You are on page 1of 13

A.

1. Lima bentuk berpberikir kesejarahan
1. Chronological thinking : yaitu membangun tahap awal dari pengertian atas waktu
(masa lalu, sekarang dan masa dating), untuk dapat mengidentifikasi urutan waktu
atas setiap kejadian, mengukur waktu kalender, menginterpretasikan dan menyusun
garis waktu serta menjelaskan konsep kesinambungan sejarah dan perubahannya.
Dalam chronological thinking ini diharapkan siswa dalam belajar sejarah memiliki
kemampuan memahami waktu sejarah dan mampu membedakan tiga dimensi waktu
(masa lalu,sekarang dan masa yang akan dating). Selain itu siswa juga diharapkan
memiliki kemampuan dalam menjelaskan atau membandingkan pola urutan dan
waktu suatu periode, dan pola kesinambungan dan perubahan.
2. Historical Comprehension, mencakup kemampuan untuk mendengar dan membaca
cerita dan narasi sejarah dengan penuh pengertian, untuk mengidentifikasi elemen
dasar dari suatu narasi atau struktur kisah, dan untuk mengembangkan kemampuan
menggambarkan masa lalu berdasarkan pengalaman pelaku sejarah, literatur sejarah,
seni, artefak, dan catatan-catatan sejarah dari masanya

3. Historical Analysis and Interpretation, mencakup kemampuan untuk membandingkan
dan membedakan pengalaman-pengalaman, kepercayaan, motivasi, tradisi, harapan-
harapan, dan ketakutan-ketakutan dari masyarakat yang berbeda-beda secara
kelompok maupun berdasarkan latarbelakangnya, pada kurun waktu yang bervariasi.
Kemudian menganalisis bagaimana perbedaan tersebut mempengaruhi tingkah laku
masyarakat,, memiliki multiperspektif dalam melihat pengalaman manusia dalam data
sejarah dan dalam menganalisis kejadian sejarah dan mampu membandingkan dan
mengevaluasi penjelasan sejarah.

4. Historical Research Capabilities, mencakup kemampuan untuk memformulasikan
pertanyaan-pertanyaan sejarah berdasarkan dokumen-dokumen bersejarah, foto-foto,
artefak, kunjungan ke situs bersejarah, dan dari kesaksian pelaku sejarah. Serta
kemampuan mencari, mendapatkan data serta mendapatkan informasi dari data serta
mendapatkan informasi dari data yang terkumpul. Selain itu dikembangkan pula
kemampuan menemukan kejanggalan atau jarak dari beberapa catatan sejarah, dari
waktu dan konteks dalam suatu artefak, dokumen dan sumber lain serta membangun
interpretasi kesejarahan.
5. Historical issues-analysis and Decision Making, mencakup kemampuan
mengidentifikasi permasalahan yang dikonfrontasikan masyarakat terhadap suatu
literatur sejarah, komunitas lokal, negara bagian dan kemampuan untuk menganalisis
kepentingan dan motivasi yang bervariasi dari suatu masyarakat yang terperangkap
dalam situasi tersebut serta mampu untuk mengevaluasi alternatif pemecahan masalah
guna membangun keputusan dalam rangka menindaklanjutinya, apakah keputusan
atau tindakan yang diambil bagus dan mengapa, dan mampu membawa prespektif
sejarah yang berhubungan dengan pengambilan keputusan dimasa sekarang.

2. kisi2

2. 16 agustus soekarno hatta diamankan ke rengasdengklok 17 proklamasi kemerdekaan Perhatikan timeline di atas.7 Peristiwa. terbatas berbangsa dan tujuan dan bernegara proses peristiwa Rengasdengklo k Menganalisis C4 Uraian 3 perbedaan bebas makna kemerdekaan pada masa penjajahan dan masa sekarang 3. Peta . yang terjadi kekalahan peristiwa menjelang jepang atas sekitar proklamasi sekutu dengan proklamasi 17 kemerdekaa kemerdekaan agustus 1945 n Indonesia dan artinya Menguraikan C2 Uraian 2 bagi kehidupan latar belakang. Menguraikan C2 Uraian 1 mengevaluasi peristiwa hubungan dari terbatas peristiwa. soal SOAL URAIAN Jawablah pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang jelas! 1. uraikanlah apa yang terjadi saat itu dan kemukakan alasannya mengapa peristiwa tersebut kemudian mendorong proklamasi kemerdekaan agar segera dilaksanakan. Timeline: 28 mei BPUPKI diresmikan 29-1 juni sidang pertama 10-16 juli sidang kedua 6 agustus Hiroshima di Bom 7 agustus bpupki di bubarkan dan digantikan oleh ppki 9 agustus Nagasaki di bom …….No Kd materi Indicator butir Jenjang Bentuk No soal soal kemampua soal n 1 3.

disana mereka ditekan oleh golongan muda agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Kiatannya dengan kata2 soekarno skor= 20 Total skor= 40 . Sore harinya ahmad menjemput soekarno hatta kembali ke Jakarta untuk mempersiapkan kemerdekaan yang akan dilaksanakan esok harinya. Situasi tersebut bagi golongan muda merupakan sebuah kesempatan besar untuk segera melakukan proklamasi kemerdekaan.00 soekarno hatta dibawa ke rengasdengklok. namun soekarno dan golongan tua mengangap hal tersebut terburu2. Proses: 16 agustus 1946 pukul 03. 3 . Di Jakarta ahmad soebardjo dan wikana menyepakati proklamasi kemerdekaan diadakan di Jakarta. Peristiwa yang terjadi: Tanggal 15 agustus Jepang menyerah atas sekutu. Hal tersebut menyebabkan skor= 15 terjadinya “vakum of power” di Indonesia. Makna kemerdekaan dulu dan sekarang Tiap point memiliki . Kata2 analisislah bagaimana makna kemerdekaan pada masa penjajahan dan makna kemerdekaan pada masa sekarang dalam kaitannya dengan kata-kata yang diucapkan Soekarno di atas. Latar belakang peristiwa rengasdengklok adalah Tiap point memiliki adanya perbedaan paham antara golongan muda dan skor = 10 golongan tua tentang pelaksanaan proklamasi Jumlah skor = 30 . 3. Tujuan: menjauhkan soekarno dan hatta dari pengaruh jepang dan menekan mereka agar segera melaksanakan proklamasi kemerdekaan Indonesia . Perhatikan peta di atas! Kemukakan peristiwa yang terjadi di wilayah yang dilingkari dalam peta di atas dan kemukakan pula latar belakang serta tujuan dari peristiwa tersebut. Sekutu memerintahkan jepang Setiap point untuk pergi meninggalkan semua wilayah jajahannya jawaban memiliki termasuk Indonesia. Hal tersebutlah yang kemudian membuat golongan muda kemudian semakin mendesak agar proklamasi segera dilaksanakan 2 . Skema penskoran NO KUNCI JAWABAN/POINT JAWABAN SKOR 1 . Total skor= 30 . 4.

Indonesia oemerintahan pemerintahan dan kebudayaan mulawarman pada masa Menentukan C2 2 kerajaan. konseptual. Memperkirakan C2 1 Mengidentifikas kerajaan faktor i karakteristik Hindu. prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan. kebangsaan. B kelas xi peminatan kisi2 Memahami . serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah No Kd Materi Indicator butir Jenjang Bentuk No soal soal kemampuan soal 1 3. prasasti kerajaan kerajaan Hindu. seni. dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian. kenegaraan. teknologi. budaya. menerapkan. dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan. tarumanegara Buddha di Mengemukakan C2 3 Indonesia dan kerajaan Hindu- menunjukkan budha pertama contoh bukti.7 Kerjaan. di Indonesia bukti yang Mengaitkan isi C4 4 masih berlaku pada kehidupan kitab sutasoma masyarakat dan dengan Indonesia masa bangsa kini Indonesia saat ini Mengemukakan C2 5 raja yang paling berpengaruh di kerajaan singhasari Menguraikan C2 6 sebab dikemukakanny a Majapahit . pendorong kehidupan Buddha di ekonomi masa masyarakat. menganalisis pengetahuan faktual.

(4) …. kerajaan kutai b. p. kebon kopi 3. kerajaan tarumanegara c. ditemukan tujuh buah prasasti berbahasa sansekerta dan ditulis dalam huruf pallawa. Perdagangan dan perikanan 2. (3). kerajaan kalingga . p. (1). (5) 3.(3) b). (1). jambu 5. (2). Prasasti ciaruteun (2). p kota kapur Berkaitan dengan perkembangan kerajaan tarumanegara. Manakan dari orasasti2 di atas yang termasuk ke dalam 7 prasasti tersebut. Pertanian dan perikanan c. Pertanian dan perdagangan…… b.(2). (3). (4) e). c). a). sebgai negara nasional kedua indonesia Mengemukakan C2 7 penyebab perkembangan ekonomi kerajaan sriwijaya Menerangkan C2 8 konsep dewa raja Menganalisis motif yang dilakukan kerajaan2 hindu budha dalam menjalin hubungan dengan cina 1. (1).. (2). (1). faktor ekonomi apa yang dapat mendorong terjadinya perkembangan pada sistem ekonomi masa pemerintahan Mulawarman a. (2). P. Perdagangan dan peternakan d. kedukan bukit 4. kerajaan manakah yang menjadi kerajaan pertama yang bercorak hindu budha di Indonesia a. Peta Dari peta kerajaan Kutai di atas. (1). (5) d).

Raja diberi kekuasaan oleh dewa . Sriwijaya yang dijuluki sebagai negara maritim 8. d. isi dari kitab tersebut menjadi motivasi hidup bangsa indonesia 5. politik. ken arok (1222-1227M) 2. kerajaan mataram 4. karena wilayah kekuasaan majapahit pada saat itu melebihi luas wilayah Indonesia sekarang b. Pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-buddha berdiri di Indonesia. Raja adalah anak dewa c. dari peta tersebut menunjukkan bahwa perkembangan ekonomi yang terjadi di Kerajaan Sriwijaya disebabkan oleh… a. kitab ini juga memiliki pengaruh bagi bangsa Indonesia hingga hari ini. tohjaya (1248) 4. anusapati ( 1227-1248) 3. Raja berkuasa seperti dewa b. Selain itu. Apa pengaruh kitab sutasoma tersebut bagi bangsa Indonesia ? a. kitab sutasoma yang disusun oleh empu tantular juga merupakan kitab yang tidak kalah penting selain meberikan kontribusi kemajuan dalam bidang sastra. politik maupun agama. a. kitab negara kertagama yang ditulis ileh empu prapanca pada tahun 1365 ini menunjukan adanya kemajuan dalam bidang sastra yang terjadi pada masa pemerintahan hayam wuruk di Majapahit. karena hayam wuruk memiliki banyak tokoh yang membantunya dalam mengembangkan Majapahit c. karena kerjasama yang baik yang dibangun oleh hayam wuruk dalam membangun pemerintahan Majapahit 7. Kedudukan raja dan dewa sejajar d. isi dari kitab tersebut menjadi semboyan bangsa Indonesia b. baik itu perkembangan wilayah. perdagangan menjadi mata pencaharian pokok masyarakat c. apa yang menyebabkan Muhammad Yamin menyebut Majapahit dengan sebutan negara nasional kedua di Indonesia a. memiliki wilayah kekuasaan yang sangat luas e. karena kegigihan gajah mada untuk melakukan cita-citanya dalam sumpah palapa yang ia buat d. karena pemerintahan hayam wuruk telah berhasil membangun konsep nasionalisme dalam pemerintahannya e. pada masa pemerintahan siapakah kerajaan ini mengalami perkembangan di berbagai bidang. kertanegara (1268-1292) 6. ronggowuni (1248-1268) 5. letaknya dipersimpangan jalan perdagangan internasional b. memiliki hubungan dagang dengan bangsa luar Sriwijaya d. isi dar kita tersebut menjadi falsafah hidup bangsa indonesia’ c. isi dari kitab tersebut menjadi tujuan bangsa Indonesia d. kerajaan sriwijaya e. Konsep tersebut memiliki maksud bahwa a. dikenal konsep dewa raja di dalam sistem pemerintahannya. dari raja-raja yang pernah memerintah di kerajaan singhasari.

7. Berdasarkan catatan dinasti Sung ( 960-1279M). siswa hendaknya menyusun draf wawancara terlebih dahulu 4. Waktu pengerjaan selama 4 minggu Rubrik hasil N Kriteria Tingkat kemampuan sko o r Sangat baik Baik Cukup Kurang baik 1 Ketepatan Waktu pengumpulan Waktu pengumpulan Waktu Waktu sebelum tanggal 9 tepat tanggal 9 Mei pengumpulan pengumpulan Mei 2016 2016 terlambat dari sangat tanggal 9 Mei terlambat 2016 (10-11 lebih dari Mei) tanggal 11 Mei (12-16 . Motif ekonomi b. Siswa melakukan wawancara kepada narasumber yang sudah ditentukan bersama seluruh anggota kelompoknya 5. setiap kelompok terdiri dari 6-7 orang secara heterogen 2. Setiap kelompok ditugaskan untuk melakukan wawancara kepada dua narasumber yang hidup dan mengalami masa orde baru (petani. Raja dan dewa merupakan satu kesatuan 9. e. Hal ini memperlihatkan adanya persaingan dalam mencari dukungan ke cina di antara kerajaan- kerajaan tersebut. Motif budaya c. Laporan tersebut kemudian dipresentasikan oleh tiap kelompok di depan kelas. Motif politik d. Siswa dibagi ke dalam 6 kelompok. Motif sosial Jenis tugas : proyek wawancara Tema tugas : kehidupan politik ekonomi Indonesia pada masa orde baru Langkah pengerjaan tugas: 1. Apa yang menjadi motif kerajaan-kerajaan Hindu-budha pada saat itu menjalin hubungan dan bersaing mencari dukungan pada cina? a. tetapi juga kerajaan Sriwijaya. Sebelum melakukan wawancara. ekonomi maupun pemerintahan) 3. Motif kekuasaan e. ternyata tidak hanya Jawa saja yang aktif mengirimkan utusan ke cina. Pada masa itu pengiriman utusan ke Cina dilakukan secara bergantian antara jawa dan sriwijaya. Hasil wawancara dibuat dalam bentuk laporan 6. pekerja di bidang militer.

tata wawancara wawancara bahasa baik bahasa cukup baik kurang sesuai tidak sesuai dengan tema. Pemilihan Narasumber hidup di Narasumber hidup di Narasumber Narasumber narasumbe masa orde baru. isinya dengan aturan. disarankan. dengan tema. rapih dan kurang sesuai tidak sesuai menggunakan tata menggunakan tata dengan dengan bahasa yang baik dan bahasa cukup baik aturan. tata dengan tema. masa orde baru dan tidak hidup di tidak hidup r memiliki latar mengalami/merasaka masa orde pada masa belakang pekerjaan n kebijakan-kebijakan baru namun orde baru yang disarankan dan yang diterapkan pada paham serta tidak mengalami/merasaka masa orde baru dengan memahami n kebijakan-kebijakan namun latar belakang kondisi pada keadaan pada yang diterapkan pada pekerjaannya tidak masa masa itu masa orde baru sesuai dengan yang tersebut. isinya efektif serta dan efektif serta kurang tidak menyertakan menyertakan lengkap. 3 Konten Konten yang Konten yang Konten yang Konten yang wawancara ditanyakan dalam ditanyakan dalam ditanyakan ditanyakan wawancara sesuai wawancara sesuai dalam dalam dengan tema. lengkap. lampiran berupa lampiran berupa kurang rapih tidak rapih dokumentasi dokumentasi dan dan tidak menggunaka menggunaka n tata bahasa n tata bahasa yang kurang yang baik baik dan dan efektif efektif serta e=serta tidak tidak menyertakan menyertakan lampiran lampiran berupa berupa dokumentasi dokumentasi. isinya aturan. . tata bahasa tata bahasa kurang baik tidak baik baik 4 Sistematik Sistematika laporan Sistematika laporan Sistematika Sistematika a laporan wawancara sesuai wawancara sesuai laporan laporan dengan aturan. rapih dan lengkap. cukup wawancara wawancara lengkap. Mei) 2.

isi pertanyaan singkat padat dan jelas. tidak kaku dan percaya diri 4 Suara Suara terdengar Suara terdengar Suara terdengar Suara tidak jelas hingga ke jelas hanya hingga jelas hanya di terdengar. Pertanyaan sesuai materi. hanya seluruh ruangan setengah ruangan bagian depan samar-samar. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti .N Kriteria Tingkat kemampuan sko o r Sangat baik Baik Cukup baik Kurang baik 4 3 2 1 1 Pemahama Sangat Cukup menguasai Kurang Tidak menguasai n materi menguasai materi menguasai materi materi materi 2 Gaya Menggunakan Menggunakan Menggunakan Menggunakan bahasa bahasa yang bahasa yang baku bahasa yang yang bahasa yang baku dan mudah namun kurang tidak baku dan tidak baku dan dimengerti bisa dimengerti kurang bisa sangat sulit dimengerti dimengerti 3 Ekspresi Berekspresi ketika menyampaikan materi. kelas kelas kelas Petunjuk Penskoran : Peserta didik memperoleh nilai : Baik sekali : Apabila jumlah skor 20-16 Baik : Apabila jumlah skor 15-11 Cukup : Apabila jumlah skor 10-6 Kurang : Apabila jumlah skor 5-1 Rubrik Tanya Jawab Penanya Skor Deskripsi 4 Pertanyaan mengarah pada pertanyaan analisis.

Format Penilaian Pertayaan No Nama Siswa Skor 4 Skor 3 Skor 2 Skor 1 Rubrik Tanya Jawab Penjawab Skor Deskripsi 4 Jawaban sesuai dengan pertanyaan yang diajukan dan disertai dengan sumber bacaan. 1 Pertanyaan tidak menunjukkan pada semua aspek penilaian. 3 Pertanyaan mengarah pada pertanyaan analisis dan sesuai materi namun penyampaiannya bertele-tele meskipun bahasanya mudah dimengerti. 2 Pertanyaan tidak bersifat analisis meskipun pertanyaan sesuai materi. jawaban langsung pada pertanyaan. menjawab dengan bahasa yang mudah dimengerti. Format Penilaian Penjawab No Nama Siswa Skor 4 Skor 3 Skor 2 Skor 1 . jawaban langsung pada pertanyaan dengan bahasa yang mudah dimengerti. 1 Jawaban tidak menunjukkan pada semua aspek penilaian. 3 Jawaban sesuai dengan pertanyaan yang diajukan namun tidak disertai dengan sumber bacaan. 2 Jawaban bertele-tele dan tidak disertai dengan sumber bacaan meskipun jawaban langsung pada pertanyaan dan disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti. penyampaiannya bertele-tele meskipun bahasanya mudah dimengerti.

berita dari media cetak (majalah. Siswa hanya memilih atau menggunakan satu artikel/berita yang telah ditemukan 3. Setiap siswa ditugaskan untuk mencari bahan-bahan berupa artikel atau berita daari media cetak seperti majalah. arsip. Hendaknya analisis tersebut merujuk berbagai sumber yang relevan 5. kemudian dlengkapi dengan komentar dan analisi terhadap isi artikel/berita tersebut. artikel/berita tersebut di tempel pada kertas hvs ukuran A4. koran. Setelah memilih satu artikel atau berita. 4. perpustakaan maupun arsip yang berhubungan dengan sistem dan struktur politik ekonomi Indonesia pada masa orde baru (1966-1998) 2.dll) Langkah pengerjaaan tugas: 1. Cantumkan sumber di bagian akhir sebagai referensi yang digunakan dalam melakukan analisis Rubrik Hasil .Petunjuk Penskoran : Peserta didik memperoleh nilai : Skor 4 : Baik sekali Skor 3 : Baik Skor 2 : Cukup Skor 1 : Kurang PRODUK Jenis tugas: produk analisis artikel/ berita Tema : sistem dan struktur politik ekonomi Indonesia pada masa orde baru (1966-1998) Bahan: artikel. koran.

mencantumka ada.nam berita/artikel. siswa. tidak jelas dari Surat dari Surat majalah/ arsip sumbernya. hasil analisis identitas siswa. resmin yang majalah/ majalah/ arsip dimuat online arsip asli hasil fotocopy (sumber (sumber primer) sekunder) 2 Kesesuaian isi Konten Konten Konten artikel/ Konten artikel/berita artikel/ artikel/ berita berita kurang artikel/ berita sesuai kurang sesuai sesuai dengan tema berita tidak dengan tema tema namun dan membahas sesuai dan membahas diluar tahun 1966. Kabar. serta siswa. jurnal yang relevan et) relevan dengan apapun yang dan internet dengan isi isi berita/artikel relevan yang relevan berita/artikel yang dianalisis dengan isis denga n isi yang berita/artike berita/artikel dianalisis l yang yang dianalisis dianalisis 4 Kelengkapan Terdapat Terdapat Terdapat identitas Terdapat identitas identitas siswa. jurnal sumber an sumber berupa dan internet (buku/jurnal/intern referensi buku. komentar serta sumber l dan dan hasil referensi. dengan tema membahas sekitar tahun 1998 dan sekitar tahun 1966-1998 membahas 1966-1998 di luar tahun 1966-1998 3 Penggunaan sumber Menggunak Menggunakan Hanya Tidak referensi an berbagai sedikit sumber menggunakan satu menggunak sumber baik buku.N Kriteria Tingkat kemampuan sko o Sangat baik Baik Cukup baik Kurang baik r 4 3 2 1 1 Relevansi sumber Artikel/ Artikel/berita Artikel/berita yang Artikel/berit artikel/berita berita yang yang digunakan a yang digunakan digunakan bersumber dari digunakan bersumber bersumber Surat Kabar.namun sumber berita/artikel hasil analisis tidak terdapat berita/artike . dan komentar analisis serta un tidak komentar namun tidak referensi. sumber komentar dan referensi. Kabar. . hasil n sumber analisis dan .

Penggunaan tanda baca dan kutipan yang benar . Adanya keterhubung an antara materi artikel dengan hasil analisis 3. berita/artikel referensi. Kerapihan dalam menulis hasil analisis 4. 5 Hasil analisis Hasil Hasil analisis Hasil analisis yang Hasil mengandung: analisis yang yang dibuat dibuat memuat 2 analisis 1. Bahasa yang dibuat memuat 3 aspek yang dibuat digunakan memuat 4 aspek memuat 1 baik dan aspek aspek benar 2.