You are on page 1of 9

03/01/2017

Pemecah gelombang
 Bangunan yang di gunakan untuk melindungi daerah perairan
pelabuhan dari gangguan gelombang
 Pemecah gelombang terbuat dari tumpukan batu,blok beton,beton
massa,turap massa, dll
 Pemecah gelombang harus bisa menahan gaya yang disebabkan oleh
gelombang
 Tanah dasar harus mampu menahan beban bangunan di atasnya
 Demensi pemecah gelombang tergantung dari
GELOMBANG  Ukuran dan layout perairan
 Kedalaman laut
PEMECAH 

Tinggi pasang surut
gelombang
 Pemecah gelombang ada 3 jenis/tipe
 Pemecah gelombang sisi miring
 Pemecah gelombang sisi tegak
 Pemecah gelombang campuran

Pemecah gelombang
 Tipe pemecah gelombang digunakan atas dasar:
 Ketersedian material
 Kondisi dasar laut
 Kedalaman laut
 Funsi pelabuhan
 Ketersedian peralatan
 Pada pantai yang tanah dasar lunak dengan daya dukung tanah
kecil kontruksi harus di buat ringan(memperkeci
demensi),memperlebar dasar yang terbuat dari tumpukan
batu/blok beton (sisi miring)
 Daya dukung tanah besar di gunakan tipe sisi tegak
 Semakin besar kedalam laut diperlukan lebar bangunan lebih
besar
 Perbandingan antara lebar dan tinggi tidak boleh kurang dari ¾
(B ≥ 0,75H)

1

quadripods.dll) Tipe sisi miring  Stabilitas batu pelindung tergantung dari berat. 03/01/2017 Tipe pemecah sisi miring  Pemecah gelombang sisi miring di buat dari tumpukan alam yang di lindungi oleh lapis pelindung berupa batu besar.dolos.beton dengan bentuk tertentu  Sifat fleksibel (kerusakan tidak fatal/berangsur- angsur)  Kerusakan mudah diperbaiki dengan menambah batu pelindung di bagian yang longsor  Material yang digunakan berupa:  Tumpukan batu alam  Blok beton  Gabungan dari batu dan blok beton  Batu buatan (tetrapod.tribars. bentuk butiran dan kemiringan sisi bangunan  Bentuk butiran mempengaruhi kaitan yang di tumpuk  Batu dengan sisi tajam lebih bisa saling mengunci sehingga lebih stabil  Semakin besar kemiringan memerlukan batu lebih berat 2 .

03/01/2017 3 .

03/01/2017 Demensi gelombang sisi miring  Elevasi puncak sisi miring tergantung pada limpasan (overtopping)yang di ijinkan  Elevasi puncah bangunan di hitung berdasarkan kenaikan gelombang (runup)  Lebar puncak tergantung dari limpasan yang di ijinkan  Lebar puncak minimum = 3 butir batu pelidung yang disusun berdampingan (n=3)  Lebar puncak harus cukup lebar untuk operasi pelaksanaan dan perawatan Lebar puncak gelombang Tebal lapis pelindung 4 .

03/01/2017 Tabel koefisien lapisan Gambar pemecah gelombang sisi miring dengan serangan gelombang pada satu sisi Gambar pemecah gelombang sisi miring dengan Demensi tetrapod serangan gelombang pada kedua sisi 5 .

25 s/d 1.turap beton /baja  Blok beton mempunyai berat 10 – 50 ton 6 .kemiringan dasar laut di depan bangunan.kaison beton. 03/01/2017 Runup gelombang Runup gelombang  Pada waktu gelombang menghantam suatu bangunan gelombang naik (runup) pada permukaan bangunan  Runup tergantung dari (bentuk dan kekasaran bangunan.kedalaman air pada kaki bangunan.karakteristik gelombang) Pemecah gelombang sisi tegak Harus di perhatikan  Penempatan di lokasi dengan kedalaman laut lebih besar dari tinggi gelombang dan memantulkan gelombang  Superposisi antara gelombang datang dan gelombang pantul menyebabkan terjadinya gelombang stasioner (klapotis)  Tinggi gelombang klapotis = 2x gelombang datang  Tinggi pemecah gelombang = 1 ⅓ s/d 1 ⅟2 kali dari gelombang max  Kedalaman air terendah dari dasar bangunan < 1.5 kali atau 2 x tinggi gelombang  Kedalaman max bagunan sisi tegak bisa di bangun 15 s/d 20m  Lebar bangunan tidak boleh kurang ¾ dari tinggi bangunan  Panjang dasar dari bangunan ¼ x panjang gelombang terbesar  Terbuat dari blok2 beton massa di susun secara vertikal.

03/01/2017 Pemecah gelombang sisi tegak dari blok beton Pemecah gelombang sisi tegak dari kaison Pemecah gelombang dari turap Pemecah gelombang campuran 7 .

03/01/2017 8 .

03/01/2017 9 .