You are on page 1of 6

AKUNTASI KEPERILAKUAN

Siemens - Case Study
Creating A High Performance Culture

Dosen: Fu’ad Rakhman, S.E., M.Sc., Ph.D., CA

Anggota Kelompok 3:
 Endah Yuni P. JP021470
 Fathika Ayu R.S JP021471
 Hadyan Fadilah JP021472

MAGISTER AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS
UNIVERSITAS GADJAH MADA
2016

Di Inggris. di samping kinerja dan portofolio. Jerman.000 orang. Bagian dari strategi bisnis Siemens 'yang berhubungan dengan manajemen orang disebut sebagai People Excellence. Semua organisasi harus memiliki rasa arah yang dimasukkan ke dalam tindakan melalui rencana. Jika orang tersebut dikelola dengan baik. mereka akan memotivasi diri untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Bisnis utama Siemens yaitu: Semua yang berkaitan dnegan HRD adalah bagaimana cara membantu orang di dalam pengembangan dirinya. SIEMENS – Creating A High Performance Culture Introduction Siemens AG adalah bisnis listrik dan elektronik global dengan omset hampir £60 miliar. mereka ingin melakukan pekerjaan yang lebih menarik. Kita bisa memanggang roti di pemanggang roti Siemens. karyawan ingin mengikuti kursus pelatihan. Misalnya. didukung oleh listrik yang dihasilkan dan didistribusikan oleh Siemens. Siemens percaya bahwa keterlibatan menggabungkan komitmen dengan karyawan di dalam organisasi. Tidak ada yang lebih baik dalam membantu memotivasi individu selain memberikan tanggung jawab dan tahu bahwa Creating a high performance culturePage 1 . Lampu lalu lintas yang dibuat oleh Siemens dan orang-orang di rumah sakit yang menggunakan MRI scan merupakan citra teknologi dari perusahaan. Berkshire dan memiliki sekitar 100 situs di Inggris dan mempekerjakan 20. mengembangkan dan memotivasi karyawan. Terletak di Munich. yaitu cara mengelola. Siemens memiliki kantor pusat di Bracknell. Perusahaan ini mempekerjakan hanya di bawah setengah juta orang di seluruh dunia. Siemens percaya pada keterlibatan penuh orang di tempat kerja. Rencana ini disebut sebagai strategi bisnis. Pengembangan yang berkaitan untuk mendorong karyawan mengidentifikasi cara-cara untuk meningkatkan karir mereka dan aspek lain dari di kehidupan kerja. Produk Siemens bisa mempengaruhi kehidupan kita dalam banyak cara. People Excellence adalah membangun budaya kinerja tinggi. Sebuah pilar utama dari strategi Siemens. keunggulan operasional dan tanggung jawab perusahaan. atau mungkin mereka hanya ingin memiliki hidup yang lebih baik. Karyawan yang baik perlu dikelola secara baik pula.

ketika kita berada di lingkungan kerja yang baik maka secara otomatis diri sendiri akan termotivasi untuk melakukan yang terbaik juga. mereka memiliki berbagai posisi seperti spesialis sumber daya manusia. Siemens juga memberikan kesempatan untuk memasukkan perusahaan global yang memiliki teknologi tinggi. Individu yang merasa dihargai pasti akan berkontribusi bagi keberhasilan perusahaan. untuk promosi atau gaji yang lebih tinggi. karyawan. peneliti. Pertanyaan 1. Keberhasilan perusahaan berasal dari kinerja yang tinggi. surat pribadi atau ketika disebutkan namanya secara khusus dalam rapat. sama pentingnya seperti teknologi dan inovasi. Siemens juga memiliki beberapa program dalam perusahaan yang dapat membuat peluang karyawan yaitu program Pengembangan Sumber Daya Manusia Creating a high performance culturePage 2 . teori manajemen karyawan telah menunjukkan bahwa motivasi sesungguhnya berasal dari dalam individu. oleh karena itu apabila karyawan (per individu) memiliki kinerja yang baik. Bagi Siemens. Siemens memastikan bahwa karyawan bekerja pada pengembangan inovasi. administrator. Karyawan hanya akan bekerja dengan baik ketika mereka berada di dalam budaya perusahaan yang akan mendukung mereka dan membantu mereka untuk bekerja menuju pencapaian ambisinya. Budaya kinerja yang tinggi Siemens menyediakan kerangka kerja dan dukungan di mana karyawan dengan performa tinggi dapat menunjukkan komitmen mereka untuk kinerja perusahaan. Hampir tanpa terkecuali. Operasional Siemens berdasarkan kinerja tim. Ini berkisar dari tepukan di punggung. Inilah sebabnya mengapa People Excellence di Siemens sangat penting. Karyawan meupakan hal yang snagat penting. Keberhasilan usaha Siemens didasarkan pada kinerja seluruh pegawai yang ada di dalamnya. dan bisa menjadi sumber keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Siemens percaya bahwa ada banyak cara untuk membuat orang merasa dihargai dan terlibat. Bagaimana Siemens berusaha untuk memberikan kesempatan karir yang baik bagi karyawannya? Jawab: Siemens memiliki budaya perusahaan dimana semua karyawan harus melakukan yang terbaik. Merasa bagian dari sebuah tim yang sukses adalah bagian dari proses keterlibatan. Untuk membuat sebagian besar keuntungan ini. maka kinerja tim juga akan baik.mereka dipercaya. dll. Struktur organisasi Siemens juga tidak datar. Individu mengembangkan motivasi seperti ketika mereka merasa bahwa upaya mereka dihargai dan bahwa mereka melakukan sesuatu yang berharga.

Siemens juga memiliki Talent Management Philosophy. Hampir tanpa kecuali. Individu mengembangkan Creating a high performance culturePage 3 . mengembangkan dan memotivasi karyawan. Siemens percaya bahwa hal terbaik untuk membantu pengembangan individu ialah dengan memberikan tanggung jawab dan rasa dipercaya. 2. antara lain: a. Bagian yang paling penting dari program adalah bahwa Siemens mendorong karyawan untuk meningkatkan karir mereka dan aspek kehidupan lainnya. People Excellence adalah bagian dari Siemens global yang merupakan aksi peduli dengan pengembangan sumber daya manusia yang terdiri dari empat elemen utama. Jelaskan salah satu sistem yang telah dibuat oleh Siemens yang dilakukan untuk memberikan peluang pengembangan bagi karyawan di tempat kerja? Jawab: Sebuah pilar utama dalam strategi bisnis Siemens yang dilakukan untuk memberikan peluang pengembangan bagi karyawan di samping kinerja dan portofolio. keunggulan operasional dan tanggung jawab perusahaan. Strategi ini membantu pekerja untuk unggul di tempat kerja yang bermanfaat bagi perusahaan dan karyawannya. Memperkuat karir ahli d. Selain program pengembangan sumber daya manusia. yaitu: job enrichment dan job enlargement. Siemens Leadership Excellence Program (SLE). adalah cara mengelola. Bagian dari strategi bisnis yang berhubungan dengan manajemen karyawan dalam Siemens disebut sebagai People Excellence. Meningkatkan global talent pool c. Inti dari People Excellence adalah membangun budaya dengan kinerja yang tinggi. Talent Management yang ada di dalam Siemens menyediakan dua kesempatan karir bagi karyawannya. yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan tenaga kerja mereka. Hal ini memastikan bahwa setiap karyawan diberikan dukungan untuk dapat mencapai potensi maksimalnya. teori manajemen orang telah menunjukkan bahwa motivasi sesungguhnya berasal dari dalam individu. Mencapai budaya kinerja tinggi b.

Melalui pencapaian target pribadi bahwa individu yang terbaik dapat membantu organisasi untuk mencapai target. Karyawan akan mengetahui dengan jelas tentang kinerja serta konsekuensinya bagi mereka dan semua orang dalam organisasi bekerjasama untuk mencapai strategi bisnis. Tujuan pengaturan b. Memungkinkan diskusi yang jujur. Proses menciptakan hubungan langsung antara strategi seluruh organisasi dan rencana untuk setiap individu. Seberapa penting sistem penilaian dalam membantu menciptakan pemahaman bersama tentang tujuan organisasi dan tujuan pribadi karyawan perorangan? Jawab: Siemens telah menciptakan standar proses untuk mengelola kinerja dan pengembangan semua karyawan yang disebut sebagai proses manajemen kinerja. motivasi seperti ketika mereka merasa bahwa upaya mereka dihargai dan bahwa mereka melakukan sesuatu yang berharga. Merasa bagian dari sebuah tim yang sukses adalah bagian dari proses keterlibatan. sistem penilaian ini akan memastikan bahwa semua orang akan mengatakan dengan jujur tentang kinerja mereka. Manajemen kinerja adalah proses sistematis yang menciptakan kepercayaan dan komunikasi terbuka dengan: a. Individu yang merasa dihargai ingin slalu berkontribusi bagi keberhasilan organisasi 3. Inilah sebabnya mengapa People Excellence di Siemens sangat penting. Setiap individu diberikan target berdasarkan peran dan tanggung jawab mereka dalam organisasi. Ketika sistem ini dilakukan dengan cara yang konsisten. Menciptakan dialog yang sedang berlangsung antara masing-masing anggota tim dan atau manajernya d. Memantau kemajuan yang dibuat c. Creating a high performance culturePage 4 .

Mencocokan bakat dengan tugas yang dilakukan karyawan adalah salah satu cara untuk menghasilkan keuntungan kompetitif. Siemens menyakini bahwa setiap orang memiliki bakat. Pendekatan yang dilakukan Siemens ini membuat hubungan secara langsung antara tujuan perusahaan secara keseluruhan dengan tujuan atau rencana masing-masing karyawan. Menurut Anda seberapa efektif pendekatan Siemens terhadap people management ( manajemen sumber daya manusia) akan menciptakan hasil yang baik? Jawab : Siemens memiliki talent management philospohy yang memastikan bahwa setiap karyawan disediakan pedoman dan dukungan untuk mencapai potensi maksimalnya. pendekatan Siemens terhadap people management cukup efektif. Talent Management ini memungkinkan manajer Siemens untuk terlibat dan memotivasi karyawan yang akhirnya akan menghasilkan kinerja yang unggul diseluruh organisasi. Setiap orang di Siemens dapat menggunakan bakatnya untuk melakukan yang terbaik. Menurut kelompok kami. Ini ditunjukkan dengan mencocokan bakat dan tugas yang dilakukan oleh karyawan. Hal ini membantu karyawan untuk melakukan yang terbaik setiap hari. 4. Creating a high performance culturePage 5 .