You are on page 1of 9

Pelajaran Kelima V

Bab V
MUKJIZAT DAN KEJADIAN LUAR BIASA
A.Pendahuluan

Standar Kompetensi :
Memahami mukjizat dan kejadian luar biasa lainya ( karomah ,
maunah , dan irhas )

Kompetensi Dasar :
1. Menjelaskan pengertian mukjizat dan kejadian luar biasa lainya
( karomah , maunah , dan irhas ).
2. Menunjukkan hikmah adanya mukjizat dan kejadian luar biasa
lainnya ( karomah
Maunah dan irhas ) bagi Rosul - Rosul Alloh dan orang –orang
pilihan Alloh
Model Pembelajaran
Model pembelajaran yang akan dipakai adalah : CTL
- Pendidik menyampaiakan tujuan pembelajaran yang akan dicapai .
- Pendidik menjelaskan materi tentang mukjizat dan kejadian luar
biasa lainnya ( karomah , maunah , dan irhas ).
- Peerta didik menghafalkan dalil –dalili tentang kebenaran adanya
mukjizat Alloh dan kejadiannya .
- Peserta didik mendiskusikan macam-macam dan fungsi mukjizat
Alloh SWT.

Menurut istilah mukjizat berarti sesuatu yang luar biasa yang terjadi pada diri nabi dan rosul Alloh SWT dalam rangka membuktikan dirinya adalah nabi dan rosul yang tidak dapat ditiru oleh siapapun. Sudah tahukah kalian macam-macm dan fungsinya ? 4 Sudah hafalkah kalian dalil-dalil tentang mukjizat . Dalam Al Quran dan Hadis tidak . INTI 1. c. . B. pengertian Mukjizat Menurut bahasa . EKSPLORASI a IFTITAH Barang kali kalian pernah melihat didalam kehidupan sehari –hari berita orang yang sakit keras tetapi dengan bantuan do’a atau permohonan kepada Alloh ternyata dapat sembuh berkat karena kekuasaan Alloh ( Mukjizat Alloh ). (Asyu’aro’ 26 . TAMBIH          ۶ : ‫ الشعر اء‬   Jika kami kehendaki niscaya kami menurunkan kepada mereka mukjizat dari langit. ISTIFHAM 1. .Peserta didik mencntai dan membiasakan menghormati Al Quran merupakan mukjizat Nabi Muhammad SAW yang terbesar . 4 ) . Semua Mukjizat adalah miliknya Alloh SWT .Apakah persamaan dan perbedaannya ? 3. Lazimnya nabi dan rosul menampakkan mukjizatnya hanya pada saat –saat yang sangat di butuhkan . mukjizat berarti sesuuatu yang melemahkan atau Mengalahkan .Pendidik menilai hasil kerja siswa yang telah dikerjakan . Sudah biasakah prilaku kalian mencerminkan hormat kepada Al quran 2. b. Elaborasi ( Uraian Materi ) a. karomah . misalnya untuk membela diri atau tantangan pada orang oaring kafir . maunah dan irhas 2. Maka senantiasa kuduk-kuduk mereka tunduk kepadanya. maunah dan irhas 5. karomah . Tahukah kamu tentang mukjizat.

Pada waktu kedua putranya qobil dan habil melaksanakan qurban. Alloh SWT berfirman :            ‫ النسااء‬ 174. yaitu mukjizat Hisiyah dan mukjizat maknawiyah . terdapat kata-kata mukjizat hanya disbutkan kata –kata ayat atau burhan yang berarti bukti atau keterangan yang jelas . Mukjizat ini hanya dapat dimengerti dan dikenal oleh orang yang berpikiran sehat. Qurban Habil diterima oleh Alloh sedang kurban Qobil yang berupa buah-buhan busuk tidak ditrimaNya dengan demikian rasa benci Qobil bertambah sehiingga Habil dibunuhnya .An nisa’ 4: 174 ) b. dan dipegang . hanya orang –orang yang bepikir sehat . berbudi luhur dan berperasaan halus. dicium. Macam macam mukjizat yang dimiliki oleh para rosul . Sesungguhnya Telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu. (Muhammad dengan mukjizatnya) dan Telah kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al Quran). didengar. 2 Mukjizat Maknawiyah . Contohnya mukjizat yang dimiliki oleh nabi Muhammad SAW yang berupa Al quran . didengar dirasakan. Tidak semua orang mau menerima petunjuk Al Quran . Hai manusia. Mukjizat ini ditujukan kepada orang biasa yang kurang mampu menggunakan akal pikirannya secara baik . Mukjizat Hisiyah Mukjizat Hisiyah ialah mukjizat yang dapat dilihat. Contoh mukjizat ini ialah yang diberikan kepada Nabi Adam As. ( Q S . dirasakan dan dipegang . 1 . ukjizat maknawiyah ialah mukjizat yang tidak bisa dilihat . Apabila dilihat dari sifatnya mukjizat dapat dibagi menjadi dua macam.

berbudi luhur dan berperasaan halus sanggup menerimanya petunjuk Al Quran dengan senang hati . apai yang berkobar itu tidak dapat member diri Nabi Ibrahim as. bahkan beliau tidak merasakan panas . c. as. dan Nabi MuhammadSAW adalah tiga dari rosul - rosul yang memperoleh gelar ulul azmi mereka Menghadapi musuh masing-masingasing yang berat dalam dalam me laksanakan dakwahnya. Raja Namrud yang menyaksikan secara langsung pembakaran itu tercengang setelah apai telah padam Nabi Ibrahim as sedang shalat . . Dengan demikian Raja Firaun Mati tenggelam di tengah laut . akhirnya Raja Namrud memerintahkan agar pembakaran itu dihentikan Nabi Ibrahim pun dibebaskan . Kami berfirman: "Hai api menjadi dinginlah. Raja Firaunn bersama tentaranya ikut melewati jalan tersebut ketika Nabi Musa as telah sampai ditepi sedang Firaun masih ditengah laut Nabi Musa memukulkan tongkatnya ke laut dan airpun menjadi satu kembali . dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim". Atas izin Alloh SWT . Firman Alloh SWT . Mukjizat Nabi Ibrahim as. salah satunya pada waktu Nabi Musa dan pengikutnya dikejar Raja Firaun dengan Izin Alloh tongkatnya dapat membelah laut Merah menjadi dua bagiahan meeka dapat melewatinya . dan Nabi Muhammad SAW Nabi Ibrahim as. Surat Al Anbiya’ 69 ‫) ال‬        (6 9 : ‫انبياء‬ 69. Mukjizat Nabi Musa as Tongkat bisa menjadi ular dan membelah laut Merah . 2. Nabi Musa as . Sungguh pun demikian mereka tetap teguh pendiririannya dan terus berdakwah 1. Mukjizat Nabi Ibrahim as Mukjiyat Nabi Ibrahim yaitu terselamat dari kobaran apai raja Namrud dan rakyatnya ketika mereka membakarnya . Nabi Musa .

Sama –sama datang atas kehendak Alloh 2. Persamaan dan Perbedaan antara mukjizat . dan irhas . 4.tiba tidak direncanakan . Firman Alloh Surat Al Isro’ ayat 9 . Karomah . Betapa besar peranan Al Quran untuk mematahkan usaha- usaha dan alasan kaum kafir dalam menantang dakwah Islam yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. karomah. sedangkan Karomah maunah dan irhas diberikan bukan kepada nabi dan rosul . > Persamaan 1. Sama –sama merupakan kejadian yang luar biasa yang sulit diterima oleh akal 3. b.Mukjizat diberikan kepada Nabi dan Rosul . . orang yang soleh untuk menolong atau melindungi mereka dari bahaya dan hal –hal yang tidak menyenangkan . Maunah .           9 ‫ ال سرا‬       . Irhas adalah kejadian kejadian istimewa yang terjadi pada diri para calon rosul e. adalah kejadian kejadian luar biasa yang diberikan Alloh kepada para wali Alloh yaitu hamba yang soleh dan taat kepadanya .Terjadi dengan tiba. Kejadian Luar Biasa Selain Mukjizat a. . adal. Berprilaku sebagai orang yang meyakini Mukjizat Rosul . 2 Mukjizat diberikan untuk membuktikan kenabian dan kerasulannya sekaligus untuk Melemahkan orang –orang kafir yang bermaksud jahad . f. Sama-sama diberikan untuk mengatasi masalah dan menolong hambaNya . 3. tidak biasa dipelajari dan tidak bisa dikalahkan . Mukjizat Nabi Muhammad SAW Diantara sekian bannyak mukjizat yang diberikan Alloh kepada Nabi Muhammad yang terbesar adalah Al Quran. Sedangkan karomah dan irhas diberikan kepada orang mukmin . maunah . Al Isro’ Qs 9 . Sesungguhnya Al Quran Ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu'min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.ah kemampuan yang diberikan Alloh kepada seorang mukmin untuk menagatasi suatu kesulitan yang menurut akal sehat melebihi kemampuanya c. > Perbedaan 1.

Hal yang dapat kita lakukan : 1 Tidak memiliki jimat yang kita keramatkan . Tugas kelompok di sekolah Coba ambillah buku paket Akidah Akhlak kelas VIII carilah ayat Al Quran yang berhubungan dengan Mukjizat : 1. Setelah kita pelajari materi di atas ada beberapa hal yang dapat kita ambil hikmahnya : 1. Menumbuhkan keyakinan kita bahwa Alloh SWT memiliki kemampuan yang Maha Hebat dan mampu berbuat apa saja.hal yang rasional ataumasuk akal saja tetapi ada hal –hal yang diluar jangkauan kita . 2. KONFIRMASI ( Uji Kompetensi ) 1. Hal itu seharusnya kita semakin menambah Iman 2. Amatilah sekali lagi penjelasan tentang maunah mungkin anda menyaksikan sendiri atau mendengar cerita dari orang lain tentang maunah yang dialami seseoranga. 3. g. 5 Selalu berusaha dan bertawakal kepada Alloh .maunah yang pernah kamu saksiakan atau kamu dengar . Bahwa kehidupan itu tidak selalu berisi pada hal. Tulis lengkap dengan syakalnya kemudian terjemahkan ! b. 4 Berakhlakul karimah terhadap Al Quranul karim . Tugas Individu ( di Sekolah ) Kerjakan tugas – tugas berikut ini 1. Tes Pscycomotorik a . Nabi Musa As 3. 2 Tidak mendatangi dukun untuk minta pertolongan 3 Yakin sepenuh hati akan kekuasan Alloh SWT . Seorang mukmin harus percaya adanya mukjizat rosul dan tidak boleh mengkufurinya dan kita harus yakin bahwa hanya para rosul yang memiliki mukjizat bukan lainya. Kemukakan kesan kesanmu setelah mempelajari mataeri pokok tentang mukjizat dan . Nah sekarang sebutkan maunah. Sebutkan bahay sihir bagi tkang sihir dan bagi masyarakat ! 3. Hikmah Adanya Mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya . Nabi Ibrahim As 2. Nabi Muhammad SAW.

Musa AS d.Orang shaleh dan taat pada Alloh c. Pak Karto agar sukses usahanya ia selalu minta bantua dukun 3. Karomah b. Syarif seorang santri selalu menempatkan Al Quran ditempat yang suci Tes Uji Kompetensi ( Kognitif ). Orang yang akan di angkat menjadi Nabi dan Rasul d. Hisiyah b. Kedua tangan yang dapat mengeluarkan cahaya terang adalah mukjizat Nabi …… ammad SAW b. c. Irhas 2. Khoiriyah 3.. Mukjizat d. Ahmad setiap hari membawa jimat untuk melindungi dirinya 2. b. Persamaan antara mukjizat dengan karomah adalah sama- sama datang dari Alloh SWT adapun perbedaanya ialah mukjizat diberikan kepada Nabi dan Rasul . Silanglah pada huruf a . Ibu Aisyah senantiasa berusaha dan bertawakal kepada Alloh SWT 5. sedangkan Karomah diberikan pada …… a. Tes Sikap ( Afektif ) Berilah huruf S ( Setuju ) dan Huruf TS ( Tidak setuju ) pada pernyataandalam kolom ini . Pada Zaman moderen ini masih banyak orang memasang sesaji 4. a. Mukjizat yang dimiliki ara Rasul ada dua macam yaitu mukjizat manawiyah dan ………. salbiyah d .orang mukmin yang dikehendaki Alloh b. atau d jawaban yang kau anggap benar ! 1. 4. apa alasannya N Kejadian / Peristiwa s Ts Alasan o 1. Ibrahim AS         . Nuh AS c.2. Kejadian luar biasa yang terjadi pada diri Nabi dan Rosul yang datang dari Alloh untuk melemahkan lawannya disebut … a. Orang yang menjadi Nabi dan Rasul . Maunah c. Nafsiyah c.5 .

Jawablah Pertanyaan pertanyaan di bawah ini 1 Sebutkan 2 macam mukjizat yang diberikan kepada Nabi Muhammad selain Al Quran ! 2 Jelaskan perbedaan dan persamaan antara mukjizat .1 Coba kalian smpulkan mataeri pembelajaran Mukjizat . Hanya minta pertolongan dari Alloh SWT b. Sebutkan fungsi Mukjizat bagi Nabi dan Rosul ! 5. PENUTUP . a. Irhas d. Ibrahim 6. 9. Beriman pada Alloh b. Karomah .Malaikat II . terjemahkan kemudian simpulkan     . Percaya pada batu bertuah c. Karomah c. Berilah 2 contoh tentang maunah dan karomah ! G .. Maunah 8. Memecah bulan d. Irhas bersama teman sebangkomu Tugas ( di rumah ).10 ( 62 a. karomah . Ayat di atas menjelaskan tentang mukjizat Nabi…… a. Dalam perjalan niaga Muhammad bin Abdullah dari Syam ke Mekkah selalu dipayungi oleh awan yang tebal peristiwa itu disebut …. Maunah c. Tongkat c.. Kesimpulan ( Berbentuk Tugas ). memasang sesaji . Rosul c. Nabi Nuh AS b. Berikut ini yang bukan ciri dari wali adalah …. Karomah b. Nabi Sulaiman AS d.. Nabi b.Wali d. Beramal shaleh c. Minta pertolongan pada makam d. Irhas 4. Bertaqwa pada Alloh ‫ )يو نوس‬           .… Ayat diatas menjelaskan adanya .. Nabi Musa AS c.maunah dan irhas ! 3 Jelaskan pengertian tentang : a.2 a. Maunah .memancarkan air dari jari 7. Mukjizat b. mengejar duniawi d.Al Quran b. Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang dapat diwariskan kepada ummatnya adalah …. Salah satu hikmah percaya terhadap mukjizat para Nabi Rasul adalah …. a. a. dan ! . a. Tugas Individu ! Salinlah ayat berikut ini .

               : b. Tugas Kelompok Setelah kalian mempelajari Mukjizat dan kejadian lainnya prilaku apa sajakah ? yang kalian lakukan untuk mencerminkan ciri beriman kepada hal tersebut Informasi materi yang akan datang .3 Untuk lebih mempermudah pemahaman materi berikutnya maka baca dan kajilah materi : Prilaku kehidupan Nabi Muhammad SAW .