You are on page 1of 4

PEMERINTAH KABUPATEN GORONTALO

RSUD Dr. M.M DUNDA LIMBOTO
Jln. Achmad A. Wahab(Eks. Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 53) Telp. (0435) 881455 FAX (0435) 881095

KEPUTUSAN DIREKTUR RSUD dr. M.M. DUNDA LIMBOTO

NOMOR …………………/2015

TENTANG

KEBIJAKAN PEMBERIAN VAKSINASI HEPATITIS B
DI RSUD dr. M. M. DUNDA LIMBOTO

Menimbang :
a. Bahwa dalam upaya mencegah dan mengendalikan infeksi di rumah sakit,
perlu dilakukan pemeriksaan berkala terhadap semua petugas RSUD dr M.
M. Dunda Limboto sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Komite
PPI.

b. Bahwa salah satu resiko bekerja di rumah sakit adalah terpapar Hepatitis B,
untuk itu rumah sakit harus memberikan proteksi berupa vaksinasi kepada
seluruh petugas rumah sakit terutama kepada petugas yang beresiko tinggi.

c. Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam a dan b
perlu ditetapkan dengan Keputusan Direktur RSUD dr M. M. Dunda Limboto.

Mengingat :
1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan

2. Keputusan Menkes RI Nomor 270/Menkes/SK/III/2007 tentang pedoman
manajerial rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.

3. Keputusan Menkes RI Nomor 436/Menkes/SK/VI/1993 tentang standar
pelayanan rumah sakit dan standar pelayanan medis

4. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit dan fasilitas
pelayanan kesehatan lainnya, Depkes RI, 2011

M.. M... M. M. DUNDA LIMBOTO TENTANG KEBIJAKAN PEMBERIAN VAKSINASI HEPATITIS B DI RSUD dr..H... M......... Dunda Limboto Tahun 2015 Ketiga : Kebijakan ini mengatur bagaimana pelaksanaan pemeriksaan HBsAg dan anti HBs serta pemberian vaksinasi kepada petugas sesuai prosedur yang ditetapkan.... M. dan apabila di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam penetapan ini akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya Ditetapkan di L i m b o t o Pada tanggal ... M.. Supandi Abdullah.Kes Lampiran .. MEMUTUSKAN Menetapkan : Pertama : KEPUTUSAN DIREKTUR RSUD dr. M.. untuk mencegah penularan kepada petugas kesehatan dan lingkungan rumah sakit Keempat : Komite bertanggung jawab atas pelaksanaan kebijakan dan melaporkan pelaksanaan kebijakan tersebut kepada Direktur RSUD dr.. M..M. M.. 2013 Direktur RSUD dr. Dunda Limboto Kelima : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkannya.. DUNDA LIMBOTO Kedua : Kebijakan yang dimaksud dalam keputusan ini adalah kebijakan kesehatan karyawan berkala melalui pemeriksaan dan pemberian vaksinasi Hepatitis B kepada petugas di RSUD dr. Dunda Limboto dr.

Yanmed. Haemodialisa. b. Pemberian vaksinasi Hepatitis B dilaksanakan oleh tim vaksinasi yang terdiri dari : Komite PPI. c. e. Jangmed.M. Patologi Klinik. Unit Stroke. Perawatan Umum. Dissposible syringe. pelaksanaan. Monitoring dan evaluasi terhadap petugas kesehatan yang telah mendapatkan vaksinasi hepatitis B harus dilaksanakan pemeriksaan ulang HBsAg dan anti HBs dalam kurun waktu 3 – 5 tahun. Dunda Limboto Nomor : Tanggal : KEBIJAKAN PEMBERIAN VAKSINASI HEPATITIS B DI RSUD dr. Keputusan Direktur RSUD dr. ICU. Dilaksanakan koordinasi dengan tim vaksinasi tentang perencanaan. M. dan Penyakit Dalam. Peristi. b. Vaksinasi Hepatitis B diberikan kepada petugas kesehatan yang bekerja di ruang pelayanan yang beresiko tinggi menularkan penyakit. sedangkan petugas kesehatan dengan hasil HBsAg (+) dianjurkan untuk konsultasi ke Dokter Penyakit Dalam dan petugas kesehatan dengan hasil laboratorium anti HBs (+) tidak dianjurkan untuk vaksinasi karena sudah mempunyai anti body. Petugas kesehatan yang memberikan vaksinasi harus memiliki memiliki kompetensi. dan Perawatan IKA. M. Komite PPI melakukan inventarisasi petugas kesehatan yang akan diberikan vaksinasi Hepatitis B. dan alkohol swab. selanjutnya daftar nama dikirimkan ke bagian Penyakit Dalam. c. seperti : IGD. pemeriksaan dan pemberian vaksinasi hepatitis B. Ruang Perawatan Tekanan Negative. M. d. d. selanjutnya hasil pemeriksaan dikirimkan ke Komite PPI. DUNDA LIMBOTO Kebijakan Umum a. Komite PPI mengajukan sarana dan prasarana pemeriksaan dan pemberian vaksinasi Hepatitis B : Reagen rapid HBsAg dan anti HBs. Petugas laboratorium melakukan pemeriksaan HBsAg dan anti HBs kepada petugas kesehatan yang telah di inventarisir. Kebijakan khusus: a. Komite PPI melakukan rekapitulasi hasil pemeriksaan yang diindikasikan untuk mendapatkan vaksinasi Hepatitis B ( hasil pemeriksaan HBsAg (-) dan anti HBs (-) ).Staf bagian ilmu penyakit . Jangum.

Direktur RSUD dr. g. dalam melaksanakan vaksinasi Hepatitis B sesuai daftar petugas yang telah diajukan oleh Komite PPI.H. Komite PPI membuat laporan pelaksanaan kegiatan pemeriksaan dan pemberian vaksinasi Hepatitis B tahunan dan melaporkan kepada Direktur RSUD dr. f. M. M. 1. dan 5 bulan ). Dunda Limboto.Kes . M. M.M. Dunda Limboto dr. Supandi Abdullah. Pemberian vaksinasi Hepatitis B dilaksanakan dalam 3 (tiga) kali pemberian (0.