You are on page 1of 6

PEMBAHASAN

A. DEFINISI ABORSI
Secara sederhana kata aborsi adalah mati ( gugurnya ) hasil konsepsi. Artinya aborsi itu
dapat dimulai dari sejak benih wanita (ovum ) dengan benih pria ( sperma ) mengadakan
konsepsi. Kehidupan yang utuh dimulai dari dua benih menjadi satu ( TWO IS ONE).
B. PEMBAGIAN ABORSI
1. PembagianAborsi
a. Aborsi spontan
b. Aborsi Provocatus
2. Kejadain aborsi
a. Aborsi dalam pernikahan
b. Aborsi dalam pra nikah
Ada 3 hal yang terjadi sebelum aborsi :
1. Adanya hubungan seks pria dan wanita
2. Hubungan seks dengan komitmen ( seks dalam pernikahan )
3. Hubungan seks tanpa komitmen ( seks di luar pernikahan )

Aborsi adalah dampak dari hubungan seks, artinya aborsi baru terjadi apabila ada
hubungan seks ( termasuk perkosaan / kekerasan seks ) dan konsepsi kedua benih.
Konsepsi dapat terjadi pada wanita yang sudah menstruasi dengan laki - laki yang
spermanya telah dewasa : dimulai dari kelompok remaja sampai tua, kecuali pada wanita
sampai menopause.

ABORSI
Aborsi adalah : Berakhirnya suatu kehamilan ( oleh akibat – akibat tertentu ) sebelum buah
kehamilan tersebut mampu untuk hidup di luar kandungan / kehamilan yang tidak
dikehendaki atau diinginkan. Aborsi itu sendiri dibagi menjadi dua, yaitu aborsi spontan dan
aborsi buatan. Aborsi spontan adalah aborsi yang terjadi secara alami tanpa adanya upaya -
upaya dari luar ( buatan ) untuk mengakhiri kehamilan tersebut. Sedangkan aborsi buatan
adalah aborsi yang terjadi akibat adanya upaya - upaya tertentu untuk mengakhiri proses
kehamilan.
Aborsi tetap saja menjadi masalah kontroversial, tidak saja dari sudut pandang kesehatan,
tetapi juga dari sudut pandang hukum dan agama. Aborsi biasanya dilakukan atas indikasi
medis yang berkaitan dengan ancaman keselamatan jiwa atau adanya gangguan kesehatan
yang berat pada diri si ibu, misalnya tuberkulosis paru berat, asma, diabetes, gagal ginjal,
hipertensi, bahkan biasanya terdapat dikalangan pecandu ( ibu yang terinfeksi virus ).

346. dukun bayi. bahwa menstrual regulation itu pada hakikatnya adalah abortus provocatus criminalis. tukang obat dan sebagainya yang mengobati atau menyuruh/ membantu/ melakukannya sendiri. Sardikin Ginaputra dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia memberi pengertian abortus sebagai pengakhiran kehamilan atau hasil konsepsi sebelum janin dapat hidup di luar kandungan. abortus adalah pengeluaran hasil konsepsi dari rahim sebelum waktunya (sebelum dapat lahir secara alamiah). 348 dan 349. negara melarang abortus. termasuk menstrual regulation dan sangsi hukumannya cukup berat bahwa hukumannya tidak hanya ditujukan kepada wanita yang bersangkutan. sekalipun dilakukan oleh dokter. Aborsi dikalangan remaja masih merupakan hal yang tabu. Maka ia minta ”dibereskan janinnya” itu. Perkataan abortus dalam bahasa Inggris disebut abortion berasal dari bahasa latin yang berarti gugur kandungan atau keguguran. Dari pengertian di atas dapat dikatakan. berdasarkan Kitab UU Hukum Pidana (KUHP) pasal 299. Maka jelaslah. Menstrual regulation secara harfiah artinya pengaturan menstruasi/ datang bulan/ haid. Aborsi itu sendiri ada 3 macam : . tetapi dalam praktek menstrual regulation ini dilaksanakan terhadap wanita yang merasa terlambat waktu menstruasi dan berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium ternyata positif dan mulai mengandung. Kemudian menurut Maryono Reksodipura dari Fakultas Hukum UI. bahwa abortus adalah suatu perbuatan untuk mengakhiri masa kehamilan dengan mengeluarkan janin dari kandungan sebelum janin itu dapat hidup di luar kandungan. jangankan untuk dibicarakan apalagi untuk dilakukan. tetapi semua orang yang terlibat dalam kejahatan ini dapat dituntut seperti dokter. Karena itu. Karena itu abortus dan menstrual regulation itu pada hakikatnya adalah pembunuhan janin secara terselubung.

ME ( Menstrual Extraction ) : Dilakukan 6 minggu dari menstruasi terakhir dengan penyedotan. tetapi bagaimana jika mereka tidak mengetahui jika mereka terinfeksi virus dan menginginkan bayi tersebut lahir ? Ada juga dari mereka yang memilih cara .klinik yang mereka ketahui dan mereka seringkali tidak memikirkan efek samping bagi tubuh mereka sendiri.benda tertentu kedalam rahim dan ada juga meminta bantuan orang yang mampu mengatasi hal tersebut seperti mendatangi dukun dan sebagainya. Remaja yang meneruskan kehamilan membutuhkan biaya perawatan kehamilan dan kelahiran anaknya. baik yang menempuh a borsi maupun yang meneruskan kehamilannya.cara alternatif. dengan rata . remaja yang melahirkan anak umumnya mendapatkan bantuan dari orang tua . 2. Mereka rata . Aborsi diatas 18 minggu. seperti melakukannya sendiri dengan meminum jamu peluntur.100. tidak dilakukan di klinik tetapi di rumah sakit besar. loncat . sekitar 15% biaya ditanggung bersama dengan pasangan dan 11% ditanggung oleh pasangan. Sebaiknya jika ingin melakukan aborsi diperhatikan dahulu apa memang perlu adanya tindakan aborsi tersebut. membutuhkan banyak biaya untuk pelaksaan aborsi atau untuk perawatan kehamilan dan melahirkan.1. Mereka melakukan aborsi ini karena mereka tidak menginginkan kehamilan tersebut dan terkadang mereka melakukan ini karena tidak ingin menularkan virus pada bayi mereka. 415. Semakin banyaknya pecandu yang ada dan banyaknya juga pekerja seks maka tingkat pengguguran kandungan pun semakin meningkat. Jumlah biaya terkecil dipakai oleh responden dari bidan di Puskesmas atau Dokter.000. Tindakan aborsi ini sangat sederhana dan secara psikologis juga tidak terlalu " berat " karena masih dalam bentuk gumpalan darah. Di Indonesia sendiri pengguguran kandungan tidak asing lagi. Diatas 12 minggu. 3.000. Berbeda dengan remaja yang melakukan aborsi. masih dianggap normal dan termasuk tindakan aborsi yang sederhana. Biasanya mereka akan mendatangi klinik . belum berbentuk janin. Biaya yang dibutuhkan untuk pelaksanaan aborsi bekisar antara Rp 300. sampai memasukan benda .rata baru .000 sampai Rp 1. Dan ini yang harus kita waspadai dan perhatikan. Dari responden yang melahirkan. Tetapi bagi kalangan pecandu atau pekerja seks aborsi seringkali terjadi saat usia kehamilan sudah diatas 18 minggu. Sebagian besar mereka tidak memeriksa kandungannya secara rutin karena merasa malu keluar rumah dengan perut besar tidak lama setelah menikah atau tanpa menikah. mengurut perut.loncat.rata biaya aborsi Rp. Remaja hamil. dikarenakan sebagian dari mereka mengetahui bahwa mereka telah terinfeksi virus.

Penghentian kehamilan dalam pengertian ini tidak identik dengan penyerangan atau pembunuhan. F. atau upaya menghentikan kehamilan yang dilakukan secara sadar. Ini berbeda dengan isqâth al . baik dengan cara mengkonsumsi obat.haml ( penghentian kehamilan ). Karena itu. telah diriwayatkan bahwa Umar telah meminta masukan para sahabat tentang aktivitas imlâsh yang dilakukan oleh seorang wanita.Pernyataan tersebut dibenarkan oleh Muhammad bin Maslamah.Shahîhayn. Cara Pelaksanaan Abortus C. Dalam kitab Ash . ada dua fakta yang dibedakan oleh para fuqaha dalam masalah ini. terutama di daerah pedesaan dan menggunakan obat-obatan tradisional seperti jamu. mulut rahim dilebarkan kemudian janin dikiret dengan alat seperti sendok kecil. yaitu penyedotan isi rahim dengan pompa kecil. Al- Mughirah bin Syu’bah berkata: '' Rasulullah saw. biasanya menggunakan metode sebagai berikut : D. ABORSI DALAM PANDANGAN ISLAM Sebelum membahas hukum aborsi. Pelakunya dikenai diyat ghurrah budak pria atau wanita. • Aspirasi. yang nilainya sama dengan 10 diyat manusia sempurna. tetapi bisa juga diartikan dengan mengeluarkan kandungan . telah memutuskan dalam kasus seperti itu dengan diyat ghurrah 1 budak pria atau wanita ''. Pengguguran yang dilakukan secara medis di rumah sakit. diantaranya dengan menggunakan jasa ahli medis di rumah sakit. G. lalu janinnya pun gugur. tindakan imlash ( aborsi ) tersebut jelas termasuk kategori dosa besar. • Hysterotomi (melalui operasi) A. Kedua. yang pernah menjadi wakil Nabi saw. dengan cara memukuli perutnya. Dalam hal ini. Empat bulan pertama kehamilan adalah periode yang berusaha disembunyikan dan bahkan digugurkan B. isqâth ( penghentian kehamilan ). memeriksa kandungannya setelah berusia lebih dari 4 bulan. atau aktivitas medis tertentu. Pertama : apa yang disebut imlash ( aborsi. pengguguran kandungan ). merupakan tindak kriminal. pada dasarnya hukum aborsi tersebut haram. Cara seperti ini pada umumnya dilakukan oleh para dokter yang hidup di negara yang mengizinkan pengguguran. di Madinah. Ada juga yang menggunakan jasa dukun bayi. • Dengan alat khusus. Imlash adalah menggugurkan janin dalam rahim wanita hamil yang dilakukan dengan sengaja untuk menyerang atau membunuhnya. • Curratage and dillage (C&D) E. melalui gerakan. bukan karena keterpaksaan. Untuk melakukan abortus banyak cara yang ditempuh.

diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau denda paling banyak tiga ribu rupiah. untuk melaksanakan niat yang ditentukan karena takut akan ketahuan bahwa akan melahirkan anak. dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun. Tentang status hukum penghentian kehamilan terhadap janin. Ibu yang melakukan aborsi 2. bapak. melakukan kejahatan tersebut. bahwa karenapengobatan itu hamilnya dapat digugurkan. Jika yang bersalah. aborsi atau pengguguran janin termasuk kejahatan. pidananya dapat ditambah sepertiga.  Pasal 342 Seorang ibu yang. Barang siapa dengan sengaja mengobati seorang wanita atau menyuruhnya supaya diobati. maka para ulama sepakat bahwa hukumnya haram. dengan diberitahukan atau ditimbulkan harapan.orang yang mendukung terlaksananya aborsi. Beberapa pasal yang terkait adalah:  Pasal 229 1. atau menjadikan perbuatan tersebut sebagai pencarian atau kebiasaan. penghentian kehamilan ( al . Sebab. baik dilakukan oleh si ibu. diancam. atau jika dia seorang tabib. pada saat anak dilahirkan atau tidak lama kemudian merampas nyawa anaknya. Jika yang bersalah. atau setelahnya. dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun. dalam menjalani pencarian maka dapat dicabut haknya untuk melakukan pencarian itu.  Pasal 343 . 2.ijhâdh ) tersebut kadang dilakukan sebelum ditiupkannya ruh di dalam janin. setelah ruh ditiupkan kepadanya. Orang . B. Dokter atau bidan atau dukun yang membantu melakukan aborsi 3. Tindakan ini juga merupakan dosa besar.baik setelah berbentuk janin ataupun belum dengan paksa.  Pasal 314 Seorang ibu yang. bidan atau juru obat. pada saat anak dilahirkan atau tidak lama kemudian. Dalam hal ini. tindakan tersebut merupakan bentuk penyerangan terhadap jiwa manusia. dengan sengaja merampas nyawa anaknya. atau dokter. karena takut akan ketahuan melahirkan anak. karena membunuh anak sendiri. diancam. berbuat demikian untuk mencari keuntungan. HUKUM ABORSI MENURUT UUD Menurut hukum . karena melakukan pembunuhan anak sendiri dengan rencana. yang dikenal dengan istilah “ Abortus Provocatus Criminalis ” Yang menerima hukuman adalah: 1. 3.hukum yang berlaku di Indonesia. yang darahnya wajib dipertahankan.

Barangsiapa dengan sengaja menggugurkan atau mematikan kandungan seorang wanita tanpa persetujuannya. dikenakan pidana penjara paling lama tujuh tahun. bagi orang lain yang turut serta melakukan. ataupun melakukan atau membantu melakukan salah satu kejahatan yang diterangkan dalam pasal 347 dan 348. maka pidana yang ditentukan dalam pasal itu dapat ditambah dengan sepertiga dan dapat dicabut hak untuk menjalankan pencarian dalam mana kejahatan dilakukan.  Pasal 347 1.  Pasal 346 Seorang wanita yang sengaja menggugurkan atau mematikan kandungannya atau menyuruh orang lain untuk itu. diancam dengan pidana penjara paling lama dua belas tahun.  Pasal 349 Jika seorang tabib. Kejahatan yang diterangkan dalam pasal 341 dan 342 dipandang. 2. Jika perbuatan itu mengakibatkan matinya wanita tersebut. Jika perbuatan itu mengakibatkan matinya wanita tersebut. Barangsiapa dengan sengaja menggugurkan atau mematikan kandungan seorang wanita dengan persetujuannya. dikenakan pidana penjara paling lama lima belas tahun. bidan atau juru obat membantu melakukan kejahatan yang tersebut pasal 346. diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun enam bulan. . diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun. sebagai pembunuhan atau pembunuhan dengan rencana. 2.  Pasal 348 1.