You are on page 1of 7

BIOTEKNOLOGI DAN APLIKASINYA

disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bioteknologi Lingkungan pada
semester 5
Program Studi D-IV Teknik Kimia Produksi Bersih

Dosen Pembimbing : Herawati Budiastuti, Ph. D

Disusun oleh
Ken Putri Kinanti KSP NIM. 131424013
Rahma Ausina NIM. 131424022

PROGRAM STUDI D-IV TEKNIK KIMIA PRODUKSI BERSIH
JURUSAN TEKNIK KIMIA
POLITEKNIK NEGERI BANDUNG
2014

Pemanfaatan Bioteknologi bagi kehidupan manusia dintaranya digunakan dalam bidang:  Pertanian  Kesehatan  Lingkungan  Peternakan Bioteknologi lingkungan adalah bioteknologi yang penggunaannya banyak melibatkan mikroorganisme untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup manusia dan alam sekitarnya. Bioteknologi lingkungan dimanfaatkan untuk perbaikan lingkungan. bioteknologi juga memanfaatkan sel-sel tumbuhan dan hewan untuk mendapatkan jenis baru yang lebih unggul. PENGERTIAN BIOTEKNOLOGI Bioteknologi merupakan pemanfaatan organisme hidup baik secara keseluruhan maupun bagian dari organisme tersebut untuk mengahasilkan barang dan jasa yang bermanfaat bagi manusia. Bioteknologi dikembangkan untuk meningkatkan nilai bahan mentah dengan memanfaatkan mikroorganisme serta bagian-bagiannya. Selain itu. . misalnya bakteri.

putida menghidrolisis metil parathion menjadi p-nitrophenol. Bioremediasi Limbah Pestisida Dengan Mikroba Indigen Mikroba indigen merupakan mikroba alamiah atau mikroba setempat. Pertumbuhan optimalnya antara 25-30⁰C. hal ini berkaitan dengan tingkat pertumbuhan yang dicapai. Bioremediasi di lingkungan akuatik juga dapat dilakukan di tempat tambak. namun begitu bila pertumbuhan terlalu rendah maka tidak akan terjadi proses biodegradasi yang signifikan. Organofosfat merupakan pestisida yang memiliki toksisitas yang tinggi.4 benzenetriol yang akan dirubah lebih lanjut menjadi maleyl acetate. Pestisida golongan organofosfat merupakan jenis pestisida yang banyak digunakan di Indonesia. dan Ethylbenzene. Sementara p-nitrophenol dikonversi lebih lanjut menjadi hydroquinone dan 1. Kegiatan Membersihkan Minyak dari Pantai. enzim organofosforus acid anhudrase yang dikeluarkan oleh P. penggunaan pestisida yang berlangsung lama akan menekan pertumbuhan mikroba indigen yang berfungsi untuk merombak senyawa toksik (organofosfat) tersebut. Perlu dipahami bahwa tingkat pertumbuhan mikroba yang lebih baik tidak selalu diikuti oleh terjadinya proses degradasi yang tinggi. temperatur. putida mampu mendegradasi benzena. pengaruh lingkungan seperti pH. Pada tahap pertama dari proses degradasi. P. Karena itu. khususnya untuk mengendalikan hama sayuran dan padi. diperlukan pengisolasian mikroba di laboratorium. Pseudomonas putida mampu untuk menggunakan metil parathion sebagai sumber karbon dan sumber fosfor dalam pertumbuhannya. Dalam hal ini digunakan campuran bakteri nitrifikasi dan bakteri denitrifikasi . Selain masalah di atas. toluena. Senyawa aktif pestisida golongan organofosfat seperti metil parathion. tembakau) dan air tawar. dan kelembapan tanah juga sangat berperan dalam menentukan kesuksesan proses bioremediasi. Pada lahan pertanian. Kelarutan polutan dalam air sangat rendah dan polutan terikat kuat dengan partikel-partikel organik atau partikel tanah. 2. Selain itu.2. Washing Oil. Pseudomonas putida mampu tumbuh dalam media sederhana (LB) dengan mengorbankan berbagai macam senyawa organik dan mudah diisolasi dari tanah (batubara. Tingkat ketersediaan glukosa sebagai sumber karbon dalam media mempunyai pengaruh nyata pada tingkat degradasi. enzim-enzim degradatif yang dihasilkan oleh mikroba tidak mampu mengkatalis reaksi degradasi polutan yang tidak alami.APLIKASI BIOTEKNOLOGI DI BIDANG LINGKUNGAN 1.

Peran bakteri nitrifikasi adalah mengoksidasi amonia menjadi nitrit atau nitrat. Bioenergi Konsep mendapatkan bioenergi dari biomassa dalam hubungannya dengan metoda pengolahan limbah adalah meliputi proses anaerobic digestion dan fermentasi. ICBB 7859. Dalam bidang pertanian. teknologi ini pernah di uji cobakan di Lembang. Sementara limbah merkuri bisa menggunakan Pseudomonas pseudomallei ICBB 1512. Unsur beracun terberat kedua setelah merkuri.. diantaranya Bacillus sp. 3. Pemberian bakteri nitrifkasi dan denitrifkasi sebagai agen bioremediasi ke dalam tambak udang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bakteri yang berperan dalam proses remineralisasi unsur nitrogen dan membantu proses purifsi alarniah (selfpurification) dalam siklus nitrogen. Untuk menganggulangi air asam tambang ini biasanya menggunakan active dan passive treatment. ICBB 1167 dan Pseudomonas sp. Metana dan etanol contohnya. serta campuran dari Bacillus sp. nitrit dan nitrat) di sistem tambak. sedangkan bakteri denitrifikasi akan mereduksi nitrat atau nitrit menjadi dinitrogen oksida (N20) atau gas nitrogen (N2). yang masing-masing memiliki metode-metode sendiri. Perkiraan rata- rata kebutuhan bahan bakar adalah antara 0.hari setara dengan kurang lebih . dan Nirrosobacter sp. telah lama digunakan sebagai bahan bakar..5-1. 4. Bioremediasi Air Asam Tambang Air Asam Tambang (AAT) adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebutkan lindian. Secara teknis. rembesan atau aliran yang telah dipengaruhi oleh oksidasi alamiah mineral sulfida yang terkandung dalam batuan yang terpapar selama penambangan. Sedangkan fenol menggunakan khamir Candida sp. dan Saccharomyces sp. Penggunaan bakteri nitirifikasi dan denitrifikasi untuk berfungsi menjaga keseimbangan senyawa nitrogen anorganik (amonia. persawahan pun kembali dapat ditanami padi. Pada daerah persawahan yang tercemar oleh limbah pabrik tekstil yang mengandung kadmium. Setelah dibioremediasi dalam hitungan minggu. limbah minyak bumi bisa dibersihkan menggunakan bakteri Bacillus sp. Nitrosomonas sp.0 kg/org. pada sistem budidaya udang sebagai agen bioremediasi senyawa metabolit toksik arnonia dan nitrit di tambak udang. Pendekatan bioremediasi ini diharapkan dapat menyeimbangkan kelebihan residu senyawa nitrogen yang berasal dari pakan dan berupa dilepaskan berupa gas N2 1 N20 ke atmosfer.

energi biomassa akan ditingkatkan penggunaannya hingga 90 million tonnesof oil ekuivalen (Mtoe) per tahun meningkat menjadi 137 Mtoe. Kebutuhan listrik di USA meningkat rata-rata 2. 5. 150 W. etanol dapat digunakan tersendiri sebagai bahan bakar atau dicampur dengan bahan bakar minyak walaupun nilai kalorinya 24 GJ/M3dibawah bahan bakar minyak 39 GJ/M3. Karena berbentuk cair. karbon organik bereaksi dengan oksigen menghasilkan energi yang utama berupa panas. dimana sekitar 1 x 1011ton adalah karbon. baik secara alami. Short Rotation Coppicing Short rotation coppicing adalah suatu upaya untuk meningkatkan produktivitas tanaman dengan intensifikasi produksi. etanol sangat mudah digunakan. Biogas Fermentasi etanol Fermentasi lebih luas digunakan karena sangat potensial sebagai metode pengolahan biowaste. Diperkirakan setiap tahunnya total 2. Upaya menghasilkan etanol didapat dari berbagai bentuk limbah biomassa (biowaste). misalnya di Amerika Serikat menggunakan jagung dan di Brazil menggunakan sagu . (ini memberikan tambahan income sebesar 15 milyar dolar). material residunya akan digunakan kembali dalam siklus alam. sementara pada saat yang sama mengurangi emisi karbon dari 70 juta mobil dari jalanan. Energi dalam biofuel pada dasarnya didapatkan dari turunan sinar matahari yang diperoleh pada saat proses fotosintesis oleh tumbuhan hijau. Produksi etanol di banyak negara menggunakan tanaman pertanian sebagai bahan bakunya. Sehubungan dengan semakin meningkatnya kebutuhan energi. baik pada tahap transportasi maupun aplikasinya. isolasi enzim dan genetically modified organism (GMO). sering dengan variasi Salix atau . Rencananya. Hal ini dilakukan dengan penggunaan bibit unggul. Tahun 1999 USA menargetkan kenaikan tiga kali penggunaan biomassa di AS pada 2010. varietas yang dapat tumbuh cepat atau hibrida. 6. maka penggunaan biomassa untuk energi juga akan semakin meningkat. Uni Eropa akan meningkatkan sampai dua kali penggunaan energi terbarukan pada 2010. Dimana separuhnya akan dihasilkan dari tanaman pertanian energi dan sisanya dari bahan bakar nabati (biofuel). Selama pembakaran biomassa. Proses ini mampu menyimpan energi dalam biosfer sekitar 2 x 1021joule atau 7 x 1013watt per tahun.7 % per tahun pada 10 tahun terakhir. Proses fermentasi menghasilkan larutan etanol dalam air yang dapat diolah lebih lanjut menjadi bahan bakar etanol 95 % dengan destilasi atau menjadi bentuk tak berair dengan pelarut azeotrofik co-destilasi.5 x 1011 ton residu ini bersirkulasi di biosfer.

SRC meliputi penanaman yang pemanenannya dapat dilakukan terus menerus sehingga tersedia sumber biomassa untuk pembakaran dalam waktu yang lama. yaitu iklim perkebunan. 7. Pada bentuk tanaman energi ini. Hasil produksi bisa mencapai 8-20 ton kering per hektar dengan nilai kalor 15. Pemanenan dapat dilakukan bergilir sesuai dengan lokasi petak kebun untuk mendapatkan hasil produksi yang diinginkan dari tahun ke tahun. .000 MJ/ton. Ada 4 variabel penting dalam peningkatan produksi biomassa energi ini terhadap rasio luas lahan. spesies popular. ketersediaan nutrisi di tanah dan manajemen. irigasi untuk pertumbuhan tanaman. Berbagai studi menyimpulkan bahwa biodiesel mengeluarkan emisi yang kurang berbahaya bagi manusi dan kehidupan planet. Terutama rendahnya kandungan polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs) dan nitritedpolycyclic aromatic hydrocarbons (nPAHs) yang mana sangat penting karena ke dua grup senyawa di atas adalah karsinogenik. Biodiesel Biodisel bukan merupakan produk bioteknologi tetapi biodiesel diproduksi dari minyak nabati. Mesin biodiesel modern akan mengeluarkan emisi yang kurang mencemari udara karena pembakaran yang lebih baik. Penggunaanya dengan cara dibakar dalam bentuk chip atau potongan kecil. Dalam tes laboratorium kandungan PAHs diturunkan mencapai 75-85 % dan nPAHs lebih rendah lagi. Dalam SRC ini perlu disediakan lahan yang cukup untuk secara rutin digilir 2-4 tahun. pertumbuhan kembali tanaman tersebut dapat menjamin pemenuhan kebutuhan secara kontinyu.

blogspot.id/ratnaekaputri/2012/11/26/industri-bioteknologi- kelautan-sebagai-mesin-pertumbuhan-ekonomi-baru-indonesia/. Julian. DAFTAR PUSTAKA Dahuri. 2012. http://www.ftsp. Industri Bioteknologi Kelautan Sebagai Mesin Pertumbuhan Ekonomi Baru Indonesia. [Diakses tanggal 28 September 2015] Pablo. http://blogs. Joni. Bioremediasi http://matakuliahbiologi.com/2012/06/bioremediasi.its.ac. Rokmin.itb. Bioteknologi Lingkungan. Mata Kuliah Biologi. Fakultas teknik sipil dan perencanaan– ITSsurabaya.id. 2011.html. [Diakses tanggal 30 September 2015] Hermana. 2012. [Diakses tanggal 9 Maret 2013] .ac.