You are on page 1of 20

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Laboratorium Kesehatan merupakan salah satu sarana kesehatan
yang diharapkan mampu memberikan pelayanan terbaik terhadap
kebutuhan individu dan masyarakat dalam rangka mewujudkan Indonesia
Sehat 2010 yang berperan sebagai pendukung maupun penegak dari
sebuah diagnosis penyakit dalam upaya peningkatan kesehatan yang
optimal.

Menurut Kep.Menkes No.943/Menkes/SK/VIII/2002 yang dimaksud
dengan Laboratorium Kesehatan adalah sarana kesehatan yang
melaksanakan pengukuran, penetapan dan pengujian terhadap bahan yang
berasal dari manusia atau bahan bukan berasal manusia untuk penentuan
jenis penyakit, kondisi kesehatan atau faktor yang dapat berpengaruh pada
kesehatan perorangan dan masyarakat. Sebagai bagian yang integral dari
pelayanan kesehatan, pelayanan laboratorium sangat dibutuhkan dalam
pelaksanaan berbagai program dan upaya kesehatan, dan dimanfaatkan
untuk keperluan penegakan diagnosis, pemberian pengobatan dan evaluasi
hasil pengobatan serta pengambilan keputusan lainnya.

Apotek sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan perlu
mengutamakan kepentingan masyarakat dan berkewajiban menyediakan,
menyimpan dan menyerahkan perbekalan farmasi yang bermutu baik dan
keabsahannya terjamin. Apotek dapat diusahakan oleh lembaga atau
instansi pemerintah dengan tugas pelayanan kesehatan di pusat dan daerah,
perusahaan milik negara yang ditunjuk oleh pemerintah dan apoteker yang
telah mengucapkan sumpah serta memperoleh izin dari Suku Dinas
Kesehatan setempat.

Praktik dokter bersama sebagai salah satu sarana kesehatan yang
memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat memiliki peran yang
sangat strategis dalam mempercepat pelayanan kesehatan masyarakat.
Pelayanan rawat jalan (ambulatori services) adalah salah satu bentuk dari
pelayanan kedokteran. Secara sedrhana yang dimaksud dengan pelayanan
raat jalan adalah pelayanan kedokteran yang disediakan untuk pasien tidak
dalam bentuk rawat inap (hospitalization) (Feste, 1989).

Di Provinsi Kalimantan Timur ada 2 macam penyakit yang lagi
tren tiap tahunnya yang pertama TB paru. Resiko penularan setiap tahun
(Annual Risk of Tuberculosis Infection= ARTI) dianggap cukup tinggi
dan bervariasi antara 1-2%. Di Provinsi Kalimantan Timur penyakit TB
paru tahun 2011 diperkirakan BTA / bakteri tahan asam (+) sebanyak
7.456 kasus dan ditemukan 2.447 kasus BTA / bakteri tahan asam (+),
dan kasus terbanyak di Kota Samarinda dengan jumlah kasus sebanyak
1.525 orang dan kasus baru sebanyak 372 orang, kemudian Kabupaten
Kutai Kartanegara dengan jumlah kasus 1.315 orang dan Kota
Balikpapan dengan jumlah kasus 1.174 orang. Sedangkan yang kedua
yaitu penyakit jantung. Penderita penyakit jantung di Kaltim menunjukkan
tren naik tiap tahun. Pada 2011, penderita penyakit mematikan ini
menyentuh 3.614 orang dari delapan daerah -- berdasarkan laporan rawat
inap ke Dinas Kesehatan (Diskes) Kaltim.

Tahun ini, penderita penyakit itu diprediksi naik 1 hingga 2 persen di
tiap kabupaten/kota, dari tahun sebelumnya. Dari data yang tercatat di
Diskes Kaltim penderita penyakit paru ini kira-kira pada tahun 2015
sebesar 4.392 penderita. jadi, untuk TA ( tugas akhir ) maka di dipilih
Rumah Sakit Paru dengan jumlah penderita lebih besar dibandingkan
jumlah penderita penyakit jantung.

Pertambahan jumlah penduduk Indonesia khususnya wilayah
Samarinda dan perkembangan aktifitas manusia mendorong pembangunan

jumlah penduduk Samarinda hampir mencapai 1. Penggunaan energi listrik menjadi masalah penting untuk menunjang kebutuhan operasional sebuah rumah sakit. Masalah pemanasan global yang timbul di era modern ini. Oleh karena itu.644 jiwa. yang seperti diketahui bersama memberikan pelayanan 24 jam non-stop dan memerlukan energi listrik yang besar untuk menunjang operasionalnya. berupa pembangunan kawasan hunian. Penggunaan energi listrik menjadi perhatian dalam merancang gedung rawat inap.fisik kota Samarinda sebagai dampak yang timbul untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia akan tempat tinggal. bila dibandingkan dengan daerah tingkat II lainnya di Kaltim maka Samarinda mengalami peningkatan tertinggi. adalah salah satu dampak yang timbul dari rusaknya lingkungan hidup. perkantoran beserta infrastrukturnya. Perancangan gedung rawat inap rumah sakit dengan pendekatan kontemporen bioklimatik khususnya pada penghematan energi listrik. rumah sakit ini diharapkan memiliki penghawaan dan pencahayaan alami di daerah pelayanan pasien yang kritis harus tersaring dan terkontrol sehingga udara bertukar dengan normal dan mencegah pengumpulan gas-gas begitu pula dengan pencahayaan matahari pagi yang baik untuk kesehatan pasien yang .000 atau tepatnya 928. pembangunan suatu kawasan sebagai ruang aktifitas manusia berakibat pada berkurangnya lahan hijau dan daerah resapan air.583 jiwa laki 440. Komposisinya 488. baik untuk penerangan buatan dan pendingin udara sebuah gedung rawat inap.000. Data pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Samarinda. Perancangan gedung rawat inap rumah sakit Paru beserta fasilitas penunjang yang berwawasan arsitektur modern yang berkaitan dengan pendekatan kontemporer bioklimatik merupakan salah satu upaya untuk menjawab tantangan dunia mengenai pemanasan global. apotik. Dalam hal ini laboratorium. dan praktik dokter telah menjadi bagian penting dalam melayani kebutuhan kesehatan penghuni.061 perempuan.

Merancang rumah sakit paru dengan pencahayaan dan penghawaan alami.3.2 Permasalahan 1. yang bermutu sesuai dengan standar yang ditetapkan dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. . b.2 Manfaat Perancangan a. 1. Manfaat dari perencanaan ini adalah menghadirkan sebuah fasilitas pelayanan kesehatan yang baik bagi penggunanya (pasien) dan juga lingkungan sekitarnya. 2. 1.3 Tujuan dan Manfaat Tujuan dan manfaat perancangan antara lain yaitu : 1. Merancang sistem utilitas rumah sakit paru sehingga yang tidak berbahaya bagi lingkungan.1 Tujuan Perancangan a. memberikan anestesi dalam ruangan pelayanan kesehatan.3. Bagaimana merancang sistem Utilitas pada rumah sakit paru di Samarinda? 1. Bagaimana merancang rumah sakit paru dengan penekanan kontemporer bioklimatik di Samarinda? .

Perancangan rumah sakit ini guna sebagai fasilitas pelayanan kesehatan di kota Samarinda dengan memerhatikan penggunaan energi (ramah energi) dengan konsep pendekatan kontemporer bioklimatik. 1.4.4.1 Metode Field Research .2 Ruang Lingkup Substansial Gedung rumah sakit ini khusus diperuntukan bagi pasien menegah keatas baik dari sistem utilitas dan untuk pemulihan kesehatan pada pencahayaan dan penghawaan alami. Mengatur organisasi ruang. b. Adapun batasan masalah sebagai berikut: a.. mencakup kebutuhan ruang dan fasilitas penunjangnya.4 Batasan Masalah 1. 1. b. Mengelolah lahan eksisting yang menjadi tapak Rumah Sakit 2 Paru yaitu 3000 m .1 Ruang Lingkup Spasial Dalam perencanaan dan perancangan Gedung Rawat Inap Rumah Sakit Paru mengacu pada rancangan rumah green architecture diterapkan dalam desain tapak juga pemberian bukaan yang cukup pada bangunan untuk kenyamanan pasien serta massa bangunan. dan struktur. 1.4. sirkulasi.

1.5 Metode Analisis Sintesis Menganalis masalah-masalah yang terjadi di dalam proyek serta memilih solusi permasalahan yang tepat.5 SISTEMATIKA PENULISAN Adapun sistem penulisan dalam penyusunan laporan Praktek Kerja Lapangan secara garis besar adalah sebagai berikut : 1. catatan. sasaran. metode .4. Berisikan tentang pengamatan dan penelitian langsung pada pelaksanaan proyek Praktek Kerja Lapangan untuk mendapatkan data-data yang sesuai dengan keadaan sebenarnya. 1. lingkup dan batas pembahasan. BAB I : Pendahuluan Berisikan tentang latar belakang.2 Teknik Observasi Mencari data melalui meneliti dan mengamati serta survey langsung ke lapangan untuk memperoleh data yang sebenarnya dalam proyek.4.3 Teknik Wawancara Mencari data dengan cara bertanya jawab dengan pembimbing atau pun dengan pihak perusahan yang masih bersangkutan. 1. 1.4 Metode Literatur Mencari data melalui data-data buku. 1. dokumen dan internet yang berhubungan dengan kegiatan proyek.4. maksud dan tujuan penulisan.4.

penulisan serta sistematika penulisan laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL). proyek-proyek berskala besar yang pernah dikerjakan perusahaan. standar sarana dan prasarana gedung sekolah. tata cara. 5. 3. 4. BAB II : Profil Perusahan Berisikan uraian tentang latar belakang perusahaan. acuan desain yang digunakan dalam proyek serta hal-hal yang berhubungan dengan proyek. BAB III : Tinjauan Pustaka Bab ini berisikan tentang manajemen proyek. peralatan dan perangkat kerja dalam perncanaan. sejarah perusahaan. rekanan bisnis serta struktur organisasi perusahaan. proses. . 2. BAB V : Penutup Berisikan tentang kesimpulan dan saran yang diambil dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada proyek tersebut. unsur-unsur perencanaan. badan hukum perusahaan. tahapan. proses dalam pembuatan perncanaan. BAB IV: Hasil dan Pembahasan Bab ini berisikan tentang gambaran umum.

PT Surya Mahakam Makmur Sejati didirikan pada tanggal 15 April 2008 yang pertama kali di Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. . dan strategi sehingga sukses dalam usaha ini. Enam tahun menggeluti bidang konstruksi. ST. Maka dari itu berdirilah CV Surya Mahakam pada tahun 2002 di Samarinda bergerak di bidang jasa konstruksi. BAB II PROFIL PERUSAHAAN 2.1 SEJARAH DAN DATA UMUM PERUSAHAAN 2. ST. Bermodalkan pengalaman para pendiri PT Surya Mahakam dibidang jasa konstruksi selama bekerja di PT Adi Karya. Sehingga persaingan dalam bidang properti sangat ketat dan tinggi. Direktur Abdullah. dengan Direktur utama Suyitno.1 Sejarah Perusahaan Pekerjaan dalam bidang properti saat ini di kota Samarinda mulai berkembang secara pesat dan banyak orang mengambil kesempatan berusaha dalam bidang ini karena hasil dan pandangan ke depan yang sangat baik tentang usaha ini.1. maka dirasa perlu menggembangkan perusahaan untuk proyek berskala lebih besar sehingga berdirilah PT Surya Mahakam pada tahun 2008 di Samarinda. perancangan. Adapun proyek yang dikerjakan selama menjadi CV merupakan rumah pridadi atau proyek berskala kecil yang berdomisili di Samarinda. Maka dari itu timbul berbagai macam cara dan inovasi dalam perencanaan.

SE. ST. Seiring dengan perubahan para pemegang saham maka PT Surya Mahakam Makmur Sejati mengadakan rapat umum luar biasa pada tanggal 9 Februari 2010. Direktur Aris Budiono. dan Komisaris Suhadi Santoso dan belum melakukan perubahan pemegang saham sampai sekarang. Untuk menentukan dan mengangkat anggota direksi dan komisaris sebagai Direktur utama Suyitno.dan komisaris Suhadi Santoso.1 Tampak Depan Kantor Sumber : PT Surya Mahakam MS Gambar 2.2 Ruang Tamu Kantor Sumber : PT Surya Mahakam MS . Berikut foto-foto ruangan kantor PT Surya Mahakam Makmur Sejati di Samarinda : Gambar 2.

Gambar 2.3 Ruang Kerja Kantor Sumber : PT Surya Mahakam MS Gambar 2.4 Ruang Arsip Kantor Sumber : PT Surya Mahakam MS .

A/BPPTSPC/VI/2012 5.133.5-722.5 Ruang Direktur Kantor Sumber : PT Surya Mahakam MS 2.2.01. IUJKN : No.42.6472.401869.0203/2012 9. Gambar 2. SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) : 503/00413/17- 01/PB/BPPTSP.C/IX/2012 6.01. SKT (Surat Keterangan Terdaftar) : PEM1023/WPJ.2 Data Umum Perusahaan 1.1.AH.1. SITU (Surat Izin Tempat Usaha) : 503/1917/1190.114.000 3.17 (Izin Usaha Jasa Konstruksi Nasional) .01. Nomor 49 2. Pengesahan Menhumkam : AHU-31098. Kena Pajak) 14/KP.03905 7. Akta Pendirian : 15 April 2008. 14/KP. SPPKP(Surat Pengukuhan Proyek : PEM-299/WPJ. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) : 02.0203/2012 8. TDP (Tanda Daftar Personalia) : 17.0017.1.Tahun 2008 4.

 Keuangan bertanggung jawab atas semua kebutuhan biaya dalam organisasi perusahaan maupun proyek.2. material.2 STRUKTUR ORGANISASI PT SURYA MAHAKAM MS Struktur organisasi perusahaan adalah saran mengorganisasi guna mengatur unsur-unsur sumber daya manusia yang terdiri dari tenaga kerja.  Direktur bertanggung jawab atas kelancaran pelaksanaan organisasi agar tidak keluar dari tujuan yang ingin dicapai perusahaan. dana dan lain-lain dalam suatu organisasi unuk menuju tujuan yang ingin dicapai.  Komisaris merupakan pemegang saham serta pengawas atas proses pelaksanaan perusahaan dalam menjalankan organisasi.6 Struktur Organisai PT Surya Mahakam Makmur Sejati Sumber : PT Surya Mahakam MS Pada struktur organisasi akan terlihat alur susunan tentang kedudukan dan tanggung jawab yang akan dikerjakan serta petunjuk kegiatan dan pembagian tugas. tenaga ahli. Gambar 2. .

 Logistik bertanggung jawab atas kepala gudang bertanggung jawab atas kelancaran suplay material terhadap proses pembangunan proyek yang sedang berlangsung.  Administrasi Teknik bertanggung jawab atas Drafter untuk kelancaran proses pelaksanaan proyek serta perubahan- perubahan karena penyesuaian terhadap lapangan. mandor.  Pemasaran bertanggung jawab atas tercapainya target penjualan/perolehan proyek.1 Proyek – Proyek Berskala Besar No Uraian Pekerjaan Lokasi Keterangan/Pemilik 1 Pekerjaan perkerasan Samarinda PT Pesona Mahakam jalan dengan sub Tahun 2010 base A.  Kepala Pelaksana bertanggung jawab atas pelaksana. 2. serta seluruh pekerja di dalam pelaksanaan proyek supaya berjalan sesuai dengan perencanaan sehingga dapat mencapai Schedule Pelaksanaan Proyek.3 PENGALAMAN PERUSAHAAN Dalam enam tahun terakhir PT Surya Mahakam Makmur Sejati mengerjakan proyek-proyek berskala besar antara lain : Tabel 2. pasang paving jalan K-250 dan pembuatan PERUM Pesona Drainase Mahakam 2 Pembangunan Samarinda PT Mahameru Workshoop alat Tahun 2010 Texmindo Berat dan Mesin Workshoop Mahameru Texmindo .

Wahid PT Total Bangun Urugan Hasyim Persada Tahun 2012 Pengurugan Lahan Convetion Hall Samarinda 6 Pembangunan Sanga-sanga PT PERTAMINA EP Rumah Dinas dan Anggana Perusahaan PT.3 Pembangunan Bantuas. PT Surya Mahakam PERUM Grand Tsamara Samarinda Tsamara Tahun 2011 - Sekarang . Mahakam Resident PERUM Mahakam Palaran Resident Tahun 2012 PERUM Mahakam Resident 4 Pekerjaan Perkerasan Bantuas. Tahun 2013 PERTAMINA EP UBEB Sangasanga Rumah Dinas Pertamina 7 Perum Grand Sempaja. Mahakam Resident Jalan Lingkungan Palaran Tahun 2012 Jalan Lingkungan Mahakam Resident 5 Pekerjaan Galian dan Jl.

8 Drilling Location Muara Badak VICO Indonesia Nilam Central Plant Tahun 2014 - No.5.1 Logo Perusahaan Gambar 2.4824 Sekarang Proyek pengecoran jalan di Nilam Central Sumber : PT Surya Mahakam MS 2.4 REKANAN BISNIS PT SURYA MAHAKAM MS 1. Pengadaan Ekektrical : Jatim raya 2. CV Mahakam Steel : Pemasangan baja dan plafound 3. PT Sinar Sukses Semesta : Suplayer utama besi 4.5 LOGO DAN COVER KONTRAK PERUSAHAAN 2.2 Cover Kontrak Perusahaan . CV Karya Mahakam Mandiri : Suplayer utama material 2.7 Logo dan Kop PT Surya Mahakam MS Sumber : PT Surya Mahakam MS 2.5.

6 PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG SD MUHAMMADIYAH 01 . Adapun salah satu cover yang digunakan pada kontrak sebagai berikut : Gambar 2.8 Cover Kontrak PT Surya Mahakam MS Sumber : PT Surya Mahakam MS 2.

1 Latar Belakang Dewasa ini perkembangan ilmu pengetahuan sangat pesat. Serta antusias masyarakat terhadap ilmu pengetahuan sangat tinggi utamanya dibidang pendidikan sekolah dasar. Pendirian gedung SD Muhammadiyah 1 Samarinda merupakan tanggung jawab dari BPH (Badan Pengawas Harian).6. serta dilaksanakan oleh kontraktor PT Surya Mahakam MS yang pelaksanaannya dapat diawasi oleh SD Muhammadiyah 1 secara langsung.2 Struktur Organisasi Proyek .6. Adanya penambahan gedung baru nantinya diharapkan kepercayaan masyarakat terhadap SD Muhammadiyah 1 semakin meningkat. Maka dari itu SD Muhammadiyah 1 di Samarinda memiliki tanggung jawab dalam perkembangan pendidikan yang dikelolah Muhammadiyah. Metode pembangunan gedung ini dirancang sesuai kebutuhan ruang belajar sehingga dapat menambah fasilitas yang sudah ada.2. 2.

H.6. S. Penunjukan kontraktor atas pekerjaan pembangunan gedung SD Muhammadiyah 1 samarinda berdasarkan atas kepercayaan .9 Struktur Organisasi Proyek PT Surya Mahakam MS Sumber : PT Surya Mahakam MS 2. sedangkan pihak kontraktor diwakili oleh Bpk.Pd selaku Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Samarinda. ST selaku direktur PT Surya Mahakam Makmur Sejati dengan waktu pelaksanaan pekerjaan selama 365 hari. Suyitno. Perjanjian disepakati oleh kedua belah pihak yang diwakili oleh Bpk. Suandie.3 Kontrak (Administrasi) Pembangunan gedung SD Muhammadiyah 1 di Samarinda. proyek ini merupakan pekerjaan kontruksi penunjukan langsung oleh SD Muhammadiyah 1 Samarinda dan BPH (Badan Pengurus Harian) SD Muhammadiyah 1.Gambar 2.

dari Muhammadiyah kepada kontraktor karena telah beberapa kali mengerjakan gedung-gedung Muhammadiyah yang berada di samarinda. Serta memiliki komitmen yang sama yaitu membangun gedung Muhammadiyah dengan biaya murah tetapi kualitas bagus. .