You are on page 1of 4

BAB III

REALISASI KEGIATAN MAHASISWA KKN
A. Kegiatan Utama
1. Ibuku Dokterku
a. Jenis Kegiatan
Program “Ibuku Dokterku” dilaksanakan di Balai Desa Sembalun Lawang
dengan mengundang ibu-ibu rumah tangga dari kelima dusun di Desa Sembalun
Lawang yang memiliki anak Balita (bawah lima tahun). Acara dilaksanakan sore
hari pukul 17.00 WITA dengan memperkirakan ibu-ibu yang bertani sudah
pulang dari ladang.
Mahasiswa memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu yang memiliki anak
Balita. Materi yang disampaikan dibagi dalam 3 pertemuan. Pada hari pertama
yaitu “penanganan medis dasar di rumah tangga”, hari kedua yaitu “PHBS
(Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) Rumah Tangga”, serta hari ketiga yaitu
“Kesehatan reproduksi wanita”. Kegiatan ini dibawah program dari KIA
(Kesehatan Ibu dan Anak) Puskesmas Sembalun. Setelah penyuluhan dan
praktek, diadakan pula sesi tanya jawab.
2. Penyuluhan Kesehatan Reproduksi dan NAPZA
a. Jenis Kegiatan

Mahasiswa melakukan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi
kepada siswa SMPN 1 Sembalun dan SMAN 1 Sembalun. Mahasiswa
memberikan penyuluhan NAPZA kepada siswa dan siswi SMAN 1 Sembalun.
3. Program Dokter Kecil

a. Jenis Kegiatan
Kegiatan pelatihan dokter kecil ini diadakan selain untuk melaksanakan
program UKS juga untuk mendidik siswa agar dapat menjadi penggerak hidup
sehat di sekolah, rumah, dan lingkungannya, juga agar dapat menolong diri
sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.
4. Program Cek Kesehatan

a. Jenis Kegiatan
Pengobatan gratis ini merupakan program kegiatan yang memberikan
konsultasi oleh dokter, pengecekan kesehatan, dan pemberian obat secara
gratis untuk masyarakat sekitar desa, serta diselipkannya penyuluhan

B. Jenis Kegiatan Mahasiswa memberikan penyuluhan ToRaKur (Tomat Rasa Kurma) kepada ibu-ibu dan Pemuda yang ada di Desa Sembalun Bumbung. Peningkatan Kebersihan Lingkungan a. Jenis Kegiatan Pelaksanaan kegiatan ini adalah menanggulangi sampah di kecamatan Sembalun khususnya desa Sembalun Lawang dan Sembalun Bumbung serta untuk meningkatkan kesadaran warga mengenai sampah yang sudah lama menjadi permasalahn utama di Kecamatan Sembalun. Kegiatan Penunjang 1. 5. Program Rumah Baca a. Program pengobatan diluar puskesmas seperti ini memang rutin dilaksanakan oleh pihak puskesmas setiap bulannya di tiap desa di Kecamatan Sembalun. buku motivasi. Program ini tidak dilakukan di Desa Sembalun Bumbung ataupun Sembalun Lawang karena letak desa yang masih cukup terjangkau untuk datang ke puskesmas. Persiapan diawali dengan koordinasi dengan pihak kecamatan. Pengecekan kesehatan yang diberikan mencakup pemeriksaan fisik. Pada penyuluhan ini juga ada praktik langsung cara membuat ToRaKur agar masyarakat dapat mengerti bagaimana prosesnya sampai selesai. sehingga publikasi dilakukan oleh pihak puskesmas. puskesmas. 2. Pengolahan Hasil Pertanian (ToRaKur) a. serta dinas kesehatan setempat. dan kolesterol. dan buku penambah wawasan. tekanan darah. . sehingga pihak puskesmas menyarankan untuk di Desa Timba Gading yang sudah tiga tahun tidak dilakukan pengobatan gratis agar target pasien dapat terpenuhi. Jenis Kegiatan Kegiatan yang dilaksanakan adalah penambahan buku-buku baik dari buku pendidikan. antropometri. asam urat. mengenai penyakit degeneratif oleh mahasiswa KKN. glukosa. Hal ini dilakukan dengan tujuan memajukan pemikiran anak-anak agar dapat menambah ilmu sambil bermain dirumah baca yang telah dibangun.

Perbaikan Musholla a. remaja maupun anak-anak. Dinding-dinding penuh dengan tulisan-tulisan serta gambar-gambar yang tidak pantas dan mengganggu pemandangan mata. musholla ini juga sering digunakan oleh organisasi pemuda setempat untuk melakukan rapat atau kegiatan berkumpul lainnya guna membahas isu-isu dan permasalahan di Dusun Jorong. Jenis Kegiatan Kegiatan belajar mengajar di sekolah dirasa masih kurang membuat para siswa mengerti akan pelajaran yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu. kondisi dari musholla ini sendiri tidak cukup baik. Mengingat hal tersebut. Lomba tersebut tergolong kreatif dan melibatkan banyak warga baik dari orang dewasa.Selain itu Ritual Ngayu Ayu merupakan bentuk .3. selain sebagai tempat beribadah. dan lain lain turut berperan aktif memeriahkan lomba. Bimbingan Belajar/Kursus Privat a. 5. 4. Kebanyakan siswa malu dan takut untuk menanyakan hal yang tidak ia mengerti kepada gurunya ketika ia belajar di sekolah. 6. Upacara Adat Ngayu-Ayu a. Ibu-Ibu PKK. Jenis Kegiatan Musholla yang terdapat di Dusun Jorong menjadi tempat yang multifungsi. selain karena merupakan tempat ibadah yang suci. dan masyarakat diharapkan terhindar dari penyakit-penyakit yang konon di zaman dahulu sering dialami oleh masyarakat setempat. dan takut karena dikira bodoh oleh teman sekelas. SMP. Jenis Kegiatan Suatu budaya khas dari Sembalun dan berkaitan erat dengan sejarahnya ialah ritual adat Ngayu-Ayu sebagai peringatan atas seluruh rangkaian kejadian masa lalu. organisasi pemuda. Malu karena tidak percaya diri. juga karena menimbulkan kesan jorok dan tidak terawat. Rangkaian Kegiatan 17 Agustus a. terhindar dari bencana. Jenis kegiatan Dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia masing-masing Desa di Kecamatan Sembalun mempunyai lomba yang beraneka ragam. Padahal musholla ini sering digunakan untuk banyak kegiatan serta aktifitas masyarakat. Tim KKN UNS berinisiatif juga berperan aktif melakukan perbaikan terhadap musholla ini khususnya mengecat musholla untuk menghilangkan coret-coretan serta gambar-gambar tidak jelas yang terdapat di dinding musholla. SMA. Ritual Ngayu-Ayu merupakan bentuk rasa syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas diberikan kelimpahan hasil bumi. Instansi-intansi seperti Sekolah Dasar. Hal ini tentu tidak layak dibiarkan.

A=Aik (13 Mata Air). A=Adat Y=Yang U=Utama/pertama. Bebija Tawar. 15. Jadi Ngayu-Ayu berarti mengumpulkan 13 mata air adalah upacara adat yang utama atau pertama.Pemotongan Kerbau dan Upacara Mapakin. Ritual Pemitian Makam. U=Upacara. Y=Yalah. . Ritual adat Ngayu-Ayu berasal dari kata Ng=Ngumpulkan. Dalam upacara Ngayu-Ayu. 25 maksudnya adalah angka-angka tanggal itu merupakan permujudan dari lemparan jumlah ketupat yang dilempar oleh para tokoh Sembalun masa lalu untuk menghalau iblis yang mengganggu warga Sembalun.syukur atas tumbuh suburnya padi merah (pade abang) yang dimana tipikal tanaman ini tidak tumbuh di sembarang tempat. beberapa rangkaian upacara yang dijalankan antara lain pengambilan air suci dari 12 mata air. Menghaturkan Sesampang. Ritual adat Ngayu-Ayu dilaksanakan setiap 3 (tiga) tahun sekali yakni tanggal 5. Tari Tandang Mendet.