You are on page 1of 11

BAB I.

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Avertebrata air adalah hewan air yang tidak mempunyai tulang belakang dan
susunan pencernaannya terletak dibawah saluran pencernaan. Avertebrata air terbagi
menjadi beberapa filum yaitu: porifera, coelenterata, echinodermata, molusca,
platyhelminthes, nemaltheminthes, annelida dan anthropoda.
Peranan avertebrata secara langsung terkait dengan ikan adalah sebagai bahan
makanan, sebagai parasit ikan, sebagai pemangsa ikan. Adapun manfaat bagi manusia
yaitu sebagai bahan konsumsi, usaha budidaya, sebagai indikator biologis yaitu dapat
digunakan sebagai petunjuk tingkat pencemaran perairan misalnya cacing dari
tubificiade dan larva chironomus.

1.2 Tujuan Praktikum
1. Mengetahui dan mengenal jenis-jenis Echinodermata di lapangan dengan
habitatnya.
2. Menjelaskan dan menggambarkan objek Echinodermata baik secara morfologi
maupun anatominya.
3. Mengklasifikasikan objek Echinodermata berdasarkan kedudukan
taksonominya.

Poka dan pengamatan morfologi serta identifikasi jenis di Laboratorium Budidaya Perairan. Universitas Pattimura. secara ringkas sebagai berikut:  Lakukan pengamatan morfologi dengan anatomi  Foto dengan skala tertentu  Pembersihan spesimen  Pengaetan di dalam botol sampel/stoples kaca  Memberi keterangan/label BAB III. 2.1 Hasil . Unit Kultivasi. Praktikum di lapangan berlangsung di perairan pesisir pantai Tanjung Tiram. METODE PRAKTIKUM 2.1 Tempat dan Waktu 1. 2. Pelaksanaan praktikum berlangsung pada 19 Desember 2016.3 Prosedur Praktikum  Inventarisasi jenis-jenis biota avertebrata air (ada 2 cara)  Koleksi bebas jenis-jenis avertebrata air di lapangan (pesisir pantai). Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. BAB II. amati habitat/substratnya  Koleksi jenis-jenis avertebrata air pada TPI Rumahtiga (khusus untuk filum Arthropoda.2 Alat dan Bahan Alat : Bahan :  Penggaris  Teripang  Pensil  Bulu babi  Penghapus  Bintang laut  Lup (Kaca Pembesar)  Kepiting  Plastik  Kerang  Baki  Keong laut  Pena  Udang  Toples 2. Moluska dan Ekinodermata dengan ukuran tubuh yang besar)  Pemilihan organisme avertebrata air (setelah dibawa ke laboratorium) dan dilakukan sesuai dengan prosedur pada penuntun praktikum. HASIL DAN PEMBAHASAN 3.

bintang laut diklasifikasikan sebagai beerikut: Kingdom : Animalia Phylum : Echinodermata Class : Asteroidea Genus : Asteroidea Spesies : Asteroidea sp. teripang dapat diklasifikasikan sebagai berikut: diklasifikasikan sebagai berikut: Filum : Echinodermata Kingdom : Animalia Kelas : Echinoidea Phylum :Echinodermata Subkelas : Euchinoidea Class : Holothuroidea Ordo : Cidaroidea Genus : Holothuria Famili : Diadematidae Spesies : Holothuria Genus : Diadem Spesies : Diadema setosu Nama ilmiah : Asteroidia sp Nama Umum : Bintang Laut Secara taksonomi. bulu babi dapat Menurut taksonomi.2 Pembahasan Filum Echinodermata .Nama ilmiah : Diadema antillarum Nama ilmiah : Holothuria Nama Umum : Landak Laut Nama Umum : Mentimun Laut Berdasarkan taksonomi. 3.

b. Kelas Asteroidea. Kelas Asteroidea B. Spinulosida dan Forcipulatida. Paxillosida. Kelas Crinoidea Struktur Anatomi A. bergerak bebas. Tentacle Mulut B. Echinodermata yang berbentuk bintang. Kelas Holothuroidea E. Madreporite h. Terdiri atas 5 bangsa yaitu Platysterida. Valvasida. Filum Echinodermata terbagi kedalam 5 kelas. berlengan 5 buah atau berkelipatan 5 (pentamerous) dan tampak jelas. Echinodermata yang berduri panjang dan berbentuk lingkaran. Kaki tabung e. Biasanya dikenal dengan sebutan Bulu babi. a. Anus f. Celah amburakral d. Klasifikasi Echinodermata: A. Duri i. Kelas Echinoidea D. C.Echinodermata merupakan hewan berkulit duri dan memiliki sistem sirkulasi air (ambulakral) yang unik. Kelas Ophiuroidea C. Tangan c. rangka bulat dan keras seperti . Kelas Echinoidea. Keping (cakram) g.

Esofagus j. Usus f. tempurung atau bundar dan pipih seperti uang logam. Cincin saraf c. a. anus posterior. anus dan madrepoid di aboral. tidak mempunyai tangan. Echinothuroidea. Terdiri atas 6 bangsa yaitu Dactylochirota. dinding tubuh tipis sampai tebal. Salenioida. Diadematoida. duri-duri maupun pedicellaria. Echinoida. G. Duri e. Arbacioida. Dendrochirota. Usus k. Clypeasteroida dan Spatangoida. H. Mulut h. D. Mesentrium . Molpadiida dan Apodida. Kelas Holothuroida. Echinodermata yang bentuknya seperti ketimun sehingga dikenal dengan nama timun laut. mulut dibagian oral menghadap ke bawah. Esophagus e. Kelenjar aksial E. Terdiri atas 8 bangsa yaitu: Cidaroida. Mulut d. a. Faring i. Aspidochirota. Ampula d. Anus f. mulut anterior dikelilingi tentakel retraktil. tidak mempunyai tangan. kaki tabung langsing dan mempunyai alat penghisap. Anus c. duri dapat digerakkan. Kloaka b. tubuh bulat panjang. Gonad b. g. Elasipoda. Madreporit F.

Tentakel k. Pohon pernafasan j.g. Madreporit . Gonofo i. Gonad h.

Kaki ambulakral memiliki alat isap.sistem pencernaan terdiri dari mulut. usus. lambung. teripang dan lilia laut. air disemprotkan sehingga dalam kaki tabung muncul tekanan hidrolik dari air dan akhirnya kaki tabung menjulur ke luar. Sistem gerak dengan menggunakan kaki ambulakral. serta tubuhnya memiliki simetri radial.Echinodermata melakukan respirasi dan makan pada selom. akibatnya ampula melekat pada benda lain sehingga bisa berpindah tempat.Pertukaran gas terjadi melalui insang kecil yang merupakan pemanjangan kulit. Hewan ini sudah memiliki sistem pencernaan yang sempurna di mana mulut sebagai jalan masuknya makanan berada di bagian bawah dan anus sebagai jalan keluarnya sisa pencernaan berada di sebelah atas. hewan ini memiliki kemampuan autotomi.Duri berpangkal pada suatu lempeng kalsium karbonat yang disebut testa. yaitu kaki ambulakral atau kaki tabung ambulakral. perkembangan embrio echinodermata sangat mirip dengan chordata pada tahap awalnya. yaitu kemampuan untuk membentuk kembali organ tubuhnya yang terputus. n.Sistem saraf . Permukaan Echinodermata umumnya berduri. Reproduksi secara generatif. Echinodermata juga bernapas dengan insang. Sistem saraf berupa cincin saraf yang mengelilingi mulut. Echinodermata merupakan hewan yang memiliki habitat di laut.Sistem saluran air dalam rongga tubuhnya disebut ambulakral. Seperti halnya dengan hewan akuatik yang lain.Sistem ekskresi tidak ada.Sistem sirkulasi belum berkembang baik. l. Mekanisme gerak melalui sistem kaki ambulakral adalah sebagai berikut: air masuk melalui madreporit kemudian turun ke saluran cincin lalu masuk ke dalam saluran radial. Tahap larvanya adalah perenang bebas dan menunjukkan simetri bilateral. bintang ular. selain itu kaki juga digunakan untuk menangkap mangsa. yaitu dengan peleburan antara sperma dan ovum sehingga akan dihasilkan zigot. Walaupun mereka tidak mirip banyak dengan hewan vertebrata. lalu bercabang 5 menuju masing-masing lengan yang dimiliki. setelah itu air masuk ke kaki-kaki tabung. o. m. esofagus. Echinodermata adalah invertebrata berkulit duri yang memuat bintang laut.Ambulakral berfungsi untuk mengatur pergerakan bagian yang menjulur keluar tubuh. bulu babi. dan anus. baik itu pendek tumpul atau runcing panjang. Secara umum Echinodermata memiliki 5 lengan.

Pada pengamatan yang kami lakukan untuk teripang terlihat tubuhnya terdiri atas duri-duri kecil dibagian permukaannya dan pada bagian anterior terdapat mulut yang berfungsi sebagai tempat masuknya makanan didalam tubuhnya. Hewan ini hidup di laut yang dangkal atau dalam. Hewan ini tidak mempunyai anus. Menurut Aryulina (2006) bahwa Mulut dan madreporitnya terdapat di permukaan oral. berbentuk silindris memanjang seperti ketimun. Sebagai hewan dioecious (individu berkelamin jantan terpisah dengan individu berkelamin betina). Oleh karena itu hewan jenis ini sering disebut bintang ular laut (Ophiuroidea nereidina). r. berdaging. Menurut Muliandari (2008) Tubuh teripang bertekstur lunak. pada permukaan adoral selain terdapat anus juga terdapat madreporit yaitu lobang yang mempunyai saringan yang menghubungkan air laut dengan sistem pembuluh air dan lobang kelamin. Biasanya .Echinodermata tidak memiliki otak. p.Echinodermata terdiri dari cincin pusat saraf dan cabang saraf. Menurut Aryulina (2006) bahwa Bentuk seperti bintang laut atau segi lima. teripang jantan dan betina sulit dibedakan secara morfologis. Perbedaan akan tampak jelas bila dilihat di bawah mikroskop dengan menyayat bagian organ kelamin jantan dan betina. Diantara duri-duri tubuhnya terdapat pori-pori yang berwarna cokelat/hitam keabuan membentuk bulatan kecil yang disebut madreporit berfungsi sebagai tempat masuknya air kedalam tubuh.permukaan atas (adoral) terdapat anus. Organ kelamin betina berwarna kekuningan dan berubah menjadi kecoklatan bila sudah matang. Sedangkan dibagian bawahnya terdapat kaki tabung yang digunakannya untuk berjalan. permukaan bawah (oral) terdapat mulut. Sementara organ kelamin jantan berwarna bening keputihan. Pengamatan selanjutnya adalah mengamati bentuk dan struktur tubuh bintang laut.Untuk reproduksi Echinodermata ada yang bersifat hermafrodit dan dioseus. Pengamatan selanjutnya adalah pengamatan pada bintang ular laut. sehingga sisa makanan atau kotorannya dikeluarkan dengan cara dimuntahkan melalui mulutnya. tubuhnya memiliki 5 lengan yang panjang-panjang. Kemudian dibagian posteriornya terdapat anus sebagai tempat keluarnya sisa makanan dalam bentuk pasir. Terlihat tubuhnya membujur 5 bagian. Kelima tangan ini juga bisa digerak-gerakkan sehingga menyerupai ular. q. Ukuran tubuh teripang berbeda-beda untuk setiap jenisnya. Kaki pembuluh terdapat pada permukaan oral.

atau mengubur diri di lumpur/pasir. rumput laut. v. Diantara duri-duri ini terdapat duri halus dibagian bawah tubuhnya yang berfungsi untuk melekatkan tubuhnya saat berjalan disubstrat/mendaki. Memiliki mata dan mulut. . w. kerang atau serpihan organisme lain (sampah). Duri ini tersusun dari zat kapur. s. Duri ini ada yang pendek dan ada pula yang panjang seperti landak. Jenis hewan ini biasanya hidup di sela-sela pasir atau sela-sela bebatuan sekitar pantai atau di dasar laut. Makanannya adalah udang. y. Ia sangat aktif di malam hari. Pengamatan selanjutnya adalah pengamatan struktur tubuh bulu babi. Menurut Fitriana (2007) bahwa untuk struktur bulu babi. Itulah sebabnya jenis hewan ini sering disebut landak laut. u. bersembunyi di sekitar batu karang. t. Tubuhnya tanpa lengan hampir bulat atau gepeng. terlihat tubuhnya dipenuhi dengan duri-duri yang panjang layaknya landak. z. x. tubuhnya dipenuhi duri tajam.

bulu babi. BAB IV PENUTUP . ag. Walaupun mereka tidak mirip banyak dengan hewan vertebrata. Morfologi Bulu babi (Diadema sitosum) terlihat tubuhnya dipenuhi dengan duri-duri yang panjang layaknya landak. Saran yang dapat saya ajukan pada praktikum kali ini adalah sebaiknya hewa-hewan yang telah diamati.) Terlihat tubuhnya membujur 5 bagian. Kemudian dibagian posteriornya terdapat anus sebagai tempat keluarnya sisa makanan dalam bentuk pasir. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil pengamatan yang dilakukan dan pembahasan di atas adalah sebagai berikut : ac. Diantara duri-duri tubuhnya terdapat pori-pori yang berwarna cokelat/hitam keabuan membentuk bulatan kecil yang disebut madreporit berfungsi sebagai tempat masuknya air kedalam tubuh af. ad. ae. teripang dan lilia laut. aa. . Memiliki mata dan mulut. Echinodermata adalah invertebrata berkulit duri yang memuat bintang laut. bintang ular. diawetkan dan diberikan keterangan berdasarkan hasil identifikasi praktikan untuk kepentingan praktikum selanjutnya ai. .2 Saran ah. Morfologi Bintang laut (Asteroidea sp. Morfologi teripang (Holothuria scabra) tubuhnya terdiri atas duri-duri kecil dibagian permukaannya dan pada bagian anterior terdapat mulut yang berfungsi sebagai tempat masuknya makanan didalam tubuhnya. perkembangan embrio echinodermata sangat mirip dengan chordata pada tahap awalnya. Diantara duri-duri ini terdapat duri halus dibagian bawah tubuhnya yang berfungsi untuk melekatkan tubuhnya saat berjalan disubstrat/mendaki.1 Kesimpulan ab.

. am. Kamri. Bioteknologi Hewan. I. aj. an.html? m=0 ao. Martoyo. Rahmansyah. 2006. Zhuhuriani.. Aslan. Penebar Swadaya.blogspot. 2008.html .co. Tiar.. 25 hal. Kasendri.. Jaya. M.. M. T.. Subhan.... Riana. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Haluoleo. S. Penuntun Praktikum Avertebrata Air... A. http://wayanfishery. Sputra. N. Purnama. Mulyani.alamikan.. J. F. R. Budidaya Teripang. Wa Iba..com/2012/11/klasifikasi-organisme-echinodermata.. Kendari. N. M. S. 2011. Winanto. A..id/2014/05/laporan-avertebrata-air. Irawati. Depok. 77 hal. Aji. http://www. SUMBER PUSTAKA ak. T.Muliandari. al. Jakarta. R. Teknik Budidaya Teripang.