You are on page 1of 4

PEMERINTAH KABUPATEN BULELENG

DINAS KESEHATAN
PUSKESMAS SAWAN I
Jln. Raya Sangsit - Singaraja Kode Pos: 81171 TeIp.(0362) 24960
EMAIL : puskesmas_sawan1@yahoo.com

NOTULEN RAPAT TINJAUAN MANAJEMEN

I. Pembukaan :

Acara rapat tinjauan manajemen di buka oleh dr Putu Karnasih pada pukul 11.00 wita dengan
ucapan Om swastiastu, pada kesempatan hari ini kita melakukan kegiatan rapat tinjauan
manajemen.Semoga rapat ini bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

II. Materi (disampaikan oleh penanggung jawab mutu)

1. Umpan balik pelanggan
Ada 4 point nilai terhadap mutu pelayanan survey kepuasan pelanggan yaitu tidak baik
25-43,75,kurang baik 43,76-62,50,baik 62,51-81,25,sangat baik 81,26-100 Hasil survey
kepuasan pelanggan Puskesmas Sawan 1 mendapat nilai indeks pelayanan 78, 42 yang
diinterpretasikan dengan mutu pelayanan Baik, Namun ada beberapa unsur pelayanan
yang perlu ditingkatkan yaitu kedisiplinan petugas pelayanan dan kenyamanan
lingkungan.
Dalam periode sampai Juli 2016, Puskesmas Sawan 1 telah mendapat komplain secara
lisan yaitu mengenai ketidaknyamanan pasien di ruang tunggu, melihat penunggu lain
sedang menyusui
.
2. Pemaparan monitoring Sasaran Mutu
Hasil monitoring sasaran mutu dari unit pelayanan dan kepegawaian sudah sesuai target
sasaran yang dapat dilihat pada buku pantau masing-masing unit

3. Laporan hasil Audit Internal terlampir dalam log status
- Selain Pelayanan Gawat Darurat dan Kepala Puskesmas, semua status sudah
close.pada pelayanan UGD belum adanya MOU kerjasama rujukan,untuk Kepala
Puskesmas Belum mengikuti pelatihan manajemen Puskesmas
- Untuk program UKM kegiatan perbaikan dan evaluasi dilakukan 6 bulan berikutnya
yaitu pada bulan februari 2017.
- Didapati Kejadian Tidak Diinginkan akibat bed ambulan yang rusak, agar tim PMKP
segera melakukan evaluasi.

4. Peningkatan Proses Kinerja

cakupan komplikasi neonatal belum terpenuhi Pada program gizipenilaian kinerja belum mencapai target karena rendahnya tingkat partisipasi masyarakat IV.32% termasuk kategori kinerja cukup  Kinerja kegiatan manajemen puskesmas dengan nilai 9.cakupan K4 belum terpenuhi. III. Jawaban dari ketua PMKP: akan segera ditindaklanjuti 2. Penanggungjawab UKM. disediakan tempat kotak saran atau bisa menyampaikan langsung di ruang informasi Hasil Penilaian Kinerja Puskesmas Sawan 1 sebagai berikut:  Kinerja cakupan pelayanan kesehatan dengan nilai 96. Rencana Tindak Lanjut NO MASALAH RENCANA TINDAK LANJUT . Laporan dari Petugas apotik Ketut Dewi Purniati bahwa pada tanggal 1 Agustus 2016 ditemui kejadian nyaris cidera dimana terjadi kesalahan penulisan pada resep poli gigi tidak sesuai dengan yang tertera dalam rekam medic. Bagi masyarakat yang ingin memberikan komplain atau pengaduan pelayanan kesehatan di Puskesmas Sawan 1.deteksi factor resiko belum terpenuhi. dengan pertanyaan: Berdasarkan hasil penilaian kinerja puskesmas. Peningkatan Sumber Daya Puskesmas Sawan 1 belum memiliki tenaga farmasi.petugas rekam medis dan tenaga kesehatan masyarakat untuk meningkatkan peningkatan sumber daya. Hasil SMD dan MMD  Dari kriteria penyakit ternyata didapatkan angka penyakit tidak menular (HT) posisinya paling tinggi muncul di masyarakat  Tingkat konsumsi garam beryodium pada ibu hamil masih rendah (25%) 6.7 % termasuk dengan kategori kinerja baik 5. Diskusi dan Tanya Jawab 1. mengapa hasil cakupan pelayanan kesehatan belum baik? Jawaban dari penanggungjawab mutu: Karena hasil dari pencapaian program upaya kesehatan esensial yaitu KIA/KB dan Gizi belum baik Pada program KIA/KB: akses K1 belum tercapai.6% termsuk dengan kategori kinerja baik  Kinerja mutu pelayanan kesehatan dengan nilai 9.

Pada pelayanan UGD belum Rujukan ke Dinas Kesehatan adanya MOU kerjasama Mengusulkan pelatihan manajemen rujukan.32% Meningkatkan KIE pada ibu hamil untuk karena pada program KIA/KB akses melakukan ANC sejak tidak mendapat K1 belum tercapai. Kejadian tidak diinginkan Tim PMKP melakukan evaluasi akibat bed ambulance yang rusak Mengajukan permohonan pembuatan MOU 2. Kepala Puskesmas Belum Puskesmas ke Dinas Kesehatan mengikuti pelatihan manajemen Puskesmas 3 Hasil penilaian kinerja cakupan Pemegang wilayah melaksanakan PWS pelayanan kesehatan dengan dengan melibatkan kader kesehatan kategori cukup dg nilai 96. Komplain secara lisan Membuatkan ruangan Khusus laktasi mengenai ketidaknyamanan pasien di ruang tunggu melihat penunggu lain sedang menyusui 2 Dari hasil audit didapat: 1. 3.1 Dari hasil survey kepuasan pelanggan di dapat hasil: 1. .cakupan K4 menstruasi.meningkatkan peran serta belum terpenuhi. Kenyamanan lingkungan Mengusulkan pemapingan halaman masih kurang Puskesmas Ke dinas kesehatan 3. Disiplin petugas masih Akan diadakan apel pagi untuk kurang meningkatkan disiplin petugas 2.cakupan factor resiko pada ibu hamil komplikasi neonatal belum terpenuhi Meningkatkan pendekatan kepada tokoh Program Gizi belum memenuhi masyarakat untuk lebih menggerakkan target karena rendahnya tingkat masyarakat yang datang ke posyandu partisipasi masyarakat 4 Hasil SMD MMD  Dari kriteria penyakit ternyata Di berdayakan kegiatan Posbindu di setiap didapatkan angka penyakit tidak desa dengan kegiatan pemeriksaan dan menular (HT) posisinya paling pemberian therapy penyakit penyakit kronis tinggi muncul di masyarakat disertai penyuluhan tentang penyakit hipertensi dan pencegahan resiko stroke.deteksi factor masyarakat untuk melakukan infeksi dini resiko belum terpenuhi.

00 wita dengan mengucapkan Om Santhi. Putu Karnasih NIP.petugas rekam dan tenaga kesehatan masyarakat medik dan tenaga kesehatan masyarakat. Santhi. Shanti Om Mengetahui.petugas rekam medis pemenuhan tenaga farmasi. Sawan. 19730623 200904 2 002 Dr. 19840507 201101 2 010 . Luh Putu Rosiawati NIP.  Tingkat konsumsi garam Pemantauan dan penyuluhan gayo di beryodium pada rumah tangga posyandu dan di sekolah masih rendah (25%) 5 Puskesmas Sawan 1 belum memiliki Mengusulkan kepada dinas kesehatan untuk tenaga farmasi. Laporan dari Petugas apotik Ketut Melaporkan kepada Tim PMKP untuk Dewi Purniati bahwa pada tanggal 1 dianalisa dan dievaluasi Agustus 2016 ditemui kejadian nyaris cidera dimana terjadi kesalahan penulisan pada resep poli gigi tidak sesuai dengan yang tertera dalam rekam medic. V. untuk meningkatkan SDM 6 1. 9 Agustus 2016 Kepala Puskesmas Sawan 1 Penanggung jawab Manajemen Mutu Dr. Penutup Rapat ditutup oleh kepala puskesmas pada pukul 14.