Friday, July 12, 2013

PENGERTIAN, TUGAS DAN FUNGSI PERGURUAN TINGGI
Skripsi Efendi Pakpahan

A. Pengertian, Tugas dan Fungsi Perguruan Tinggi
1. Pengertian Perguruan Tinggi
Menurut UU No. 20 tahun 2003 pasal 19 ayat 1 :
“yang dimaksud perguruan tinggi adalah merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah mencakup
program pendidikan diploma, sarjana, magister, spesialis, dan doktor yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi ”.

Selain itu perguruan tinggi juga mempunyai pengertian pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi daripada pendidikan
menengah di jalur pendidikan sekolah. Perguruan Tinggi di sini adalah tingkatan universitas yang terdiri atas sejumlah
fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau profesional dalam sejumlah disiplin ilmu tertentu (H.
Basir Barthos,1992:25).

2. Tugas Perguruan Tinggi
Menurut Cony R. Semiawan (1998:12) secara umum tugas penyelenggaraan pendidikan tinggi saat ini bertambah berat
karena paradigma baru seperti akuntabilitas, kualitas pendidikan, otonomi dan evaluasi diri pendidikan tinggi
dipersyaratkan oleh masa depan yang menuntut aktualisasi keunggulan kemampuan manusia secara optimal, yang
sementara ini masih “tersembunyi” dalam diri (hidden excellence in personhood). Prinsip-prinsip sebagaimana tersebut
di atas dihadang oleh berbagai masalah krusial dalam strategi pengembangannya. Peradaban baru yang dijanjikan oleh
abad baru ke 21 menuntut perguruan tinggi untuk mampu menciptakan lulusan perguruan tinggi untuk berkinerja,
sehingga dapat bertahan (survive) dan berkembang mencapai aktualisasi keunggulan secara optimal. Namun pada
dasarnya strategi dalam mencapai cita-cita tersebut banyak ditentukan oleh visi dan kebijaksanaan (policy) pengambil
keputusan dalam proses pengembangan pendidikan tinggi di perguruan tinggi bersangkutan (pimpinan perguruan
tinggi).

Secara khusus tugas perguruan tinggi dapat kita lihat dalam PP No. 30 tahun 1990 tentang Perguruan Tinggi. Dalam
ketentuan umum, Pasal 1 ayat 2 :

“Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi”.

Selanjutnya dalam mukadimah Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 603/O/2001 dinyatakan tugas perguruan
tinggi adalah :

“…… berperan aktif dalam perbaikan dan pengembangan kualitas kehidupan dan kebudayaan, pengembangan ilmu
pengetahuan, dan pengembangan pengertian dan kerjasama internasional untuk mencapai kedamaian dunia dan
kesejahteraan lahir batin umat manusia berkelanjutan…”.

Di situ dijelaskan bahwa selain diberi tugas untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi, perguruan tinggi juga
mengemban tugas pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia, pengembangan kerjasama internasional,
kedamaian dunia dan kesejahteraan lahir batin umat manusia.

3. Fungsi Perguruan Tinggi
Selanjutnya menurut Conny R. Semiawan (1998:33) pendidikan tinggi antara lain berfungsi untuk mempersiapkan
peserta didik menjadi manusia yang memiliki perilaku, nilai dan norma sesuai sistem yang berlaku sehingga
mewujudkan totalitas manusia yang utuh dan mandiri sesuai tata cara hidup bangsa. Dalam penelitian ini, peneliti ingin
menyoroti wewenang para pengambil kebijakan di perguruan tinggi yang berkaitan langsung dalam kewenangannya
menentukan kebijakan kerjasama luar negeri disatuan pendidikan perguruan tinggi untuk menguji sejauh mana peran
pengambil kebijakan di Perguruan Tinggi dalam upaya peningkatan kerjasama luar negeri. Mengenai kewenangan
penentuan kebijakan ini, PP No.30 tahun 1990 Bab I Pasal 1 ayat 8 tentang ketentuan umum mengatur sebagai
berikut :

social. maupun gelar Doktor. mulai diploma. yang termaktub dalam Bab I Pasal 1 ayat 7 tentang aturan umum perguruan tinggi yang berbunyi: “Statuta adalah suatu pedoman dasar penyelenggaraan kegiatan yang dipakai sebagai acuan untuk merencanakan. 31 Agustus 2004). Misalnya universitas airlangga: ada fakultas kedokteran. Misalkan ITS Surabaya. Jenjang ataupun gelar yang akan dicapai tidak berbeda. strata satu (S1). MIFA dll  Institut adalah jenis perguruan tinggi yang khusus menyelenggarakan program ilmu sejenis. Hal ini bukan tidak berdasarkan alasan yang jelas melainkan sudah dirasakan menjadi keperluan mendesak. Sebagaimana Asosiasi Perguruan Tinggi Agama Islam (APTAIS) mengemukakan bahwa pembukaan kerjasama luar negeri adalah langkah strategis meningkatkan kualitas PTAIS (Swara Dipertais. berisi dasar yang dipakai sebagai rujukan pengembangan peraturan umum. korban HIV dan AIDS Bahaya Merokok → Jenis & Macam Perguruan Tinggi Indonesia Posted on December 7. ekonomi. S2.pasca sarjana (S2). maupun Doktor. peraturan akademik dan prosedur operasional yang berlaku di perguruan tinggi yang bersangkutan”. Para pimpinan perguruan tinggi dengan wewenangnya bertugas untuk mengembangkan perguruan tinggi-nya ke luar dan ke dalam berdasarkan pedoman tertentu yang disebut statuta.  Sekolah Tinggi .“Perangkat kewenangan tertinggi dalam penentuan kebijakan adalah pimpinan perguruan tinggi sebagaimana ditetapkan di perguruan tinggi masing-masing”. baik ilmu” eksaskta. Jenjang pendidikan yang diselenggarakan relatif beragam. No. bahasa sampai kesenian. 2012by luqii58 Jenis & Macam Perguruan Tinggi Indonesia  Universitas “university degree” adalah jenis perguruan tinggi yang memiliki jenis program studi yang beragam. jadi tidak seberagam dibanding universitas. kesehatan. ekonomi.II. mengkhususkan ilmu eksak juga teknik. mengembangkan program dan penyelenggaraan kegiatan fungsional sesuai dengan tujuan perguruan tinggi yang bersangkutan. Ahli madya (diploma 3). Statuta tersebutlah yang menjadi pedoman dan barometer keberhasilan dan kemajuan pengembangan perguruan tinggi dari salah satu upaya ke arah pengembangannya melalui kerjasama luar negeri.14 Th. sarjana S1.

Perbandingan materi yang diajarkan antara teori dengan praktek 45% : 55%. Universitas (program studi) UAD. Untuk itu kita harus bisa membedakan agar kita tidak kecewa ketika kita memilih perguruan tinggi. UIN Suka. Misal. hanya mengkhususkan dalam mencetak tenaga-tenaga ahli/professional di bidang teknik. serta manajemen.advertising adalah jenis perguruan tinggi yang hanya menyelenggarakan satu bidang/program studi. dengan demikian lulusan politeknik akan lebih cepat adaptasi jika terjun di dunia kerja karena lebih siap pakai. Selain itu kita juga harus bisa membedakan antara jalur diploma yang diselenggarakan oleh suatu perguruan tinggi dan jalur diploma yang diselenggarakan oleh lembaga kursus. 1. Jenis-Jenis perguruan tinggi Saat ini banyak sekali berbagai macam perguruan tinggi dengan berbagai jenis bidang keilmuan.D3). Adapun jenis-jenis dari perguruan tinggi tersebut adalah: No . UPN. satu sampai tiga tahun (D1. dan waktu yang ditempuhpun relative lebih singkat. fakultas dan jurusan/ prodi UPI. Perbandingan materi yang diajarkan antara teori dengan praktek 60% : 40% Bagi lulusannya tidak terdapat gelar. kecuali diploma 3 berhak menyandang Ahli Madya (AMD)  Politeknik Perguruan tinggi ini tidak berbeda dengan akademi. STIE (sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) yang hanya menyelenggarakan jurusan akuntansi.D2. Jenis Ciri-ciri Contoh Lembaga pendidikan tinggi dengan beberapa rumpun keilmuan yang diampu oelh UNY. dsbg . UGM. Jenjang ataupun gelar yang di capai tidak berbeda dengan universitas ataupun Institut.  Akademi Jenis perguruan tinggi yang memberikan porsi keterampilan lebih banyak dibanding teori. Akademi mencetak lulusan yang lebih trampil untuk memasuki dunia kerja.

TInggi (program studi) dsbg Lembaga pendidikan tinggi dengan satu cabang keilmuan dan tidak memberikan gelar kesarjanaan namun Ahli madya AKMIL. Institut jurusan/ prodi (program studi) ITB. Lembaga pendidikan tinggi dengan satu rumpun keilmuan yang diampu oleh fakultas dan 2. 2. Negeri Pemeritah UNY. 4. STAN. UAD.Md) AKY. dsbg. . Swasta Yayasan atau Lembaga UII. Status Pemilik Contoh UGM. dsbg Lembaga pendidikan tinggi dengan satu cabang keilmuan dan mempunyai satu atau Sekolah beberapa jurusan/ prodi STIE. STIES. Kedinasan tersebut. AMY. IKIP. dsbg Mengenai informasi tentang perguruan tinggi tersebut dapat dilihat di web site dengan alamat STATUS PERGURUAN TINGGI No. Akademi (A. Lembaga pemerintah atau swasta yang setelah lulus diwajibkan masuk pada suatu lembaga AKMIL. 1. dsbg. 3.dsbg. UMY. 3.

seolah olah terjadi persaingan yang sangat ketat untuk mencari calon mahasiswa sebanyak banyaknya. jangan gitu.hehe. Kalau masalah IPS gak bisa masuk IPA. kan juga kebijakan pemerintah. Status akreditasi ini menentukan kemandirian suatu program studi dalam melaksanakan proses belajar mengajar. politeknik. banyak saingan dari anak IPS juga. Status ini diberikan untuk program studi yang diselenggaran dan bukan pada keseluruhan jurusan/program studi pada suatu perguruan tinggi. tentulah buuuanyak banget perguruan tinggi yang sudah membuka pendaftaran mahasiswa baru. jadi bisa ancang ancang ^^” *** Nah…sobat.. Em. uang gedungnya dan semesterannya yang favorit murahnya atau bahkan bisa gratis tis. Share this: APA SAJA JENIS JENIS PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA?? Ema Waroka :”Nin. Nin?kan jurusanmu IPA?bisa bebas memilih. iya gak ^^. semoga bisa lulus 100% ya!” Ema Waroka : “Amiiin…kamu mau kuliah di mana. yang penting. IPA memang boleh milih di IPS. (beda dengan SMK. diakui ataupun terdaftar. sebentar lagi insya Allah. terutama pula memilih jurusan favorit di PTN favorit pula. terutama pula jika bisa ketiganya.ya terlepas dari itu. dll. itulah sekelumit percakapan BIASA yang terjadi antara 2 orang anak kelas XII SMA yang sedang dag dig dug menunggu hasil Ujian Nasional…Selama menunggu hasil UNAS nya. gak ada diskriminasi kok antara IPA dan IPS.. ada universitas. institute. tapi kan juga harus tes ujian mandiri atau SNMPTN tes tulis juga. kan bisa bikin mobil ^^) terutama PTN yang favorit. semuanya sama kok.STATUS AKREDITASI Padaa tahun-tahun lalu mungkin kita pernah kenal dengan status disamakan. masuk jurusan favorit di PTN favorit. sekarang ini ada yang dinamakan dengan status akreditasi. jangan tersinggung yang esemka ye. ntar harus belajar pelajaran MAFIA gitu deh. ini sih semua pasti mau. gak kayak aku dari IPS…hiks…gak bisa milih yang di IPA…” Nina Zein : “Eh. akademi. Em. Em. IPA dan IPS kan tergantung minat. dari kita niatnya untuk mencari ilmu yang bermanfaat selagi masih muda…^^ Lulus SMA atau MA pastilah 80% pengen melanjutkan ke perguruan tinggi. Bahkan ada beberapa perguruan tinggi yang sudah membuka jalur pendaftaran jauh jauh hari sebelum pelaksanaan UNAS…hmmm…. Ya artinya gak bisa semudah itu donk. kan banyak banget tuh. ehm sadar tidak sadar… inilah permainan bisnis di ranah pendidikan ^^…tapi insya Allah gak semua kok. gak bisa lewat jalur undangan. semua sama. yang 80% lebih memilih dunia kerja :P. kita akan lulus SMA!” Nina Zein : “Iya bentar lagi. tergantung minat ^__^…. masuk jurusan IPS. tes masuk jurusan IPA kan banyak hitungan. ah udahlah. Status inilah yang saat ini menjadi salah satu faktor utama yang digunakan oleh PTS untuk mengiklankan dirinya. kasihan anak IPS dunk. yuk kita cari tahu info tentang jurusan sama macam macam perguruan tinggi aja. baik negeri maupun swasta. . jadi gak hanya universitas saja ^^” Ema Waroka : “Iya bener juga…ya…milih jurusan kan harus dipertimbangkan mateng mateng yak…biar kita enjoy ngejalaninnya.

yang penting kuliah di situ. menyelenggarakan sarjana atau vokasi dalam satu disiplin ilmu. apapun jurusannya. jadi statusnya negeri. karena perguruan tinggi tu gak hanya universitas yang seringkali digaung gaungkan di kalangan temen temen SMA. ilmu social. dll #POLITEKNIK Politeknik atau sering disamakan dengan institut teknologi adalah penamaan yang digunakan dalam berbagai institusi pendidikan yang memberikan berbagai jenis gelar dan sering beroperasi pada tingkat yang berbeda-beda dalam sistem pendidikan. dll. di ITB tidak ada jurusan kelompok IPS. teknik. STIPARI. hanya menyelenggarakan program diploma. Contohnya ada STIKES. Berikut jenis jenis PT negeri dan swasta di Indonesia ini ^^ #UNIVERSITAS Universitas adalah lembaga pendidikan tinggi dan penelitian. kebanyakan swasta yang menyelenggarakan. kalau sekolah tinggi.(JADI BERSIKAPLAH DEWASA. nah itu jurusannya banyak. Akademi Kebidanan. Kata universitas berasal dari bahasa Latin universitas magistrorum et scholarium. di poltekkes tidak ada ^^. jadi tidak hanya khusus pada satu bidang ilmu tertentu. tapi sama saja sih :P) ada baiknya kita mengetahui jenis jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia. . namun jurusan yang ditawarkan banyak selama masih terkait pada bidang ilmu yang ditekankan. UMY. ada ilmu eksak. Dokter. perawat. namun hanya program diploma saja. terus kita memantapkan hati untuk bisa masuk ke universitas tersebut. jika institute tersebut membuka jurusan di luar disiplin ilmunya. rekam medis. ada pend. UNY. teknologi. tergantung kebijakan universitas sendiri mau mengelompokkan di fakultas apa. di dalamnya banyak jurusan yang terkait tentang ilmu kedokteran. sebelum terburu buru mendaftar di suatu perguruan tinggi. (kalau dulu namanya UMPTN. dan ilmu bahasa. bedanya apa ya??hmm kalau institute. #SEKOLAH TINGGI Sekolah tinggi dalam pendidikan di Indonesia adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau vokasi dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan. Misalnya ada Poltekkes atau politeknik khusus kesehatan.. Contoh UGM. analis. semisal universitas X. selanjutnya jurusan tersebut bernaung di bawah fakultas. ilmu keperawatan. yang memiliki spesialiasi dalam bidang ilmu pengetahuan. kalau gak di situ gak mau kuliah. namun tidak semua universitas membuka jurusan yang bener bener kita minati. UNS. missal di ITB.UNAIR. akhirnya menjadi universitas. dan/atau seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Jadi kalau mau masuk sarjana. #AKADEMI Akademi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan. wah repot donk ^^. dan/atau seni tertentu. tetapi setelah dibuka jurusan selain pendidikan. ada bidan. yang memberikan gelar akademis dalam berbagai mata pelajaran. trus SPMB. Di institute hanya terdapat satu bidang ilmu yang khusus. konsentrasinya hanya ilmu teknologi atau teknik saja. dll. Begitu juga UIN. Jadi di universitas. Begitu juga di IPB. Jadi di akademi hanya menyelenggarakan pendidikan diploma saja dan hanya melingkupi satu jenis disiplin ilmu. universitas Y itu terkenal.Jadi. atau mungkin sudah ada yang mendaftar lewat SNMPTN undangan. semisal Akademi Keperawatan. dan teknologi atau jurusan-jurusan teknis yang berbeda jenis. Dan di universitas terdiri dari banyak sekali ilmu. contoh. Yang ini hampir sama dengan institute. di Institut Seni Indonesia. dan/atau seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. STIPSI dll. makanya. Eh ada juga sekolah tinggi yang dikelola pemerintah. missal ada STAN dan STIS. juga hanya terfokus pada bidang seni saja. gizi. Apa arti pendidikan vokasi?pendidikan vokasi adalah pendidikan diploma. Missal fakultas kedokteran. kebanyakan milik pemerintah. dsb. akhirnya berubah menjadi UIN setelah dibuka berbagai macam jurusan selain agama Islam. Nah ini agak sama dengan akademi. #INSTITUT Institut adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau vokasi dalam sekelompok disiplin ilmu pengetahuan. dulu bernama IAIN. Politeknik dapat merupakan institusi pendidikan tinggi dan teknik lanjutan serta penelitian ilmiah ternama dunia atau pendidikan vokasi profesional. Universitas adalah perusahaan yang menyediakan pendidikan sarjana dan pendidikan pascasarjana. HALAH ^^)begitu? lha kita mau kuliah jurusannya atau universitasnya?hal itu gak salah. terdapat berbagai macam jurusan yang bisa kita pilih. teknologi. Institute juga ada loh yang berubah menjadi universitas. khusus hanya pertanian saja. Istilah tersebut juga dapat merujuk pada sekolah pendidikan menengah yang berfokus pada pelatihan vokasional. tanpa bisa tahu sebenernya minat kita tuh apa. dulu pernah bernama IKIP Negeri. jadi statusnya negeri. kira-kira berarti “komunitas guru dan peneliti. teknologi. UI. Akademi Militer.

kan udah dapat ilmu. jadi kita bisa tahu. peluang PNS banyak. tes masuknya juga pakai pelajaran MAFIA. laporan dan segala macem atau wuah sebenere jurusan Y itu bagus banget buat aku. Kemudian juga masalah skripsi. jadi PD ja ^^. karena mungkin ada yang belum paham perbedaan strata dan diploma^^. Perancis dll. tapi ya pastilah semua lebih bangga jika kuliah di PTN. karena ada juga PTN yang malah lebih mahal daripada swasta.buanyak hitungan. karena setiap PT itu punya keunggulan prodi masing masing. untuk diterapkan di dunia kerja dan kehidupan sehari hari. SMA 2. Yang tidak kalah penting juga. bisa dipastikan ke depannya bakal tidak lancar.hmmm ini nih. kira kira kapan jurusannya naik akreditasi. dan kuliah di perguruan tinggi jenis apa. wah…PKL. agar kuliah kita enjoy. atau tugas akhir untuk program diploma. kalau mau kuliah. walaupun bukan di dunia kerja.banyak banget jenisnya gak kayak sekolah menengah atas. banyak juga sekarang perusahaan besar yang mensyaratkan pelamarnya dari jurusan apapun. nah loh. ini nih yang bagus. karena sering terjadi kebimbangan sebelum masuk di suatu jurusan.^^. kemudian faktor biaya juga. memikirkan skripsi. pekerjaan apapun nanti.. pastilah sejak penjurusan. Satu lagi. jika banyak mahasiswa yang seringkali kedapatan pindah jurusan dan sebagainya. dan program diploma 1 sampai 4. ada Bahasa??jadi. jurusan IPA. jadi walau agak molor lulus. ya kalau bisa yang negeri yang bener bener murah.. wuah. kalau gak mau ama MAFIA lagi. kuliahnya rugi??ya gak donk. Sedangkan. insya Allah skripsi juga lebih mudah. gimana ya silabus mata kuliah atau kalau di SMA namanya mata pelajaran gitu.. wuah isi skripsinya kita ngubek ngubek bahasa dan sastra asing. jika tidak sesuai jurusan. namun tergantung orangnya juga temen temen. karena skripsi itu sebagai syarat untuk lulus sarjana. nah loh. 3.prospeknya gimanaaaa yuaaaaa????mikir lagii… hmm…kalau sudah gini. bukannya kita sudah penjurusan di SMA? Ada IPA dan IPS. rejeki kan sudah diatur sama Allah. jika tetep semangat dan punya prinsip. berbeda dengan sekolah menengah karena masih umum. jadi mata kuliahnya pastilah ada MAFIA nya juga. jadi ke depannya bisa maksimal dan gak setengah setengah. . ada baiknya kita mengenal program program di PT. sebelum masuk di suatu jurusan. strata 2. hehehe. karena ststistik itu dipakai di semua jurusan untuk skripsi atau tugas akhir nanti.. iya kan ^^. bukan akreditasi Perguruan Tinggi loh. kalau jurusannya IPS. dia bakal semangat sampai S3 di ilmu yang sama. jadi ilmunya bisa dikembangkan dan ditularkan ke masyarakat. Korea. sementara tidak suka hitungan. gimana carinya?tanya aja om google. ohh kalau di jurusan itu. Tapi di swasta juga banyak kok ^^. jika belum terlanjur lulus. lihat dulu. apalagi kalau kuliah di jurusan bahasa asing. TAPI…. karena bakal ada banyak beasiswa di PTN. kan niatnya nyari ilmu yang bener bener kita minati. dan hal itu bisa menjadi suatu amalan jariyah…iya kan ^^ amiiin…. gini to makulnya. Makanya tidak heran. seperti strata 1. Penting juga loh. meski jika sudah ada di jurusan yang masih C. Bahkan. iya lah. Jadi ya. tapi kuliah di kelompok IPS. Tapi juga tidak menutup kemungkinan terjadinya kasus mahasiswa masuk lintas jurusan. mungkin saking cintanya sama ilmu yang ditekuninya selama S1. strata 3. tidak perlu kita sesali. aku banget gitu…. ada SMA 1. hal itu gak masalah. bisa disiasati. peluang di perusahaan gedhe banyak. ckckckckck. akreditasinya suatu jurusan. maka carilah prodi yang punya akreditasi minimal B ^^.. kan banyak MAFIA nya tu.jadi bingung…… gak usah bingung. dan sebenarnya. TETAPI SEKALI LAGI MINAT. jurusan X tu prospektif banget. Jika di awalnya sudah tidak enjoy sama kuliahnya. kita kuliahnya dijamin DEH gak ketemu dengan fisika ma kimia. kita sudah tercatat sebagai wisuda yang lulus di prodi yang sudah terakreditasi lebih baik ^^. Setelah mengenal macam macam PT. kecuali matematika di ilmu statistic. jadi bisa maksimal. tidak harus sesuai jurusan ^^. karena bisa diusulkan kepada BAN akreditasi. kenapa?karena kuliah itu intinya mencari ilmu. itu karena faktor ilmu yang ditekankan di perkuliahan itu lebih spesifik. Intinya kuliah itu mendalami suatu ilmu secara spesifik. niat sudah melenceng donk. Jepang. atau mungkin teman atau saudara yang kebetulan kuliah di jurusan tersebut. pokoknya masa depan terjamin deh.Gimana. “bisa bergaul sama semua jurusan dan PT apapun” hehe insya Allah semua lancar dan dimudahkan. ini sih sudah banyak banget :P. hmmm prospek pekerjaan dipertimbangkan gak ya. juga program profesi. kita sudah bercita cita untuk memilih jurusan apa. mending gak kuliah di jurusan yang ada MAFIA nya lagi.Karena mata pelajaran yang kita pakai di SMA itu juga dipakai di jurusan yang kita masuki. kalau kita sudah berminat sama jurusan yang bener bener kita masuki. niatnya ibadah untuk diterapkan di kehidupan sehari hari. oh gimana gimana brainstorming aja yak ^^.kok kuliahnya sulit yuaa…. kita bisa tahu deh.enak kuliahnya… tapi…. Semisal kita jurusannya IPA. maksudnya. diurutkan pakai nomor. 4…mpe ribuan dst hehe. mencari info. semisal bahasa atau sastra Inggris.

sayangnya gak ada Ikatan Anak SMA Indonesia :P :P. advokat. semisal psikologi. Persatuan Guru Republik Indonesia. program sarjana itu SMA. missal dari D3 bahasa inggris masuk S1 Pend. yang gak perlu nginep) membuat berbagai macam kegiatan selama sebulan mpe 2 bulan iya capek. seperti skripsi. dan disertasi untuk strata 3. kuliahnya 3 tahun. apoteker. Program diploma dibagi menjadi diploma 1 sampai diploma 4. jika pengen langsung kerja alias praktisi masuklah diploma. karena kurikulumnya berbeda. Atau ah sarjana aja deh. diploma 3. program sarjana di Indonesia mensyaratkan adanya Kuliah Kerja Nyata untuk semua jurusan. biar peluang beasiswa sampai S3 ada. misalnya diploma 1. Farmasi 5. Meski ada juga yang tidak masuk ke program profesi. ada organisasi profesi yang menaunginya. sementara untuk strata 2 diwajibkan membuat tesis. Nah program profesi. missal adanya Ikatan Dokter Indonesia. Secara normatif dibutuhkan waktu selama 4 (empat) sampai 6 (enam) tahun. Kedokteran umum 2. inilah bedanya dengan program sarjana. kan niatnya pengen mendalami suatu ilmu. Namun ada juga yang lebih menerima jalur diploma 4. dokter hewan. sedangkan Program diploma adalah SMK. harus membuat karya tulis ilmiah. digunakan untuk pekerjaan yang akan digelutinya kelak. misal. adalah program khusus. selanjutnya di dunia kerja. jadi tinggal meneruskan SKS sampai sarjana. Yang bisa masuk di koass dokter. bisa donk. bagi lulusan strata 1. menjadi Sarjana Sains Terapan. apoteker. Selain itu. temen temen tidak kaget. masuk koass dulu. tergantung PT. Kedokteran hewan 3.juga…. Pendidikan profesi itu. Syarat untuk lulus. akuntansi. nurse dll.. kemudian lulus baru bisa disebut dokter. agar menjadi seorang yang professional di bidangnya. karena harus kuliah 2 kali ^^ 1. masuklah sarjana ^^ #sarjana/strata Sarjana (dari bahasa Sanskerta. Ikatan Apoteker Indonesia. semisal D3 bidan. dalam bahasa Inggris: Undergraduate) adalah gelar akademik yang diberikan kepada lulusan program pendidikan sarjana (S-1). dll. jadi kuliahnya lebih banyak praktikum daripada teori. biar bisa langsung kerja. tentu saja orang yang sudah lulus sarjana kedokteran. dll. tidak harus kuliah lagi ) Namun tidak semua wajib diambil. Psikologi 7. guru. tapi ada juga yang menyelesaikannya dalam 3. mau masuk yang mana nih?sarjana atau diploma ya??ah diploma aja deh yang cepet 3 tahun. psikolog.SIT). atau hukum. meski ada juga beberapa PT yang mengganti KKN dengan magang di perusahaan tertentu. Pendidikan/keguruan (kalau ini sudah sekalian di pendidikan ^^. apakah dari diploma bisa ke sarjana. karena ada juga jurusan yang tidak harus diambil program profesinya. dokter hewan. Hukum 9. ada dokter. Hal tersebut tergantung dari kebijakan dari perguruan tinggi yang ditetapkan. Nah apa saja jurusan yang membutuhkan program profesi?biar. akuntan. “Loh kalau begitu. jadi kuliahnya Cuma setahun.hmmm…nginep di desa desa (ada juga KKN. tapi nanti gelarnya menjadi khusus sarjana sains terapan (S.” #PROFESI/KOASS Profesi itu macam macam loh. sudah bisa bekerja ^^.Wah. Itu gak masalah. walaupun tidak harus mengambil profesi. Jadi kalau disetarakan dengan sekolah menengah. #diploma Program diploma adalah program vokasi atau kejuruan. Akuntansi 8. atau biasa disebut tugas akhir. Untuk mendapatkan gelar sarjana. dokter gigi. tetapi sudah bisa bekerja. program profesi dokter atau koass. jika mau sekolah lagi sampai S3 dan menjadi akademisi dsb. pengabdian ke masyarakat ^^ *** . masuk D4 bidan. nurse/perawat. begitu juga diploma 2 kuliahnya 2 tahun. setara strata 1. Bahasa Inggris. Program profesi itu kayak apa??intinya 80% atau 100% kuliahnya itu magang di perusahaan terkait. Keperawatan 6. Karya ilmiah yang diwajibkan dan merupakan persyaratan untuk memperolah gelar sarjana dinamakan dengan skripsi. KKN??ini yang ditunggu…:P :P. ada yang membuka program alih jalur atau ekstensi. dengan lama pendidikan tergantung dari program diploma yang diambil. Ketiga jurusan tersebut.ya. jadi tidak di kampus.5 (tiga setengah) tahun ataupun lebih dari 6 (enam) tahun. Kedokteran gigi 4. begitu juga dengan dokter gigi. tergantung niatnya.

ya sebagian bayar ndiri hehehe…Kalau beasiswa dalam negeri??ada juga lah.Nina Zein :”Tapi…kita juga bisa berpeluang mendapatkan beasiswa ke luar negeri. biaya hidup dan pendidikan ditanggung ama peyelenggara beasiswa. makanya. Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan prestasi akademik. atau antar kampus ^^. Nina : “awas Em!!!. Dengan demikian sekolah seharusnya melakukan kewajiban untuk mendorong dan mendukung siswanya dalam proses pendaftaran siswanya. kedudukan sosial. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di PTN. bisa gratis semua?” Nina :” iya. banyak. sekolah. kantor kedutaan. bakal ngambil beasiswa kuliah ke luar negeri. agama. kampus kampus dll. Sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik diyakini selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan berkarakter. kalau mau!. insya Allah ada jalan. ras. kuliah 2 jurusan di satu kampus. Tujuan Tujuan SNMPTN adalah:  memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi.Alhamdulillah…. . kalau sebagian. aku juga kalau dapat. hehe. Em. dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi. bahkan ada juga kampus yang menawarkan beasiswa doble degree. jadi kalau full. kan ada beasiswa full dan sebagian??. ada motor lewat!!!” Informasi Umum SNMPTN 2014 Unduh Informasi (PDF) Latar Belakang Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin. jadi bisa dapat dobel ilmu ^^”" Ema :…hmmmm…. bisa nyari di internet. gak ada alasan gak lanjut kuliah. kan asyik tuh. kuliah gratis ke luar negeri ^^” Ema :” masa sih. suku.

 memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (semester 4 untuk kelas akselerasi) yang telah diisikan pada PDSS. termasuk Sekolah RI di luar negeri. .  Telah mengisi PDSS Persyaratan Siswa Pelamar Pendaftaran Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir pada tahun 2014 yang:  mengikuti UN pada tahun 2013 atau 2014. termasuk sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN. Ketentuan Umum  SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya.  memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS.  Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswanya.  Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS.  Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPTN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan yang mengisikan data prestasi siswa di PDSS.  Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.  mendapatkan calon mahasiswa baru terbaik melalui seleksi siswa yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SMA/SMK/MA/MAK. Ketentuan Khusus Persyaratan Sekolah Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:  SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta.

 Kepala Sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi. sehat jasmani dan rohani. proses pengisian PDSS maupun pendaftaran dapat dilakukan di Plasa Telkom dan/atau Kantor Pos online di seluruh Indonesia. dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima. 4. serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). login ke laman SNMPTN http://www.ac. dan (2) pendaftaran.ac.id untuk melakukan pendaftaran. Pelamar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada lamanhttp://www. 2.id. Sekolah dan/atau siswa pelamar yang mengalami kesulitan akses Internet. lulus SNMPTN 2014. Siswa pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN. .snmptn. Siswa Pelamar. Pengisian dan Verifikasi PDSS  Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.id.snmptn. Pendaftaran 1. pilihan PTN.Penerimaan Lulus Ujian Nasional dan Satuan Pendidikan. yaitu (1) pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa.snmptn. Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.  Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah.ac. menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS. Tata Cara Mengikuti SNMPTN Tata cara mengikuti SNMPTN dilakukan melalui dua tahap. 3. Siswa Pelamar mengisi biodata.  Siswa yang tidak melaksanakan verifikasi maka data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir. dan pilihan program studi.

 Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.ac.  Siswa SMK/MAK hanya diijinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.id selama periode pendaftaran. Apabila memilih 2 (dua) PTN.  Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2014 dapat dilihat pada laman http://www.  Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal 2 (dua) program studi.Jadwal SNMPTN Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut: Pengisian PDSS Pendaftaran Proses Seleksi Pengumuman Hasil Seleksi Pendaftaran Ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi Program Studi dan Jumlah Pilihan  Setiap siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. atau dari provinsi terdekat bila belum terdapat PTN pada provinsi asalnya. Apabila memilih satu PTN. maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun. sehingga siswa pelamar tidak dikenai biaya seleksi. Biaya Seleksi Biaya seleksi ditanggung Pemerintah. Prinsip dan Mekanisme Seleksi . maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya.snmptn.

Laman Resmi dan Alamat Panitia Pelaksana  Informasi resmi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui laman http://www. maka akan diseleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.  Informasi juga dapat diperoleh dari humas Perguruan Tinggi Negeri terdekat.snmptn. sehingga daya tampung PTN tidak harus dipenuhi.ac. dan call center 08041450450.  Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui http://halo. apabila dinyatakan tidak lulus pada PTN pilihan pertama.snmptn. Mekanisme Seleksi Seleksi dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut:  Siswa pelamar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi. prestasi-prestasi akademik lainnya.id.Prinsip Seleksi Seleksi dilakukan berdasarkan prinsip:  mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor.  Siswa yang memilih dua PTN.  memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah. dan akuntabel. dan hasil ujian nasional. .id.  menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara objektif. Sanksi Bagi Sekolah dan/atau Siswa yang Melakukan Kecurangan Penerapan secara tegas bagi calon mahasiswa dan/atau sekolah yang melakukan kecurangan dengan sanksi sebagai berikut:  Sekolah yang melakukan kecurangan tidak diikutsertakan dalam SNMPTN tahun berikutnya  Siswa yang melakukan kecurangan pada tahun 2014 dibatalkan status kelulusan SNMPTN.ac. adil.

ac. 35 Bandung 40135.  Perubahan ketentuan yang berkait an dengan pelaksanaan SNMPTN Tahun 2014 akan diinformasikan melalui lamanhttp://www.go. Dipati Ukur No. Pada umumnya permulaan tahun kuliah adalah pada bulan September.id. PROGRAM NON GELAR Di Inggris terdapat banyak sekali program-program pendidikan non gelar yang bersifat praktis dan lebih . SNMPTN © 2014 Konsultan Pendidikan ke UK United Kingdom atau Inggris telah memulai tradisi Universitasnya sejak berabad-abad lalu dan Centre of Excellence-nya yang terkenal diantaranya Cambridge University dan Oxford University telah berhasil menarik pelajar dari seluruh dunia untuk menuntut ilmu di Inggris. Pendidikan Luar Negeri atau Kuliah di perguruan tinggi (universitas) di Inggris dengan British Systemnya sangat terkenal akan kualitas pendidikannya yang sangat tinggi.  Alamat Panitia SNMPTN 2014 Gedung Rektorat Unpad.dikti. lulusan S-1 SISWA SISWA YANG BELUM LULUS SMA Bagi siswa-siswa SMP atau yang belum tamat dari SMA dapat juga melanjutkan SMA-nya di Inggris (GCSE & 'A' Level).id. Jl. SYARAT MASUK UNIVERSITAS / Pendidikan Luar Negeri di UK Untuk Tingkat Bachelor (S-1)  Lulusan SMA dan Foundation. Telepon (022) 842 88842. atau lulusan "A" Level  Menguasai Bahasa Inggris secara mahir  Mempunyai biaya yang cukup untuk selama sekolah di Inggris Untuk Tingkat Master (S-2) Syarat minimum pendidikan. untuk kemudian melanjutkan ke universitas. Faksimile (022) 842 88899 Lain-lain  Siswa pelamar dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan melalui program beasiswa Bidikmisi yang informasinya dapat diakses di laman http://bidikmisi.snmptn. tetapi ada juga beberapa Universitas yang menerima siswa pada bulan Januari/Februari untuk jurusan-jurusan tertentu.

Untuk masuk program non gelar ini tidak diperlukan GCE "A" Level.  Pasport  Akte Kelahiran UNTUK PROGRAM S-2 DITAMBAH: • Transcript dari universitas yang dilegalisir (3 lembar) • Ijazah S-1 • Surat Rekomendasi dari Dekan/Dosen dan dari Perusahaan apabila pernah bekerja .500 .5 cm (5 lembar) . diantaranya yang disebut HND (Higher National Diploma).15. DOKUMEN .2.000 Tinggal & makan £ 5. beserta rekening koran 3 bulan terakhir  Pas photo ukuran 2.000 Uang saku £ 2.500 . Untuk Program Master dengan riset memerlukan waktu yang lebih panjang. dan hasil test IELTS  Surat Referensi Bank dari Pembiaya. dengan demikian biaya akan lebih hemat dan selesai lebih cepat dibanding rata-rata Program Master di negara lain. Lulusan program ini akan mendapatkan Sertifikat atau Diploma.27. PROGRAM S2 Program S-2 (Master) di Inggris rata-rata adalah 1 tahun.000 Buku-buku £ 500 .500 .5 x 3.000 Total £ 12.1-2 tahun).500 .000 Anggaran biaya untuk sekolah bahasa beserta biaya hidup di Inggris adalah sekitar : £: 1.1.3. HNC (Higher National Certificate) dan BTEC. BIAYA Perkiraan biaya kuliah dan biaya hidup di Inggris per tahun adalah sbb: Uang kuliah £ 4.000/ bulan.8.DOKUMEN YANG DIPERLUKAN Kami selaku Konsultan Pendidikan Luar Negeri menyarankan para siswa yang akan akan mengikutiPendidikan Luar Negeri di Negara ini maka sebaiknya calon siswa mempersiapkan :  Photocopy Raport dan Ijazah SMA yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah (3 lembar).singkat (biasanya +/.000 .

• Essay dan CV/Resume Tags: Pendidikan Luar Negeri: Pendidikan Luar Negeri Edit tags Pendidikan Luar Negeri | Konsultan Pendidikan Kuliah Luar Negeri by ASPECTAMA .