You are on page 1of 9

Pro kontra penyelenggaraan "Miss World

"

Nusa Dua (ANTARA Sumsel) - Sejumlah tokoh wanita Indonesia menyatakan mendukung penyelenggaraan kontes
kecantikan dunia "Miss World 2013" di Bali dan Jakarta, karena selain mempromosikan budaya bangsa, juga
membawa misi sosial.

"Kenapa dilarang (penyelenggaraan Miss World di Indonesia)?. Tetapi pendapat orang itu berbeda-beda," kata Ketua
Umum Kongres Wanita Indonesia, Dewi Motik Pramono ditemui pada Forum Wanita dan Ekonomi APEC di Nusa
Dua, Kabupaten Badung, Bali, Jumat.

Menurut dia, kontestan yang ikut dalam kontes ratu kecantikan dunia itu nantinya tidak hanya sebatas untuk
menghibur masyarakat tetapi mereka akan bekerja untuk misi sosial.

Meskipun terjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat, namun perbedaan tersebut harus dihargai di tengah
keberagaman Indonesia.

"Saya sangat bersyukur bahwa negara kita negara Pancasila yang menghormati perbedaan dan tidak ada satupun
dari mereka yang paling benar, karena yang paling benar hanya Allah. Saya mengharapkan perbedaan itu jangan
dibuat ribut tetapi itu anugerah," ucap anggota Yayasan Putri Indonesia itu.

Hal senada juga diungkapkan pengusaha nasional, Marta Tilaar, yang menyatakan bahwa dipilihnya Indonesia
sebagai tuan rumah penyelenggaraan ajang ratu sejagad yang diikuti 130 negara itu merupakan kesempatan untuk
mempromosikan budaya dan keindahan alam Tanah Air.

Ia menjelaskan bahwa kontes kecantikan "Miss World" berbeda dengan pelaksanaan kontes kecantikan lainnya
karena lebih mengandalkan talenta, sportivitas, dan kecerdasan, serta bekerja untuk sosial.

"Miss World" itu tidak seperti ajang yang lain. Ada talenta, sportivitas, musik. Mereka memotivasi anak yatim piatu
dan sosial. Ajang itu membawa nama bangsa. Bukan hanya menonjolkan fisik tetapi kecerdasan dan talenta
perempuan," kata pengusaha yang bergerak di bidang industri kecantikan itu.

Terkait adanya pro dan kontra, Ia meminta saat ini merupakan era globalisasi yang terbuka dan perlu adanya
perubahan cara berpikir.

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar ditemui di
tempat yang sama mengaku telah melakukan pengecekan kepada pihak penyelenggara guna memastikan bahwa
tidak ada bikini dalam ajang tahunan itu.

"Kami sudah cek kepada panitia bahwa semua harus dilakukan sesuai dengan budaya Indonesia. Saat ini sesuai
yang kami ketahui, mereka melaporkan tidak menggunakan bikini," ucapnya.

Adanya pro dan kontra, kata Linda, hal itu dinilai wajar karena bagian dari demokrasi.

"Sepanjang Pemerintah Provinsi Bali menyambut, tentu kami sampai hari ini terus melakukan koordinasi," jelasnya.

Miss World sendiri diikuti oleh 130 peserta dari seluruh dunia. Masa karantina dilakukan mulai 1-14 September 2013
di Pulau Dewata, sebelum memasuki final yang akan dilaksanakan pada 28 September 2013 di Bogor, Jawa Barat

Sumber http://antarasumsel.com/berita/278250/pro-kontra-penyelenggaraan-miss-
world

Minggu (29/9/2013). KOMPAS . yang ditutup pada Sabtu (28/9/2013) malam. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati. Posisi kedua. Bali. dan posisi ketiga Carranzar Naa Okailey Shooter dari Ghana. ”Kami bersyukur acara Miss World 2013 di Nusa Dua berakhir dengan baik. yakni malam final pemilihan Miss World 2013.Citra Bali sebagai destinasi pariwisata yang aman dan nyaman semakin terangkat dengan suksesnya penyelenggaraan seluruh rangkaian Miss World 2013. Nusa Dua. Citra Bali Semakin Terangkat BADUNG. Hal itu dikatakan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Provinsi Bali. Miss Filipina. menanggapi penyelenggaraan Miss World 2013. Suksesnya penyelenggaraan acara berskala internasional itu memberikan bukti bahwa Bali. masih tempat yang aman dan nyaman untuk dikunjungi. aman dan nyaman adalah kebutuhan dasar dalam industri pariwisata. di Badung. Megan Young. Megan pun menerima mahkota Miss World dari Wenxia Yu. Sabtu malam. Peliputan Miss World 2013 oleh media nasional dan internasional turut mempromosikan Bali dan mengenalkan Bali lebih meluas. Puncak acara Miss World 2013. dinobatkan sebagai Miss World 2013.Pergelaran Miss World 2013. dan juga Indonesia. Kabupaten Badung. digelar di Bali Nusa Dua Convention Center. . Indonesia pun mendapat pujian sebagai tuan rumah yang baik. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali tersebut mengatakan. Marine Lorphelin dari Perancis. Miss World 2012. Malam itu.” kata Tjokorda Oka.

Bali. JAKARTA -.kompas.com/read/2013/09/30/0917541/Pergelaran. Tari kecak yang dimainkan tiap hari di pura ini bisa menyedot hampir seribu penonton.Penyelenggaraan kontes kecantikan Miss World 2013 terus menuai pro dan kontra. Vania Larissa.Semakin. Keberhasilan Megan meraih gelar Miss World 2013 tidak lepas dari kesuksesannya menjuarai Top Model. Chairwoman of Miss World Organization Julia Morley menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Indonesia. Ini dibuktikan dengan Vania lolos sampai babak 10 besar. . Kamis (6/6/2013). Vania sudah menunjukkan seluruh upaya terbaiknya dan tampil dengan sangat baik selama kegiatan Miss World. Julia.World.Terangkat? utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp Pro dan Kontra Miss World 2013 Terus Bergulir REPUBLIKA. Sumber http://travel. Dia menambahkan. Ormas Islam dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara tegas menolak Indonesia menjadi tuan rumah Miss World.2013.Miss. yang juga menjadi juri di final Miss World 2013. salah satu sesi fast track dalam ajang Miss World 2013. Liliana Tanoesoedibjo.ID. Duta kecantikan dari Indonesia. hanya lolos sampai babak 10 besar. Chairwoman of Miss World Indonesia Organization.CO. yang juga menjadi juri di final Miss World 2013. menyatakan kepuasannya atas penyelenggaraan Miss World 2013 di Bali. yang diharapkan masuk ke final setelah menyabet juara dalam sesi Talent di Miss World 2013. menyatakan. TRIBUN/TAUFAN WIJAYAPertunjukan tari kecak di Uluwatu.Bali. seluruh juri memilih yang terbaik.Citr a.

Jeffrie menilai. Menurut dia. Pemerintah pun dinilai tidak mendengarkan anjuran MUI. ''Jalan keluar yang diambil mencerminkan pemerintah tidak bertanggung jawab terhadap keputusannya sendiri. Board of Advisor CSIS. "Yang kita sarankan itu membatalkan bukan memindahkan. 'Sangat disesalkan karena menunjukkan betapa lemahnya pemerintah terhadap tekanan-tekanan dari pihak yang kontra pada acara Miss World. bukan melokalisirnya di Bali.'' tuturnya. Namun di sisi lain. Bogor. setelah 2014 Indonesia membutuhkan kepemimpinan model kepemimpinan Jokowi di Jakarta. sepertinya pemerintah tidak menghargai dan mendengarkan lagi nasihat MUI sebagai mitranya. justru menyesalkan keputusan pemerintah yang memindahkan acara malam final Miss World dari Bogor ke Bali." cetusnya. juga meminta untuk dibatalkan. Menteri Agama Suryadharma Ali membantah bila sikap pemerintah terpecah atas penyelenggaraan Miss World di Indonesia. tapi membatalkannya. Jokowi yang tetap kokoh mempertahankan Lurah yang ditolak hanya karena agamanya bukan agama mayoritas. Jeffrie Geovanie. direktur eksekutif Maarif Institute juga menyesalkan cara pemerintah menghadapi polemik penyelenggaraan Miss World. ''Kasus ini menambah bukti bahwa memang pemerintah selalu gagal keluar dari bayang-bayang tekanan ideologis atas nama mayoritas. Fajar juga menilai ketidaksiapan kepolisian untuk memberikan jaminan keamanan di luar Bali merendahkan wibawa aparat negara. Akibat derasnya aksi penolakan terhadap penyelenggaraan Miss World itu.Aksi unjuk rasa menolak penyelenggaraan kontes Miss World pun bergulir deras. Terkait polemik ini." ujarnya. Miss Wolrd pun digelar di Bali. Padahal pemerintah telah jauh-jauh hari memberikan ijin kegiatan Miss World di Jakarta dan Sentul. MUI pun mengkritisi kebijakan pemerintah yang memindahkan penyelenggaraan Miss World ke Bali. Apa yang rekomendasikan MUI ke pemerintah adalah membatalkan sama sekali penyelenggaran Miss World di Indonesia. Jawa Barat. Ketua MUI Pusat Bidang Seni dan Budaya KH Cholil Ridwan mengatakan. malam final kontes ratu kecantikan itu tak jadi digelar di Bogor.'' ungkap Jeffrie. Ada yang kontra namun ada pula yang pro. Fajar Riza Ul Haq. . Ini mengingat di satu sisi pemerintah memberi izin penyelenggaraan. pemerintah seharusnya belajar dari Gubernur Jakarta.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. kementerian yang lain tentu memiliki pandangan yang berbeda.id/berita/nasional/umum/13/09/20/mtexz7-pro-dan- kontra-miss-world-2013-terus-bergulir Tambahan Sumber http://id. tetapi berbicara sesuai dengan porsinya." ujar Menag.m.wikipedia. serta Gubernur Bali. Selaku Menteri Agama. pemberian izin dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan. Namun. kata dia.Menurutnya. Sumber http://republika.co. Termasuk prosedur pengamanan dari kepolisian. "Pemerintah tidak terpecah.org/wiki/Miss_World_2013 . pendapat yang perlu didengar atas hal ini adalah MUI. Sementara Kementerian Agama meminta penyelenggara mendengarkan saran Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk membatalkan ajang kecantikan ini.

Israel. Macau China. Guinea-Bissau. Kamal Ibrahim.Miss World 2013 Megan Young [1] Tanggal 28 September 2013 Bali Nusa Dua Convention Tempat [2][3] Center. Kosovo. Indonesia Myleene Klass. Debut Kamerun. Amanda ra Zevannya[5] Pengisi acara Blue. . Matt Cardle[5] Stasiun RCTI. Bali. E! Entertainment televisi Peserta 127 Finalis/Semif 10 nalis Guinea. Pembawa aca Daniel Mananta[4]. Uzbekistan Tidak tampil Bonaire.

Ghana. . yang diselenggarakan pada tanggal 28 September 2013 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). Indonesia. Tampil kemba Kirgizstan. di Nusa Dua. menjadikannya sebagai wanita Filipino pertama yang memenangkan gelar Miss World dalam sejarah. dan Amanda Zevannya. Uruguay. Dominika. Lesotho. li Namibia. Tunisia. Swiss. Miss World 2012. Megan Young dari Filipina sebagai Miss World 2013. Virgin BR. Bali. Kamal Ibrahim. Samoa. Kep. Zimbabwe Chinese Taipei. Moldova.[3][6] Sebagai pembawa acara pada malam puncak adalah Myleene Klass. Romania. Yu Wenxia dari Republik Rakyat Cina memahkotai penerusnya. Haiti. Malawi. Sierra Leone. Di akhir acara. Daniel Mananta. Zambia Megan Young Pemenang ( Filipina)  Miss World 2013 adalah edisi ke-63 dari kontes kecantikan Miss World. Suriname.