You are on page 1of 6

D.

Rencana keperawatan

Tujuan umum / Tujuan khusus / Kriteria hasil/ evaluasi
No Diagnosa keperawatan Intervensi
jangka panjang jangka pendek Kriteria Standart
1. Gangguan pola tidur An.M Keluarga dan An. Keluarga dan An. Verbal  Keluarga dan1. Jelaskan pada An.
pada Keluarga Tn.A M dapat M dapat memahami pengetahuan M dan keluarga
An. M dapat
tentang jam tidur
berhubungan dengan memahami tentang bahaya menjelaskan efektif
ketidakmampuan keluarga tentang bahaya begadang dan An. berapa jam 2. Jelaskan pada An.
dalam mengenali dan begadang dan M dapat M dan keluarga
tidur yang
tentang dampak
mengontrol aktivitas dapat mengontrol menimplementasik efektif saat kesehatan yang
anggota keluarganya aktivitas An. M an anjuran agar malam timbul akibat
terutama pada melepas kebiasaan  Keluarga dan kebiasaan
begadang
malam hari begadang pada An. M dapat
3. Anjurkan An. M
malam hari menjelaskan untuk membatasi
penyakit yang asupan cairan
pada malam hari
mungkin
dan berkemih
timbul karena sebelum tidur.
begadang 4. Anjurkan An. M
memberikan
perawatan pada
petang hari (mis;
hygienepersonal,
linen dan baju

Anjurkan An. 2. mampu lingkungan hari 2. kurang rumah secara sinar matahari. teratur banyak lalat dll ) 3. dengan letak geografis diharapkan menjaga rumah setiap rumah berada diatas laut. Keluarga Tn. music yang lembut. 5.Anjurkan kepada keluaga Tn.pijatan di punggung. tidur yang bersih). M mengunakan alat bantu tidur(misal. air hangat untuk kompres rilaksasi otot. Resiko timbulnya penyakit Setelah dilakukan 1.A memelihara rumah agar tetap tentang hal-hal dapat lingkungan rumah bersih dan yang dapat terjadi membersihkan akibat rumah yang sehat membersihkan kamar mandi kurang sehat lingkungan secara teratur ( lembab.Keluarga Tn. A keluarga Tn.A Verbal 1. Keluarga Tn. dll).A .Jelaskan kepada 2. A tentang syarat lingkungan berhubungan keluarga pentingnya membersihkan rumah yang sehat.A 1.Jelaskan kepada akibat pencemaran kunjungan dapat memahami pengetahuan dapat keluarga Tn. bahan bacaan.

4. Gangguan pola tidur An. Implementasi keperawatan No Diagnosa Implementasi Respon keluarga 1. linen dan baju tidur yang bersih). M untuk membatasi asupan cairan pada malam hari dan berkemih sebelum tidur. Menganjurkan An. air hangat . 5.A 1. untuk membuka jendela dan tetap menjaga kebersihan lingkungan rumah E. hygienepersonal. Menganjurkan An. Menjelaskan pada An.M pada Keluarga Tn. M dan Keluarga mendengarkan dengan keluarga tentang jam tidur seksama penjelasan dari mahasiswa berhubungan dengan ketidakmampuan efektif keluarga dalam mengenali dan mengontrol 2. M dan aktivitas anggota keluarganya keluarga tentang dampak kesehatan yang timbul akibat kebiasaan begadang 3. M mengunakan alat bantu tidur(misal. Menjelaskan pada An. M memberikan perawatan pada petang hari (mis. Menganjurkan An.

A tentang hal-hal yang dapat terjadi akibat rumah kurang sehat ( lembab. 2. Menjelaskan kepada keluarga Keluarga mendengarkan dengan Tn. 3. kurang sinar matahari.00 Gangguan pola tidur An. banyak lalat dll ).M menerima konsep dengan baik dan keluarga dalam mengenali dan mengontrol menjawab pertanyaan aktivitas anggota keluarganya . Resiko timbulnya penyakit akibat pencemaran 1. untuk kompres rilaksasi otot. Menjelaskan kepada keluarga Tn. M mengatakan mengerti dan akan berhubungan dengan ketidakmampuan dicoba mengaplikasikan anjuran mahasiswa O: An.A S: An. music yang lembut. 30 november / 15. bahan bacaan. A tentang syarat rumah seksama penjelasan dari mahasiswa lingkungan berhubungan dengan letak yang sehat. geografis rumah berada diatas laut. Evaluasi No Tanggal/jam Diagnosa keperawatan Catatan perkembangan 1. Menganjurkan kepada keluaga Tn.M pada Keluarga Tn.A untuk membuka jendela setiap hari dan tetap menjaga kebersihan lingkungan rumah F.pijatan di punggung. 2. dll).

A menerima informasi yang disampaikan dan menjawab pertanyaan denagn baik. Memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan secara aktif Dari ke 4 poin tersebut keluarga Tn. Tingkat Kemandirian keluarga ( KM ) Saat ini keluarga Tn. A mengatakan bahwa mereka menerima petugas dan pelayanan kesehatan yang ada diwilayah sekitar. Keluarga mandiri tingkat 1 ditambah 2. keluarga Tn. A: masalah teratasi P:motivasi keluarga lebih intensif G. A juga mengatakan jika ada keluarga yang mengalami suatu penyakit mereka akan mencari tahu informasi mengenai penyakit yang dialami oleh anggota keluarga nya tersebut dengan bertanya kepada petugas kesehatan terdekat.A mengatakan memahami apa yang sudah disampaikan dan akan lebih menjaga lagi kebersihan lingkungan disekitar rumahnya. Tahu dan dapat mengungkapkan masalah kesehatan secara benar 3. Melaksanakan tindakan keperawatan sederhana sesuai yang dianjurkan 4. 30 november / 15. A termasuk keluarga KM tingkat II karena pada saat dilakukan pengkajian keluarga Tn. . O: Keluarga Tn.A langsung memberikan respon dengan segera membeli obat diapotik terdekat.50 S: Keluarga Tn. dan juga jika ada anggota keluarga yang sakit ringan maka keluarga Tn. A berada di tahap keluarga Mandiri tingkat II yang mana keluarga mandiri tingkat II ( KM 2) memiliki 4 poin didalam nya yaitu: 1. A: masalah teratasi P: motivasi keluarga lebih intensif 2.

Serta keluarga Tn. A juga memanfaatkan pelayanan kesehatan secara aktif jika dikantor Desa mengadakan posyandu ataupun penyuluhan kesehatan (dibagikan obat pencegahan penyakit filariasis). . A termasuk keluarga mandiri tingkat II. Dari pemaparan tersebut bisa disimpulkan bahwa keluarga Tn.