You are on page 1of 10

Kontribusi

Output / Hasil terhadap
No Kegiatan Tahapan Kegiatan Nilai-Nilai
Kegiatan Visi Misi
Organisasi
1 2 3 4 5 6
1 Pembuatan Banner 1. Membuat banner yang Banner  Akuntabilitas  Menyelenggarak
pengenalan vaksin berisikan tentang Pengenalan Pembuatan banner dilakukan dengan an sistem
IPV pengenalan vaksin IPV Vaksin IPV inisiatif pribadi mengingat vaksin IPV informasi
2. Melakukan konsultasi (Polio injeksi) sudah mulai diberikan kesehatan yang
dengan atasan dan bulan Juli 2016 dengan tetap meminta sesuai dengan
memohon persetujuan persetujuan dari atasan. Saya menyusun standar mutu
pembuatan banner materi banner berdasarkan buku panduan
3. Mencetak banner dari Dinas Kesehatan sehingga informasi
4. Menempatkan banner yang diberikan akurat dan dapat
di lokasi strategis yang dipertanggungjawabkan.
mudah dilihat oleh  Nasionalisme
pengunjung Puskesmas Pembuatan banner merupakan salah satu
dukungan terhadap program Kementrian
Kesehatan yang mulai menerapkan
pemakaian vaksin Polio injeksi sejak
bulan Juli 2016. Penempatan banner di
lokasi strategis sehingga dapat dilihat dan
dibaca oleh siapapun yang berkunjung ke
Puskesmas.
 Etika Publik
Isi dari banner menggunakan bahasa
yang mudah dimengerti oleh masyarakat
umum. Meskipun pengenalan tentang

saya sebagai tenaga kesehatan tetap memberikan informasi bagi masyarakat yang ingin bertanya lebih mengenai vaksin IPV itu sendiri.  Komitmen Mutu Mengingat belum adanya media promosi resmi dari pemerintah yang diberikan untuk fasilitas layanan kesehatan seperti Puskesmas tentang penerapan vaksin IPV. Kontribusi Output / Hasil terhadap No Kegiatan Tahapan Kegiatan Nilai-Nilai Kegiatan Visi Misi Organisasi vaksin IPV sudah dilakukan dengan bantuan media banner. pembuatan banner merupakan cara yang tepat.  Anti Korupsi . Informasi diterima masyarakat dengan cepat dan dapat disebarluaskan.

Mempersiapkan dilaksanakan sehingga kegiatan senam peralatan senam hamil 4. Kontribusi Output / Hasil terhadap No Kegiatan Tahapan Kegiatan Nilai-Nilai Kegiatan Visi Misi Organisasi 2 Pelatihan senam 1. Saya berkoordinasi dan tempat senam hamil bekerja sama dengan bidan desa di akan dilaksanakan Puskesmas Pembantu tempat senam hamil 3. Melaksanakan hamil menjadi optimal. Melakukan koordinasi selaku bidan yang bertugas di program dengan bidan desa di Kesehatan Ibu dan Anak bertindak Puskesmas Pembantu sebagai instruktur. Saya melatih semua peserta dengan gerakan yang sama dan memfasilitasi setiap peserta yang kesulitan mengikuti gerakan tanpa . Menentukan jadwal Kegiatan senam  Akuntabilitas hamil dan tempat pelaksanaan hamil sudah Senam hamil merupakan salah satu senam hamil dilaksanakan kegiatan rutin puskesmas dimana saya 2. pelatihan senam hamil  Nasionalisme Pelaksanaan senam hamil diikuti oleh peserta ibu hamil dari berbagai kalangan dengan beragam profesi.

saya bertukar pikiran dengan peserta untuk mengetahui bahwa latihan yang telah dilakukan bermanfaat untuk kehamilan. Saya berusaha mengakrabkan diri dan berbaur dengan peserta sehingga peserta mengikuti senam dengan perasaan nyaman.  Etika Publik Perkenalan saya dengan peserta dilakukan di awal latihan supaya situasi tidak canggung. Setelah senam selesai dilakukan. Saya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti namun tetap sopan dalam melatih peserta.  Anti Korupsi Daftar absensi peserta senam hamil .  Komitmen Mutu Penataan sarana dan prasarana senam hamil saya letakkan seergonomis mungkin sehingga setiap peserta dapat bergerak leluasa dan memudahkan saya untuk melatih peserta. Kontribusi Output / Hasil terhadap No Kegiatan Tahapan Kegiatan Nilai-Nilai Kegiatan Visi Misi Organisasi memandang pekerjaan atau status sosial mereka.

obat atau koordinasi tentang isi dokumen lainnya. Mengidentifikasi Daftar tilik  Akuntabilitas tilik keperluan keperluan pelaksanaan Saya membuat daftar tilik untuk posyandu posyandu menghindari kelalaian dalam menyiapkan 2. Kontribusi Output / Hasil terhadap No Kegiatan Tahapan Kegiatan Nilai-Nilai Kegiatan Visi Misi Organisasi dibuat dan ditandatangani sesuai dengan jumlah peserta yang hadir tanpa menambahkan peserta fiktif. 3. misalnya lupa keperluan posyandu menyiapkan buku register timbang bayi. Daftar tilik saya buat daftar tilik bersama atas inisiatif sendiri tanpa menunggu pemegang wilayah perintah dari atasan. Satu daftar tilik berlaku untuk kegiatan posyandu di semua wilayah kerja Puskesmas. 3 Pembuatan daftar 1. Menyusun daftar tilik  Nasionalisme Daftar tilik saya buat menggunakan yang telah disepakati 5. posyandu 4. Saya melatih senam hamil tanpa menerima tambahan imbalan apapun dari peserta. Mencetak daftar tilik bahasa Indonesia yang baik dan benar posyandu karena merupakan alat bantu pelayanan.  Etika Publik Diskusi dan koordinasi bersama . Membuat daftar tilik perlengkapan posyandu. Melakukan diskusi dan lupa menyiapkan vaksin.

memantau imunisasi sesuai status imunisasi setiap bayi di wilayah dengan desain kerja Puskesmas. 2. Mendesain bentuk terpasang adanya kantong imunisasi dapat kantong imunisasi membantu saya menetapkan sasaran 3. Menyiapkan alat dan Kantong  Akuntabilitas Kantong Imunisasi bahan Imunisasi telah Sebagai bidan yang bertugas di imunisasi. Kontribusi Output / Hasil terhadap No Kegiatan Tahapan Kegiatan Nilai-Nilai Kegiatan Visi Misi Organisasi pemegang wilayah posyandu dilakukan sebelum daftar tilik dicetak  Komitmen Mutu Pembuatan daftar tilik membantu saya bekerja lebih teliti dan cermat sehingga tidak ada keperluan posyandu yang lupa saya siapkan. . Saya dapat bekerja lebih cepat dan menghemat waktu dengan bantuan daftar tilik.  Anti Korupsi Isi dari daftar tilik sudah disesuaikan dengan keperluan posyandu sehingga resiko vaksin terbuang karena rusak atau obat yang dibawa melebihi jumlah sasaran dapat diminimalisir. Membuat kantong untuk setiap jenis imunisasi. 4 Pembuatan 1.

 Komitmen Mutu Pembuatan kantong imunisasi saya adaptasi dari konsep kantong persalinan ibu hamil dengan melakukan beberapa perubahan pada desainnya.  Anti Korupsi .  Etika Publik Kantong Imunisasi saya desain semenarik mungkin sehingga tidak mengganggu tampilan ruangan. memantau bayi yang tidak datang atau terlambat untuk mendapatkan imunisasi. Adanya kantong imunisasi mempermudah saya memantau sasaran bayi yang harus diimunisasi sesuai jadwal. Kartu – kartu imunisasi bayi saya tempatkan dengan rapi sehingga identitas bayi dari setiap kartu tetap terjaga kerahasiannya. Kontribusi Output / Hasil terhadap No Kegiatan Tahapan Kegiatan Nilai-Nilai Kegiatan Visi Misi Organisasi 4. Menempel kantong  Nasionalisme imunisasi di ruangan Semua status imunisasi bayi di wilayah kerja puskesmas yang telah terdata akan saya tempatkan di kantong imunisasi tanpa membedakan status sosial maupun status ekonominya.

Melakukan konsultasi di Puskesmas dengan atasan  Nasionalisme mengenai format Kartu Isi dari Kartu Cermat Imunisasi saya buat Cermat Imunisasi dengan bahasa Indonesia yang baik dan 3. Membuat desain dan Kartu Cermat  Akuntabilitas Cermat Imunisasi format Kartu Cermat Imunisasi telah Kartu Cermat Imunisasi saya buat sebagai Imunisasi dicetak bentuk dokumentasi status imunisasi bayi 2. bayi  Komitmen Mutu Kartu Cermat Imunisasi saya adaptasi dari Kartu Menuju Sehat dan Buku Kesehatan Ibu dan Anak dengan . Mendata setiap balita serta satu jenis kartu dapat dipergunakan ke dalam Kartu Cermat oleh semua bayi yang berusia 0-36 bulan Imunisasi 5. menggunakan format imunisasi Cermat Imunisasi dasar dan tambahan dari pemerintah.  Etika Publik Cermat Imunisasi di Kartu Cermat Imunisasi akan disimpan di kantong imunisasi puskesmas sehingga terjamin kerahasiaan sesuai status imunisasi dan keamanannya. 4. Kontribusi Output / Hasil terhadap No Kegiatan Tahapan Kegiatan Nilai-Nilai Kegiatan Visi Misi Organisasi Pembuatan 5 Pembuatan Kartu 1. Memperbanyak Kartu benar. Menempatkan Kartu yang mendapat imunisasi di puskesmas.

Kontribusi Output / Hasil terhadap No Kegiatan Tahapan Kegiatan Nilai-Nilai Kegiatan Visi Misi Organisasi menambahkan gambar anak laki – laki dan perempuan di bagian depannya untuk menghindari tertukarnya kartu status bayi yang belum mempunyai nama dengan tanggal lahir yang sama.  Anti Korupsi Kartu Cermat Imunisasi saya buat sesuai dengan jumlah sasaran bayi di Puskesmas dan kartu tetap disimpan di Puskesmas supaya kartu tidak hilanh. Menyiapkan alat. Memberi informasi menggantikan saya sehingga pelayanan kepada orang tua bayi . Satu bayi hanya akan memiliki satu kartu dan bayi yang sudah memiliki kartu namanya ditandai di buku register untuk menghindari pembuatan kartu ganda / double. Mengidentifikasi status laksanakan sesuai jadwal yaitu Selasa dan bayi yang datang untuk Kamis. baik dasar atau saya bekerja sama meminta bantuan rekan tambahan sejawat untuk membantu atau 3. Apabila kunjungan pasien mendapatkan Imunisasi membludak atau saya berhalangan hadir. Imunisasi telah  Akuntabilitas Imunisasi Dasar bahan dan ruangan dilakukan Pelayanan imunisasi selalu saya dan Tambahan 2. 6 Pelayanan 1.

Memberikan imunisasi sesuai jadwal 6. bayi sehat untuk Vaksin yang digunakan untuk bayi mendapat imunisasi 5. Memastikan kondisi mendapatkan imunisasi sesuai jadwal. Menulis tanggal pelaksanaan imunisasi pada kartu atau buku bayi . Kontribusi Output / Hasil terhadap No Kegiatan Tahapan Kegiatan Nilai-Nilai Kegiatan Visi Misi Organisasi mengenai imunisasi imunisasi dapat tetap berjalan sesuai yang akan diberikan jadwal. beserta efek samping  Nasionalisme dan penanganannya Bayi yang datang ke puskesmas 4.