You are on page 1of 21

LAPORAN GELADI

PT. TELKOM PADANG
Laporan ini disusun untuk memenuhi syarat matakuliah Geladi Program Studi
S1 Sistem Informasi Universitas Telkom

Disusun oleh :

Nurman Ismail
(1106130158)

Bagian Access

PT. Telkom Padang

UNIVERSITAS TELKOM
BANDUNG
2015

i

LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM GELADI

Laporan ini dibuat untuk memenuhi persyaratan telah menyelesaikan Geladi selama 28 hari
terhitung dari tanggal 03 Juni – 10 Juli 2015, bertempat di Kota Padang :

Nama : Nurman Ismail

NIM : 1106130158

Jurusan : S1 Sistem Informasi

Fakultas : Fakultas Rekayasa Industri

Disetujui dan disahkan oleh :

Padang, Juli 2015
Pembimbing Lapangan, Pembimbing Akademik,

Heldy Yurnal Dr. Abrar,S.Si,M.Sc
NIK. 630178 NIP. 14821262-1

ii

sub. Peserta geladi disebar ke beberapa lokasi tempat pelaksanaan geladi di seluruh Indonesia tergantung pilihan peserta geladi itu sendiri. Di sub-divisi MDF bertugas untuk mngatur kabel yang dipakai oleh semua pelanggan di daerah tertentu. Bagian Access PT Telkom Padang adalah divisi yang menangani permasalahan akses dari beberapa produk Telkom seperti speedy. MDF. I-Siska. iii . N2000. Ada beberapa aplikasi yang di pakai. TENOSS. bagian ini juga bertugas untuk menangani masalah-masalah yang datang dari keluhan pelanggan. Program ini berguna untuk memberikan pengalaman langsung kepada peserta geladi untuk merasakan lingkungan pekerjaan. Di bagian data bertugas untuk mencatat semua port yang dipakai pelanggan dan apabila ada masalah. seperti alur untuk pemesanan telepon baru. indi home. bagian Access ini dibagi menjadi 4 sub-bagian. yaitu M&IDA. Apabila ada pelanggan ingin memasang kabel telepon baru. dll. Corporate Access. maka MDF bertugas untuk mencari port yang kosong untuk di pasang untuk pelanggan baru tersebut. serta dapat memberikan informasi langsung untuk mereka dalam ruang lingkup pekerjaan apa yang akan mereka pilih. Instansi pemerintah. yaitu Data. di MDF inilah tempat untuk mencari port yang kosong kemudian dihubungkan dengan kabel telefon pelanggan tersebut. Sekolah. ABSTRAKSI Geladi merupakan suatu program kurikuler yang dirancang untuk menciptakan pengalaman kerja tertentu bagi mahasiswa samua program studi di Universitas Telkom yang telah menempuh perkuliahan selama empat semester. Selama geladi ini telah mendapatkan beberapa pengetahuan. dan pencatatan data pelanggan. Di sub-bagian Corporate Access adalah sub-divisi yang bertugas untuk menangani masalah keluhan pelanggan tingkat VIP ke atas. Begitu juga apabila ada yang mau memasang speedy baru. dll berupa gangguang speedy dan kabel-kabel optik maupun tembaga. penanganan masalah berupa kabel putus dan modem yang koneksinya terputus. seperti Bank. bagian ini memiliki tugas untuk membuat produk yang kemudian akan diberikan kepada bagian pemasaran.bagian inilah yang tahu port mana yang rusak karena semuanya sudah tercatat dalam dokumen.

Dengan segala kerendahan. saya menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih banyak kekurangannya sehingga jauh dari sempurna. saya berharap dapat menyumbangkan sesuatu yang sekiranya dapat bermanfaat untuk kemudian diaplikasikan khususnya dalam bidang telekomunikasi. puji dan syukur saya panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan anugerah dan karunia-Nya kepada saya sehingga saya dapat melaksanakan Geladi ini dengan sebaiknya dan menyelesaikan laporan Geladi ini dengan lancar. Alhamdulillah. Wassalamualaikum Wr. Saya berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan serta dapat diaplikasikan secara nyata khususnya bagi dunia kerja dibidang telekomunikasi. Salam dan salawat saya sampaikan kepada Rasulullah SAW yang telah membawa kita dari zaman kebodohan sampai ke zaman yang serba canggih seperti yang kita rasakan saat ini.Wb Padang.19 Agustus 2015 Nurman Ismail NIM : 1106130158 iv . KATA PENGANTAR Assalamualaikum Wr. Oleh karena itu saya memohon maaf apabila terjadi kesalahan baik dalam hal penulisan maupun penyampaian. tanpa menemui kendala. Bertolak dari laporan ini.Wb.

.............................................. 1 1................................................................................................................ DAFTAR ISI LEMBAR JUDUL........................................................................... Hasil .......... iv DAFTAR ISI ......................................................................................................................3 Manfaat .....................................2...1 Latar Belakang ...................1.................... ii ABSTRAKSI ... 4 BAB 3 PELAKSANAAN GELADI 3.....5 Batasan Masalah ....... 1 1....................................... Konfigurasi Jaringan Akses ....................................4 Rumusan Masalah ............... 6 BAB 4 PENUTUP 4.............. 5 3.................................. .2 Tujuan ........................................................................................... i HALAMAN PENGESAHAN ......................................... 1 1.............. Konfigurasi Jaringan Speedy ........... iii KATA PENGANTAR ...........2.............................................................1......................................................................................... 1 BAB 2 TINJAUAN TEORI 2......................... 5 3.................................. Rencana Kegiatan .............7 4........ v BAB 1 PENDAHULUAN 1....3.................................................................................. ............................................................. 3 2........................................... 1 1........................................................................................................7 LAMPIRAN v ..........................................................................................1............................................................................................................... Kesimpulan ..................2............. Saran........................................ Pelaksanaan............

saya mendapat kesempatan Geladi untuk melakukan beberapa kegiatan yang secara langsung dipraktekan di lapangan. vi . Padang. Secara keseluruhan program geladi ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa agar mereka dapat lebih memahami dan mengerti tentang dasar dari teori yang selama ini ada di perkuliahan dan mampu mengimplementasikannya secara nyata di lapangan. access site operation padang centrum.1 Latar Belakang Geladi merupakan salah satu program kurikuler yang dirancang untuk menciptakan pengalaman kerja tertentu bagi mahasiswa semua program studi di Telkom University yang telah menempuh perkuliahan selama empat semester. mahasiswa dilatih mengenal dan menghayati ruang lingkup pekerjaan di lapangan. Dan pada kesempatan ini saya ditempatkan di 3 tempat secara bergantian yaitu bagian access corporate padang baru. pelaksanaan geladi ini diberikan kepada mahasiswa Telkom University sebagai suatu bentuk pembekalan keterampilan atau skill bagi para mahasiswa untuk dapat diterapkan di dunia kerja nanti secara nyata. Pada kesempatan kali ini. Oleh sebab itu. dan data management di padang baru . guna mengadaptasi diri dengan lingkungan untuk melengkapi proses belajar yang didapat di bangku kuliah. BAB 1 PENDAHULUAN 1. Dengan melaksanakan Geladi.

Edutainment and Services (“TIMES”) player in the region” Misi :  Menyediakan layanan “more for less” TIMES. vii . e-Payment dan IT enabler Services (“ITeS”).1.Telkom Witel Sumbar terletak di Jl. layanan e-Payment dan IT enabler. komunikasi seluler. media dan edutainment. Telp. Layanan media ini menawarkan Free To Air (“FTA”) dan Pay TV untuk gaya hidup digital yang modern. Media. Media merupakan salah satu model bisnis Telkom yang dikembangkan sebagai bagian dari NEB.3 Sejarah dan bidang perusahaan Telkom Group adalah satu-satunya BUMN telekomunikasi serta penyelenggara layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. Information. Telkom Group melayani jutaan pelanggan di seluruh Indonesia dengan rangkaian lengkap layanan telekomunikasi yang mencakup sambungan telepon kabel tidak bergerak dan telepon nirkabel tidak bergerak. Layanan ini memiliki karakteristik sebagai layanan terintegrasi bagi kemudahan proses kerja dan transaksi yang mencakup Value Added Services (“VAS”) dan Managed Application/IT Outsourcing (“ITO”).Padang. layanan jaringan dan interkoneksi serta layanan internet dan komunikasi data.  Menjadi model pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia 1. KH Ahmad Dahlan 17 . Layanan informasi merupakan model bisnis yang dikembangkan Telkom dalam ranah New Economy Business (“NEB”). e-Commerce dan layanan portal lainnya.2 Profil Perusahaan PT. Telkom Group juga menyediakan berbagai layanan di bidang informasi. termasuk cloud-based and server-based managed services. (0751) 7057457 Visi : “To become a leading Telecommunication.

4 Struktur organisasi perusahaan N ET AR EA W AR R OOM COST U M ER CAR E COST U M ER SER VICE LOGIST IK Genera l manag er HR CCAN ACCESS OPT IMA ACCESS SER VICE OPER AT ION OLO FU LLFILLM EN T AN D ASSU R AN CE viii .1.

5 Sruktur organisasi CCAN ASMAN CCAN OFFICER FU LLFILMEN T ASMAN W IFI OFFICER FU LLFILLM EN T ACCESS SER VICE OPER AT ION ASMAN ASSU R AN CE OFFICER ASMAN D AT A OFFICER MAN GEMEN T OFFICER ACCESS OPT IMA ASMAN MAIN T EN AN CE SIT E OPER AT ION ASMAN OPT IMA OFFICER OLO ASMAN OLO OFFICER FU LLFILLM EN T FU LLFILLM EN T AN D AN D ASSU R AN CE ASSU R AN CE ix .1.

yaitu: 1. Laporan ini hanya berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang telah saya lakukan seperti point sebelumnya. Meningkatkan keterampilan dan wawasan. Selama pelaksanaan geladi ini. baik dalam hal kompetensi hardskill (yakni kemampuan teknis) maupun softskill (yakni kemampuan menyesuaikan diri. x .8 Tujuan Geladi dilaksanakan dengan tujuan untuk: 1. SUMBAR. 2. 1. Memperlengkapi mahasiswa dengan gambaran nyata mengenai serba-serbi lingkungan kerja. saya telah melakukan kegiatan perbaikan jaringan telepon di Ruangan MDF .6 Rumusan Masalah Dari uraian latar belakang diatas. 4.7 Batasan Masalah Dalam laporan ini diberikan beberapa batasan-batasan masalah. dan maintanace di berbagai rumah pelanggan dan di kantor Kota Padang. perilaku positif. Mengisi masa liburan antar tahun akademik mahasiswa dengan kegiatan positif yang menunjang pengetahuan dan keahlian. Bagaimana cara menghadapi dan menyelesaikan suatu pekerjaan yang diberikan atau masalah yang didapatkan ketika bekerja di lapangan? 3. 3. Bagaimana cara mengimplementasikan ilmu yang didapatkan selama di bangku kuliah ke dalam lapangan pekerjaan? 2. mulai dari jenis pekerjaan tingkat bawah sampai dengan tingkat yang lebih tinggi. Memberikan pengalaman praktik kerja dan penyelesaian masalah pekerjaan yang timbul di lapangan sekaligus mengukur implementasi keilmuan dan keterampilan di dunia kerja. terdapat beberapa rumusan masalah. 2. Bagaimana sikap kita terhadap pegawai-pegawai dalam linkupan pekerjaan? 1. yaitu: 1.1. dan semangat kerja).

b. Kemudian dari kotak pembagi menuju ke pelanggan (seperti di gambar). Dari titik DP kabel ditarik untuk di distribusikan ke rumah pelanggan menggunakan kabel drop wire (dw) dan di hubungkan ke Kotak Terminal Bagi (KTB). jaringan lokal akses fiber optik. yaitu: jaringan lokal akses kabel. Jaringan Catu Tidak Langsung Pada Jaringan catu tidak langsung saluran dari MDF yang akan diteruskan ke para pelanggan dihubungkan terlebih dahulu ke RK menggunakan saluran primer kemudian dicatu xi . MDF RK DP KTB ROSET TELEPON Dalam konfigurasi Jaringan Akses tersebut terdapat 3 macam konfigurasi jaringan yaitu Jaringan Catu Langsung. Jaringan ini adalah dasar jaringan telepon. Kemudian dari KTB jaringan dihubungkan dengan pesawat telepon mengggunakan kabel IKR/G. jaringan akses hibrid. Jaringan kabel yang menghubungkan sentral telepon ke pelanggan menggunakan kabel tembaga dengan jumalah 1 pasang (pair) untuk 1 pelanggan. Ada empat jaringan akses yang digunakan dalam telekomunikasi. jaringan lokal akses radio.1 Konfigurasi Jaringan Akses Jaringan akses adalah jaringan yang menghubungkan pelanggan dengan sentral telepon. Jaringan Catu Tidak Langsung. kemudian dari RK kabel di distribusikan ke titik DP (Distribution Point) dengan menggunakan kabel sekunder. dan jaringan catu kombinasi a. BAB II TINJAUAN TEORI 2. Jaringan Catu Langsung Jaringan catu langsung merupakan jaringan yang menghubungkan pelanggan dengan rangka pembagi utama atau yang biasa disebut MDF (Main Distribution Frame ) tanpa melalui RK (Rumah Kabel) sehingga urat kabel dari kotak pembagi (DP) langsung dihubungkan ke MDF. Kabel ditarik dari MDF (disentral) melalui konstruksi kabel primer dan dihubungkan ke Rumah Kabel (RK). karena pada dasarnya jaringan telekomunikasi adalah gabungan dari beberapa jaringan akses.

Sentral berfungsi untuk menghubungkan suatu komunikasi antar pelanggan yang satu dengan yang lain.banyak pelanggan VIP. Tetapi pada kenyataanya terdapat berbagai macam media kabel seperti Fiber Optik. dimana salurannya identik menggunakan kabel tembaga. iv. yaitu Apabila daerahnya dekat sentral. 2. iii. rumah kabel dikhususkan sendiri (DLC). Rangka Pembagi Utama (MDF) MDF merupakan suatu titik terminasi untuk mendistribusikan saluran pelanggan ke Rumah Kabel dengan menggunakan kabel primer. Tempat pengetesan dalam melokalisi gangguan. Jaringan Catu Kombinasi Jaringan ini merupakan kombinasi dari kedua jenis jaringan diatas. Tempat penyambungan antara kabel primer dengan kabel dari sentral ii. c. Pada MDF ini ada beberapa pekerjaan yang dilakukan. Konfigurasi Jaringan akses merupakan suatu konfigurasi yang menghubungkan antara sentral dengan pelanggan. Memungkinkan pengukuran secara terpisah antara saluran ke sentral dan saluran ke arah pelanggan. Tempat melakukan mutasi. Didalam suatu konfigurasi jaringan akses terdapat bagian-bagian yang memegang peran penting dalam menyalurkan informasi dari sentral sampai menuju ke pelanggan. Bagian-bagian tersebut adalah : 1. yaitu: i. Hanya saja pada jaringan fiber optik. xii . Pada MDF terdapat dua macam prose pengkabelan yaitu pengkabelan pada sisi vertikal yang merupakan pengkabelan dari sentral ke MDF dan pengkabelan pada sisi horizontal yang merupakn pengkabelan dari sisi MDF ke pelanggan melalui kabel primer menuju RK. Jaringan catu tidak langsung banyak digunakan pada daerah yang jauh dari sentral dan lokasi pelangganya banyak dan menyebar. Tempat mengisolir pelanggan karena administrasi.ke Kotak pembagi (DP) terdekat menggunakan saluran sekunder kemudian dihubungkan ke pelanggan. Jaringan catu tidak langsung bisa menggunakna suatu media akses tembaga maupun fiber optik.demandnya terpusat. v. Jaringan akses ini biasanya adalah jaringan akses lokal.

rumah kabel 2 pintu ( kapasitas 1600 psg/pair) dan rumah kabel 2 pintu( kapasitas 2400 psg/pair) xiii . v. oleh kerana itu ruangann MDF harus memenuhi syarat-syarat berikut : i. Sebagai tempat pengetsan untuk melokalisasi gangguan. Meja ukur. 3. Hal ini harus karena sebagai pengaman. Mempunyai ventilasi udara yang baik. Rumah Kabel (RK) Rumah Kabel di gunakan sebagai tempat penyambungan meupun peralihan dari jaringan kabel primer menuju jaringan kabel sekunder. Dilengkapi dengan Alarm Protector. Kabel Penghubung. dan Rumah Kable pun berfungsi untuk mempermudah dalam proses fleksibilitas rentangan kabel yang ada di lapangan)Jumlah kapasitas yang terdapat pada RK tergantung dari jumlah total pasangan kabel primer dan Sekunder yang akan di terminasikan. ii.. dan Arrestor (penyalur tegangan atau arus lebih yang melewati urat kabel langsung kesistem pentanahan (Grounding). Peralatan-peralatan yang berada di ruangan MDF sangat sensitif terhadap gangguan dari luar. Jumper Wire. iii. sebagai tempat pelaksanaan penjumperan antara terminal blok primer dengan terminal sekunder. Pentanahan (sistem pengaman perangkat dan manusia dari tegangan dan arus yang lebih membahayakan) . Ruangan harus bersih dari segala kotoran. Dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran. Dilengkapi dengan tangga sorong yang tingginya disesuaikan dengan kondisi ruangan MDF/RPU Bagian-bagian MDF a) Terminal Pada MDF/RPU terdapat terminal yang disusun secara vertikal dan horisontal yaitu terminal blok vertikal Adalah tempat terminasi kabel primer dan tempat penjumperan ke blok horizontal telepon) dan terminal blok horizontal Adalah tempat terminasi kabel dari sentral dan tempat penjumperan ke blok vertikal b) Peralatan pendukung lainnya seperti : Port Head. Rumah kabel terdiri dari 3 jenis yaitu rumah kabel 1 pintu ( kapasitas 800 pasang/pair). iv.

Asimetris berarti adanya perbedaan antara kecepatan arah kirim (upstream) dengan kecepatan arah terima (downstream). 1 Mbps. Keuntungan ADSL adalah memberikan kecepatan akses internet dengan kecepatan tinggi dan suara atau fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem). Sedangkan yang dimaksud dengan ADSL adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz.d.4. Distribution point (DP) atau Kotak Pembagi (KP) Distribution Point (DP) disebut juga kotak pembagi (KP) yang berfungsi sebagai titik tumpu akhir dari jaringan kabel sekunder atau kabel catu langsung dan juga sama halnya denga Rumah kabel berfungsi sebagai tempat pengetesan untuk melokalisasi gangguan jaringan. 8 Mbps. sedangkan untuk upstream mulai dari 64 Kbps s. Untuk downstream mulai dari 2 Mbps s. yaitu untuk nomor jaringan telepon pada jaringan akses yang sama. sehingga digunakanlah line telepon. maka tagihannya pun terintegrasi ke dalam tagihan telepon. dimana terdapat perangkat baru dalam instalasinya. Kapasitas DP umumnya 10-20 pasang tergantung jumlah pelanggan 2. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer data antara modem ADSL dengan modem konvensional (yang bekerja di bawah frekuensi 4 kHz). Jaringan Speedy merupakan jaringan yang terintegrasi pada jarlokat. ADSL juga merupakan perangkat modem di jaringan akses tembaga yang mampu mentransmisikan data hingga 8 Mbps secara asimetris dan perangkat aktif yang dipasang pada jaringan lokal tembaga untuk mendukung implementasi layanan multimedia. yaitu seperti port DSLAM (Digital Subscriber Line Access xiv .2 Konfigurasi Jaringan Speedy Speedy adalah produk layanan internet access end to end dari PT. TELKOM dengan berbasis teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) yang dapat menyalurkan data dan suara secara simultan melalui satu saluran telepon biasa dengan kecepatan yang dijaminkan sesuai dengan paket layanan yang diluncurkan dari modem sampai BRAS (Broadband Remote Access Server). yaitu 512 Kbps. DP biasanya di pasang pada tempat-tempat yang tinggi (tiang telepon) maupun di bawah tanah agar lebih aman dari gangguan tangan pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Karena Speedy terintegrasi dengan line telepon. Jaringan Speedy merupakan perkembangan dari jaringan telepon atau Jarlokat. Kecepatan data yang bisa dilayani oleh modem ADSL bervariasi.d.

karena secara otomatis modem akan membaca atau mendetect terhadap komputer atau PC yang digunakan. sedangkan jika yang digunakan adalah ethernet. Perangkat DSLAM biasnya berukuran besar dan dilengkapi dengan POTS (Plain Old Telephone Service) splitter untuk memisahkan antara suara dan data. DSLAM (Digital Subscriber Line Access Multiplexer) adalah perangkat jaringan yang dipasang di sentral telepon (indoor) ataupun di sisi jauh jaringan telepon (outdoor). Instalasi modem pelanggan Cara penginstalam modem adalah:  Koneksikan Line ADSL (RJ-11) yang merupakan output dari splitter ke port ADSL Line Modem  Koneksikan keluaran Ethernet RJ-45 ke port Ethernet PC. maka biasanya diharuskan untuk menginstall CD Drivernya.  Penjumperan port DSLAM  Pemasangan splitter  Instalasi modem  Setting Network Connection PC  Setting Internet Connection pc  Setting modem ADSL  Tes koneksi internet 1. Penjumperan port DSLAM Cara penjumperan port DSLAM adalah:  Setting di Port In dari arah Sentral yang berupa EQN (Equipment Number) pada blok terminal horizontal dan Port Out kearah jaringan akses  Test telepon di Port Out DSLAM  Test Link ADSL di Port Out DSLAM 2.Multiplexer) pada MDF dan perangkat DSLAM yang biasanya terdapat pada sentral di masing- masing STO (Sentral Telepon Otomat). maka tidak perlu menginstall CD Drivernya. Karena jika menggunakan USB kadang-kadang modemnya tidak dapat membaca atau mendetect terhadap komputer atau PC yang digunakan. Perbedaannya adalah jika menggunakan USB.  Indicator lampu (LED Indicator) ADSL/Link harus hidup dan stabil/tidak blinking xv . Dalam pemasangannya boleh menggunakan ethernet ataupun USB.

 Indicator lampu Ethernet/USB harus hidup (berkedip jika ada aktifitas)  Setting Network Connection PC  Koneksi modem ADSL terbagi dalam dua segmen. Karena koneksi internet melalui Local Area Network. maka harus dipastikan bahwa koneksi dial-up dan VPN setting di set never dial lewat menu Control Panel > Internet Option > Connection. lalu tekan Enter IP address ethernet modem dapat diketahui dari manual book atau lewat command button ipconfig dengan default gateway adalah IP ethernet modem tersebut. sedangkan segmen WAN adalah link yang terbentuk antara Modem ADSL dengan Internet.  Setting Network Connection di PC ditujukan untuk konfigurasi LAN. maka tidak bisa melakukan konfigurasi modem lewat web. 3. apalagi mengakses internet. kemudian dapat dilakukan langkah-langkah setting modem selanjutnya. yaitu koneksi antara modem dengan Internet Gateway. baik Link Ethernet maupun Link ADSL harus dalam kondisi Up. Segmen LAN adalah link antara PC dengan Modem ADSL melalui interface Ethernet.  Selanjutnya pastikan proxy server dikosongkan karena koneksi ke internet secara langsung lewat modem bukan melalui proxy server.  Buka program browser internet seperti Internet Explorer. Jika proxy servernya diisi.  Setting Internet Connection di PC  Setting Internet Connection PC adalah setting bagaimana cara komputer mengakses internet. Setting modem ADSL Setting modem ADSL antara modem terutama ditujukan untuk mengkonfigurasi sisi WAN. yaitu sebagai berikut.  Ketik IP address modem pada address bar internet. Oleh karena itu. sehingga PC dapat mengakses modem untuk melakukan konfigurasi WAN dan memfungsikan modem sebagai gateway internet. yaitu Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN). sehingga PC yang berada di segmen LAN bisa mengakses internet melalui modem tersebut. xvi .

Kemudian dari KTB jaringan dihubungkan dengan pesawat telepon mengggunakan kabel IKR/G. xvii .1 Penjelasan Konfigurasi Jaringan Akses Telepon Diawal Geladi di kantor Telkom Padang Baru. BAB III PELAKSANAAN GELADI 3. Jaringan kabel yang menghubungkan sentral telepon ke pelanggan menggunakan kabel tembaga dengan jumalah 1 pasang (pair) untuk 1 pelanggan. Dari titik DP kabel ditarik untuk di distribusikan ke rumah pelanggan menggunakan kabel drop wire (dw) dan di hubungkan ke Kotak Terminal Bagi (KTB).2. Kabel ditarik dari MDF (disentral) melalui konstruksi kabel primer dan dihubungkan ke Rumah Kabel (RK).1 Rencana Kegiatan Program geladi Universitas Telkom tahun ajaran 2014/2015 ini dimulai pada tanggal 03 Juni 2014 dan berakhir pada tanggal 10 Juli 2015. Pada kesempatan ini saya diberikan pembekalan atau penjelasan mengenai konfigurasi Jaringan Akses Telepon oleh Bapak Heldy Yurnal selaku pembimbing lapangan saya.2 Pelaksanaan 3. 3. Selama pelaksanaan geladi Universitas Telkom periode 2014/2015 ini peserta awalnya ditempatkan di kantor padang baru dan dibagi atas 4 sub bagian akan tetap setelah di miggu pertama pada bagianTelkom akses susah untuk menempatkan mahasiswa Telkom makan pada minggu selanjutnya dilaksanakan lah hanya pada 3 pembagian sub bagian lain nya . kemudian dari RK kabel di distribusikan ke titik DP (Distribution Point) dengan menggunakan kabel sekunder.

mengisolir telepon pelanggan.2.1 Kegiatan di ruang MDF Dalam MDF terdapat dua jenis kabel yaitu kabel primer dan sekunder dimana berfungsi untuk menghubungkan rumah kabel dengan distribusi foit (DP) yang berwarna BOHCA (biru- putih. merah-hitam. viii.yaitu WSD & NEA . Jumper Wire. abuabu-putih. hijau-putih. Memungkinkan pengukuran secara terpisah antara saluran ke sentral dan saluran ke arah pelanggan. dan merah-hitam). x. cokelat-putih.dan Arrestor (penyalur tegangan atau arus lebih yang melewati urat kabel langsung kesistem pentanahan /Grounding). Tempat penyambungan antara kabel primer dengan kabel dari sentral vii. Dalam ruangan MDF ini terdapat banyak perangkat pendukung seperti Port Head. Gambar 1. serta sebuah telepon. merah-hitam. Tempat pengetesan dalam melokalisi gangguan. Kegiatan yang saya lakukan dalam ruangan MDF ini adalah melakukan pendeteksian atas gangguan dari pelanggan. Proses pengkabelan yang terdapat dalam ruangan MDF ini ada dua macam yaitu pemasangan kabel dengan sisi vertikal yang berarti bahwa kabel tersebut akan mengalir dari pusat atau sentral ke MDF ini dan pemasangan kabel dengan sisi harizontal yang berarti bahwa kabel tersebut akan mengalir atau menyambunkan antara MDF ke pelanggan melalui rumah kabel (RK). Kabel Penghubung. ix. 3. Meja ukur. Pentanahan (sistem pengaman perangkat dan manusia dari tegangan dan arus yang lebih membahayakan). Dalam MDF ini terdapat 2 macam terminal . xviii . Tempat mengisolir pelanggan karena administrasi. merah-hitam. orange-putih. merah-hitam.2 Kegiatan di Ruangan MDF (Main Distribution Frame) Ruangan MDF ini berfungsi untuk vi. Tempat melakukan mutasi.

Karena Speedy terintegrasi dengan line telepon.  Penyambungan kabel tanah Gambar 1. Untuk pemasangan speedy ini maka dilakukan langkah-langkah berikut ini:  Penjumperan port DSLAM  Pemasangan splitter  Instalasi modem  Setting Network Connection PC  Setting Internet Connection pc  Setting modem ADSL  Tes koneksi internet. yaitu untuk nomor jaringan telepon pada jaringan akses yang sama.2 Penyetingan modem Gambar 1. sehingga digunakanlah line telepon.3 penyambungan KT (kabel tanah) xix .2. Jaringan Speedy dan indi home merupakan jaringan yang terintegrasi pada jarlokat. maka semakin banyak pelanggan telepon untuk memasangkan Speedy dan indi home kerumahnya sebagai akses internet.3 Kegiatan di Ruangan Corporate Access (CA) Dengan tersedianya fasilitas Speedy dan indi home oleh Perusahaan Telkom. Kebanyakan gangguan telepon yang dihadapi oleh pelanggan adalah karena proses administrasi dan kabel yang terputus serta ganggam telepon yang mengalami kerusakan. 3. Selain kegiatan di ruangan MDF. kami juga di bimbing praktek langsung kelapangan untuk melakukan pemasangan telepon dan penanganan gannguan telepon ke rumah pelanggan. maka tagihannya pun terintegrasi ke dalam tagihan telepon.

troubleshooting. PSB (Pasang sambungan Baru). TELKOM Indonesia dalam melakukan pencarian. perbaikan. 3. xx .4 kegiatan di ruang access data management Disini disediakan sebuah User Interface bernama TENOSS.2.5 user interface I-SISKA I-SISKA sebagai Sistim Informasi Customer. I-SISKA adalah sebuah program yang digunakan oleh PT. Dimana disini kita bisa memonitoring data-data pelanggan speedy baik yang bermasalah ataupun tidak Gambar 1.4 User Interface TENOSS Gambar 1.

Pengalaman dalam pengolahan data telepon 8. Pengalaman pekerjaan lapangan 6. 4. 3. Pengalaman mengenai sikap dan mental ketika bekerja. Melatih kedisiplnan dan kesabaran dalam bekerja 10. xxi . Pengalaman tentang bagaimana cara pemasangan telepon. Pengalaman pemasangan modem 5. Pengetahuan mengenai penanganan gangguan telepon. Pengetahuan tentang Konfigurasi Jaringan Akses Telepon 2. Pengetahuan tentang system alur jaringan telepon dan internet 7.3 Hasil Hasil yang didapatkan selama proses Geladi adalah: 1. Pengalaman dalam menyelesaikan sebuah masalah pendataan dan penempatan jaringan 9. 3.