1.

MCB di set pada posisi „ON“ dengan cara menaikkan lidah MCB ke atas
2. Tekan tombol „START“ maka Motor 3 Fasa bekerja dalam hubungan
Bindatang (Y), dengan ditandai lampu indikator warna merah menyala
3. Setelah beberapa detik sesuai dengan pengesetan Time Delay Relay
maka Motor 3 Fasa bekerja dalam hubungan Delta ( ), dengan ditandai
lampu indikator warna hijau menyala
4. Untuk mematikan Motor listrik 3 Fasa, tekan tombol „STOP“

Sumber http://hamadun.blogspot.co.id/2010/05/rangkaian-motor-3-fasa-bintang-
segitiga.html

rangkaian motor 3 fasa forward-reverse otomatis

Prosedur mengoperasikan forward reverse otomatis:

Setelah beberapa detik sesuai dengan pengesetan Time Delay Relay (T1) maka Motor 3 Fasa mati dan T2 bekerja untuk menunda waktu 3. Setelah Delay T4 habis maka Motor listrik 3 Fasa kembali berputar maju (Forward).1. Setelah Delay T2 habis maka Motor listrik 3 Fasa berputar mudur (Reverse) yang ditandai dengan menyala lampu warna hijau dan T 3 bekerja menunda waktu sesuai pengesetan 4. Untuk mengaktifkan kembali reset ke posisi „ON“ . Demikian seterusnya 6. Apabila Setting T3 telah habis maka Motor 3 Fasa mati. tekan tombol „START-STOP“. Untuk tekanan ke 2 Kejadian khusus: 1. Tekan tombol „START-STOP“ untuk tekanan ke 1 maka Motor 3 Fasa bekerja dengan arah putaran maju (Forward) yang ditandai lampu indikator menyala berwarna merah. Untuk mematikan Motor 3 Fasa. MCB di set pada posisi „ON“ dengan cara menaikkan lidah MCB ke atas 2. dan T 4 bekerja untuk menunda waktu 5. Apabila rangkaian forward reverse initerjadi hubung singkat (short Circuit) maka MCB akan trip.

Tekan tombol RUN maka Motor akan berputar maju (Forward) dan ditandai dengan menyala lampu merah .id/2010/05/rangkaian-motor-3-fasa-forward- reverse_27.blogspot.html rangkaian motor 3 fasa mesin crane Prosedur mengoperasikan: 1. Dan bila terjadi beban lebih maka Thermal Overload Relay akan „Trip“ dengan ditandai menyala lampu berwarna kuning. MCB di set pada posisi „ON“ dengan cara menaikkan lidah MCB ke atas 2. Dan untuk mengaktifkan kembali tekan tombol reset sumber http://hamadun.co. 2. Lakukan pemilihan menentukan arah putaran Motor 3 Fasa dengan merubah posisi „SELEKTOR SWITCH“ (Saklar Pemilih) pada posisi Forward (For) 3.

co.com/drama/download/?film=Spartacus-Season-3-War-Of- The-Damned . Tekan tombol RUN maka Motor akan berputar mundur (Reverse) dan ditandai dengan menyala lampu merah 7. Limit Switch berfungsi untuk pembatas arah gerak mesin forward dan reverse agar tidak mencapai batas tak terhingga 9. Untuk mematikan Motor 3 Fasa. Dan apabila menekan tombol JOG maka Motor akan berputar maju sesaat selama tombol ditekan dan ditandai dengan menyala lampu merah 5.zonafilem.id/2010/05/rangkaian-motor-3-fasa-mesin- crane. Dan apabila menekan tombol JOG maka Motor akan berputar mundur sesaat selama tombol ditekan dan ditandai dengan menyala lampu merah 8.html http://www. Apabila terjadi hubung singkat (short Circuit) maka MCB akan trip. Dan untuk mengaktifkan kembali tekan tombol reset Sumber http://hamadun.blogspot. Untuk mengaktifkan kembali reset ke posisi „ON“ 2.4. Apabila menginginkan Motor berputar mundur (Reverse) maka terlebih dahulu tekan tombol „STOP“ kemudian pindahkan saklar „SELEKTOR SWITCH“ pada posisi Reverse (Rev) 6. tekan tombol „STOP“ Kejadian khusus: 1. Dan bila terjadi beban lebih maka Thermal Overload Relay akan „Trip“ dengan ditandai menyala lampu warna kuning.