You are on page 1of 6

Tandan Kosong Kelapa Sawit Sebagai Sumber Energi

Pembuatan Bioethanol
Oleh : Ihsanata Hamda Hukama
03031181419012
Seiring pertumbuhan penduduk di Indonesia,konsumsi kendaraan baik itu roda dua
maupun roda empat semakin besar.Dengan semakin besarnya konsumsi kendaraan,maka
membuat konsumsi bahan bakar fosil akan semakin banyak.Padahal telah kita ketahui bahwa
bahan bakar fosil merupakan bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui,oleh sebab itu seiring
banyaknya penggunaan maka ketersediaan bahan bakar tersebut akan semakin menipis.
Ketergantungan bahan bakar fosil di Indonesia semakin meningkat,hal ini bisa dilihat
pada tahun 2003 bangsa Indonesia mengimpor bahan bakar minyak sebesar 247 juta
barel.Hingga saat ini,dapat dihitung bahwa konsumsi bahan bakar di Indonesia mencapai 487
ribu BBM per hari.Berdasarkan data tersebut terlihat bahwa Indonesia sangat tergantung oleh
bahan bakar fosil.
Indonesia merupakan negara dengan sumber daya alam yang melimpah,Indonesia juga
memiliki laut yang paling luas di dunia.Hutan,gunung,sawah,dan lautan merupakan sumber
kekayaan Indonesia yang apabila dimanfaatkan dengan baik,maka ketergantungan terhadap
bahan bakar fosil akan berkurang.Menurut saya,apabila sumber daya manusia yang ada kita
tingkatkan dan pemerintah mau membantu secara materil maupun moril.maka sumber daya alam
di Indonesia akan mampu dimanfaatkan secara maksimal.
Untuk menghadapi masalah tersebut,maka pemerintah seharusnya sudah mulai
memikirkan bahan bakar pengganti yang sifatnya dapat diperbaharui dan bersifat ramah
lingkungan.Bahan bakar yang dimaksud adalah bioethanol.Bioethanol merupakan bahan bakar
yang dipercaya dapat menggantikan penggunaan bensin dan minyak tanah.Bioethanol
merupakan etanol yang diproses melalui fermentasi menggunakan bahan baku
nabati(BBN).Bioethanol selain dimanfaatkan sebagai pengganti bensin,juga mampu menurunkan
emisi CO2. Pada dasarnya pembakaran bioethanol tidak menciptakan CO2 netto ke lingkungan
karena zat tersebut akan diperlukan untuk pertumbuhan tanaman sebagai bahan baku bioethanol.
Bioethanol bisa didapat dari tanaman seperti tebu, jagung, gandum, singkong, padi, lobak,
gandum hitam.Bioethanol memiliki nilai oktan sebanyak 92 yang dapat dimanfaatkan sebagai

namun juga sebagai sumber biodiesel.akibatnya nilai oktan bahan bakar itu meningkat. Indonesian Palm Oil Producers Association (Gapki) and Indonesian Ministry of Agriculture.namun penggunaannya terbatas karena sumber-sumber tersebut merupakan sumber bahan makanan. jumlah total luas area perkebunan sawit di Indonesia pada saat ini mencapai sekitar 8 juta hektar. Menurut data dari Kementerian Pertanian Indonesia.sumber bioethanol berupa tebu.ternyata dapat dimanfaatkan menjadi bioethanol.Hal ini terbukti dengan meningkatnya produksi minyak sawit dari tahun ke tahun.saya sangat setuju apabila kelapa sawit dimanfaatkan sebagai sumber energi pengganti bahan bakar fosil. Tandan kosong kelapa sawit juga banyak mengandung selulosa yang dapat dihirolisis menjadi glukosa kemudian difermentasi menjadi bioetanol. Bioetanol relatif kompetibel dengan mesin mobil berbahan bakar bensin. Indonesia merupakan salah satu penghasil kelapa sawit yang terbesar di dunia. .maka indonesia bisa kekurangan sumber pangan dan tentu akan berdampak buruk terhadap indonesia. Kelebihan lain dari bioetanol ialah cara pembuatannya yang sederhana yaitu fermentasi menggunakan mikroorganisme tertentu (Mursyidin. 2008).Alasan saya memilih kelapa sawit sebagai sumber pengganti adalah karena kelapa sawit memiliki limbah buangan yang disebut tandan kosong kelapa sawit dipercaya sebagai limbah saja.terdapat bahan baku yang tepat untuk mengganti sumber- sumber tersebut yaitu tandan kelapa sawit yang merupakan hasil limbah yang tidak hanya dimanfatkan sebagai pupuk. Kandungan selulosa yang cukup tinggi yaitu sebesar 45% menjadikan kelapa sawit sebagai prioritas untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan bioetanol (Aryafatta. Jumlah ini diduga akan bertambah menjadi 13 juta hektar pada tahun 2020.Tandan kosong kelapa sawit (TKKS) memiliki kandungan lignoselulosa yang cukup tinggi yang dapat didegradasi menjadi bentuk yang lebih sederhana yaitu glukosa sebagai bahan baku bioetanol. Menurut saya. dua kali lipat dari luas area di tahun 2000 ketika sekitar 4 juta hektar lahan di Indonesia dipergunakan untuk perkebunan kelapa sawit. produksi kelapa sawit pada tahun 2015 mencapai 31. 2007).5 juta ton.campuran bahan bakar.jagung.Apabila sumber tersebut kita gunakan.atau singkong merupakan sumber penghasil ethanol yang baik.Berdasarkan data Food and Agriculture Organization of the United Nations.Namun menurut beberapa sumber yang saya baca. Dengan jumlah lahan yang besar beserta kelapa sawit merupakan tumbuhan yang dapat diperbaharui.

Kurangnya peran serta pemerintah dan dinas perkebunan mengenai tandan kosong kelapa sawit ini untuk dikembangkan lebih lanjut. Mengurangi dampak dari pemanasan global dan mengatasi krisis energi yang semakin parah Namun kita memiliki tantangan terhadap pembuatan bioethanol dari tandan kelapa sawit ini.Bioethanol dari tandan kosong kelapa sawit ini memiliki peluang sumber energi yang baik karena 1. Bukan merupakan sumber pangan. dibutuhkan pengingkatan dalam produksi biofuel . Bahan baku bioethanol ini yaitu limbah tandan kosong kelapa sawit sangat melimpah di Indonesia.cara membuatnya. Kurangnya edukasi dan kemampuan pembuatan bioethanol yang masih tergolong rumit dan memerlukan biaya alat yang cukup besar membuat masyarakat kurang tertarik.namun seiring berjalannya waktu kita dapat memanfaatkan bioethanol ini secara penuh.33% dari total energi mix tahun 2025 (Tatang et al. Bioethanol ini bisa menjadi sumber energi baru yang dapat diaplikasikan menjadi lebih dari satu jenis energi seperti. Bioethanol ini mudah diaplikasikan dalam kehidupan di masyarakat serta ramah lingkungan. 2005). 2. Sesuai dengan rencana ini.tantangan itu adalah 1. Dalam Perpres No. energi bahan bakar. 4.sehingga tidak akan mengganggu kebutuhan pangan di indonesia yang merupakan negara berkembang. Informasi masyarakat terhadap bioethanol masih sangat minim sehingga dibutuhkan sosialisasi proses pembuatan bioethanol ini kepada masyarakat luas baik di pedesaan maupun kota 3.di sinilah peran pemerintah untuk mengupayakan pemanfaatan bioethanol dengan melakukan sosialisasi mengenai bioethanol. 4. Dengan kondisi masyarakat yang sudah terbiasa menggunakan bahan bakar fosil sehingga mereka enggan menggunakan energi alternatif ini Menurut saya. 2. 5. pemerintah indonesia mendorong konsumsi biofuel sebesar 5% dari konsumsi minyak Indonesia atau 1.Walaupun awalnya kita membuat campuran bahan bakar tersebut. 3.serta meyakinkan masyarakat bahwa bioethnol ini merupakan sumber energi yang terbaru dan dapat mengganti penggunaan bahan bakar fosil ini. 5 tahun 2006.

terlihat bahwa di Brazil. pemanfaatan bioetanol bisa mengurangi beban impor minyak yang selama ini membuat neraca perdagangan kita deficit”.yang terbaru hanyalah Peraturan Menteri ESDM Nomor 20 Tahun 2014.bukan dengan meminta bantuan pihak asing.seharusnya pemerintah harus lebih gencar dalam memanfaatkan sumber energi tersebut mengingat akan kayanya indonesia terhadap sumber daya alam khusunya kelapa sawit ini. di tengah menipisnya cadangan energi fosil seperti minyak. Hal itu belum termasuk pencampuran BBM nonsubsidi yang harus dicampur dengan minimal 2% bioetanol mulai Januari 2015. Salah satu jenis biofuel yang teah dikembangkan adalah bioetanol. Secara bertahap. Tapi kami optimistis pemerintahan baru punya komitmen untuk terus mendorong energi baru terbarukan. Kita harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia terlebih dahulu sehingga masyarakat indonesia dapat memanfaatkan dan mengolah kelapa sawit dengan tangan sendiri. bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi wajib dicampur dengan minimal 1% bioetanol mulai Januari 2015.Di Indonesia sendiri. Pemanfaatan bioethanol di luar negeri sangat diperhatikan.di Indonesia dari kondisi saat ini yang masih mencapai 0. potensi bioetanol Indonesia sangat besar.hal ini terlihat dari kebijakan pencampuran bioethanol yang masih setengah hati dilakukan pemerintah.pemanfaatan tandan kosong ini masih dibilang minim.pemerintah haruslah konsisten dalam mendukung penggunaan bioethanol sebagai campuran bahan bakar di Indonesia karena di mata saya pemerintah masih setengah-setengah dalam menerapkan kebijakan tersebut.Subiyono juga menambahkan bahwa "Kebijakan mandatory selama ini belum berjalan optimal.Perkebunan Nusantara X(PTPN X) Subiyono yang mengatakan bahwa "Padahal.Fhilipina mulai menggencarkan bioethanol sebanyak 10% dan bahkan Thailand meningkatkan penggunaan bioethanol sebanyak 20%.Saya berharap apabila pemerintah mau melihat sektor tersebut dan melatih sumber daya manusia yang .bioethanol telah dimanfaatkan sebagai campuran bahan bakar bahkan hingga 85% .Saya sangat setuju dengan apa yang dikatakan oleh direktur utama PT. pemanfaatan akan ditingkatkan menjadi 5% pada 2020 untuk bahan bakar bersubsidi dan 10% untuk bahan bakar nonsubsidi. termasuk bioetanol. Lagipula.Di sini saya berharap bahwa pemerintah terus mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan ini sehingga indonesia tidak lagi tergantung terhadap pemakaian bahan bakar fosil.".1% dari konsumsi energi mix Indonesia.Menurut saya.Saya sangat menyayangkan hal ini. sesuai Peraturan Menteri ESDM tersebut.Hal ini tidak akan berjalan apabila pemerintah tidak mendukung bahkan dikatakan mendukung namun dengan setengah hati.

Pemerintah haruslah mendukung dan memberikan bantuan kepada masyarakat sehingga penggunaan bioethanol di indonesia akan semakin meningkat. Serta gas CO2 yang dapat digunakan dalam pembuatan dry ice.Dari ketiga hal tersebut.maka penggunaan bioethanol di indonesia akan meningkat dan indonesia akan menjadi salah satu negara yang memanfaatkan bioethanol sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan dan dapat diperbaharui.Bioethanol ini dapat kita campur dengan bahan bakar seperti bensin.yang paling baik adalah fermentasi.Apabila nilai oktan bahan bakar tersebut naik.sehingga meningkatkan nilai oktan bahan bakar tersebut.yaitu beroperasi pada suhu 32o C dan tekanan standart 1 atm. hidrolisa. Bioethanol dapat dibuat melalui tiga cara.tersedia.direct hydration.menjaga agar jumlah kelapa sawit di indonesia akan tetap bahkan meningkat kapasitas produksinya. Pemanfaatan bioethanol ini tidak akan berarti apa-apa apabila pemerintah tidak mendukung secara penuh salah satu sumber energi itu.Selain dari pemerintah. Dan juga berupa lignin yang dapat digunakan sebagai bahan pembuat perekat. fermentasi dan distilasi serta dehidrasi.saya menyimpulkan bahwa Indonesia dapat mengurangi ketergantungan terhadap pemakaian bahan bakar fosil.maupun fermentasi.Sumber daya alam tersebut salah satunya adalah kelapa sawit dimana hasil limbah kelapa sawit yang kita sebut tandan kosong kelapa sawit dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan bioethanol.Dari proses pembuatan bioetanol ini akan dihasilkan prosuk samping berupa limbah cair (slurry) yang dapat digunakan sebagai pupuk organik.Indonesia dapat mengganti penggunaan bahan bakar fosil dengan memanaatkan potensi sumber daya alam yang ada di dalamnya. Proses pembuatan bioetanol dari limbah tandan kosong kelapa sawit dengan proses fermentasi dilakukan melalui empat tahap yaitu : Prehidrolisa.maka kualitas sumber daya manusia akan meningkat dan indonesia akan menjadi salah satu pengguna bakar bakar bioethanol terbesar di dunia.maka emisi pembakaran gas CO2 akan sedikit. Berdasarkan hal tersebut.yaitu indirect hydration.Saya berharap apabila masyarakat indonesia dan pemerintah mau bekerja sama satu sama lain. .masyarakat indonesia pun haruslah bekerja sama satu sama lain.Saya setuju dengan cara fermentasi ini karena pada proses fermentasi ini merupakan proses pada kondisi yang aman.

(Diakses 30 Desember 2015) Anonim. wordpress.2014.id/blog/dukung- energi-terbarukan-pemanfaatan-bioetanol-harus-konsisten.(Online) : https://aisyahnyayu.Bioetanol dari TKKS.2014.mengurangi- ketergantungan-ter hadap-bahan-bakar-fosil/ .Pemanfaatan Bioetanol harus konsisten. (Diakses 30 Desember 2015) .co. DAFTAR PUSTAKA Aisyah.com /2014/04/ 09/ pembuatan–bioetanol–dari-tandan–kosong–kelapa–sawit–sebagai – solusi – dalam .(online) : http://ptpn10.