You are on page 1of 11

GASTRITIS (MAAG

)

OLEH :
ASTRI, S.Kep
IDA HERWATI, S.Kep
AGUS ARIANTO, S.kep

PROGRAM STUDI PROFESI NERS
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI
MALANG

2017 APA GASTRITIS ITUUUU????? GASTRITIS ATAU MAAG ADALAH SUATU KONDISI MEDIS YANG DITANDAI DENGAN PERADANGAN PADA LAPISAN LAMBUNG .

Makan tidak teratur dan sering terlambat makan 2. seperti . Pikiran tidak tenang dan kurang tidur sehingga kadar asam lambung meningkat 3. Aspirin. PENYEBAB SAKIT MAAG 1. asetosal pada saat perut kosong . Minum obat – obat yang mengandung asam.

Merokok 6. lada. dan makanan yang berbumbu tajam seperti . makanan asam. cuka dan merica 5. Makan dan minum bahan-bahan yang dapat menimbulkan iritasi pada lambung seperti alkohol. Keracunan kuman .4.

Kurang makan .TANDA-TANDA DAN GEJALA SAKIT MAAG : 1.Nyeri pada ulu hati 2.

3. Muntah 5. Kembung . Mual 4.

AKIBAT LANJUT DARI PENYAKIT MAAG ADALAH : Bila penyakit maag tidak segera diobati dan dibiarkan berlarut-larut maka dapat mengakibatkan terjadinya .Perdarahan saluran cerna pada bagian atas .Anemia .Terjadi luka pada lambung yang berlanjut .

Lakukan kompres hangat pada saat sakit maag terjadi 2. buncis dan nangka dan lain-lain . BAGAIMANA CARA PERAWATANNYA? 1. Mengurangi makanan yang mengandung serat dan gas seperti sayur lobak.

3. Makan secukupnya dan tidak berlebihan 4. tidur teratur dan menenangkan pikiran . Menghidari ketegangan jiwa.

Istirahat selama 7-8 jam/hari 8. Makan dengan porsi sedikit tapi sering 10. Segera bawa kepelayanan kesehatan jika tidak ada perubahan/tidak sembuh . Minum air putih 7-8 gelas/hari 9. Minum obat sesuai dengan petunjuk pemakaian 7. Menghindari minum obat-obatan yang mengandung asam pada saat perut kosong 6.5.