaya...atau minimal bgt...byk yg beranggapan yg bs ikut PPDS BK itu cm PNS/CPNS.Cara Mengikuti PPDS BK Assalamualaikum Wr.baik statusnya PNS/CPNS ataupun Swasta.Wb Mungkin TS semua sering mendengar tentang PPDS BK..... siapa aja sih yang bs ikut??? disini sy akan cb berbagi pengalaman bagaimana supaya bs mengikuti PPDS BK..... Siapa aja yg bs ikut jawabannya semua dokter/dokter gigi bisa ikut.. tp itu salah. Tp y..semuanya berpeluang ko.makanya buruan dech daftar. jd siapapun bs daftar alias bs ikut.. Program PPDS BK itu sebenernya sdh ada sejak tahun 2008 yang merupakan program tugas belajar yg ditetapkan oleh pemerintah yang diatur dalam PerMenKes No.... tp g tau gmn caranya.siapa tau aja diterima&dapet bantuan dr pemerintah utk sekolah lg...yang paling sering jd pertanyaan adalah gmn caranya yg dokter swasta bs ikut???? mgkn ini lah yg infonya sering tidak ada.. .....klo bs si dimohon kesadarannya bagi yg mampu g usah ngikutin program ini...

tp bagi dokter klinik atau dokter swasta gmn caranya?? Yang perlu diingat pendaftaran PPDS BK dibuka setahun hanya 2 kali yaitu utk periode Januari dan Juli....sy berasal dari dokter swasta di RS kecil....sangat beruntung jika TS berasal dr kota kecil...karena apa??klo menunggu bln tersebut akan telat nantinya.tanpa adanya surat usulan dr dinkes kab tersebut semuanya akan sia-sia alias tidak dapat diproses... Pengisian formulir PPDS BK akan dilaksanakan serentak di masing2 provinsi....karena sangat banyak yg harus dipersiapkan.TS datang ke dinkes kab yg diinginkan&membuat surat permohonan untuk diusulkan mengikuti program PPDS BK.....karena inilah sy ingin berbagi pengalaman kpd TS smw....... tp utk mendaftar tdk perlu menunggu utk bulan tersebut..) ..tp sebelumnya itu ada SOSIALISASI terlebih dahulu dr DEPKES....inilah syarat pertama yg harus dimiliki TS..tp y alhamdulillah bs mengikuti PPDS BK. Persyaratan Mungkin bagi PNS/CPNS g terlalu bingung gmn caranya krn biasanya msg2 dinkes memberikan surat pemberitahuan ttg PPDS BK ke msg2 puskesmas atau RS..TS bs meminta surat usulan dr dinkes kabupaten tersebut&bs kembali ke kampung halaman.(jika diterima y.jika tidak mengikuti sosialisasi kemungkinan besar tidak akan bs utk mengikuti PPDS BK Nah gmn caranya supaya bs ikut sosialisasi? TS harus mempunyai surat usulan dr dinkes kabupaten terlebih dahulu.karena apa?jika nanti TS diterima TS akan dikembalikan kedaerah tersebut sesuai perjanjian TS bs memilih daerah mana yg diinginkan..

tp bagi yg belum tau infonya boleh lah utk nambah pengetahuan.. Surat rekomendasi dari IDI wilayah setempat 7. Istilah kata ditulis dulu lah nama qta sebagai pendaftar PPDS BK periode berikutnya...... mengisi formulir lamaran 1 set bermaterai + surat pernyataan bersedia mengikuti ketentuan (dari DEPKES ) 3.jika surat tersebut telah dikeluarkan dr dinkes kab.. Pas foto ukuran 4x6 berwarna 8. Daftar riwayat hidup 9..... Fotokopi ijazah dokter (legalisir) 4.langsung saja surat tersebut dikirimkan ke dinkes provinsi (sebaiknya diantar langsung sendiri y... Persyaratan selengkapnya adalah sebagai berikut : 1... Bagi calon peserta yg akan mengikuti seleksi akademik.kapanpun TS bs mengirimkan ke dinkes provinsi... oya jgn lupa tinggalkan no tlp yg bs dihubungi&minta tlg bag dinkes utk diberitahukan jadwal sosialisasi dari DEPKES dan tentu TS jg hrs aktif menanyakan ke dinkes prov Informasi ini sebenernya ditujukan utk TS dokter swasta....oce... Fotokopi STR 6.he. Fotokopi transkip akademik (legalisir) 5....krn biasanya PNS/CPNS langsung diberutahukan dinkes kab masing2.(bearti rintangan pertama telah berhasil). Surat keterangan sehat dr RS pemerintah .) 2.ingat y jgn tunggu sampai ada pengumuman pendaftaran.. Usulan dari Pokja Provinsi/Kabupaten/kota dan/atau pelaksana yg ditunjuk (ini spt yg telah disebutkan diatas y. Nah.) untuk syarat mengikuti sosialisasi.

Sekian dulu y... Salam sejawat..oya jangan lupa materai 5 lembar jg... Yang berstatus PNS......semoga bermanfaat....Wb . Semua persyaratan itu dilengkapi sebanyak 5 lembar y termasuk foto....10..hanya perlu tambahan surat pengantar dr KPS masing2. menyertakan : a. Fotokopi keputusan kartu pegawai d.... Bagi para residen g perlu iri karena program ini jg bs diikuti oleh TS yg sdh msk PPDS jg loh.... Wassalamu’alaikum Wr.. Fotokopi keputusan PNS b. Semua itu dibawa ketika kita mengisi formulir di dinkes provinsi. Fotokopi keputusan kenaika pangkat terakhir c.. menyertakan fotokopi surat rekomendasi dari pimpinan unit kerja.. Fotokopi surat rekomendasi dari pimpinan unit kerja Bagi yang berstatus NON PNS (swasta)..

3 Makassar Pendidikan : Profesi Dokter Alumni : Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Untuk melanjutkan Pendidikan Dokter Spesialis I (PPDS I) pada Program Studi Obstetri dan Ginekologi di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin periode Juli 2014. Francisca Tempat/Tanggal Lahir : Perpignan (Perancis).John Rambulangi. Makassar.dr.SURAT REKOMENDASI Yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : Prof. 17 Maret 2014 Prof. 21 September 187 Alamat : Komp. Demikian surat rekomendasi ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.dr.John Rambulangi.OG(K) Jabatan : Dosen Bagian Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Dengan ini memberikan rekomendasi kepada : Nama : dr.OG(K) . Sp.Perumahan Dosen UNHAS Tamalanrea blok G no. Sp.