You are on page 1of 5

TUGAS EKONOMI MANAJERIAL

BAB 1
1) Prinsip ekonomi dan Ekonomi manajerial.
 Prinsip ekonomi merupakan pedoman untuk melakukan tindakan ekonomi yang
didalamnya terkandung asas dengan pengorbanan tertentu diperoleh hasil yangmaksimal.
Prinsip ekonomi adalah dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untukmemperoleh hasil
tertentu, atau dengan pengorbanan tertentu untuk memperolehhasil semaksimal
mungkin.Secara konsep ekonomi manajerial adalah pengelolaan ekonomi atau
usahasecara sistematis dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan (konsumsi)
baikindividu, organisasi maupun masyarakat. Dengan demikian ekonomi
manajerialadalah aplikasi teori ekonomi dan praktik
praktik bisnis berupa penggunaan teori
teori ekonomi dan teknik manajemen dalam analisis dan pemecahan masalahoptimasi.
Atau ekonomi manajerial adalah sinergi dari aplikasi teori ekonomi,manajemen dan riset
operasi

2) Manfaat ekonomi manajerial bagi pelaku ekonomi desertai contoh.
 Pengambilan Keputusan pelaku ekonomi dalam menentukan pilihan yang beresiko
memerlukan informasi. Salah satu masalah terbesar yang dihadapi para pengambil
keputusan ialah bagamimana memperoleh informasi yang :
o dapat dipercaya
o relevan
o mutakhir.
Informasi yang didapat dari berbagai cara dan sumber ini sangat membantu dalam
pengambilan keputusan, akan tetapi informasi-informasi tersebut harus kita analisa
lagi untuk melakukan langkah selanjutnya.
Informasi awal yang didapat memerlukan suatu proses analisis yang tepat, agar
keputusan yang diambil tidak beresiko bahkan akan meningkatkan keuntungan.
Ekonomi Manajerial adalah aplikasi teori ilmu ekonomi mikro untuk mengambil
keputusan-keputusan manajerial. Dalam menganalisa materi ekonomi guna
pengambilan keputusan memererlukan sedikit bahasan aljabar.
Teori kesejahteraan pertama dan pasar bersaing sempurna adalah ringkas esensi ilmu
ekonomi mikro. Membahas model pengambilan keputusan konsumen dan produsen.

Aspek pengaturan usaha-usaha pembangunan ekonomi 2. Dengan fungsi biaya tersebut. Pelaku ekonomi hanya bisa mengharapkan perubahan utility mereka setelah mengambil keputusan beresiko. Hukum ini bekerja dalam proses konsumsi dan produksi. Pada dasarnya karakteristik fungsi produksi dengan asumsi law of diminishing returns akan muncul dalam fungsi biaya. Cara membahas yang efisien adalah dengan berangkat dari asumsi standar pelaku ekonomi yang rasional dan selalu menghadapi law of diminishing returns. produsen menghadapi harga yang muncul dari struktur pasar tertentu. Aspek pengaturan usaha-usaha pembangunan ekonomi. 3) Dalam rangka mencapai tujuan ekonomi aspek-aspek yang perlu diperhatikan. Pelaku ekonomi tetap mengoptimalkan utility mereka. Analisis perilaku strategis ini dibahas dengan perangkat game theory. 2. Pola pengambilan keputusan pelaku ekonomi menentukan pilihan yang beresiko. sehingga hukum ekonomi tersebut mempunyai 2 aspek yaitu : 1. Karena pilihannya beresiko. sehingga masing-masing mempunyai kekuatan pasar (market power). persaingan monopolistik (monopolistic competition) dan pasar bersaing sempurna. oligopoli. Struktur pasar yang terjadi bisa diidentifikasi dengan satu variabel. hasil keputusan menjadi tidak pasti. Aspek pengaturan usaha-usaha pembangunan hasil dan pembangunan ekonomi secaramerata di seluruh lapisan masyarakat 4) Peran ekonomi manajerial dalam membangun kesejahteraan masyarakat  Peranan Dunia Usaha dalam Masyarakat Unsur yang sangat penting dalam studi ekonomi manajerial adalah keterkaitan antara dunia usaha dengan masyarakat. Ekonomi manajerial mampu menjelaskan peranan penting dunia usaha dan bisa menunjukkan bagaimana cara meningkatkan manfaat . Aspek engaturan usaha-usaha pembagian hasil pembangunan ekonomi secara serta merata diantara seluruh lapisan masyarakat.  Hukum ekonomi pembangunan dan hukum ekonomi social. yaitu entry barriers. Di struktur pasar oligopoli dimana produsennya sedikit. proses optimalisasinya akan memperhitungkan aksi/reaksi kompetitornya. pembangunan dan hukum ekonomi sosial sehingga hukum tersebut mempunyai dua aspek berikut: 1. Peringkat entry barriers pasar adalah monopoli.

bukan semangat kerja sama. Di sinilah kebuasan singa dalam persaingan mendapatkan tempatnya. Akibatnya. kemiskinan. yang menempatkan mekanisme persaingan dan pasar bebas yang bersemangat liberalistis-individualistis. dan seterusnya) di antara individu. ketidakadilan pendapatan. sangat sulit bagi suatu sistem ekonomi termasuk yang paling liberal sekalipun untuk menolak kehadiran peran negara atau pemerintah dalam perekonomian. seringkali menuntut campur tangan pemerintah untuk menjamin adanya efisiensi. dunia usaha bagi masyarakat. Tidak jarang. pemerataan. kekayaan ekonomi tidak menjadikan kehidupan manusia sejahtera. masyarakat dan negara. Tindakan tidak manusiawi (misalnya penerapan upah buruh murah. praktik eksploitasi sumber daya alam.  Peran Pemerintah Dalam Perekonomian Nasional Semakin kompleksnya kegiatan ekonomi dan semakin tingginya keterkaitan dengan aspek-aspek kehidupan lainnya. bentuk pelanggaran dalam aktivitas ekonomi "terinspirasi" oleh literatur atau buku-buku tentang ekonomi yang beredar di masyarakat yang lebih banyak didominasi pemikiran ekonomi Barat. Konsumen memperoleh manfaat baik dari kuantitas maupun kualitas dari produk dan jasa yang mereka konsumsi. dan . Kegagalan pasar akan mengurangi hasil ekonomi. tenaga kerja dan sumberdaya-sumberdaya lainnya telah menerima hasil dan sumbangannya dalam dunia usaha. Malah seringkali membawa malapetaka seperti kesenjangan sosial. manusia seringkali melanggar etika. Walaupun mekanisme pasar merupakan cara yang dikehendaki dalam memproduksi dan mengalokasikan barang. 5) Pentingnya peran pemerintah dalam penyelenggaraan aktivitas ekonomi nasional. praktik monopoli dagang. Kita ambil contoh. 6) Pentingnya etika dalam ekonomi. penipuan. makmur dan damai. Bukti bahwa dunia usaha telah berperan meningkatkan kesejahteraan rakyat. dan stabilitas ekonomi. masih menjadi tontonan kita sehari-hari. Untuk memperbaiki kegagalan tersebut.  Dalam menjalani proses kegiatan ekonomi itu. Manusia kerapkali melakukan kegiatan yang melabrak aturan dan mencederai nilai-nilai kemanusiaan yang pada gilirannya. Pajak atas laba perusahaan telah meningkatkan penerimaan pemerintah yang pada gilirannya meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. mekanisme pasar sering gagal berfungsi. terutama ekonomi kapitalisme. kekerasan sosial. akan tetapi. dan praktik-praktik bisnis tidak etis lainnya. pengangguran. merugikan orang lain. Para pemasok modal.

hal-hal penting yang harus diperhatikan adalah factor- faktor yang mempengaruhi harga dan kuantitasnya. Hubungan-hubungan biaya dalam proses produksi suatu perusahaan juga kompleks. Inilah akibat dari sistem ekonomi kapitalis yang gagal. Para penganjur atau penganut ideologi kapitalisme yang mempersiapkan manusia menuju keadilan dan kemakmuran dunia dengan prinsip pasar bebasnya terbukti tidak berhasil. biaya dan tingkat diskonto (discount rate) untuk setiap tahun pada masa yang akan datang. Analisis biaya memerlukan penelaan system-sistem produksi alterntif. tujuan pokok manajemen adalah memaksimumkan nilai perusahaan. Faktor-faktor tersebut meliputi :  Pemilihan prooduk yang dirancang oleh perusahaan  Pengolahan prduk  Strategi periklanan  Kebijakan harga  Sifat persaingannya  Bentuk perekonomian Dari factor-faktor diatas hubungan antara penerimaan tersebut mencakup baik pertimbangan-pertimbangan permintaan maupun penawaran. pemilihan teknologi. malapetaka-malapetaka lainnya. Penerimaan total (TR) suatu perusahaan secara langsung ditentukan oleh jumlah produk yang terjual dan harga jual. . Dalam pembuatan keputusan . 7) Prinsip optimasi. Memaksimumkan nilai perusahaan mencakup factor-faktor penentu penerimaan. Krisis ekonomi yang memporakporandakan bangunan ekonomi Amerika Serikat dan negara-negara Eropa belakangan ini adalah bukti nyata atas kegagalan ekonomi yang tidak terlalu memperhatikan nilai-nilai etis tersebut. Ini berarti TR = P (harga produk) x Q (kuantitas).  Dalam ekonomi manajerial.

jenis produk (product mix). maka keputusan berkenaan dengan pemasaran. Teori ekonomi perusahaan memberikan dasar bagi keterpaduan dan prinsip-prinsip analisis ekonomi yang membuat setiap orang mampu untuk menganalisis keterkaitan tersebut. produksi dan keuangan termasuk dengan sumberdaya manusia . asset-aset fisik dan struktur keuangan suatu perusahaan. distribusi produk dan lain-lain yang terpadu dimana setiap tindakan akan mempengaruhi seluruh bagian dari perusahaan. 7) Kenapa pemerintah perlu melakukan intervensi pasar (mempengaruhi masyarakat) serta contoh. Untuk membuat tindakan yang optimal .  Agar terjadinya kestabilan dan keadilan dalam perekonomian yang akan menghasilkan kemajuan segala aspek ekonomi. kemungkinan input yang digunakan termasuk tingkat diskonto. .