SINOPSIS

Film 5cm ini menceritakan tentang persahabatan lima orang anak yang bernama
Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta. Dimana mereka memiliki obsesi dan impian
masing-masing.
Arial adalah sosok yang paling ganteng diantara mereka, berbadan tinggi besar.
Arial selalu tampak rapi dan sporty. Riani adalah sosok cantik, dan cerdas. Ia
mempunyai cita-cita bekerja di salah satu stasiun TV.
Zafran seorang yang humanis,ideal,musik dan puisi adalah kehidupanya. Ian
memiliki postur tubuh yang tidak ideal, penggila bola, dan penggemar Happy Salma.
Dan yang terakhir adalah Genta yang selalu dianggap sebagai “the leader” oleh
teman-temannya, berbadan agak besar dengan rambut agak lurus berjambul,aktivis
kampus, dan teman yang easy going.

Lima sahabat ini telah menjalin persahabatan hampir 10 tahun. Suatu ketika mereka
jenuh akan aktivitas yang selalu mereka lakukan bersama. Dan Genta teringat kata-
kata Ian pada waktu yang lalu.Akhirnya mereka memutuskan tidak saling
berkomunikasi dan bertemu satu sama lain selama tiga bulan.Riani pada awalnya
tidak setuju dengan ide gila itu,tapi pada akhirnya ide tersebut pun disepakati.
Selama tiga bulan berpisah itulah terjadi banyak hal yang membuat hati mereka
lebih kaya dari sebelumnya. Akhirnya pertemuan yang dinanti pun terjadi,dan
semuanya sudah diatur oleh Genta. Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh
dengan rasa kangen akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan.
Dalam perjalanan tersebut mereka menemukan arti manusia sesungguhnya.

Perubahannya itu mulai dari pendidikan, karir, idealisme, dan tentunya love life.
Semuanya terkuak dalam sebuah perjalanan ‘reuni’ mereka mendaki gunung
tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru. Dan di sanalah cerita bergulir, bukan hanya
seonggok daging yang dapat berbicara, berjalan, dan punya nama. Mereka pun
pada akhirnya dapat menggapai cita-cita yang mereka impikan sejak dulu.

b) UNSUR- UNSUR INTRINSIK
TOKOH DAN PENOKOHAN
1. Arial : Arial digambarkan sebagai orang yang sporty, selalu tampil rapi dan simpel.
Arial adalah sosok yang tenang, pembawaannya selalu senyum,asik, cool, dan
pembawa suasana ramai
Dalam psikologi Arial termasuk orang yang bertempramen Sanguin.

2. Riani : Riani adalah gadis cantik,baik.cerdas dan mengutamakan prestasi, serta
memikirkan masalah-masalah yang ada di sekitarnya. Dalam psikologi Riani
termasuk orng yang memiliki temperamen Plegmatik.

3. Zafran : Zafran digambarkan sebagai orang pecinta musik dan suka membuat
puisi. Dia memiliki estetis yang mendalam dalam menghargai seni,dan zafran juga
baik,keren. Dalam psikologi Zafran termasuk orang yang bertemperamen
Melankolik.

4. Ian : Ian adalah tokoh yang gila bola,baik,lucu, ia juga senang bermain Game dan
suka makan terutama indomie.
Dalam psikologi Ian termasuk orng yang memiliki temperamen Plegmatik.
5. Genta : Genta adalah pemimpin dari lima orang sahabat. Genta begitu menyukai
Riani. Genta adalah orang yang peduli terhadap orang lain, ia lebih mementingkan

orang lain dibanding dirinya sendiri.Dia sosok yang baik, seorang aktivis kampus.
Dia sangat dikagumi teman-temannya.
Dalam psikologi Genta termasuk orang yang bertempramen Sanguin.

TEMA : Persahabatan lima anak muda yang mempunyai kekuatan dan keajaiban
mimpi dan keyakin
LATAR :
Tempat : Rumah Arial, Kamar Arial, Secret Garden
SMA
Stasiun kereta api Senen
Puncak Mahameru
Waktu : Setiap saat (Pagi sampai malam)
Suasana : Menyenangkan, mengharukan dan menegangka
ALUR : Maju Mundur artinya dalam cerita terjadi flashback ke masa lalu dan
kejadian masa depan.
SUDUT PANDANG : Dalam Film 5 centimeter sudut pandang yang digunakan
adalah orang ketiga.
AMANAT :
1. Kita harus menanamkan satu keyakinan pada diri kita bahwa tidak ada yang tidak
bisa di dunia ini kecuali keyakinan yang menganggap bahwa kita tidak dapat
melakukan hal tersebut
2. Sebaik-baik manusia dalam hidupnya adalah apabila ia menjadi manusia yang
bisa memberi manfaat bagi orang lain bukan orang yang mementingkan diri sendiri
dan terlalu mencintai dirinya sendiri
3. Janganlah menjadi manusia yang diatur oleh keadaan dan merasa kalah sama
keadaan. Tapi, jadilah manusia yang beranggapan bahwa dirinyalah yang harus
mengatur keadaan, bukan dirinya yang diatur oleh keadaan
GAYA BAHASA :
Bahasa yang digunakan dalam film 5 centimeter adalah bahasa yang mengikuti
perkembangan zaman sekarang(modern) dan sesuai dengan kondisi masyarakat
sekarang sehingga Filmnya dapat dengan mudah dimengerti.

Arial di gambarkan sebagai cowok yang tampan dan banyak perempuan naksir dan berebut ingin jadi kekasihnya . Riani di gambarkan sebagai gadis yang cantik dan juga cerdas. buku ini bercerita tentang persahabatan 5 orang yaitu Genta. dan tiba-tiba Genta mempunyai sebuah ide untuk menjalani hidup mereka masing-masing sendiri tanpa bertemu satu sama lain tiga bulan untuk melihat bagaimana kehidupan mereka tanpa satu sama lain dan menyelesaikan urusan individual sampai suatu saat nanti Genta akan menghubungi mereka lewat sms untuk janjian bertemu.Resensi Novel 5 cm. cowok yang dideskripsikan sebagai cowok gendut pecinta bola dan juga fans berat Manchester United Kelima tokoh ini sudah bersahabat sejak lama. Yaudah ini langsung aja Sinopsis Secara keseluruhan. masalah dan impian mereka masing tanpa sehari pun dalam tiga bulan melakukan kontak dengan yang lain. Setelah tiga bulan. juga merupakan orang yang paling di percaya sama mereka berlima. Zafran. Kelimanya mempunyai sifat yang berbeda beda.Sinopsis Lengkap Novel 5 Cm Kali ini gue mau bagi tugas yang pernah gue buat sekitar setahun yg lalu -__. Dari perjalanan mereka ini banyak pengalaman yang mereka . akhirnya mereka berlima kembali bertemu dan mencurahkan semua rasa rindu satu sama lain yang di lakukan dalam sebuah perjalanan dari jakarta ke malang untuk mendaki puncak tertinggi di Pulau Jawa yaitu “MAHAMERU” . Riani adalah satu-satunya cewek di kelompok mereka. Arial dan Ian. Arial sjuga memiliki seorang saudara kembar yang dipangiil dengan Dinda. Genta dianggap sebagai leader dan pimpinan kelompok mereka. Genta sendiri diam-diam menaruh perasaan pada Riani. Riani. Zafran di gambarkan sebagai cowok yang kocak. tentang jalan hidup. hidupnya seperti kurang lengkap jika tidak bersyair selama sehari. sebagian dari awal isi novel ini bercerita tentang kehidupan mereka masing-masing. dan tokoh yang terakhir adalah Ian. sebagai teman curhatnya Riani. senang bersyair dan membuat puisi-puisi.

Suasana : Menyenangkan.  Latar . keajaiban mimpi dan keyakinan akan cita-cita mereka. Yogyakarta.pikiran. segala halang rintangan. Unsur Intrinsik Novel 5 cm  Tema Persahabatan lima anak muda yang mempunyai kekuatan. sebuah gagasan. kebahagian. keajaiban- keajaiban. Bogor Rumah Arial : Kamar Arial. Secret Garden SMA Stasiun kereta api Senen Stasiun Lempuyungan. ambil. kesedihan. semua terjadi. idealisme mengenai Tanah Air dan manusia manusia nya sampai akhirnya perjuangan mereka dan dinda ( yang juga ikut dalam rombongan) yang sesungguhnya terjadi ketika pendakian . mengharukan dan menegangkan  Alur Cerita . Waktu : Setiap saat (Pagi sampai malam) . Tempat : Jakarta. Yogyakarta Ranu Pane Ranu Kumbolo Puncak Mahameru .

Timbulnya Konflik Pada tahap ini konflik cerita meningkat. Konflik Memuncak Dalam tahap ini. dan mereka akan bertemu pada tanggal yang telah ditentukan yakni 14 Agustus. yaitu naik ke puncak Mahameru. . Pengenalan Tahap ini telah dimulai pemunculan konflik pada masing-masing tokoh. Seperti Ian yang berjibaku menyelesaikan skripsinya. Diawali dengan melepas rindu antara personel “Power Rangers” berikut Dinda. kemudian Arial yang berjuang keras untuk mendapatkan hati Indy--gadis yang ia kenal ditempat fitness. Zafran yang mengejar cinta Dinda (adik Arial) dan konsentrasi menyelesaikan beberapa pesanan grafisnya. Ini terjadi ketika lima sekawan itu menyetujui untuk berpisah dari kelompok “Power Rangers” sementara waktu untuk menyelesaikan permasalahan masing-masing yang belum sempat terjamah. Riani yang kembali konsentrasi pada pekerjaan kantornya dan diam-diam menyimpan rasa pada satu dari personel “Power Rangers”.. Dalam novel “5 cm” konflik cerita yang meningkat terjadi ketika semua personel “Power Rangers” telah genap menyelesaikan misinya dan kemudian bertemu pada hari yang telah dijanjikan yakni tanggal 14 Agustus. konflik semakin mendekati titik puncak.”. Kemudian menumpangi kereta kelas ekonomi untuk bertolak menuju Kota Malang. kembaran Arial di Stasiun Senen untuk pertama kalinya setelah tiga bulan tidak berjumpa.komplikasi yang terjadi adalah ketika hari telah malam dan Ian seakan-akan . Dalam Novel “5cm. dan Genta yang kembali membuat gebrakan di EOnya. Selanjutnya rencana yang telah disusun Genta dalam rangka merayakan kembali berkumpulnya “Power Rangers” pun dilaksanakan. .

bahkan Dinda dan Ian tak sadarkan diri. . . melihat nisan-nisan yang berjajar sembari membayangkan jika itu adalah suatu pertanda buruk untuknya. saat bertemu dengan Daniek dan kawan-kawannya yang hendak kembali naik Mahameru sekaligus berziarah kemakam sahabatnya yang telah meninggal saat pendakian. Dalam tahap ini semua konflik atau masalah selesai. Puncak Konflik Pada tahap ini menjadi titik puncak. Adrian membuat hatinya ciut.  Penokohan .”. namanya persis dengan dirinya. tahap ini terjadi ketika Ian siuman. Dalam Novel “5 cm”. . Hal ini menjadi penyemangat teman-teman untuk melanjutkan perjalanan ke puncak Mahameru yang tinggal seperempat jalan perjalanan lagi. Titik puncak cerita terjadi ketika perjalanan menuju puncak tinggal seperempat jalan terjadi hujan abu dan batu-batu yang kemudian menimpa mereka dan membuat beberapa dari mereka terluka. Dalam Novel “5cm. Penyelesaian Tahap ini merupakan tahap penyelesaian. Konflik Menurun Masalah yang tengah terjadi pada tahap ini mulai menurun. Apalagi. Dalam novel ini ditandai dengan berhasilnya mereka ke puncak Mahameru dan melangsungkan upacara untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI.

Selain itu. cantik.  Sudut Pandang Sudut pandang adalah cara atau pandangan pengarang sebagai sarana untuk menyajikan tokoh. jarang mengejek. . Genta adalah sosok yang baik. Genta begitu menyukai Riani. 5. 2. pintar. ia lebih mementingkan orang lain dibanding dirinya sendiri. Genta : Di dalam novel ini. cool. Ian juga gemar mengoleksi film orang dewasa (17tahun ke atas). Riani : Di dalam novel ini. 3. seorang aktivis kampus. selalu dominan dimana-mana. tindakan. Genta adalah orang yang peduli terhadap orang lain. cerdas dan mengutamakan prestasi. 1. Arial adalah sosok yang tenang. ia juga senang tantangan dan suka makan terutama indomie. Genta adalah pemimpinnya. Riani seorang aktivis kampus yang gemar membaca dan banyak belajar. dan pembawa suasana ramai karena jika tertawa suaranya paling keras. Zafran punya kelakuan yang berantakan . Arial digambarkan sebagai orang yang sporty. Pribadi yang memiliki karisma. Dia juga suka berdebat. Dia sangat dikagumi teman-temannya. cerewet dan tidak mau kalah dengan siapapun juga. Tokoh zafran memiliki tubuh yang kurus dan berperan sebagai vokalis band. 4. Dalam Novel 5 centimeter sudut pandang yang digunakan adalah orang ketiga tunggal. selalu tampil rapi dan simpel. Zafran : Didalam novel. pembawaannya selalu senyum. asik. ian adalah tokoh yang gila bola. Ian : Didalam novel. Arial : Di dalam novel. Zafran adalah orang yang akan bilang apa saja yang ingin dia bilang. latar dan berbagai peristiwa yang membentuk cerita. tokoh zafran termasuk orang yang pandai membuat puisi. Riani adalah gadis berkacamata.

Jadikan mimpi dan keyakinan kita itu setiap hari. Dan yang kita butuhkan 5. kalau kita percaya sama keinginan itu dan kita nggak bisa nyerah. Janganlah menjadi manusia yang diatur oleh keadaan dan merasa kalah sama keadaan. entah sebagai teman atau rekan kerja. kita lihat setiap hari. segala keinginan. Tapi. jadilah manusia yang beranggapan bahwa dirinyalah yang harus mengatur keadaan. Tapi sebenarnya hal itu semata-mata untuk membuat diri kita lebih baik. Jangan menganggap kritik suatu kemunduran atau serangan. Kita harus menanamkan satu keyakinan pada diri kita bahwa tidak ada yang tidak bisa di dunia ini kecuali keyakinan yang menganggap bahwa kita tidak dapat melakukan hal tersebut 2. bahwa kita akan mengerjarnya sampai dapat. Apa pun hambatannya. Tapi. . Kalo kritik itu adalah pengorbanan dari seseorang yang mungkin telah mengorbankan rasa nggak enaknya sama kita. mimpi. apapun itu. cita-cita. Bahwa kita akan berdiri lagi setiap kita jatuh. Amanat 1. 3. Sebaik-baik manusia dalam hidupnya adalah apabila ia menjadi manusia yang bisa memberi manfaat bagi orang lain bukan orang yang mementingkan diri sendiri dan terlalu mencintai dirinya sendiri 4. kalau kita dikritik buat cetak biru dipikiran kita. dan percaya bahwa kita bisa. bilang sama diri kita sendiri. keyakinan diri.

Nilai plus tersebut pasti akan selalu didampingi dengan nilai minus. Tidak semua orang memiliki nilai plus seutuhnya. Selanjutnya tinggal masalah pilihan. Terimalah dengan apadanya kekurangan dan kelebihan yang dimiliki sahabat kita. . Tuhan memberi kebebasan kepada setiap manusia untuk memilih. 7. Sesungguhnya manusia memang diberi kebebasan memilih. Tinggal bagaimana cara kita sebagai teman untuk menutupi kelebihan dan kekurangan teman kita. supaya kita terus belajar tentang apa saja hingga akhirnya kita bermuara pada-Nya.6.

temen fitnessnya.tentang Riani yang mencintai Zafran. Yang terakhir adalah Ian. Malam itu di Secret Garden mereka memutuskan untuk tidak berhubungan satu sama lain selama 3 bulan dan akan bertemu lagi tanggal 14 Agustus. kembaran Arial. . Selama tiga bulan berpisah banyak keajaiban yang membuat hati mereka rindu akan persahabatan. SINOPSIS NOVEL Novel ini menceritakan persahabatan 5 manusia sok tahu yang berawal dari pertemanan semasa SMA. Riani adalah gadis cantik dan cerdas yang masih jomblo karena terlalu sibuk dating sama organizernya. tentang Arial yang jatuh cinta sama Indy. Zafran berpostur kurus cungkring dan suka membuat syair yang suka bikin temen-temennya mau muntah. Arial. Genta yang sukses jadi EO sebuah pameran dan memilih mengagumi Riani dengan diam. Ian yang akhirnya berhasil menyelesaikan skripsi. Arial adalah sosok tampan berbadan kekar yang diimpikan semua anak ABG jaman sekarang. dan Zafran yang makin tergila-gila sama Arinda. Berbeda dengan Arial. Mereka memiliki sifat dan idola yang berbeda-beda yang akhirnya membuat mereka debat tentang siapa yang paling keren atau siapa yang paling benar. Genta diam-diam juga penggemar berat Riani. Zafran. sosok badut dufan yang selalu membuat teman-temannya tertawa. Persahabatan yang sudah berlangsung selama 7 tahun dimana semua aktivitas telah mereka lakukan bersama dan akhirnya mereka sampai pada titik jenuh. berpostur besar gendut imut tetapi dia lah yang otak nya paling kotor dipenuhi adegan- adegan pornografi.A. Genta adalah sosok leader sekaligus tempat curhat paling enak menurut teman-temannya. Genta. dan Ian 4 cucu Adam serta Riani seorang dari kaum hawa.

Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja. Adapun karakternya adalah sebagai berikut:  Tenang . Dan sehabis itu yang kamu perlu cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya. Dalam perjalanan menuju tanah tertinggi di Pulau Jawa banyak kejadian yang mengajarkan kepada mereka ditambah Arinda tentang persahabatan. selalu tampil rapih dan apa adanya. 5 centimeter menggantung mengambang di depan kamu.Malang untuk mendaki Gunung Mahameru. tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya. seperti dalam kutipan berikut: “Biarkan keyakinan kamu. B. berbadan besar dengan kulit hitam. Hasil Analisis 1) Tema Tema dalam novel ini adalah persahabatan yang percaya pada keajaiban mimpi serta keyakinan. leher yang akan lebih sering melihat ke atas. kebersamaan. mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya. Percaya pada 5 centimeter di depan kening kamu. serta nasionalisme. hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya serta mulut yang akan selalu berdoa.” 2) Penokohan Arial Arial adalah sosok lelaki ganteng yang gemar berolahraga. tanggal 14 Agustus mereka kembali bertemu di Stasiun Senen dan atas ide Genta mereka merayakan pertemuan tersebut dengan sebuah perjalanan Jakarta.Setelah 3 bulan berpisah. cinta.

“… ia kebanggaan seluruh tongkrongan karena cuma dia yang bisa tenang…” (hal. ia selalu tersenyum sama siapa saja. pasti Arial turuti apa adanya.82)  Kritis “Siapa saja dan apa saja bisa didebatnya.” Zafran memiliki pandangan berbeda dengan yang lain karena dunia Zafran dipenuhi lantunan syair.” (hal. selalu akbar sama siapa saja.” (hal. dan cerdas.78) . soalnya dia banyak baca dan banyak belajar.” (hal.8)  Ramah “Hmm.” (hal. dari bos sampai cleaning service…” (hal. di mana pun. Adapun karakternya adalah sebagai berikut:  Puitis “Zafran mulai bersyair bimbang. Adapun karakter Riani sebagai berikut:  Karismatik “Dia punya semacam karisma yang bisa bikin orang menengok.92) Riani Riani adalah sosok gadis berkacamata. cantik. Riani adalah aktivis kampus yang hobinya membaca dan berdebat.7)  Asik “…kalo ketawa paling keras. makanya kalo ada dia jadi ramai.” (hal.8)  Apa adanya “Semua tulisan yang Arial baca.8) Zafran Zafran adalah sosok lelaki bertubuh kecil dengan penampilan “standar seniman.

ngasih tahu rumus yang dibanggakannya buat Indomie.127)  Kreatif “…masih nerusin makannya. Adapun karakter Ian sebagai berikut:  Fanatik “Apa aja tentang bola dia tahu dan kebanyakan dia ngabisin waktunya buat bola…” (hal. Adapun karakternya sebagai berikut:  Pantang menyerah “…dia sendiri mengakui kalo Genta itu enggak pernah nyerah…” (hal.9) Ian Ian adalah sosok lelaki bertubuh bengkak yang hobi bola dan nonton film dewasa (17 tahun ke atas).” (hal.140)  Perfeksionis “Genta emang orang yang sangat perfeksionis kalo udah nyebur-nyebur ke wilayah customer intimacy…” (hal.11)  Pantang Menyerah “Sekeluarnya dari ruangan. gue nggak pernah mau nyerah…” (hal.29)  Berjiwa Pemimpin .11)  Pintar “…pasti punya persepsi nih anak pinter banget…” (hal.55) Genta Genta adalah sosok pemimpin di antara sahabat-sahabatnya. Spontan “Zafran adalah orang yang akan bilang apa aja yang dia mau bilang…” (hal. Genta memiliki sifat yang persis Riani. tiba-tiba Ian merasa lega. Genta adalah sosok yang paling dibutuhkan sahabat-sahabatnya karena keterbukaannya. Pasti gue bisa.

“Matahari sore masih tersisa sedikit…” (hal. Riani yang sukses ditempat kerjanya. seperti Ian yang akhirnya menyelesaikan skripsi. banyak kejadian yang terjadi pada tiap orang.206)  Latar Tempat Salah satu latar tempat yang digunakan penulis adalah Ranu Pane. rumah Arial. semuanya gampang nurut sama Genta.” (hal. Selama 3 bulan berpisah.347) 4) Alur Novel ini menggunakan alur campuran. “Mereka menjejakkan kaki di tanah Ranu Pane” (hal. Arial yang jatuh cinta sama Indy. akhirnya Genta berinisiatif untuk berhenti sejenak bertemu satu sama lain selama 3 bulan. “Suara-suara tangis bahagia dan teriakan-teriakan penuh semangat terdengar memenuhi puncak. Genta langsung jawab pertanyaan ketiga temanya.43) 3) Latar  Latar Waktu Salah satu latar waktu yang penulis gunakan adalah sore hari. Saat itu mereka sampai pada titik jenuh setelah 7 tahun selalu bersama. . dimana penulis menceritakan kejadian secara progresif yang diselingi flashback/ kejadian di masa lalu.“Sekarang aja….” (hal. Semuanya langsung setuju.217)  Latar Suasana Salah satu latar suasana yang penulis gambarkan di cerita adalah haru. Adapun alur novel 5cm adalah sebagai berikut:  Awal cerita dimulai saat kelima sahabat sedang kumpul di Secret Garden. semua temannya pun setuju. Disini mereka berlima sempat flashback tentang kejadian Ian mencari jati dirinya sebelum akhirnya menjadi Ian yang sepenuhnya Ian.

Perjalanan dimulai dari naik kereta Matarmaja. naik Jip untuk ke Ranu Pane. beristirahat di Ranu Kumbolo. mendaki Mahameru. 17 Agustus. perjalanan menuju puncak ditemani pemandangan indah dan juga rintangan. sahabat Riani di kantor. Adapun buktinya sebagai berikut: . dan Ian yang akhirnya bisa menikahi Happy Salma. Genta menikah dengan Citra. dan Zafran yang makin jatuh cinta sama Arinda. hingga akhirnya mereka sampai di tanah tertinggi pulau Jawa. Puncak Mahameru. untuk melakukan perjalanan mendaki ke tanah tertinggi. sudut pandang yang digunakkan penulis adalah orang ketiga serba tahu. begitupula persahabatan anak- anak mereka. dimana penulis bertindak sebagai sutradara yang mengetahui segala perasaan maupun konflik batin yang dialami para tokoh. Pada akhirnya cinta bukan untuk dimiliki karena Tuhan memberi apa yang manusia butuhkan. Namun ternyata Riani memendam rasa pada Zafran.  Bagian akhir dari novel ini adalah saat turun dari Puncak Mahameru. Persahabatan mereka tidak pernah berhenti. Genta memberanikan dirinya untuk mengungkapkan segala rasa pada Riani. bertemu Daniek salah satu pendaki setia Mahameru. kekonyolan Zafran dan dunianya yang selalu bisa bikin Riani tersenyum. puncak Mahameru. Zafran menikah dengan Riani. wanita idamannya. Arial menikah dengan Indy. Genta yang sukses jadi Event Organizer. 5) Sudut Pandang Dalam novel ini. yang selama ini dipendam. dan melakukan upacara bendera dengan pendaki yang lainnya.  Bagian tengah dari novel ini adalah saat kelima sahabat ini ditambah Dinda akhirnya bertemu kembali di Stasiun Senen. 14 Agustus.

.28) 6) Gaya Bahasa Dalam penulisan novel. kita harus menerima segala kekurangan dan kelebihan agar tercipta hubungan baik. Genta… Genta… Genta emang yang paling Riani buat Riani…” (hal.207)  Hiperbola “…bergerak cepat mencoba melawan hawa dingin yang sangat menusuk.” (hal. Adapun beberapa majas yang dapat ditemukan adalah sebagai berikut  Personifikasi “Angin sore mengelus wajah mereka berdua.“Batin Riani pun angkat bicara.  Jadilah manusia yang bermanfaat.” 7) Amanat  Keyakinan kuat yang disertai kerja keras akan memberikan hasil seperti apa yang kita impikan.154)  Asosiasi “Mereka menaikkan barang-barang ke dalam jip Land Rover lama yang disulap seperti bak terbuka. penulis menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti. bukan diatur oleh keadaan.” (hal.  Jadilah manusia yang bersyukur atas segala hal yang Tuhan berikan.  Jadilah manusia yang beranggapan bahwa dirinya yang harus mengatur keadaan.  Dalam pertemanan. karena sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain.

Arial (diperankan Denny Sumargo). Resensi ini merupakan sebuah resensi film. Riani (Raline Shah). Dalam perpisahan singkat itu. Zafran(Herjunot Ali). jadi tidak dihubungkan dan tidak dibandingkan dengan novelnya. dan Ian diperankan oleh Igor "Saykoji". mereka menemukan "sesuatu" yang merubah mereka untuk menjalani hidup lebih baik. Raline Shah. Resensi Kisah ini menceritakan persahabatan antara lima pemuda yang bernamaGenta yang diperankan Fedi Nuril. Film ini berdasarkan novel yang berjudul sama karya Donny Dhirgantoro. Akhirnya mereka putuskan kembali untuk bertemu dan merayakan kembali pertemuan mereka dengan mendaki puncak tertinggi di Pulau Jawa yaitu Gunung Semeru. akhirnya pada suatu hari mereka berlima merasa "jenuh" dengan relationship ini. banyak kerinduan yang mereka rasakan. dan akhirnya mereka memutuskan berpisah untuk sementara dan berjanji tidak saling berhubungan dan berkomunikasi satu dengan yang lainnya selama 3 bulan.  Judul Film : 5cm  Sutradara : Rizal Mantovani  Produser : Sunil Soraya  Genre : Drama  Pemeran : Herjunot Ali. Banyak aral melintang dalam perjalanan mereka menuju puncak. Perjalanan mereka ke puncak Semeru untuk mengibarkan bendera Merah Putih di puncak tersebut tepat pada tanggal 17 Agustus. Fedi Nuril. Denny Sumargo. Pevita Pearce  Tanggal Rilis : 12 Desember 2012  Bahasa : Indonesia Diangkat dari Novel National Bestseller ‘5cm’ karya Donny Dhirgantoro Sinopsis Genima remaja yang telah menjalin persahabatan yang cukup lama. Penilaian yang dilihat . Namun setelah 3 bulan berpisah. Sebuah perjalanan yang membuat kelima pemuda ini semakin mencintai Indonesia. Igor Saykoji.

Ian pada saat itu baru muncul. Dia berani mengajak Nindi ke villa puncak orang tuanya. Mereka berkumpul di stasiun kereta untuk keberangkatannya menuju tempat misterius yang Genta janjikan. Kerja keras Ian sempat mengalami cobaan. Tiga bulan lamanya telah berlalu. Tetapi dengan sopan mengajak Nindi. Humor. Riani selalu meminta kuah mie temannya.dari film. Mereka tidak hanya berlima. dan menyukai adiknya Arial bernama Dinda. karena dia ingin menyelesaikan skripsinya yang telah lama dia abaikan. tanpa ada hal yang macam-macam. selalu terdiam bila bertatap-tatapan dengannya. tetapi tetap ada bagian yang memang tidak pantas terjadi di dunia nyata. bila kenalan dengan wanita lain. menonton film yang ‘biru’ dan uniknya selalu suka makan mie. kecuali Ian yang masih dalam perjalanan. Ternyata Zafran bisa dibilang sedang ber-chat dengan Riani. Genta ingin mereka berlima selama tiga bulan tidak boleh bertemu maupun berkomunikasi dengan cara apapun. Mereka semua telah datang. dia ingin meminjam Dongkar ke Ian. mereka akan mendaki menuju puncak Jawa tertinggi. Sama yang sedang diobrolkan di chat Zafran. namanya Dinda. disini kita bisa liat bahwa putus asanya kita. Dia merindukan sahabt- sahabatnya. Arial mengajak adiknya Dinda. Ian terlalu sibuk mengerjakan hal lain seperti bermain game. Rasa penasaran mereka akhirnya terjawab. selalu grogi. tingkah laku. Selama itu kita harus melakukan kegiatan yang ingin dicapai tanpa berhubungan dengan mereka berlima. Riani memang sangat sedih akan keputusan tersebut. yang merupakan pekerja rajin dalam perusahaan bersama Riani. yang scene selanjutnya menuju Riani yang sedang di kantor menunggu hujan reda. Terutama Arial. Mereka berlima semuanya telah lulus masa kuliahnya. berkumpul ditempat mereka biasa ngobrol dan bersantai ria. Zafran selalu menelpon Dinda dengan obrolan yang itu-itu saja. Ian setuju. Dengan begitu dia bisa fokus akan kegiatanannya dengan menyelesaikan skripsi hingga sidang. Pada suatu malam mereka main kerumah Arial. Disini ada scene yang menarik dimana Zafran sedang random chat dengan salah satu akun untuk curhat. Arial yang memiliki tubuh atletis. walaupun kelelalah mengejar kereta yang pada saat itu belum jauh. Ada salah seorang yang bekerja di tempat tersebut. harus setiap hari latihan lari. pada saat dia sedang nge-gym. Keunikan perempuan yang paling cantik ini. Untuk mempersiapkan diri. Ian patah semangat saat dia memberi 300 lembar kuesioner ke salah satu perusahaan. kita harus menolongnya. Tanpa disangka-sangka Genta mempunyai sebuah gagasan yang bikin mereka merasa sedih sekaligus bimbang. tetapi hanya Ian yang belum. dia menyukai Riani tapi tidak bisa diungkapkan walaupun mereka sudah kenal lama. Cocok seperti kuesioner yang Ian teliti. Riani yang merupakan perempuan sendiri selalu menjadi bagian yang terlindungi daripada teman-temannya. dan kebetulan dia bekerja dalam mengurus SDM. Selama satu bulan mereka semua mengalami kegiatan yang tidak biasa. Zafran memiliki keunikan berbeda pastinya. Tetapi. Bisa dibilang mirip ‘MIRc’ gitu. selama seminggu. di Mahameru. tetapi Ian cuek. hanya hubungan jalan di tempat. Sementara itu Zafran sibuk menelpon adiknya Arial. dan percakapan yang terjadi bisa dianggap sebagai keseharian yang pernah terjadi di dunia nyata. tetapi Ian tetap tidak menyerah dia terus berusaha karena orang tua Ian telah merestui Ian untuk kuliah S2 di Manchester. Kereta sudah bergerak. akhirnya dia meminjamkan dongkar milik Ian. dia berhasil kenalan dengan seorang wanita bernama Nindi. bukan karena putus asa kita jadi enggan menolong sesama. . Hubungan mereka berdua selalu datar. bila ada orang yang meminta bantuan ke kita. Kisah mereka ternyata terus berjalin hingga mendekati akhir film ini. dia seorang yang puitis. Riani merasa dia tidak kuat tanpa mereka semua yang selalu bersama dalam berkegiatan maupun berkomunikasi. Genta. Genta menghubungi sahabatnya dan memberitahui mereka. Kuesioner Ian tentang SDM. Ian akhirnya berhasil naik ke dalam kereta.

Kelucuan pun terjadi saat mereka sudah sampai di tanjakan cinta. dipercaya keinginannya akan terwujud. Keindahan alam Indonesia yang memang tidak ada duanya di mana pun. Keindahan Mahameru dan sekitarnya begitu menakjubkan. bayangannya Zafran ingin berpasangan dengan Dindan dan Ian bersama Happy Salma. tubuh bisa kaku kedinginan. Arial yang saat itu tidak kuat lagi.Berenam mereka mempersiapkan diri dari tempat penginapan hingga perjalanan mendaki ke puncak. dan tangan yang berbuat lebih banyak Leher yang akan lebih sering melihat ke atas Mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja Hati yang akan bekerja lebih keras Serta mulut yang akan selalu berdoa Dan setiap kali impian dan cita-cita muncul. dan Ian pun sadar dengan kesadaran yang lucu. Suhu di tempat tersebut sangat dingin. puncak tertinggi di pulau Jawa. Mereka berlima menolong Ian. otomatis Zafran dan Ian mengengok kebelakang. dan jangan lepaskan ! Yang kita perlukan adalah kaki yang berjalan lebih jauh. mereka berlima sudah mencapai kaki Mahameru. Zafran yang pada saat itu sangat terpukul karena sahabatnya sudah tiada. melihat matahari terbit 17 Agustus. Mengibarkan bendera merah putih. biarkan menggantung 5 cm di depan kening. Supaya tidak terlepas dari mata kita . dia akhirnya bisa melanjutkan mendaki. Jangan menempel. Taruh puncak itu di depan kita. dia berteriak memanggil Ian. dinamakan cinta karena bentuk dari tanjakan itu membentuk simbol ‘cinta’. Tiba-tiba Genta memanggil mereka berdua dari bawah. kekonyolan mereka berdua membuat mereka putus asa akan keinginannya. Sebagai warga negara Indonesia. Zafran dan Ian langsung mendahului. letakkan di depan kening kita. patut bersyukur atas apa yang Tuhan berikan. Setelah semuanya sadar dan kuat. dengan dorongan semangat dari teman-temannya. dari alam maupun isinya. beberapa saat mereka akhirnya sadar. Ian pingsan karena terbentur runtuhan batu yang lumayan besar sangat keras dihadapannya. Saat menegangkan pun tiba. bila tidak banyak bergerak. Kejadian saat mendaki kembali terjadi. Jika kita menanjak tanpa melihat kebawah dan memikirkan seorang wanita yang ingin kita miliki. Dinda mengalami luka disamping kiri bagian bawah telinga. runtuhan batu dan kerikil mengenai Dinda dan Ian. mereka berhasil mencapai puncak Mahameru. Genta berusaha membangunkan Ian dengan napas buatannya dan menekan bagian dadanya agar bisa sadar.

jadi sulit dikendalikan. Menurut penilaian saya pribadi dari segi film bukan buku : o Kelebihan : Judul film ini sangat unik dan pendek tapi memiliki cerita yang sangat menyentuh. Dengan judul yang simple. karena filmnya memang sangat bagus untuk ditonton :) 1.Dan yang bisa dilakukan seorang manusia terhadap mimpi dan keyakinannya adalah Ia hanya tinggal mempercayainya. Seharusnya bila ingin terlihat lebih baik. 2.Kelebihan dan Kekurangan Film : o Kelebihan : Film ini sangat bagus dari segi cerita. hanya sebagian yang kita lihat. Tetapi mungkin demi keselamatan Ian tidak ingin mengambil resiko bila terjadi kecelakaan karena tidak ada yang menarik Ian masuk. film ini merupakan salah satu film terbaik dari seluruh perfilman Indonesia . Karena badan Ian gemuk. adegan dan pemilihan lokasi.Kesan Kesan saya terhadap film ini. Ian bisa langsung lewat pintu masuk yang dibelakangnya. namun sangat mengesankan dan memberi banyak pesan moral. o Kekurangan : Menampilkan Mahameru dan sekitarnya kurang diekspos secara luas. saat Ian mengejar kereta yang sudah bergerak maju. Menurut saya. Kesan dari film 5cm adalah Banyak pesan dan moral yang bisa kita ambil dalam film 5cm ini. tetapi dibelakang ada pintu masuk yang terbuka. Ada kecerobohan disalah satu adegan di stasiun kereta. Hanya view yang bagus saja yang diambil. o Kekurangan : Banyak adegan yang di potong pada saat melakukan pendakian di jalur yang sulit. film ini sangat bagus yang menceritakan tentang persahabatan. Tidak ada kata penyesalan untuk menonton film 5cm. Dan dalam film ini banyak menyampaikan pesan moral yang dapat kita terapkan pada kehidupan kita sehari-hari. Film yang bisa bikin penontonnya lebih menghargai dan meningkatnya rasa nasionalis bangsa Indonesia. dia mengejar pintu masuk yang sudah ditunggu teman-temannya.

.sebelumnya. Film ini sangat bagus untuk ditonton dan bisa dijadikan pembelajaran.