You are on page 1of 4

Flashdisk/CD ROM/DVD ROM/Harddisk External

Perangkat penyimpanan diatas merupakan perangkat masukan tidak
langsung. Fungsinya sebagai perangkat masukan adalah untuk memasukan
data ke komputer. Data ini tidak dapat langsung digunakan tanpa software
tertentu.

Keyboard

Keyboard (papan ketik) adalah perangkat keras yang penuh dengan tombol-
tombol yang mewakili hurup, angka, karakter, dan beberapa fungsi tertentu.
Keyboard komputer tentu saja berbeda jauh dengan keyboard (alat musik)
yang hanya berisi beberapa tombol putih dan hitam yang mewakili nada
tertentu. Terkadang keyboard juga dilengkapi dengan trackpad untuk
menggerakkan kursor. Kombinasi beberapa tombol keyboard juga berguna
untuk memberi suatu perintah shortcut pada komputer. Contohnya shortcut
Ctrl+C yang berfungsi untuk memberi perintah copy (salin) pada komputer.

2. Mouse

Mouse (tetikus) adalah perangkat keras yang mudah digenggam, umumnya
berisi dua tombol dan sebuah bola atau laser dibawahnya untuk
menggerakan kursor (pointer). Fungsi mouse adalah untuk menggerakan
kursor, melakukan scroll (tidak semua mouse), klik kiri, dan klik kanan.
Gerakan kursor dalam keadaan default selalu mengikuti arah perpindahan

atau bisa di ibaratkan sebagai otaknya computer. • Motherboard adalah : Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya. mulai dari peranti peyimpanan (harddisk. peranti masukan data (keyboard. • RAM adalah : Memori penyimpanan sementara yang bersifat acak. CPU ditempatkan dalam sebuah chip tunggal yang disebut mikroprosesor. Pada mesin besar. Pada memory ini karena disimpan sementara (volatile). • Prosesor adalah : sebuah perangkat di gunakan untuk mengolah data yang masuk. Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. atau printer untuk mencetak. CPU memerlukan satu atau lebih papan sirkuit tercetak. maka data yang disimpan pada memori ini akan hilang. CD-ROM). . • CPU adalah : unsur yang paling penting dari sebuah sistem komputer. mouse. Pada komputer pribadi dan workstation kecil. biasanya disebut juga dengan memory kerja. Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard. scanner). maka apabila komputer tidak mendapatkan daya (off).

Speaker Speaker adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan berupa suara dari komputer. ROM dapat dibaca tapi tidak dapat diperbaharui. Biasanya ROM dipakai untuk menyebutkan bagian-bagian elektronik tertentu dlam suatu komputer. Printer Printer adalah perangkat keras keluaran yang digunakan untuk mencetak data seperti gambar/foto. 3. Monitor Monitor adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer. 2. • ROM adalah : Memori yang hanya dapat dibaca. Read Only Memory bersifat non-volatile dan tidak hilang meskipun power dimatikan. . tulisan pada media kertas. Disk non alterable seperti CD-ROM merupakan suatu jenis penyimpanan yang hanya bisa dibaca.

4. dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar. sistem optic elektronik. Projector Projecetor adalah perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya. .