MAKALAH KELOMPOK 2

PERADABAN ISLAM PADA MASA DINASTI ABBASIYAH
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Sejarah Peradaban Islam
Dosen Pengampu: Ardi, M. Pd. I

disusun oleh
Ana Maryani : 1501010060
Dewi Rahmawati : 1501010031
Ria Fransiska : 1501010103

Prodi: Pendidikan Agama Islam

Kelas/ Semester: D/ III

JURUSAN TARBIYAH

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)

JURAI SIWO METRO

T.A. 2016/2017

.

.

Sebelum berdirinya dinasti abbasiyah terdapat tiga poros utama yang merupakan pusat kegiatan. baik dari kalangan pendukung Ali maupun keluarga Abbas. Berdirinya pemerintahan ini dianggap sebagai kemenangan pemikiran yang pernah dikumandangkan oleh bani hasyim (alawiyun) setelah meninggalnya rasulullah dengan mengatakan bahwa yang berhak untuk berkuasa adalah keturunan rasulullah dan anak-anaknya. Dari nama al-abbas paman rasulullah inilah nama ini disandarkan pada tiga tempat pusat kegiatan. tidak mudah terpengaruh nafsu dan tidak mudah bingung terhadap kepercayaan yang menyimpang. dan sekaligus sebagai khalifah pertama. Kufah dan Khurasan. Propaganda Abbasiyah dilaksanakan dengan strategi yang cukup matang sebagai gerakan rahasia. Para penerang dakwah Abbasiyah berjumlah 150 orang di bawah para pimpinannya yang berjumlah 12 orang dan puncak pimpinannya adalh Muhammad bin Ali. oleh abdul abbas ash- shafah.A. Kekuasaan dinasti abbasiyah berlangsung dalam rentang waktu yang panjang. kuat fisik. tegun pendirian. Sejarah berdirinya dinasti abbasiyah Pemerintahan dinasti abbasiyah dinisbatkan kepada al-abbas. Khurasan memiliki warga yang pemberani. yaitu selama 5 abad dari tahun 132-656 h (750 m. Di kota humaimah bermukim keluarga abbasiyah. yang selalu bergolak dan ditindas oleh bani umayyah. abbas bin abdul muthalib. di sanalah diharap dakwah kaum Abbasiyah mendapat dukungan. yaitu Humaimah. salah seorang pimpinannya bernama al-imam muhammad bin ali yang merupakan peletak dasar-dasar bagi pendirinya dinasti abbasiyah. Kufah merupakan wilayah yang penduduknya menganut aliran Syiah. pendukung Ali bin Abi Thalib. Imam Ibrahim pemimpin abbasiyah yang berkeinginan mendirikan kekuasaan abbasiyah. gerakannya diketahui oleh Khalifah Umayyah terakhir. Ibrahim akhirnya tertangkap . Ia menyiapkan strategi perjuangan menegakkan kekuasaan atas nama keluarga Rasulullah. Akan tetapi.1258 m). antara satu dengan yang lain memiliki kedudukan tersendiri dalam memainkan peranannya untuk menegakkan kekuasaan keluarga besar paman rasulullah. bermukim di kota itu keluarga bani hasyim. sementara khalifah pertama dari pemerintahan ini adalah abdullah ash-shaffah bin muhammad bin ali bin abdullah bin abbas bin abdul muthalib. Marwan bin Muhammad. paman rasulullah saw. Humaimah merupakan tempat yang tentram. Dinasti abbasiyah didirikan pada tahun 132 h/750 m.

maka tumbanglah kekuasaan dinasti umayyah. yang tidak . Ia menggunakan sebagian besar dari masa kepemerintahannya untuk memerangi para pemimpin Arab yang kedapatan membantu Bani Umayyah. sebelah barat sungai Eufrat dekat Baghdad. oleh pasukan Dinasti Umayyah dan dipenjarakan di Haran sebelum akhirnya dieksekusi. Ash-Shaffah kemudian pindah ke Ambar. Ia mewasiatkan kepada adiknya Abdul Abbas untuk menggantikan kedudukannyanketika tahu bahwa ia akan terbunuh. Mereka memungkinkan dapat mencapai hasil lebih banyak karena landasannya telah dipersiapkan oleh bani umayyah yang besar. dan memerintahkannya untuk pindah ke kufah. Dengan demikian. Harran dan menyebrangi sungai Eufrat sampai ke Damaskus. Andullah bin Ali. Pemerintahan abul abbas ash-shaffah Bani abbasiyah mewarisi imperium besar dari bani umayyah. Segeralah abul abbas pindah dari Humaimah ke Kufah diiringi oleh pembesar Abbasiyah yang lain seperti Abu Ja’far.tahun 132 m/750 m di bawah pimpinan salih bin ali seorang paman al-abbas yang lain. Abu salamah selanjutnya berke. dan akhirnya terbunuh di Busir. Penggantian umayyah oleh abbasiyah ini di dalam kepemimpinan masyrakat islam lebih dari sekedar penggantian dinasti. Yazin bin Umar bin Hubairah.ah di kufah yang telah ditaklukkan pada tahun 132. suatu titik balik yang sama pentingnya dengan revolusi Prancis. dan abdullah bin Ali. Penguasa Umayyah di Kufah. Marwan bin Muhammad bersama pasukannya yang melarikan diri. isa bin musa. Ia merupakan revolusi dalam sejarah islam. dan abbasiyah yang pertama memanfaatkannya. Khalifah itu melarikan diri hingga ke fustat di Mesir. wilayah al-fayyum. ditklukkan oleh Abbasiyah dan diusir ke wasit. di mana akhirnya dapat dipukul di dataran rendah Sungai Hab. dan revolusi Rusia di dalam sejarah Barat. salah seorang paman Abu Abbas diperintahkan untuk mengejar khalifah Umayah terakhir. Ia mengusir mereka kecuali Abdurrahman. Sedangkan pemimpin propaganda dibebankan kepada abu salamah. Seluruh anggota keluarga Abbas dan pimpinan umat Islam menyatakan setia kepada Abul Abbas Ash-Shaffah sebagai khalifah mereka. Pengejaran dilanjutkan ke Mausul.

Masa abassiyah iii. yaitu mulai khalifah al-mutawakkil pada tahun 232 h(847 m) sampai berdirinya daulah buhaiwiyah di baghdad pada tahun 334 h (946 m) 3. Para khalifah bani abbasiyah berjumlah 37 khalifah. Sistem pengumuman putra mahkota itu mengikuti cara dinasti bani umayyah. Ia wafat pada tahun 136 H di Abar. Kekhalifahan Ash-Shaffah hanya bertahan 4 tahun. B. ada seorang pangeran keturunan abbasiyah yang lolos dari pembunuhan dan meneruskan kekhalifahan dengan gelar khalifah yang berkuasa di bidang keagamaan di bawah . sosial. Ia berumur tidak lebih dari 33 tahun. Abu ja’far misalnya. Masa abbsiyah iv . yeitu pemakaman gelar. Berdasarkan pola tersebut. sembilan bulan. Selama dinasti abbasiyah berkuasa. yakni saudaranya. lama kemudian mendirikan Dinasti Umayyah di Spanyol. mereka adalah: 1-37 Pada masa bangsa mongol dapat menaklukkan baghdad tahun 656 h/1258 m. satu kota yang telah dijadikannya sebagai tempat kedudukan pemerintahan. Masa abbasiyah 1. yaitu dari berdirinya daulah buhaiwiyah tahun 334 h (946 m) smpai masuknya kaum saljuk ke baghdad tahun 447 h (1055 m) 4. ia memakai gelar al-manshur. para sejarawan biasanya membagi masa pemerintahan bani abbasiyah dalam empat periode berikut: 1. yaitu semenjak lahirnya daulah abbasiyah tahun 132 h (750 m) sampai meninggalnya khalifah al-watsiq 232 h (847 m) 2. Dan satu hal yag baru lagi bagi para khalifah abbasiyah. ia sudah mewasiatkan siapa penggantinya. kemudia isa bin musa. dan budaya. Bahakan ada yang mengatakan umur ash-shaffah ketika meninggal dunia adalah 29 tahun. keponakannya. pola pemerintahan yang diterapka berbeda-beda sesuai perubahan politik. PARA KHALIFAH DINASTI ABBASIYAH Sebelum abul abbas ash-shaffah meninggal. yaitu masuknya orang-orang salju ke baghdad tahu 447 h ( 1055 m ) sampai jatuhnya baghdad ke tangan bangsa mongol di bawah pimpinan hulagu khan pada tahun 656 h (1258 m). Masa abbasiyah 2 . abu ja’far. Ash-Shaffah juga memutuskan untuk menghabisi nyawa beberapa orang pembantu Bani Umayyah.

Pada saat kekuatan militer menurun. dan membakar buku-buku yang ada di dalamnya. sementara komunikasi pusat dengan daerah sulit dilakukan. Montgoy Watt. dan gemerlapnya Baghdad sebagai pusat pemerintahan Dinasti Abbasiyah seolah-olah hanyut dibawa sungai Tingris. E. kemegahan. Pada tahun 1400 M. kholifah tidak sanggup memaksa pengiriman pajak ke Baghdad. Persaingan antara bangsa Khalifah Abbasiyah didirikan oleh Bani Abbas yang bersekutu dengan orang-orang Persia. Bersamaan dengan itu. kota ini diserang pula oleh pasukan Timur Lenk. bahwa beberapa factor yang menyebutkan kemunduran pada masa daulah Bani Abbasiyah adalah sebagai berikut: 1. Menurut W.. dan pada tahun1508 M oleh tentara Kerajaan Safawi. 2. Jabatan khalifah yang disandang oleh keturunan abbasiyah di mesir berakhir dengan duambilnya jabatan itu oleh sultan salim 1 dari turki utsmani ketika menguasai mesir pada tahun 1571 m. M.kekuasaan kaum mamluk di kairo. Dengan profesionalisasi angkatan bersenjata. 1. Faktor-Faktor yang Menyebabkan Kemunduran Dinasti Abbasiyah Kebesaran .A. mesir tanpa kekuasaan duniawi yang bergelar sultan. Para khalifah bani abasiyah yang ada di mesir adalah ebagai berikut 1-22.Badri Yatim. Dengan demikian. 3. tingkat saling percaya dikalangan para penguasa dan pelaksana pemerintahan sangat rendah. setelah kota itu dibumihanguskan oleh tentara Mongol dibawah Hulagu Khan pada tahun 1258 M. Keuangan negara sangat sulit karena biaya yang dikeluarkan untuk tentara bayaran sangat besar. keagungan. diantara hal yang menyebabkan kemunduran daulah Bani Abbasiyah adalah sebagi berikut. Luasnya wilayah kekuasaan daulah Abbasiyah. Sedangkan menurut Dr. meruntuhkan perpustakaan yang merupakan gudang ilmu. hilanglah kekhalifahan abbasiyah untuk selama-lamanya. semua bangunan kota termasuk istana emas tersebut dihancurkan pasukan Mongol.persekutuan dilatarbelakangi oleh persamaan nasip . ketergantungan kholifah kepada mereka sangat tinggi.

Perang salib yang berlangsung beberapa gelombang banyak yang menelan korban. Hulugu . sehingga baitul mal penuh dengan harta. Perang Salib Perang salib merupakan sebab dari eksternal umat islam. E. 3. Ahlu Sunnah. Kecenderungan masing-masing bangsa untuk mendominasi kekuasaan sudah dirasakan sejak awal khalifah Abbasiyah berdiri. Konflik Keagamaan Fanatisme keagamaan terkait erat dengan persoalan kebangsaan. Dana yang masuk lebih besar daripadayang keluar. Pada periode Abbasiyah. Setelah dinasti Abbasiyah berdiri. Keduanya sama- sama tertindas. 5. 566H/1258 M. Kemerosotan ekonomi Khalifah Abbasiyah juga mengalami kemunduran di bidang ekonomi bersamaan dengan kemunduran di bidang politik. Serangan Bangsa Mongol (1258 M) Seranagan tentara Mongol kewilayah kekuasaan islam menyebabkan kekuatan islam menjadi lemah. konflik keagamaan yang muncul menjadi isu sentra sehingga mengakibatkan terjadi perpecahan. 2. Akhir Kekuasaan Dinasti Abbasiyah Akhir dari kekuasaan dinasti Abbasiyah ialah ketika Baghdad dihancurkan oleh pasukan Mongol yang dipimpin oleh Hulugu Khan. Bani Abasiyah tetap mempertahankan persekutuan itu. pendapatan Negara menurun dan dengan demikian terjadi kemerosotan dalam bidang ekonomi. Setelah khalifah mengalami periode kemunduran. Syi’ah. apalagi seragan Hulugu Khan dengan pasukan Mongol yang diadab menyebabkan kekuatan Abbasiyah menjadi lemah dan ahirnya menyerah kepada kekuatan Mongol. Pada periode pertama. pemerintahan Bnai Abbasiyah merupakan pemerintahan yang kaya. Pada masa ini persaingan antar bangsa menjadi pemicu untuk saling berkuasa. 4. Berbagai aliran keagaamaan seperti Mu’tazilah. kedua golongan itu pada masa Bani Umayyah berkuasa. Konsentrasi dan perhatian pemerintahan Abbasiyah terpecah belah untuk menghadapi tentara salib sehingga memunculkan kelemahan-kelemahan. dan kelompok-kelompok lainnya menjadikan pemerintahan Abbasiyah mengalami kesulitan untuk mempersatukan sebagai faham keagamaan yang ada.

Apa saja bidang politik yang dijalankan oleh daulah Abbasiyah 1…. para pengarang.Khan adalah seorang saudara Kubilay Khan. mengumpulkan para ilmuan. dan saudara Mongke Khan yang menugaskan untuk mengembalikan wilayah-wilayah sebelah barat dari Cina kepangkuannya. a. Kholifah Bani Abbasiyah yang terakhir dengan keluarganya. Kekuasaan politik sentral jatuh wibawanya karena Negara-negara bagian (kerajaan kecil) tidak menghirauan lagi pemerintah pusat kecuali pengakuan secara politis saja. b. masing-masing amir atau khalifah atau sultan berlomba-lomba untuk memajukan ilmu pengetahuan. penerjemah. berlomba-lomba untuk mendirikan perpustakakan. Pada masa daulah Abbasiyah berkali-kali terjadi perubahan corak kebuayaan Islam sesuai dengan terjadinya perubahan di bidang politik. Baghdad dibumihanguskan dan diratakan dengan tanah. ilmu pengetahuan tabmah maju dengan pesatnya. Al-Mu’tashim Billah dibunuh. buku-buku yang terkumpul di Baitul Hikmah dibakar dan dibuang ke sungai Tigris sehingga berubahlah warna air sungai tersebut yang jernih bersih menjadi hitam kelam karena lunturan tinta yang ada pada buku-buku itu. yang berkuasa di Cina hingga ke Asia Tenggara. . SOAL SEJARAH PERADABAN ISLAM NAMA : ANA MARYANI NPM : 1501010009 1. Kalau keadaan politik dan militer merosot. lenyaplah Dinasti Abbasiyah yang telah memainkan peran penting dalam percaturan kebudayaan dan peradaban islam dengan gemilang. Dengan demikian. Hal itu disebabkan masing-masing kerajaan.

Karena Humaimah merupakan wilayah yang penduduknya menganut aliran Syi’ah pendukung Ali bin Abi Thalib. kuat fisik. d. Kota Baghdad sebagai ibu kota Negara. Karena Humaimah merupakan tempat yang tentram. yang selalu bergolak dan ditindas oleh Bani Umayyah. b. tidak mudah terpengaruh nafsu dan tidak mudah bingung terhadap kepercayaan yang menyimpang. adab. bermukim di kita itu keluarga Bani Hasyim. Dalam masa tersebut berbagai ilmu pengetahuan telah matang. d. c. Barbari. Pertumbuhannya telah sempurna dan berbagai kitab yang bermutu telah cukup banyak diterjemahkan kemudian dikarang kembali. dijadikan kota internasional yang terbuka untuk segala bangsa dan keyakinan sehingga terkumpulah di sana bangsa-bangsa Arab. Kota Baghdad bukan satu-satunya kota internasional dan terbesar. baik dari kalangan pendukung Ali maupun pendukung keluarga Abbas. Qibthi. Karena Humaimah merupakan tempat yang aman untuk menyiapkan strategi perjuangan. dan filsafat. Rumawi. memberikankedudukan terhormat kepada uama dan pujangga. e. menjadi pusat kegiatan politik. . Mengapa kota Humaimah menjadi tempat bermukimnya keluarga Abbasiyah…. sosial dan kebudayaan. 2. terutama ilmu bahasa. Persia. Turki. Kurdi. Hindi. c. Karena Humaimah adalah tempat yang diharapkan dakwah kaum Abbasiyah mendapat dukungan. e. teguh pendidrian. sebab masing-masing kerajaan berlomba-lomba untuk mendirikan kota yang menyaingi Baghdad. a. sejarah. geografi. Karena Humaimah memiliki warga yang pemberani.

Pemerintahan Dinasti Abbasiyah dinisbatkan kepada Al- Abbas. Tahun 131 H/749 M d. Keuangan Negara sangat sulit karena biaya yang dikeluarkan untuk tentara bayarannya sangat besar . sementara khalifah pertama dari pemerintahan ini adalah Abdullah Ash-Shaffah bin Muhammad bin Ali bin Abdullah bin Abbas bin Abdul Muthalib. Dapat memperluas wilayah sampai batas-batas terjauh. a. Bertambahnya kecintaan rakyat pada akhir-akhir pemerintahan bani Umawiyah. ketergantungan khalifah kepeda mereka sangat tinggi c. Tahun 129 H/747 M e. Paman Rasulullah Saw. Montgomery watt adalah. 3. Luasnya wilayah kekuasaan daulah Abbasiyah. Tahun 130 H/748 M b. Tahun 128 H/746 M c. Tahun 132 H/750 M Soal Ria Fransiska 1. kecuali… a. Pendeknya masa jabatan khalifah di akhir-akhir pemerintahan bani Umawiyah. Apa faktor-faktor yang menjadi pendorong berdirinya Daulah Abbasiyah… a. Pembentukan enam lembaga atau departeman di pusat pemerintahan. yaitu diantaranya dengan mengharuskan menggunakan Bahasa Arab dalam pelayanan administrasi pemerintahan. d. Beberapa faktor yang menyebabkan kemunduran dinasti Abbasiyah menurut W. bersamaaan itu tingkat saling percaya klangan para penguasa pelaaksana pemerintahan sangat rendah b. Dan pada tahun berapakah Dinasti Abbasiyah didirikan…. 4. sementara komunikasi pusat dengan daerah sulit dilakukan. Nasionalisasi atau arabisasi dalam bidang administrasi. e. Dengan profesionalisasi angkatan senjata. c. b. seperti khalifah Yazid bin al-Walid lebih kurang memerintah sekitar 6 bulan.

Menekankan pembinaan peradaban dan kebudayaan daripada persoalan politik 4. dan budaya. Menerapakan pola pemerintahan yang berbeda-beda sesuai dengan perubahan politik. kholifah tidak sanggup memaksa pengirimana pajak ke Baghdad e. 3. Menggantikan kepemimpinan masyarakat islam lebih dari sekedar penggantian dinasti e. sama-sama tertindas. b. Saat konflik keagamaan yang terkait erat dengan persoalan kebangsaan c. Menggunakan masa pemerintahannya untuk memerangi para pemimpin Arab yangtkedapatan membantu bani Umayyah d. Al-Imamah wa As-Siyasah d. c. Saat perang salib berlangsung dengan beberapa gelombang yang menelan banyak korban b. Sifatu Jazirah Al-Arab b. Apa yang dilakukan oleh Dinasti Abbasiyah sehingga peradaban dan kebudayaan islam itu tumbuh dan berkembang mencapai kejayaanya? a. Ketika banyak terjadi perselisihan intern bani Umayyah pada decade terakhir pemerintahannya. Dinasti Abbasiyah lebih menekankan pembinaan peradaban dan kebudayaan islam dari pada perluasan wilayah. buku apakah yang ditulis oleh An-Nasyasi? a. Dinasti Abbasiyah di Baghdad sebagai pusat ilmu yang mempunyai beberapa bidang antaranya bidang umum yang mempelajari ilmu sastra yang mempunyai beberapa tokoh contoh nya Abu Nawas dan An-Nasyasi. 2. ‘Uyunul Ahbar e. Ada kejadian apakah pada saat berakhirnya kekuasaan Dinasti Abbasiyah? a. Ketika Baghdad dihancurkan oleh pasukan Mongol yang dipimpin oleh Hulagu Khan d. kholifah Abbasiyah bersekutu dengan Persia karna persamaan nasib. Masalik wa Al-Mamalik . ‘Alfu Laila wa Lailah c. Ketika kholifah Bani Abbasiyah mengalami kemunduran ataun kemerosotan dibidang ekonomi e. Persaingan antara bangsa. sosial. Kekuatan militer menurun. d.