You are on page 1of 12

KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA

REPUBLIK INDONESIA
KANTOR WILAYAH SUMATERA BARAT
KANTOR IMIGRASI KELAS I PADANG
Jl. Khatib Sulaiman No. 50 Padang Telp. 0751 7055113 Fax. 0751 41900
E-mail : padangkanim@yahoo.co.id / kanim_padang@imigrasi.go.id

TIPS DAN LANGKAH MENGAJUKAN PERMOHONAN PASPOR
ONLINE DI KANTOR IMIGRASI KELAS I PADANG

Sebelum mengajukan permohonan online, mohon perhatikan persyaratan
permohonan paspor sesuai Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia
Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2014 tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan
Laksana Paspor, adapun kelengkapan persyaratan tersebut terdiri dari;
a. kartu tanda penduduk (KTP) yang masih berlaku atau surat keterangan pindah
ke luar negeri;
b. kartu keluarga (KK);
c. akta kelahiran, atau akta perkawinan, atau buku nikah, atau ijazah,
atau surat baptis;
d. surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang Asing yang memperoleh
kewarganegaraan Indonesai melalui pewarganegaraan atau penyampaian
pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan
perundang-undangan;
e. surat penetapan ganti nama dari pejabat berwenang bagi yang telah mengganti
nama; dan
f. Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki Paspor biasa.
Untuk anak di bawah umur yang belum memiliki KTP, menggantikan
persyaratan pada huruf a dengan KTP kedua orang tua yang difotokopi dalam satu
lembar kertas ukuran A4 (tidak dipotong), ketentuan lain berlaku. Sedangkan
persyaratan pada huruf c digantikan dengan melampirkan; 1.) akta kelahiran atau
surat baptis, 2.) buku nikah atau akta perkawinan, ketentuan lain berlaku untuk
anak hasil perceraian atau anak hasil adopsi.
Dokumen kelengkapan persyaratan sebagaimana dimaksud huruf c di atas
harus yang memuat data:
1) nama; 3) tempat lahir;
2) tanggal lahir; 4) nama orang tua,
untuk dicocokan dengan data yang terdapat pada huruf a dan b.
Dalam hal dokumen sebagaimana dimaksud pada huruf c tidak memuat data
sebagaimana dimaksud di atas, pemohon dapat melampirkan surat keterangan
dari instansi yang berwenang.
Fotokopi persyaratan tersebut di atas dalam kertas ukuran A4 (tidak
dipotong), dan pastikan dokumen asli ada dan dapat diperlihatkan kepada petugas
di kantor imigrasi pada saat tanggal kedatangan.
Permohonan tidak dapat dilanjutkan apabila persyaratan tidak lengkap,
tidak difotocopy dengan jelas dalam kertas ukuran A4, terdapat perbedaan data
pada persyaratan, masuk dalam daftar cekal, memberikan keterangan tidak benar,
dan terindikasi memiliki paspor sebelumnya.
Jenis Permohonan Paspor Hilang dan Paspor Rusak harap melapor ke
bagian penindakan di kantor imigrasi setempat, dan untuk Permohonan Paspor
Hilang melengkapi surat keterangan hilang dari kepolisian setempat dan
melaksanakan proses Berita Acara Pemeriksaan (BAP) di bagian penindakan kantor
imigrasi setempat sebelum mengajukan permohonan paspor online.

Tips Dan Langkah Mengajukan Permohonan Paspor Online Di Kantor Imigrasi Kelas I Padang  
  1  
created  by  kasubsi  zinkim

go. dengan langkah sebagai berikut.id:8443/xpasinet/faces/InetMenu. https://ipass. 1. lihat Gambar 1 Gambar 1 3. Apabila telah memenuhi persyaratan tersebut di atas silahkan mengajukan permohonan online.imigrasi. 2. atau copy link di bawah ini dan paste ke browser yang tersedia. apabila mendapati laman “Ada Masalah” silahkan refresh laman tersebut atau diulangi pada waktu yang tidak padat pengunjung.imigrasi. Masuk ke laman https://www. Gambar 2 Tips Dan Langkah Mengajukan Permohonan Paspor Online Di Kantor Imigrasi Kelas I Padang   created  by  kasubsi  zinkim   2   . Klik menu Pra Permohonan Personal pada laman Layanan Paspor Online. lihat Gambar 2. Otomatis masuk ke laman Menu Utama Layanan Paspor Online. Klik menu Layanan Paspor Online yang tersedia.id.go. lihat Gambar 2.jsp 4.

Salah jenis permohonan dapat mengakibatkan permohonan ditolak oleh sistem.imigrasi.5.jsp Gambar 3 6. lihat Gambar 4. Pilih Jenis permohonan yang benar. Otomatis masuk ke laman Informasi Pemohon. atau copy link di bawah ini dan paste ke browser yang tersedia. contoh: Penggantian – Habis Berlaku untuk pemohon yang pernah mempunyai paspor dengan masa berlaku yang telah habis atau kurang dari enam bulan sejak tanggal permohonan. https://ipass.id:8443/xpasinet/faces/PassportFormCustomer. lihat Gambar 3.go. Gambar 4 Tips Dan Langkah Mengajukan Permohonan Paspor Online Di Kantor Imigrasi Kelas I Padang   created  by  kasubsi  zinkim   3   .

Untuk anak di bawah umur atau pemegang kartu identitas yang berlaku seumur hidup. tanggal pada saat melakukan permohonan. isi Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai KTP dan atau Kartu Keluarga dengan ID Berlaku s.7. 10. Gambar 5 8. Pilih Lokasi Kantor Imigrasi yang benar. Pilih jenis paspor yang benar. salah pilih kantor imigrasi tidak dapat dirubah setelah melakukan pembayaran. Gambar 6 9. Tips Dan Langkah Mengajukan Permohonan Paspor Online Di Kantor Imigrasi Kelas I Padang   created  by  kasubsi  zinkim   4   .d. Silahkan lengkapi data dengan benar sesuai kolom yang tersedia. lihat Gambar 5. lihat Gambar 6.

Setelah melengkapi data. silahkan klik menu Lanjut untuk masuk ke laman selanjutnya. apabila memadai. Setelah melengkapi data. silahkan masukkan kode yang diminta dan klik menu Lanjut. silahkan klik menu Lanjut untuk masuk ke laman selanjutnya. Gambar 8 Tips Dan Langkah Mengajukan Permohonan Paspor Online Di Kantor Imigrasi Kelas I Padang   created  by  kasubsi  zinkim   5   . lihat Gambar 8. 13.11. lihat Gambar 7 Gambar 7 12. Perhatikan Tanggal Tersedia dan Kantor Imigrasi yang dituju.

Billing (Bank). atau pembayaran dapat dilakukan melalui atm BNI dengan menginput No. akan terdapat e-mail konfirmasi dari spri@imigrasi.14. Silahkan unduh dan cetak tautan yang terdapat di dalam e-mail konfirmasi yang diterima. lihat Gambar 10. bawa bukti pengantar ke bank untuk dibayarkan. “Jika dalam 5 hari kerja dst…”. lihat Gambar 9. Gambar 9 15. Mohon perhatikan Catatan pada Bukti Pengantar ke Bank.id. Tips Dan Langkah Mengajukan Permohonan Paspor Online Di Kantor Imigrasi Kelas I Padang   created  by  kasubsi  zinkim   6   . Buka e-mail yang sudah dimasukkan pada laman input data pemohon sebelumnya.go. Gambar 10 16.

kemudian paste pada browser. sesuai petunjuk nomor 14. Setelah melakukan pembayaran di Bank. 18. lihat Gambar 11. segera bayarkan permohonan sesuai petunjuk nomor 15. Buka kembali e-mail anda. terdapat Tanda Bukti Pembayaran Imigrasi dan perhatikan Jurnal Bank yang ada. Gambar 12 Tips Dan Langkah Mengajukan Permohonan Paspor Online Di Kantor Imigrasi Kelas I Padang   created  by  kasubsi  zinkim   7   . lihat Gambar 12. atau copy link yang terdapat pada e-mail konfirmasi. Gambar 11 19. Untuk mendapatkan tanggal kedatangan yang diinginkan. klik LANJUT.17.

lihat Gambar 14. kemudian klik menu Cek Tanggal setelah memasukkan kode yang diminta. lihat Gambar 13. Gambar 14 Tips Dan Langkah Mengajukan Permohonan Paspor Online Di Kantor Imigrasi Kelas I Padang   created  by  kasubsi  zinkim   8   . isi No Jurnal Bank sesuai Gambar 11.20. Otomatis masuk ke laman Konfirmasi Tanggal Kedatangan. Otomatis masuk ke laman Verifikasi Permohonan. Gambar 13 21. Silahkan klik menu Lanjut. apabila mendapati laman “Ada Masalah” silahkan refresh laman tersebut atau diulangi pada waktu yang tidak padat pengunjung.

lihat Gambar 16.22. Silahkan klik untuk Pilih Tanggal kedatangan di kanim sesuai keinginan. kemudian masukkan kode yang diminta dan klik menu Lanjut. lihat Gambar 15. Silahkan klik Unduh Bukti Permohonan. Gambar 15 23. Gambar 16 Tips Dan Langkah Mengajukan Permohonan Paspor Online Di Kantor Imigrasi Kelas I Padang   created  by  kasubsi  zinkim   9   .

Membawa dokumen persyaratan asli. (021) 5205029 TANDA TERIMA PERMOHONAN Nama : WAHYU NADE FARHAN Tanggal Lahir : 05-04-2003 Jenis Permohonan : 1A11 .14:00 Catatan: No Permohonan (Imigrasi): 1272000002175842 . . b dan c. a b c Gambar 17 Tips Dan Langkah Mengajukan Permohonan Paspor Online Di Kantor Imigrasi Kelas I Padang   created  by  kasubsi  zinkim   10   .48H Perorangan Baru . maka permohonan ini akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem SPRI. (021) 5208027 Fax.Paspor Biasa Harap datang ke : Kanim Kelas I Padang Jl. KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA RI Lembar Untuk: Pemohon DIREKTORAT JENDERAL IMIGRASI Jl. . 50.Pakaian sopan warna bebas selain putih. Kel. Khotib Sulaiman No.Apabila pemohon tidak datang ke Kantor Imigrasi hingga 7 hari sejak jadwal tanggal kedatangan. 25135 Tanggal Kedatangan : Rabu. 15-04-2015 Jam : 08:00 .R.Tanda Terima Permohonan ini wajib dibawa beserta bukti pembayaran dari bank (khusus Kantor Imigrasi yang melakukan pembayaran via bank) untuk mendapatkan nomor antrian. Rasuna Said Kav.24. 8-9 Jakarta Selatan Dicetak tanggal : 14-04-2015 Tel. .Membawa paspor asli bagi mereka yang melakukan penggantian karena habis masa berlaku (penggantian). Belanti Timur Padang. lihat Gambar 17 a. Cetak Tanda Terima Permohonan beserta 2 (dua) lembar lainnya pada kertas A4. H. .

masukan e-mail yang sudah dimasukkan pada laman input data pemohon sebelumnya. lihat Gambar 18. lihat Gambar 19 Gambar 19 Tips Dan Langkah Mengajukan Permohonan Paspor Online Di Kantor Imigrasi Kelas I Padang   created  by  kasubsi  zinkim   11   . Pastikan terdapat pesan “Email sudah dikirim” untuk mengetahui e-mail yang sudah dimasukkan pada laman input data pemohon sebelumnya adalah benar. masukan kode yang diminta.25. Apabila petunjuk nomor 14 dan atau nomor 23 tidak berhasil. Kirim Ulang Email Konfirmasi Pra Permohonan Personal melalui Menu Utama pada Gambar 2. Gambar 18 26.

30. dan mengenakan pakaian sopan warna bebas selain warna putih. lihat Gambar 20. Sekian semoga bermanfaat. Gambar 20 28. 27. Silahkan unduh dan cetak tautan yang terdapat di dalam e-mail konfirmasi yang diterima. dan lanjutkan petunjuk nomor 15 dan atau nomor 24. 29. *** Tips Dan Langkah Mengajukan Permohonan Paspor Online Di Kantor Imigrasi Kelas I Padang   created  by  kasubsi  zinkim   12   . Paspor selesai dapat diambil oleh yang bersangkutan 4 (empat) hari kerja setelah foto dan wawancara.go. akan terdapat e-mail konfirmasi dari spri@imigrasi. Buka kembali e-mail yang sudah dimasukkan pada laman input data pemohon sebelumnya.id. Terima Kasih. permohonan paspor dapat juga dilakukan melalui permohonan walk in (datang secara langsung) dengan ketentuan pengambilan nomor antrian sesuai quota dan waktu yang sudah ditentukan oleh Kantor Imigrasi setempat. dengan membawa dokumen persyaratan yang asli dan sudah difotokopi dalam kertas ukuran A4 (tidak dipotong). Selain permohonan paspor online. Silahkan datang ke Kantor Imigrasi yang telah dipilih sesuai dengan tanggal kedatangan dan waktu yang tertera pada Tanda Bukti Permohonan untuk mendapatkan nomor antrian.