You are on page 1of 4

Konsep transcultural dan globalisasi dalam pelayanan kesehatan beserta

Konsep dan Prinsip teori Keperawatan Transkultural

Oleh: apitri NPM : 1606955164

Kelas A FIK UI Ext.2016

Perawat dalam memberikan asuhan keperawatan melakukan kontak langsung dengan
pasien lebih lama jika dibandingkan dengan dokter. Hal tersebut mengharuskan
perawat untuk mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan pasien agar perawat dapat
memberikan asuhan keperawatan sesuai dengan kebutuhan pasien serta terjalin hubungan
yang harmonis antara perawat dan pasien. Salah satu hal yang berkaitan dengan pasien yaitu
kebudayaan dan etnik yang dimilki oleh pasien. Hal tersebutlah yang mengharuskan
seorang perawat dapat melaksanakan asuhan keperawatan transkultural.

1. Keperawatan transcultural dan globalisasi dalam pelayanan kesehatan
Tuntutan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan pada jaman modern
sangatlah besar termasuk tuntutan dalam asuhan keperawatan.dengan adanya globalisasi
dimana terjadi perpindahan penduduk antar Negara yang sangat besar dan pesat
dimungkinkan menyebabkan adanya pergeseran tuntutan terhadap asuhan keperawatan.
Salah satu teori keperawatan adalah tentang transkultral nursing theory yang berasal
dari disiplin ilmu atropologi dan dikembangkan dalam konteks keperawatan. Teori ini
menjabarkan konsep keperawatan yang di dasari oleh pemahaman tentang adanya perbedaan
nilai-nilai kultural yang melekat dalam masyarakat. Leininger dalam poter&perry (2009)
beranggapan sangat penting memperhatikan keanekaragaman budaya dan nilai-nilai dalam
dalam penerapan asuhan keperawatan pada klien. Bila hal tersebut diabaikan maka akan
terjadi cultural shock. Cultural shok akan dialami oleh klien pada suatu kondisi dimana
perawat tidak mampu beradaptasi dengan perbedaan nilai budaya dan kepercayaan. Hal ini
dapat memunculkan rasa ketidaknyamanan, ketidakberdayaan, dan beberapa mengalami
disorientasi.

2. Konsep dan prinsip dalam asuhan keperawatann transkultural
Konsep dan prinsip dalam asuhan keperawatan transcultural menurur Andrew & boyle
(2003) adalah sebagai berikut :

2.1 konsep dalam asuhan keperawatan transcultural
Konsep dalam asuhan keperawatan transcultural adalah :

bulu pada tubuh dan bentuk kepala.4.1. Etnografi Adalah ilmu yang mempelajari budaya. kebiasaan dan kecakapan lain yang merupakan kebisaaan manusia sebagai anggota komunitas setempat. Perbedaan budaya Perbedaan budaya dalam pemberian asuhan keperawatan merupakan suatu bentuk yang optimal dari pemberian asuhan keperawtan 2. .1.2. 2. Pendekatan metodologi pada penelitian etnografi memungkinkan perawat untuk mengembangkan kesadaran yang tinggi pada perbedaan budaya setiap individu. menjelaskan dasar observasi untuk mempelajari lingkungan. ada 3 jenis ras yang umumnya dikenal yaitu kaukosoid.1. 2. orang dan timbal balik antara keduanya 2. Budaya diisi dan ditentukan oleh kehidupan manusianya sendiri tanpa disadari.3.1.1. Budaya Adalah norma atau aturan tindakan dari anggota kelompok yang dipelajari. Nilai budaya Adalah keinginan individu atau tindakan yang lebih diinginkan atau suatu tindakan yang dipertahanka n pada suatu waktu tertentu dan melandasi tindakan dan keputusan. 2.1.Budaya adalah pengalaman yang bersifat universal sehingga tidak ada dua budaya yang sama persis.bentuk tubuh. hukum.5.1. 2.1. Care Adalah fenomena yang berhubungan dengan bimbingan.9.1. dukungan perilaku pada individu. Ras Merupakan system pengklarifikasian manusia berdasarkan karakteristik fisik. bentuk wajah. Budaya yang bersifat stabil. negroid dan mongoloid. serta memberi petunjuk dalam berpikir bertindak dan mengambil keputusan.7.1. pigmentasi. keyakinan. . Etnis Etnis berkaitan dengan manusia dari ras tertentu atau kelompok budaya yang di golongkan menurut ciri –ciri dan kebiasaan yang lazim 2. moral. Budaya adalah suatu komplek yang mengandung pengetahuan. 2. bantuan. seni.8. tetapi juga dinamis. karena budaya tersebut diturunkan kepada generasi berikutnyasehingga mengalami perubahan.2.6. Etnosentris Adalah perspsi yang dimiliki oleh individu yang menganggap bahwa budayanya adalah yang terbaik diantera budaya-budaya yang dimiliki oleh orang lain. Karakteristik budaya dapat digambarkan sebagai berikut : . kelurga dan kelompok. Caring .

2. Cultural imposition Berkenaan dengan kecenderungan tenaga kesehatan untuk memaksakan kepercayaan. keluarga atau kelompok untuk mempertahankan kesehatan. gaya hidup individu dan klien.2 culture care akomodation/negotiation Yaitu prinsip membatu.2 prinsip Dalam asuhan Keperawatan Transkultural Menurut adrew &boyle (2003 ) prinsip dalam keperawatan transcultural adalah : 2.1 culture care preservation/ maintenance Yaitu prinsip membantu memfasilitasi atau memperhatikan fenomena budaya. 2. pasien dari berbagai budaya dan etnik yang diasuh . Adalah tindakan langsung yang diarahkan langsung untuk membimbing . dan mengarahkan individu. praktek dan nilai diatas budaya orang lain karena percaya ide yang dimiliki perawat lebih tinggi dari kelompok lain. 2. 2. berkembang dan bertahan hidup.3 culture care reppartterning/restiueturing Yaitu prinsip merekomendasi atau merubah design untuk membantu memperbaiki kondisi kesehatan dan pola hidup klien kearah yang lebih baik Dengan demikian.bernegosiasi. mendukung atau memberi kesempatan individu.1. Cultural care Berkenaan dengan kemampuan kognitif untuk mengetahui nilai.2.1.guna membantu individu menentukan tingkat kesehatan dan gaya hidup yang diinginkan.memfasilitasi atau memperhatikan fenomena budaya merefleksikan cara-cara untuk beradaptasi.11. atau kelompok dan keadaan yang nyata. keluarga. atau mempertimbangkan kondisis kesehatan. seorang perawat harus dapat menerapkan asuahan keperawatan transkultural kepada pasien.2. hidup dalam keterbatasan dan mencapai kematian dengan damai 2. 2.mendukung.10. kepercayaan dan pola ekspresi yang digunakan untuk membimbing.

Adrina Ferderika). Jakarta: Salemba Medika Andew. Rahayu.html#axzz12Ijx6Oum diakses 26 november 2016 .. dr.cz. A. Daftar Pustaka : Potter. Transcultural Conceps in Nursing Care.cc/2010/08/transkultural-dalam keperawatan.oleh seorang perawat yang mampu melakukan asuhan keperawatan transkultural akan dapat dengan nyaman merasakan asuhan keperawatan yang diberikan perawat tersebut. P.M & Boyle . Canada : Lippincort William and wilkins Iskandar.J (2003) . http://askep-askeb. & Perry.” Style Sheet. “Aplikasi Teori Transcultural Nursi ng dalam Proses Keperawatan. (2009). Fundamental of Nursing: Buku 1 Edisi 7 (Terj.