You are on page 1of 4

Planet Merkurius merupakan salah satu planet yang

termasuk dalam sistem tata surya Setelah planet Pluto tidak disahkan menjadi
sebuah planet, planet merkurius menjadi planet yang paling kecil dalam sistem tata
surya. Merkurius juga merupakan anak pertama yang terdekat dengan matahari.
Karena jaraknya yang sangat dekat dengan matahari membuat masa revolusinya
hanya selama 88 hari saja namun masa rotasinya cukup lama dibandingkan dengan
bumi hanya berkisar 59 hari saja. planet merkurius ini bisa dilihat dari bumi pada
saat subuh atau pada saat magrib saja karena sudut pandangnya dengan matahari
sangat kecil dimana memang planet merukirus memang memiliki rentangan paling
jauh sebesar 28,3 derajat.

Sejarah mengenai planet merkurius

Nama merkurius diambil dari nama salah satu dewa utama di kekaisaran romawi
kuno atau dewa yang biasa disebut dengan dewa hemes di mitologi yunani. Nama
lain dari planet merkurius ini adalah utarid. Karena jaraknya yang sangat dekat
dengan matahari, jadi tidak banyak yang bisa diketahui di dalam planet merkurius
ini. selama ini hanya ada satu pesawat antariksa yang berhasil turun di planet
merkurius yaitu pesawat marine messenger 10 pada tahun 1974 hingga tahun
1975. Dalam misinya pesawat marine ini berhasil memetakan permukaan merkurius
dari 40 hingga 45%.

Struktur Pembentuk Planet Merkurius

Diameter planet merkurius sebesar 4879 km di garis khatulistiwa, dengan bukti ini
memberikan fakta bahwa planet merkurius merupakan planet terkecil di dalam
Planet di tata surya Ukuran planet lebih kecil 40% dari bumi namun lebih besar 40%
dari besarnya bulan. planet merkurius juga lebih kecil dari pada beberapa satelit di
tata surya seperti Jupiter, Ganymede dan titan (satelit milik planet saturnus). Jarak
merkurius dari matahari berjarak sejauh 57 juta km sedangkan jarak merkurius dari
bumi sejauh 92 juta km. planet merkurius memiliki tingkat kepadatan dibawah
sedikit dari bumi dengan penyusun utama 70% logam dan 30% zat silikat.

3. Klasifikasi mengenai merkurius 1. Namun teori tersebut bukan merupakan satu-satunya teori dari pembentukan merkurius. Sedangkan di bumi bagian intinya hanya menempati 17% dari jumlah volume keseluruhan bumi. Merkurius memiliki mantel setebal 600 km yang membungkus inti dalam planet merkurius. penurunan jumlah massanya ini dikarenakan oleh terjadinya tabrakan dari meteor planetesimal yang memiliki ukuran sangat jumbo hingga 6 kali lipat dari jumlah massa planet merkurius sehingga menyebabkan merkurius melepaskan beberapa material bahkan mantel dan intinya juga hilang dari dalam merkurius. bahkan beberapa bukit tingginya mencapai ratusan kilometer. Para peneliti ini menduga bahwa inti dan mantel dalam planet merkurius mengalami pembekuan pada saat kerak merkurius mulai menjadi batu sehingga bentuknya sangat runcing. . Teori pembentukan planet merkurius ini menyebutkan bahwa dahulu planet merkurius memiliki massa yang jauh lebih berat sekiat 2. Selain itu kerak merkurius diprekdisikan setebal 100 hingga 200 km. 2. Di dalam permukaan planet merkurius ini selain terdapat kawah karena hasil benturan dengan benda langit juga terdapat beberapa bukit yang sangat tajam dan kurus. Para peneliti terus melakukan riset dan menduga bahwa inti dari planet merkurius ini berbentuk cair bukan padat seperti yang diduga selama ini. Dalam teori tersebut juga menyebutkan bahwa merkurius dahulunya merkurius memiliki massa yang jauh lebih besar dari massanya yang sekarang dikarenakan oleh adanya interaksi matahari yang membuat bagian merkurius menjadi menguap sehingga massanya lebih kecil dari sekarang. Teori menyebutkan bahwa merkurius terbentuk dari nebula matahari pada saat matahari belum sempurna terbentuk dan masih memijarkan gas dan nebula panas ke luar dari matahari.25 kali dari massa sekarang yang ada. planet bumi memiliki tingkat kepadatan yang cukup rapat karena disebabkan oleh tingkat gravitasinya yang tinggi. Namun. Dalam penelitian terkini yang dilakukan oleh para peneliti modern menyebutkan bahwa planet merkurius merupakan planet yang mengandung besi terbanyak dibandingkan dengan planet lainnya di dalam sistem tata surya. namun kepadatan yang ditemukan di planet merkurius di prekdisikan karena di dalam inti planet tersebut berupa inti besi dengan kadar yang sangat tinggi sebanyak 42% dari jumlah keseluruhan volume planet merkurius. 4.Tingkat kepadatan yang ditemukan di planet merkurius ini selanjutnya digunakan untuk menduga apa saja yang menjadi komposisi atau bahan pembuat planet yang satu ini. 5. Teori ini juga dilakukan untuk menjelaskan pembentukan bulan.

Namun apa yang membuat planet merkurius ini memiliki medan magnet dan gravitasi belum diketahui karena di planet merkurius ini tidak memiliki semacam hal yang ada di bumi dalam pembuatan medan magnetnya. hal ini dikarenakan planet merkurius . 7. 3. Di dalam planet merkurius terdapat sebuah inti besi yang memiliki gaya gravitasi lebih besar dari tingkat gravitasi yang terdapat di bumi yaitu sebesar 0. Bagian es yang mungkin adalah di bagian kutub merkurius yang merupakan daerah bayangan yang tidak mendapatkan sinar matahari langsung seperti kutub yang ada di bumi.1%. Baru pada misi planet merkurius selanjutnya yaitu misi MESENGGER berhasil mendapatkan poto dari sisi sebelahnya serta bagian lain dari merkurius yang memiliki kualitas gambar lebih baik dibandingkan dengan hasil poto misi sebelumnya. Jadi pada saat siang hari suhu udara akan sangat panas namun pada malam hari suhu udara sangat dingin. Pada daerah kutub merkurius ini juga diprediksi memiliki suhu dibwah 0 derajat hingga -100 derajat. 11. Jadi jika tinggal di planet merkurius ini satu harinya antara siang dan malam akan sama dengan 176 hari di bumi. 10. Sangat lama bukan? Pada misi awal yang dinamakan sebagai misi Mariner 10 pada tahun 1950 hingga 1975 berhasil mendapatkan beberapa poto dari salah satu bagian planet merkurius yang tidak menghadap matahari. Ada kemungkinan terdapat es di planet merkurius – Meskipun planet merkurius merupakan yang terdekat dengan Bagian bagian matahari dan suhunya sangat panas namun juga memungkinkan terdapat es di dalamnya. 4. Berikut adalah penjelasan mengenai fakta-fakta mengenai planet merkurius : 8. 2. Fungsinya juga sama dengan yang ada di bumi yaitu untuk melindungi planet dari bahaya angin matahari. 1. Dengan misi yang lebih canggih ini diharapkan pertanyaan tersebut dapat terjawab. Suhu permukaan yang ada di planet sangat ekstrim karena pengaruh dari dekatnya jarak dengan matahari. Pada saat siang hari suhunya bisa mencapai 430 derajat celcius sedangkan saat malam hari suhu udaranya bisa mencapai -180 derajat. Pada tahun 2016 mendatang juga akan diluncurkan misi ke planet merkurius yang disebut dengan BepiColombo. Sisi dari setengah planet merkurius tidak pernah dilihat – Ada bagian sisi dari planet merkurius yang tidak pernah dilihat hal ini disebabkan karena ada bagian sisi dari planet merkurius yang selalu menghadap ke matahari sehingga sangat sulit untuk dieksplorasi. Salah satu misi yang dilakukan oleh MESSENGER adalah menemukan es di permukaan meskurius. Dan hal ini merupakan kasus dan pertanyaan yang masih menjadi misteri bagi para peneliti. 9.6. Planet merkurius dapat dilihat dengan menggunakan mata telanjang – Manusia di bumi juga bisa melihat planet merkurius dengan mata telanjang. Merkurius memiliki medan magnet yang sangat kuat – Pada saat misi mariner 10 diluncurkan mendapatkan hasil bahwa ternyata di planet merkurius terdapat medan magnet seperti yang ada di bumi.

seringkali menampakan diri pada saat pagi subuh dan sore hari pada saat matahari tenggelam. Jadi. 12. planet merkurius menjadi planet yang terkecil dan yang memiliki garis orbit paling eksentrik dengan bentuknya yang sangat elips hampir mendekati lonjong. jarak terdekat planet merkurius dan jarak terjauhnya sangat berbeda. Pada saat matahari tenggelam jika ada titik lain yang juga cerah di langit maka itu adalah planet merkurius. Meskipun manusia dapat melihatnya namun hanya bisa dilihat pada waktu yang sangat singkat dan waktu yang sangat tepat itupun harus didukung dengan keadaan langit yang sangat cerah hal ini disebabkan karena letaknya yang cukup jauh dari bumi tidak seperti planet venus dan mars yang cukup jelas dilihat dari bumi. Memiliki garis orbit yang eksintrik berbeda dengan planet lainnya – Semenjak planet Pluto dikeluarkan dari sistem tata surya. 5. .