You are on page 1of 6

OBSERVASI TENTANG KEBERSIHAN KOMUNAL DI DAERAH

TERMINAL LEDENG

TUGAS KELOMPOK

Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Sosial

Dosen Pengampu :

Prof.Dr.Dasim Budiansyah,M.Si.(1165)

Susan Fitriasari,S.Pd.,M.Pd. (2664)

Dede Iswandi,S.Pd.,M.Pd.(2663)

Oleh:

Dimas Cahya Munggaran 1603484
Fendry Abdul Mubaroq 1605967
Fitri Eka Rahayu 1600982
Moch. Zian Ruhiyat 1603603
Refsi Azdiasari 1603869

DEPARTEMEN PENDIDIKAN KEWARGANEARAAN

FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

2016

Oleh karena itu. Kemudian kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan makalah ini kami ucapkan terima kasih. cinta pada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. kemampuan. waktu. Tak lupa kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini kami ucapkan terima kasih. Semoga ALLAH SWT selalu memberikan petunjuk kepada kita dalam pembentukan generasi yang berakhlakul karimah. Kekurangan tersebut karena keterbatasan pengalaman. pengetahuan. Bandung. Desember 2016 Penyusun . Kami menyadari sepenuhnya dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan ke hadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kami sehingga dapat menyelesaikan makalah ini sebagai tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial. kritik dan saran yang bersifat membangun sangatlah kami harapkan. Kepada rekan-rekan yang telah berupaya dalam menyusun makalah ini semoga apa yang telah dilakukan bisa bermanfaat khususnya bagi penyusun umumnya bagi seluruh mahasiswa departemen pendidikan kewarganegaraan FPIPS UPI. serta tenaga.

faktanya kebersihan komunal adalah faktor penting seberapa besar kita sudah memahami kebersihan.Kebersihan komunal itu bisa kita lihat dari kebersihan TPS yang ada dilingkungan masyarakat. Apa yang anda ketahui tentang kebersihan? Jawaban: seperti kita mengabdi ke masyarakat 2. Faktor kebersihan komunal itu sendiri menjadi sebuah faktor terjadinya banjir. membereskan rumah. jika faktor kebersihan komunalnya jelek maka banjir pun bisa datang tiap saat. Apabila sudah.Kebersihan komunal itu sendiri bisa menjadi suatu tolak ukur suatu negara. merungus apa saja yang harus dibersihkan . B. apa alasan anda yang membuat anda terdorong untuk menjaga kebersihan rumah? Jawaban: karena kebersihan sebagian dari iman 6. Kebersihan komunal adalah suatu keadaan yang menyangkut banyak orang. apakah negara itu sudah bisa disebut negara maju dari segi kebersihan atau belum. Seberapa penting menurut anda kebersihan itu? Jawaban: kebersihan penting sekali 3. Pendahuluan Kebersihan Komunal Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah menyatakan sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau dari proses alam yang berbentuk padat.Kebersihan komunal sering kita abaikan. Apakah anda sudah menerapkan kebersihan di rumah sendiri? Jawaban: dengan membuang sampah kepada tempatnya 5. A. Hasil Obserasi 1. Kegiatan apa saja yang sudah anda lakukan untuk menjaga kebersihan rumah anda / pribadi? Jawaban : menyapu. Apakah anda suka membuang sampah dimana saja di dalam rumah anda? Jawaban: tidak 4. Data Narasumber Nama : Bapak Asep Pekerjaan : Pengelola TPS Terminal Ledeng C.

Apa yang anda lakukan jika melihat sampah tersebut? Jawaban: terkadang membuangnya ketempat sampah 18. Siapkah anda untuk memulai untuk perubahan dengan tidak lagi membuang sampah sembarangan? Jawaban : siap 20. Apa anda tahu dampak dari ketidak patuhan terhadap kebersihan? Jawaban: tahu 12. mengapa bisa terjadi sebagaimana yang anda ketahui bahwa masih banyak sampah? Jawaban: karena kesadaran masyaraklat terhadap kebersihan masih kurang 10. Bagaimana menurut anda kondisi kebersihan dirumah anda. Menurut anda mengapa orang orang masih kurang dengan kebersihan komunal dibandingan kebersihan pribadi di jawa barat ini? Jawaban: iya betul sekali . Pernahkah anda membuang sampah sembarangan di luar jalan atau lingkungan anda? Jawaban: pernah 14. Menurut anda apa upaya yang harus dii lakukan agar kebiasaan membuang sampah bisa terminimalisir? Jawaban : ditingkatkan lagi sarana dan prasarana agar masyarakat tergerak untuk sadar menjaga kebersihannya 19. Selanjutnya menurut anda apakah dilingkungan anda sudah termasuk kondisi yang bersih dari mulai sampah hingga yang lainny? Jawaban : belum karena masih banyak samapah-sampah yang berceceran dijalan 9. Pernahkah anda melihat sampah yang berserakan dimana saja? Jawaban : sering sekali 17.7. Mengapa anda bisa melakukan hal tersebut (membuang sampah dimana saja) ? Jawaban: karena terdesak tidak ada tong sampah 15. Jika belum. Jika anda tahu. maka apakah anda sudah menjaga lingkungan sekitar anda? Jawaban: sudah dengan cara membersihkan sampah gotong royong menuju TPS (Tempat Pembuangan Sampah) 13. Apakah sudah bisa dikatakan bersih atau masih kurang ? Jawaban: sudah bersih 8. Apakah anda merasa nyaman jika lingkungan anda kotor? Jawaban : tidak 16. Apa anda mengetahui faktor apa saja yang membuat orang membuang sampah dimana saja? Termasuk dilingkungan anda? Jawaban : tempat sampah yang masih jarang disekitar sehingga membuat orang malas mencarinya 11.

21. Lampiran . Kesimpulan Kebersihan komunal sangat penting bagi seluruh elemen masyarakat. E. kebersihan komunal menjadi suatu hal yang seharusnya dijaga dan dikembangkan oleh seluruh masyarakat. Upaya apa saja yang sudah dilakukan demi menjaga kbersihan dilingkungan anda? Jawaban: kerja bakti untuk membuang sampah dan memberikan fasilitas yang ditujukan untuk kebersihan. D.Kebersihan itu sendiri bukan hanya milik pribadi maupun lingkungan pribadi tapi juga milik bersama dan harus dijaga bersama.