You are on page 1of 9

STUDI KOMPARASI PROSES ABRASIVE BLASTING PADA PEMBANGUNAN

KAPAL DIKAJI DARI SEGI TEKNIS DAN EKONOMIS

Sarjito Joko Sisworo *
* Program Studi S-1 Teknik Perkapalan - Undip

ABSTRAK

At this opportunity of writer use 3 ( three ) kinds of sand type that is : vulkanik, kuarsa, and
coperslag, in abrasive operation of blasting. Will study technically that is : roughness test ( deepness of
profile ), salt test, and also laboratory test concerning kimiawi content found on each sand waste after
sandblasting. Later then will study economically by counting/calculating arising out production cost every
M2 by paying attention : sand type amount of labour, usage of consumable material, condition of plate,
environmental of activity, and usage of other supporter material.

Result of research technically show that roughness test with deepness of profile flatten to use
coperslag type sand. While biggest sandblasting waste chemical content : Iron (Fe) : coperslag, Lead (Pb)
: kuarsa, Copper (Cu) : copperslag, Zinc (Zn) : kuarsa, Chromium (Cr) : coperslag. As for if evaluated
economically hence :quickest fastest time which in reaching to finish blasting is to use coperslag type
sand .most economic production cost is also got by if us use coperslag type sand time at longest which in
reaching to finish blasting is to use vulkanik type sand, production cost which at most got by if us use
kuarsa type sand.

Key word : abrasive media , production cost ,technically, economically

PENDAHULUAN 1. Secara teknis dipakai ke tiga jenis pasir yaitu
pasir jenis vulkanik, kuarsa, dan coperslag
Latar Belakang hingga mencapai standart abrasive Sa2 ½
(sesuai spec dari PT PAL)
Pada umumnya pekerjaan sandblasting yang 2. Dilaksanakan uji teknis berupa salt test, uji
diaplikasikan pada galangan-galangan kapal roughness, maupun uji limbah pasir.
hanya menggunakan satu atau dua jenis pasir 3. Secara ekonomis dilakukan perhitungan
sebagai media abrasivenya. dan kwalitas mengenai biaya produksi per M2 luasan
pasirpun jarang yang dilaksanakan pengujian sandblasting.
secara teknis.
Tujuan Penelitian
Batasan Masalah
Berdasarkan latar belakang serta
Batasan masalah digunakan sebagai arahan permasalahannya maka penulisan Penelitian
serta acuan dalam penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk :
sehingga sesuai dengan permasalahan serta
tujuan yang diharapkan.Batasan permasalahan - Mendapatkan nilai teknis dan ekonomis
yang dibahas dalam tugas akhir ini adalah : sebagai studi komparasi yang diperoleh
KAPAL 11

setelah permukaan Tak Langsung logam dibersihkan harus bebas dari semua minyak.setelah permukaan Biaya ini merupakan biaya yang diperlukan logam dibersihkan harus bebas dari semua untuk menyelesaikan suatu proyek. oksida dan kontaminan lainnya yang nampak dimana keseluruhan .pasir. proyek sandblasting ini biaya langsung yang pelapisan lama.dan pelapisan lama yang banyaknya . NACE3/SSPC-SP6 Biaya Modal = Biaya Langsung + Biaya Secara kasat mata.debu.karat.karat lama yang mudah lepas. Biaya Langsung ( Direct Cost ) Secara kasat mata.debu. NACE2/SSPC-SP10 1. Coperslag. perubahan biaya modal karena adanya Kecuali kontaminan yang diperbolehkan tingkat suku bunga selama umur proyek.kerak besi. Depresiasi atau Amortisasi bekas karat. Kuarsa logam dibersihkan harus bebas dari semua c.oksida dan kontaminan diperlukan. 1.dan pelapisan lama Dua istilah ini hampir sama tapi beda yang banyaknya tidak boleh lebih dari 33 % fungsi.kerakbesi karat. Kecuali kontaminan yang diperbolehkanpada permukaan hanya Biaya ini terdiri dari tiga komponen : noda atau bayangan bekas karat. Biaya Tahunan pelapisan lama.setelah permukaan b. Biaya Modal 2. putih besi.pasir. Vulkanik Secara kasat mata. Biaya Teknik .debu.kerak besi.oksida dan Menurut Kuiper ( 1971 ) semua biaya kontaminan lainnya yang nampak dimana dikelompokan menjadi dua yaitu biaya modal ( keseluruhan permukaan menyerupai warna capital cost ) dan biaya tahunan ( annual cost ).setelah permukaan logam dibersihkan harus bebas dari semua Pengertian Biaya minyak. luas permukaan.gemuk.gemuk.gemuk.gemuk.pelapisan lama yang sifatnya merekat TINJAUAN PUSTAKA keras pada permukaan diperbolehkan ada jika tidak dapat di congkel dengan pisau Standart Abrasive Blasting dempul. pada permukaan hanya noda atau bayangan . . Kemungkinan / hal yang tidak terduga ( tidak boleh lebih dari 5 % total keseluruhan contingencis ) dari biaya langsung.pasir.kerak besi yang mudah lepas.pelapisan lama. melalui proses abrasive blasting menggunakan pasir : 4. depresiasi adalah turunnya/penyusutan KAPAL 12 . NACE4/SSPC-SP7 a. lainnya yang nampak dimana keseluruhan permukaan hampir menyerupai warna putih 2.karat.pasir.kerak besi. Menurut Kuiper ( 1971 ) total keseluruhan permukaan. NACE 1 /SSPC-SP5 Tinjauan Ekonomis Secara kasat mata. Bunga permukaan hampir menyerupai warna putih Biaya ini menyebabkan terjadinya besi. Dalam minyak.debu.setelah permukaan dibersihkan dengan abrasive. Bunga 3. Biaya Tak Langsung ( Indirect Cost ) besi. minyak. semakin kecil.kerak besi.

Warna kekeruhan air karena debu 8. Blast machine ( Pot Blasting ) d. 1. Panjang hose : 30 meter . ke tiga limbah pasir dibawa ke f. Sedangkan amortisasi adalah pembayaran pada Alat – alat yang digunakan : depth suatu periode tertentu sehingga hutang micrometer. Ph paper. Luas area uji coba : 7 m2 kemudian memperhatikan hal-hal sebagai 4.Salt test : gelas ukur .Diameter hose : 1 inchi . Cek keasaman atau basa dengan Ph A. Hose Coupling ( sambungan selang ) Kerjasama dengan lembaga penelitian e. Metoda : Tape digosokkan ke permukaan hasil blasting menggunakan plastic swizzle stick. suatu harga / nilai dari sebuah benda karena pemakaian dan kerusakan atau 2. Kemudian replica diukur dengan Persiapan Bahan dan Peralatan dial micrometer. masing-masing jenis pasir. Tekanan kompresor : 7 bar ( 98 psi ) . Blast nozzle sucofindo. Area type : shop primer steel dengan air destilasi dan di aduk merata 3. Air hose ( Selang angin ) Metoda : c. Sand manifold instansi tersebut kemudian di analisa g. Standart Abrasive : Sa2 ½ berikut : 5. Peralatan 3. air Vulkanik/Kuarsa/Coperslag destilasi. Tipe nozzle : CSD 6 6. replica tape. Spesifikasi data-data teknis yang dipakai untuk mengaplikasikan sandblasting sebagai Metoda : berikut : Satu sendok teh material abrasive 1.Uji roughness: depth micrometer. yang ada akan terbayar lunas pada akhir periode tersebut. 3 macam jenis pasir abrasive. Data Hasil Konsumsi Pasir Per Jam paper KAPAL 13 . b. RPM Kompressor : 2200 ( endapan ) setelah penguapan . Kompresor operasional blasting selesai. Grease yang terbentuk di permukaan 7. Kondisi : Spotblasting dimasukkan ke dalam gelas yang diisi 2. untuk menghasilkan replica profile hasil METODOLOGI PENELITIAN blasting. Data Hasil Pengujian Material Pasir Alat-alat yang digunakan : gelas. replica tape . Salt Test 1. Peralatan – peralatan uji teknis : kandungan kimiawi yang terdapat pada . Uji Roughness keusangan benda itu. Garam terlarut dengan conductivity 9. pH indicator HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Pengujian Specimen Material Abrasive ANALISA TEKNIS 1. Uji Lab Kandungan Kimiawi Limbah Pasir Peralatan-peralatan yang di gunakan adalah : Alat – alat yang digunakan : limbah 3 jenis pasir yang digunakan setelah proses a. air destilasi.

Data Hasil Pengukuran Kedalaman Profil Mengacu pada persyaratan baku mutu air Sesuai spesifikasi data di atas.05 The result below standart Zink ( Zn ) 0. coperslag : 62 mikromili.05 mg per mengenai : tingkat keasaman.01 Nihil persegi yaitu : vulkanik : 35.7 Chromium ( Cr ) 0.7 kg . kandungan grease.0 mg per partikel dari ambang Table 4.0 .78 Lead ( Pb ) ppm 5. Iron ( Fe ) % 0.02 (Sumber: hasil uji lab sucofindo. diperoleh data laut untuk perairan pelabuhan di atas dan mengenai kedalaman profil yang di ukur membandingkan nilai hasil uji laboratorium pada menggunakan depth micrometer dan replica tape pasir jenis vulkanik dapat dilihat bahwa.Kandungan grease : nihil Table 4. akan pada partikel lead ( Pb ) kandungan diatas ambang 5. KAPAL 14 . partikel dari ambang batas yang ditetapkan yaitu tingkat kekeruhan.68 Chromium ( Cr ) ppm Undectable Lead ( Pb ) ppm Undectable Copper ( Cu ) % 0.05 Mengacu pada persyaratan baku mutu air Mercury ( Hg ) ppb Undectable laut untuk perairan pelabuhan di atas dan Cadmium (Cd) ppm Undectable membandingkan nilai hasil uji laboratorium pada Chromium (Cr) ppm Undectable pasir jenis kuarsa dapat dilihat bahwa partikel copper ( Cu ) memenuhi standar persyaratan (Sumber : hasil uji lab sucofindo. persyaratan yang ditetapkan Kementrian Negara D.2. Data Kandungan Kimiawi Limbah Pasir Jenis Vulkanik Parameter/ Unit Results Mercury ( Hg ) ppb Undectable Characteristic Cadmium ( Cd ) ppm Undectable Iron ( Fe ) % 0. C. Copper ( Cu ) 0. limbah pasir dari PT Jasa Marina Indah Semarang) Zink ( Zn ) ppm 83. kandungan kadar garam : : 0.62 Table 4. . diperoleh data ) kandungan terlalu tinggi yaitu 83.7 mikromili. Lead ( Pb ) 0.002 Nihil kg. Data Kandungan Kimiawi Limbah Pasir Jenis Kuarsa Parameter/ . kuarsa : sedang.1 The result up of standart B. akan pada partikel zink ( Zn Sesuai spesifikasi data di atas. limbah pasir dari PT Jasa Marina Indah yang ditetapkan Kementrian Negara Lingkungan Semarang) Hidup.pH : 0 (Nol ) .3.1. coperslag : jernih.Tingkat kekeruhan : vulkanik :keruh Characteristic Unit Results . Baku Mutu Air Laut Untuk Perairan Pelabuhan yang ditetapkan yaitu : 0. Data Hasil Konsumsi Pasir Per Meter Persegi Sesuai spesifikasi data di atas. yaitu : vulkanik : 12.. kuarsa : 25 partikel copper ( Cu ) memenuhi standar mikromili.1mg per partikel.01 Zink ( Zn ) ppm 86.05 mg per partikel dari ambang batas yang Iron ( Fe ) _ Nihil ditetapkan yaitu : 0.05 mg per partikel dan Parameter/ Limit Remark zink ( Zn ) kandungan juga terlalu tinggi yaitu Characteristic 83.Kadar Garam rendah Copper ( Cu ) % 0. diperoleh data Mercury ( Hg ) 0. diperoleh data mengenai konsumsi per jam yaitu : 625 kg. kuarsa :28.1 mg per partikel.05 Nihil Sesuai spesifikasi data di atas. coperslag : 28kg. Data Hasil Uji Salt Test Lingkungan Hidup.03 Nihil mengenai konsumsi per meter Cadmium ( Cd ) 0.

625 kg.17 Indah Semarang) Copper ( Cu ) % 0.- KAPAL 15 .- ditetapkan Kementrian Negara Lingkungan Hidup. maka bisa diketahui bahwa blok tersebut bisa di selesaikan selama 17. 100..yaitu 28. 150.- zink ( Zn ) memenuhi standar persyaratan yang Operator2 2 hari 1 orang Rp..1.20. Biaya maintenance dan kg.89 per partikel dari ambang batas yang  Diketahui konsumsi pasir per meter ditetapkan yaitu 0. Rp.060. luasan blok 500m2 pasir yang dan chromium hasil laboratorium tidak dibutuhkan adalah 35.85 ton... 965.100.437. Data Kandungan Kimiawi Limbah Pasir Jenis Coperslag Zink ( Zn ) % 0.85 ton = LAM ITEM A JUMLAH TOTAL Rp. 1.10 mg per Cleaning 2 hari 4 orang Rp.000.- Rp. Sedangkan persegi adalah 35.85 ton/625 kg.- TOTAL BIAYA Rp. 150.= Rp. 100. Rp.X 17. laboratorium terdeteksi namun pada baku mutu  Apabila konsumsi pasir per jam adalah perairan air laut tidak tercantum.000. ANALISA EKONOMIS  Diasumsikan saat pengujian harga pasir vulkanik di pasaran adalah Rp 180.- : 0. Rp.- membandingkan nilai hasil uji laboratorium pada pasir jenis coperslag dapat dilihat bahwa partikel Operator1 2 hari 1 orang Rp.060.559.- Biaya teknik 10% X Rp.05 mg per partikel.-) 15% X Rp.Biaya kompresor sandblasting dengan pasir jenis vulkanik dikeluarkan Rp 180. Partikel yang lain yaitu Lead ( Pb ) kandungan terlalu tinggi yaitu 0.213. Biaya Pengadaan Pasir tinggi 47.2. 40.. 300.= Rp.6.85 terdeteksi.000.000.6..000.5.Table 4.7 kg.- KERJ PENGELUARAN A Sehingga total biaya langsung = Maintenanc Per hari Rp. 75..7 X 500 = 17.4. Kemudian chromium ( Cr ) juga terlalu A.1.26 (Sumber : hasil uji lab sucofindo.3. Kemungkinan tak terduga (1 liter : Rp 4.1.060. akan tetapi pada partikel coper ( Cu ) Pengawas 2 hari 1 orang Rp.000.000.1.000.08 Parameter/ Characteristic Unit Results Mercury ( Hg ) ppb Undectable Iron ( Fe ) % 3.6.706.000...230.. Upah tenaga kerja Tabel 4.- Kompresor A.000. sehingga dengan pada partikel mercury ( Hg ).437..000.Biaya tenaga kerja sandblasting dengan pasir jenis vulkanik JML Mengacu pada persyaratan baku mutu air laut TENAGA WAKTU TENAGA GAJI/ORG/HR TOTAL untuk perairan pelabuhan di atas dan Blaster 2 hari 2 orang Rp.994.1.maka dengan jumlah pasir yang pengadaan bahan bakar kompresor dibutuhkan 17.per A.060. 35.000.000.- kandungan terlalu tinggi yaitu 0. Rp. limbah pasir dari PT Jasa Marina Lead ( Pb ) % 0.05 mg per partikel.954.1.000. Pada partikel iron ( Fe ) hasil ton. 400.437. 643. 50.6.060..3.- e 2 hari Rp.2. cadmium ( Cd ).10 A. 280. Biaya tak langsung 477 liter Solar 2 hari Rp. Rp.17 mg per partikel dari ambang batas 0.002 per partikel.biaya yang Tabel 4.- partikel dari ambang batas yang ditetapkan yaitu TOTAL BIAYA : Rp .6 jam ( 2 hari ).

9.570.000. Pasir Jenis Coperslag Tabel 4. Tabel 4.667.000. 35. Biaya tak langsung Biaya Modal Rp.333. 150. maka bisa diketahui bahwa blok tersebut Operator1 2 hari 1 orang Rp.- KAPAL 16 . 100.- TOTAL BIAYA : Rp.307.2.1. LAMA JUMLAH ITEM TOTAL KERJA PENGELUARAN Operator2 2 hari 1 orang Rp. 12.512.420. Upah tenaga kerja  Diketahui konsumsi pasir per meter persegi Tabel 10.7.876.230.  Apabila konsumsi pasir per jam adalah 625 Blaster 2 hari 2 orang Rp. Rp..000.000.85 ton/625 kg...884..8. 35.35 ton.000.665.- Kompresor :Rp.36 jam. 1. 7.= Rp 1.- Kemungkinan tak terduga B. 150.- kg.biaya yang dikeluarkan TOTAL BIAYA : Rp.- 5 6.- TOTAL BIAYA : Rp.325 { (F/A. Rp. sehingga dengan luasan blok 500m2 pasir yang dibutuhkan adalah 28.- (1 liter : Rp 4. 40.333. Rp. Rp.2.000.- B.15.Biaya Langsung + Biaya Tak Langsung SehinggaRp.000..- bisa di selesaikan selama 15.000.- 423 liter Solar 2 hari Rp.449.. Rp..000.849.333.530. 300.000.000.046.1.435.7 X TENAGA WAKTU JM TENAGA GAJI/ORG/HARI TOTAL 500 = 14.35 ton adalah Rp. 373 liter Solar 2 hari Rp.- Rp.5)-5=Rp. 150. Rp.000. 1. Kompresor Cleaning 2 hari 4 orang Rp.- kuarsa di pasaran adalah Rp 300. Rp.Biaya tenaga kerja sandblasting dengan pasir jenis coperslag adalah 28. 1. Rp. Rp.000.(2 hari kerja)..- Rp 300.512.15.000. 150.4. 12.325.20.-  Diasumsikan saat pengujian harga pasir Pengawas 2 hari 1 orang Rp. Rp.251. 100. 400.per kg.235.2. 100.-x 14. 280.333. Pasir Jenis Kuarsa 15% X Rp.803. 2.-=Rp 1.000.000. 300.665..000.000.305..000.- LAMA JUMLAH ITEM TOTAL KERJA PENGELUARAN Biaya Langsung + Biaya Tak Langsung Maintenance 2 hari Per hari Rp. Rp.230.10..- 5 5 6.15.Biaya kompresor sandblasting dengan pasir jenis coperslag Operator1 2 hari 1 orang Rp.- Pengawas 2 hari 1 orang Rp. Rp.640.- C.7 kg. 50.000.000.000.667.540.. 1. Upah tenaga kerja C.- dibutuhkan 14. 50.125. 100...-) 1.- Maintenance 2 hari Per hari Rp.340. 10. 40.742 B. total biaya langsung 8. 75.}-5=Rp 5.000.850.maka dengan jumlah pasir yang Cleaning 2 hari 4 orang Rp.732. (1 liter : Rp 4.000.... Rp.000.046. Biaya tenaga kerja sandblasting dengan pasir jenis kuarsa Biaya modal yang timbul meliputi biaya JML TENAGA WAKTU TENAGA GAJI/ORG/HARI TOTAL langsung dan biaya tak langsung Blaster 2 hari 2 orang Rp..772.000.Biaya kompresor sandblasting dengan pasir jenis kuarsa 10% X Rp.333.000.742 Biaya Modal = Rp. Rp.. 1.yaitu 25.420 { (F/A. 280...- Biaya modal yang timbul meliputi biaya langsung dan biaya tak langsung Biaya teknik Tabel 4.10.8. 75.15.-) TOTAL BIAYA : Rp.849.100.35 ton.100. Operator2 2 hari 1 orang Rp. = Rp. 400.20.

Hal ini Rp. tinggi 47.100.Salt test : coperslag di pasaran adalah Rp 700..500.10 mg per partikel dari ambang batas yang ditetapkan yaitu : 0.10..14.7..yaitu 22. 35.665.226.yaitu 3 kali .170.C.{ (F/A. Kemudian chromium ( Cr ) juga terlalu 15% X Rp.334.849.6.000.667.  Diasumsikan saat pengujian harga pasir .7. yang lebih dalam akan memberikan  Apabila konsumsi pasir per jam adalah ikatan adhesi yang lebih baik. Uji lab hasil limbah paling sandblast maka biaya operasional banyak diatas ambang batas pada pasir pengadaan pasir : Rp.17 mg per partikel dari Kemungkinan tak terduga ambang batas 0.- 3.7 KG Rp.120. kedalaman profile yang dihasilkan.9. Biaya tak langsung yaitu Lead ( Pb ) kandungan terlalu tinggi yaitu 0.- tinggi yaitu 0..700..- 1..- 5 6.Data konsumsi pasir vulkanik kuarsa.4 jam.maka dengan jumlah pasir yang rendah pada masing-masing jenis pasir. KESIMPULAN dan coperslag dan biaya modal 1.002 per Biaya teknik partikel. Partikel zink ( Zn ) Rp. apabila kita ambil minimal. Ambang batas tersebut diatas adalah apabila limbah masuk ke air laut. Biaya Modal Rp..= Rp 910.642. Teknis .- Tabel 4. KAPAL 17 .bisa dipakai menghasilkan debu yang paling banyak sandblast hingga 3-4 kali.071. 10% X Rp.6.biaya yang Sedangkan tingkat kekeruhan paling dikeluarkan Rp 700.11 .= Rp 606. memenuhi standar persyaratan yang ditetapkan Kementrian Negara Sehingga total biaya langsung Lingkungan Hidup.05 mg per partikel.89 per partikel dari ambang batas yang ditetapkan yaitu 0. Coperslag RP.per Kandungan kadar garam rata-rata kg.6.2.x 14 ton adalah tinggi pada pasir jenis vulkanik.15.10. Vulkanik RP. menunjukan bahwa pasir vulkanik Pasir coperslag baru . Sehingga 625 kg..- JENIS HARG KONSUMSI BIAYA NO PASIR A /KG / M2 MODAL Rp.334.500.Sehingga diantara 3 jenis pasir.1.5)-5 =Rp 2. 28 KG Rp.067.170...10.180. dibutuhkan 14 ton.9.800.334.584. Berdasar pada persegi adalah 28 kg.266.742 2.226.Uji roughness : Profile paling dalam dihasilkan oleh  Diketahui konsumsi pasir per meter pasir jenis coperslag.000.735.3.584.. 28. Kuarsa RP. sehingga dengan literature Coating Inspector Muda luasan blok 500m2 pasir yang modul 3 hal 75 secara umum profile dibutuhkan adalah 14 ton..800.325.3. sehingga diupayakan agar limbah pasir tidak masuk mencemari air laut. Partikel yang lain B.05 mg per partikel..300.067.7 KG Rp.-/3 = jenis coperslag.067. Biaya Pengadaan Pasir Biaya Langsung + Biaya Tak Langsung Rp. akan tetapi pada partikel coper ( Cu ) kandungan terlalu = Rp. maka bisa diketahui bahwa blok bisa disimpulkan bahwa pasir tersebut bisa di selesaikan selama 14 coperslag paling baik dilihat dari ton/625 kg.

849.120.Hal coperslag) ini disebabkan pasir coperslag baru .773. 20. 20. Harga pasir yang mahal belum Rp 9.500.10.849.000 – 10. Sehingga apabila menyelesaikan blok dengan luas 500 m2 pendapatan yang diperoleh Rp. 2.14.40.000 –10.500. 5. .3.226.700.000..928.. sehingga agar dilakukan upaya penanggulangan .800. 20..226. Dapat disimpulkan bahwa net income / cycle)..071. Rp.000.10.14.000.000 .yaitu : Rp.yaitu 3 kali sandblast maka apabila sandblasting menggunakan pasir biaya operasional pengadaan pasir : jenis coperslag.880.-/3 = Rp. 10.849. modal pasir vulkanik : Rp.Sehingga apabila kita ambil cash fow paling besar juga diperoleh minimal.266.20.000.-lebih murah di banding 3.000.000.10.667.-.(pasir tentu menimbulkan biaya modal yang vulkanik) mahal.9.(pasir harga Rp.Perhitungan titik impas menunjukan bahwa : 5. Titik impas paling cepat dicapai setelah Berdasarkan uji teknis dan perhitungan menyelesaikan sandblasting dengan luas ekonomis di atas maka disarankan untuk 960 m2.500.-.335. / kg yaitu: kuarsa) Rp. Sedangkan mencemari air laut harga sandblasting per m2 : Rp. Maka cash flow : KAPAL 18 .226.terbukti dari penelitian diatas 2..500= dengan pasir vulkanik dengan harga per Rp.150..665.665.Dari perhitungan mengenai kimiawi limbah pasir coperslag di atas ambang biaya modal diperoleh bahwa : biaya batas baku perairan laut wilayah pelabuhan. Namun perlu diingat bahwa ada kandungan .dan pasir limbah sandblasting agar tidak masuk coperslag Rp.bisa dipakai sandblast hingga 3-4 kali (re. SARAN.120 = biaya modal pasir coperslag dengan Rp.9.pasir kuarsa :Rp. menggunakan pasir jenis menggunakan pasir jenis coperslag untuk coperslag.(pasir kg Rp.000. Ekonomis 1. menyelesaikan operasional abrasive blasting...665= .071.2.-.180.

Ir.Waldiyono. Jakarta. MS 2008. EkonomiTeknik (Konsepsi. Asdep Pengendalian Kerusakan Pesisir dan Laut 2008 Kasus Pencemaran Lingkungan Hidup Oleh Industri Galangan Kapal. Dirjen-IAAT-Deperin Jakarta. Painting Schedule PT PAL Surabaya. Materi Pelatihan Coating Inspector Muda. Teori dan Aplikasi) Yogyakarta.DAFTAR PUSTAKA 1. 4. KAPAL 19 . 2. Ascoatindo 2007. Dr. Pemilihan coating & persaratan aplikasinya Wiwa Airless Equpment. 5. Alexander Wijaya 2008. Bandung-Indonesia 3. Sider Navegacao LDA 2008.