You are on page 1of 6

PROSEDUR PENYUSUNAN STANDAR

PELAYANAN KLINIS

No. Dokumen :

No Revisi :
SOP
Tanggal :
terbit
Halaman : 1/2

Kepala Puskesmas
Kondoran
KABUPATEN
TANA TORAJA Helina Simak, SKM
NIP. 19640401 198503 2 008

1. Pengertian Penyampai informasi hasil peningkatan mutu
layananklinis dan keselamatan pasien adalah kegiatan
menyampaikan atau menyalurkan data – data mengenai
hasil peningkatan mutu dan keselamatan pasien kepada
petugas klinis yang memberikan layanan klinis di
Puskesmas Kondoran.
2. Tujuan Sebagai informasi hasil peningkatan mutu layanan klinis
dan keselamatan pasien
3. Kebijakan  Sebagai pedoman penyampaian formasi hasil peningkatan
mutu layanan klinis dan keselamatan pasien
 Pelaksanaan penyampai informasi hasil peningkatan mutu
layananklinis dan keselamatan pasien harus mengikuti langkah-
langkah yang tertuang dalam SOP

4. Referensi
5. Prosedur a. Tim mutu Puskesmas mengumpulkan informasi
mengenai hasil peningkatan mutu layanan klinis dan
keselamatan pasien yang akan disosialisasikan atau
disampaikan kepada seluruh petugas klinis di
Puskesmas,
b. Tim mutu Puskesmas mencatat semua informasi
mengenai hasil peningkatan mutu layanan klinis dan
keselamatan pasien yang diperoleh,
c. Tim mutu Puskesmas menentukan metode untuk
mensosialisasikan atau menyampaikan informasi
kepada petugas klinis, yaitu dengan
menyampaikannya di minilokakarya Puskesmas dan
menempelkannya di papan informasi Puskesmas,
d. Tim mutu Puskesmas menyampaikan laporan

e. m. g. f. Tim mutu Puskesmas membuat laporan mengenai sosialisasi atau penyampaian informasi hasil peningkatan mutu layanan klinis dan keselamatan pasien. Tim mutu layanan klinis menganalisa penyebab capaian mutu layanan klinis kepada tiap petugas klinis. l. . hasil evaluasi sosialisasi dan rencana tindak lanjut terhadap hasil evaluasi tersebut. k. Tim mutu Puskesmas menyampaikan informasi hasil peningkatan mutu layanan klinis dan keselamatan pasien kepada semua petugas klinis yang hadir di dalam minilokakarya. Tim mutu Puskesmas menyampaikan laporan tersebut kepada Dinas Kesehatan kabupaten Tana Toraja. Tim mutu Puskesmas mengevaluasi keefektifan dari sosialisasi atau penyampaian informasi hasil peningkatan mutu layanan klinis dan keselamatan pasien. informasi hasil peningkatan mutu layanan klinis dan keselamatan pasien kepada Kepala Puskesmas dan meminta persetujuan Kepala Puskesmas untuk menyampaikannya kepada semua petugas klinis di dalam minilokarya dan dengan menempelkannya di papan informasi. Tim mutupuskesmasmerencanakantindaklanjutterhadapha silevaluasitersebut. n. h. i. Tim mutu dan semua petugas klinis mencari pemecahan masalah dan penyebab capaian mutu layanan klinis yang tidak sesuai dengan target. Tim mutu Puskesmas juga menempelkan semua informasi hasil peningkatan mutu layanan klinis dan keselamatan pasien yang disampaikan di minilokakarya pada papan informasi Puskesmas. j. Tim mutu layanan klinis menghimbau petugas klinis untuk memperbaikimutu. Tim mutu Puskesmas menyampaikan laporan tersebut kepada kepala Puskesmas.

Diagram Alir Mengupulkan data-data Menganalisa data-data Menyimpulkan tersebut Meminta persetujuan Melaporkan hasil Membuat laporan kekepala puskesmas tersebut kekepala hasil puskesmas Membahas Disapaikan dalam Ditempel pada papan cara/metode distribusi rapat/ minilok informasi Dekumentasi dan evaluasi 7.mulaidiberlakuka o n . RekamanHistorisPerubahan N Yang dirubah Isi Perubahan Tgl.6. Referensi 8. UnitTerkait 9.

Kode : Terbitan : DAFTAR No. Apaka Tim h . PENYAMPAI INFORMASI HASIL PENINGKATAN MUTULAYANANKLINISDAN KESELAMATAN PASIEN No. Apaka Tim mutu Puskesmas mencatat semua h informasi mengenai hasil peningkatan mutu layanan klinis dan keselamatan pasien yang diperoleh? 3. Revisi : TILIK Tgl. Apaka Tim mutu Puskesmas mengumpulkan h informasi mengenai hasil peningkatan mutu layanan klinis dan keselamatan pasien yang akan disosialisasikan atau disampaikan kepadaseluruh petugas klinis di Puskesmas? 2. : PUSKESMAS MulaiBerlaku KONDORAN Halaman : 1/2 N Tidak Kegiatan Ya Tidak o Berlaku 1. yaitu dengan menyampaikannya di mini lokakarya Puskesmas dan menempelkannya di papan informasi Puskesmas? 4. Apaka Tim mutu Puskesmas menentukan h metode untuk mensosialisasikan atau menyampaikan informasi kepada petugas klinis. Apaka Tim mutu Puskesmas menyampaikan h laporan informasi hasil peningkatan mutu layanan klinis dan keselamatan pasien kepada Kepala Puskesmas dan meminta persetujuan Kepala Puskesmas untuk menyampaikannya kepada semua petugas klinis di dalam mini lokarya dan dengan menempelkannya di papan informasi? 5. Apaka Tim h mutuPuskesmasmenyampaikaninformasih asilpeningkatanmutulayananklinisdankesel amatanpasienkepadasemuapetugasklinis yang hadir di dalam mini lokakarya? 6.

Apaka Tim mutu Puskesmas menyampaikan h laporan tersebut kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja? CR : …………………………%. Apaka Tim h mutulayananklinismenghimbaupetugas klinis untuk memperbaiki mutu? 9. Apaka Tim h mutupuskesmasmerencanakantindaklanjut terhadap hasil evaluasi tersebut? 12. 23 Februari 2017 Pelaksana / Auditor . mutulayananklinismenganalisapenyebabc apaianmutulayananklinis kepada tiap petugas klinis? 7. hasilevaluasisosialisasidanrencanatindakla njut terhadap hasil evaluasi tersebut? 13. Kondoran. Apaka Tim h mutudansemuapetugasklinismencaripeme cahanmasalahdanpenyebabcapainanmutul ayananklinis yang tidak sesuai dengan target? 8. Apaka Tim mutu Puskesmas menyampaikan h laporan tersebut kepada kepala Puskesmas? 14. Apaka Tim mutu Puskesmas membuat h laporanmengenaisosialisasiataupenyampai aninformasihasilpeningkatanmutulayanank linisdankeselamatanpasien. Apaka Tim h mutuPuskesmasjugamenempelkansemuai nformasihasilpeningkatanmutulayananklini sdankeselamatanpasien yang disampaikan di mini lokakarya pada papan informasi Puskesmas? 10. Apaka Tim h mutuPuskesmasmengevaluasikeefektifand arisosialisasiataupenyampaianinformasiha silpeningkatanmutulayanan klinis dan keselamatan pasien? 11.

.(…………………….) .