You are on page 1of 5

A.

21 Alat- alat Komunikasi Tradisional

#1. Alat yang bernama Kentongan

foto: flick

Kentongan sebagai alat komunikasi yang ada di masyarakat. Biasanya di gunakan untuk
mengumunkan suatu berita atau peristiwa yang terjadi. Para penjaga malam sering menggunakan
kentongan sebagai meda komunikasi ketika ada maling. Sehingga mendengar suara yang di
keluarkan dari kentongan itu membuat masyarakat keluar rumah untuk mencari tahu apa yang
sedang terjadi.

Informasi pasti tentang sejarah kentongan tidak di temukan dengan pasti, namun yang pasti
bahwa kentongan ini di kenal sebagai alat komunikasi tradisional.

Apakah sekarang masih ada yang namanya kentongan?

Selain itu.#2. menggunakan daun lontar untuk menulis maklumat atau pengumuman kepada rakyatnya. Daun Lontar dari sebuah pohon foto: wikipedia Daun lontar adalah media atau sarana dalam menulis surat atau pesan kepada orang lain. Kertas belum ada. Para raja zaman dulu. . sehingga daun menjadi pilihan orang zaman dulu untuk menyampaikan pesan.

id Kaleng yang di hubungkan dengan benang dan bisa mendegar suara orang dengan jarak tertentu menjadi alat komunikasi tradisional juga. .#5. paling sekitar 5 sampai 10 meter. Telepon Kaleng yang terhubung dengan benang gambar: itoday. Namun jarak yang di gunakan untuk berkomunikasi dengan alat tradisonal ini tidak begitu jauh jaraknya.co.

selain sekolah.#3. rumah ibadah seperti gereja juga menggunakan lonceng untuk informasi komunikasi tertentu kepada penganut agamanya. keluar bermain atau istirahat. dan pulang terjadi ketika ada suara lonceng sekolah. Nah. dimana intruksi untuk masuk. . Lonceng yang mengeluarkan bunyi foto: wordpress Saya teingat ketika sekolah dulu.

Maka ada istilah merpati pos adalah untuk menjelaskan bahwa burung merpati berperan sebagai pengganti pak pos pengirim surat sebelum pas pos ada. Bahwa untuk menyampaikan pesan jarak jauh banyak orang dulu menggunakan burung merpati sebagai alat komunikasi. Hewan yang bernama Merpati Pos gambar: ngasihcom Hewan yang bernama burung merpati mempunyai jasa kepada orang dulu. .#4.