You are on page 1of 13

PAKET SATUAN ACARA PENYULUHAN

MENCEGAH PENULARAN PENYAKIT
DENGAN MENCUCI TANGAN

Oleh :
TIM PKRS IRNA II

PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT (PKRS)
IRNA II RSU Dr. SAIFUL ANWAR
MALANG
2013

LEMBAR PENGESAHAN

.................................) (................) Mencegah Penularan Penyakit dengan Mencuci Tangan 2 .. Ka IRNA II Ka SMF (........................ PAKET SATUAN ACARA PENYULUHAN MENCEGAH PENULARAN PENYAKIT DENGAN MENCUCI TANGAN RSU dr................................. SAIFUL ANWAR MALANG Tanggal 5 Desember 2013 Oleh : PKRS IRNA II Mengetahui.

Kep 2. Supadmi.Kep 4. Sutik Meru. S. S. Dinda Ayu Eki. PAKET SATUAN ACARA PENYULUHAN MENCEGAH PENULARAN PENYAKIT DENGAN MENCUCI TANGAN Oleh : 1.Kep 5. Berliany Venny S. S. S. S.Kep PENDIDIKAN PROFESI NERS FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2013 Mencegah Penularan Penyakit dengan Mencuci Tangan 3 . Wirayda Riastu.Kep 3.

Menyebutkan teknik cuci tangan dengan benar. Tujuan Penyuluhan 1. khususnya untuk mencegah infeksi nosokomial di rumah sakit. Mendemonstrasikan 6 langkah cuci tangan dengan benar. Tujuan Umum Setelah mengikuti penyuluhan selama 30 menit diharapkan sasaran memahami pentingnya cuci tangan dan mampu mendemonstrasikan cuci tangan 6 langkah. Pengertian cuci tangan 2. 5 Desember 2013 Waktu : 30 menit Tempat : Tempat Penyuluhan Ruang 7B Sasaran : Keluarga Pasien dan Pengunjung Penyuluh : TIM PKRS IRNA II dan Mahasiswa Profesi Ners PSIK FKUB A. b. 6 Langkah mencuci tangan Mencegah Penularan Penyakit dengan Mencuci Tangan 4 . f. e. Menjelaskan pengertian cuci tangan dengan benar. Teknik mencuci tangan 5. 2. g. SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP) CEGAH PENYAKIT DENGAN CUCI TANGAN Tema : Cuci Tangan Hari / Tanggal : Kamis. C. Sehingga kami mahasiswa Program Profesi Ners PSIK FK Universitas Brawijaya Malang mengadakan penyuluhan dengan tema tersebut. Persiapan mencuci tangan 6. Menyebutkan 5 waktu terpenting cuci tangan dengan benar. Menyebutkan tujuan cuci tangan dengan benar c. Tujuan Khusus Setelah diberikan penyuluhan sasaran diharapkan mampu : a. Analisa Situasi Banyaknya masyarakat yang kurang sadar tentang pentingnya cuci tangan. 5 Waktu terpenting cuci tangan 4. Materi 1. Tujuan cuci tangan 3. Menyebutkan 6 langkah mencuci tangan dengan benar. B. d. Menyebutkan persiapan mencuci tangan dengan benar.

Leaflet 2. Mengevaluasi hasil . Mengikuti gerakan Penutup . Menggali pengetahuan sasaran tentang materi yang akan disampaikan . Menjawab . Kegiatan Penyuluhan Kegiatan Uraian Waktu Fasilitator Sasaran Pembukaan .D. Demonstrasi 3. Memperhatika sasaran n . Media 1. Mengucapkan salam . Laptop dan LCD proyektor F. Tujuan cuci tangan 3. Memperhatika penyuluhan n Mencegah Penularan Penyakit dengan Mencuci Tangan 5 . Menjelaskan maksud dan. Bertanya 10 untuk bertanya menit . Mendemonstrasikan cuci tangan . Teknik mencuci tangan 15 5. Menjawab pertanyaan . Memperhatika tujuan n 5 menit . Memberikan kesempatan . Metode 1. Ceramah 2. Menjawab pertanyaan Pelaksanaan . Tanya jawab E. Mengikuti penyuluhan evaluasi dengan aktif . Pengertian cuci tangan 2. Memperkenalkan diri salam . Persiapan mencuci menit tangan 6. 5 Waktu terpenting cuci tangan 4. 6 Langkah mencuci tangan . Memberikan pendidikan . Menjelaskan kesimpulan . Memperhatika kesehatan dengan materi: n 1.

c. 3. Sasaran dapat menyebutkan tujuan. c.peralatan mencuci tangan. b. Evaluasi Proses a. Audiens mengikuti penyuluhan dari awal sampai akhir.dan syarat mencuci tangan dengan benar. b. waktu penting dalam mencuci tangan. Tempat dan alat tersedia sesuai perencanaan. Audiens berperan aktif selama penyuluhan. Mencegah Penularan Penyakit dengan Mencuci Tangan 6 . Menjawab salam G. . Evaluasi Hasil a. c. Evaluasi Struktur a. keuntungan mencuci tangan. Sasaran diharapkan mampu menerapkan cuci tangan di lingkungan rumah sakit pada umumnya. 2. Dengan pertanyaan sebagai berikut: 1) Jelaskan secara singkat pengertian cuci tangan! 2) Sebutkan tujuan cuci tangan! 3) Sebutkan 5 waktu terpenting cuci tangan! 4) Sebutkan 2 teknik cuci tangan! 5) Sebutkan persiapan mencuci tangan! 6) Sebutkan 6 langkah mencuci tangan! b. Mengucapkan terima kasih dan salam . Sasaran dapat mendemonstrasikan langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar. Kriteria Evaluasi 1. Mengkaji pengetahuan awal sasaran tentang mencuci tangan. Kehadiran sasaran saat dilakukan penyuluhan. Pelaksanaan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

mata. Namun ini terbukti tidak efektif dalam menjaga kesehatan dibandingkan dengan mencuci tangan dengan sabun. 2. dan flu burung. ataupun cairan tubuh lain (seperti ingus. Selama ini orang lebih umum mencuci tangan dengan air saja.H. Tujuan Mencuci Tangan Alasan mencuci tangan adalah untuk mencegah penyebaran kuman penyakit melalui tangan. Mencuci tangan dengan sabun mengurangi angka infeksi saluran pernapasan dengan dua langkah: pertama. Pengertian Cuci Tangan Menurut Depkes (2007) mencuci tangan adalah proses yang secara mekanis melepaskan kotoran dan debris dari kulit tangan dengan menggunakan sabun biasa dan air. namun penggunaan sabun menjadi efektif karena lemak dan kotoran yang menempel akan terlepas saat tangan digosok dan bergesek dalam upaya melepasnya. dan parasit pada orang lain yang tidak sadar bahwa dirinya sedang ditularkan) (Depkes RI. 2010). Menggunakan sabun dalam mencuci tangan menyebabkan orang harus mengalokasikan waktunya lebih banyak saat mencuci tangan. kedua. virus. tangan menjadi harum setelah dicuci dengan menggunakan sabun dan dalam beberapa kasus. melepaskan patogen-patogen pernapasan yang terdapat pada tangan dan permukaan telapak tangan dan. Tangan seringkali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain. dan makanan/minuman yang terkontaminasi saat tidak dicuci dengan sabun dapat memindahkan bakteri. Tangan yang bersentuhan langsung dengan kotoran manusia dan binatang. Di dalam lemak dan kotoran yang menempel inilah kuman penyakit hidup. Mencuci tangan dengan sabun juga dapat mencegah infeksi kulit. menghilangkan patogen (kuman penyakit) lainnya (terutama virus Mencegah Penularan Penyakit dengan Mencuci Tangan 7 . gelas). Efek lainnya adalah. Materi Penyuluhan 1. tangan yang menjadi wangilah yang membuat mencuci tangan dengan sabun menjadi menarik untuk dilakukan. SARS. cacing yang tinggal di dalam usus.Mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyakit diare dan ISPA. baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung (menggunakan permukaan-permukaan lain seperti handuk.

5. 3. Mencegah Penularan Penyakit dengan Mencuci Tangan 8 . (Depkes RI. Setelah menyentuh pasien. 4. setelah memegang/menyentuh hewan. entrentic) yang menjadi penyebab tidak hanya diare namun juga gejala penyakit pernapasan lainnya. Mencuci tangan merupakan satu teknik yang paling mendasar untuk menghindari masuknya kuman kedalam tubuh. Setelah menyentuh lingkungan sekitar pasien. Menghindari masuknya kuman kedalam tubuh 3. setelah buang air besar (BAB)/(BAK). sebelum makan. infeksi mata seperti trakoma. dan cacingan khususnya untuk ascariasis dan trichuriasis. Sebelum menyentuh pasien. Waktu penting dalam Mencuci Tangan Di indonesia diperkenalkan 5 waktu penting yaitu setelah ke jamban. 2010). Supaya tangan bersih b. Membebaskan tangan dari kuman dan mikroorganisme c. Penelitian juga telah membuktikan bahwa selain diare dan infeksi saluran pernapasan penggunaan sabun dalam mencuci tangan mengurangi kejadian penyakit kulit. 5 waktu untuk mencuci tangan adalah: 1. sebelum menyiapkan makanan. Namun dalam tatanan rumah sakit. 2. Setelah beresiko terkena cairan tubuh pasien. Sebelum teknik aseptik atau bersih. Dimana tindakan ini dilakukan dengan tujuan: a.

Persiapan Mencuci Tangan a. Teknik mencuci tangan a. b. Ambil sabun secukupnya. Cuci tangan dengan handrub. air bersih mengalir. b. Mencegah Penularan Penyakit dengan Mencuci Tangan 9 . b. Berikut adalah 6 langkah cuci tangan: 1) Ratakan sabun dengan kedua telapak tangan. lap/tisu kering bersih. Basahi tangan dengan air kran atau air mengalir. Cuci tangan dengan sabun dan air. Mencuci tangan dengan sabun yang baik dan sehat membutuhkan beberapa peralatan yaitu sabun/antiseptik. mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun untuk mencuci tangan hingga bersih dengan 6 langkah. 5. menggunakan cairan berbasis alkohol hingga tangan menjadi kering. 6. Akan lebih baik bila sabun mengandung antiseptik.4. Teknik Mencuci Tangan Menurut WHO pada kampanye cuci tangan pakai sabun terdapat 6 langkah dalam mencuci tangan yang baik dan benar setelah dimodifikasi. Mencuci tangan dengan handrub cukup dengan cairan berbasis alkohol yang digunakan untuk mencuci tangan. yaitu : a.

Mencegah Penularan Penyakit dengan Mencuci Tangan 10 . c. 3) Gosok kedua telapak tangan dan sela-sela jari 4) Jari-jari sisi dalam dari kedua tangan saling mengunci 5) Gosok ibu jari berputar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan sebaliknya 6) Gosokkan dengan memutar ujung jari tangan kanan di telapak tangan kiri dan sebaliknya. Keringkan tangan dengan menggunakan tissue dan bila menggunkan kran. 2) Gosokkan punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya. tutup kran dengan tissue. Bilas kedua tangan dengan air d.

Mencegah Penularan Penyakit dengan Mencuci Tangan 11 .

Mencegah Penularan Penyakit dengan Mencuci Tangan 12 .

Promosi Kesehatan. Daftar Pustaka Depkes RI. MS. Seminar Hari Cuci Tangan Pakai Sabun. Jakarta Didier Pittet. MD. MD. Jakarta Depkes RI. 2009. The World Health Organization Guidelines on Hand Hygiene in Health Care and Their Consensus Recommendations. MD. Benedetta Allegranzi. 2010. Infect Control Hosp Epidemiol 2009. John Boyce.I. 30:611-622 Mencegah Penularan Penyakit dengan Mencuci Tangan 13 .