You are on page 1of 11

Tugas Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi Terkait FEB UI

Arika Putri Nadiyah / 1306395426

Ofira Pakpahan / 1306379593

Larasati Harryndra Utami / 1306454082

Yulia Rachma Pertiwi / 1306453956

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Indonesia

2015

Struktur dan Elemen-Elemen yang ada di FEB UI (ARIKA)

Berikut di tampilkan Struktur organisasi dari FEB UI untuk periode waktu berjalan 2014-2017. Bisnis proses adalah sistem yang terkoordinasi dan memiliki aktivitas yang terstruktur serta tugas dan tujuan yang dilakukan oleh perorangan atau sebuah sub-divisi. 1 .Semua organisasi membutuhkan informasi yang akan membuat setiap pengambilan keputusan dapat berjalan efektif. Semua organisasi memiliki sebuah kriteria bisnis proses sendiri yang akan digunakan secara terus menerus dalam periode tertentu.

Dari gambar struktur keseluruhan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia memiliki bagian bagian sub-kelompok atau sub-divisi. dan S3 pascasarjana ilmu manajemen 6. Berikut bagian dari struktur beserta tugas dan tujuan dari bagian tersebut: 1. S1 Ekstensi. S2 magister akuntansi. Pusat Administrasi Fakultas Adapun struktur pusat administrasi FEB UI adalah sebagai berikut: 2 . Akuntansi dan Manajemen 4. S2 magister perencanaan dan kebijakan publik. dan S3 pascasarjana ilmu akuntansi 5. S1 Ekstensi. S2 pascasarjana ilmu akuntansi. Dewan guru besar berfungsi melakukan pembinaan kehidupan akademik dan integritas moral serta etika dalam lingkungan civitas akademika Universitas Indonesia Kemudian. program profesi. Program Studi S1 Ilmu Ekonomi Islam: menyediakan mahasiswa program studi Ilmu ekonomi Islam untuk jenjang S1 3. Departemen Ilmu Ekonomi: menyediakan mahasiswa program studi Ilmu ekonomi untuk jenjang S1 Reguler. Kelas khusus Internasional: menyediakan mahasiswa kelas khusus internasional yaitu program studi Ilmu Ekonomi. Senat akademik fakultas merupakan badan normatif tertinggi di universitas dalam bidang akademik yang terdiri dari Rektor. Dekan: sebagai pemimpin fakultas menjalankan kegiatan pendidikan. S2 magister manajemen. S2 pascasarjana ilmu ekonomi. para Dekan Fakultas. para Wakil Dosen Non Guru Besar yang dipilih melalui pemilihan 4. Program Studi S1 Bisnis Islam: menyediakan mahasiswa program studi Bisnis Islam untuk jenjang S1 2. para Guru. dapat disimpulkan bahwa FEB-UI memilki 7 elemen utama yaitu: 1. Departemen Akuntansi: menyediakan mahasiswa program studi Akuntansi untuk jenjang S1 Reguler. Departemen Manajemen: menyediakan mahasiswa program studi Manajemen untuk jenjang S1 Reguler. administrasi serta penghubung dengan rektor 2. dan S3 pascasarjana ilmu ekonomi 7. Wakil dekan: bertugas membantu dekan sesuai dengan pembagian tugas yang dilakukan sebelumnya 3. S2 pascasarjana ilmu manajemen.

pusat kegiatan mahasiswa. Wakil dekan II memilki tanggung jawab dalam bidang sumberdaya dan bidang ventura serta kerjasama alumni: membawahi divisi unit bidang umum (keuangan. bidang penelitian dan bidang kemahasiswaan: membawahi divisi unit pengembangan. serta bidang pedidikan 3. pusat sumber belajar perpustakaan.Selanjutnya adalah struktur dari pusat administrasi FEB-UI yang memilki 4 elemen yaitu: 1. sistem informasi dan fasilitas) dan bidang ventura kerjasama alumni (pusat ekonomi bisnis syariah. riset dan pengabidan masyarakat. Unit penjamin mutu akademik: bertugas untuk selalu memastikan kualitas akademik di FEB-UI selalu terstandar dan memilki performa yang baik 2. Sekretaris pimpinan membawahi kantor internasional. renbang dan humas. Wakil dekan I yang memiliki tanggung jawab dalam bidang pendidikan. UKM center dan career develpoment center) 4. sumber daya manusia. 3 .

Sistem Informasi Akuntansi terkait dengan FEB UI (TIWI) Setiap organisasi pasti terkait dengan hal-hal mengenai akuntansi. Pengawasan internal dan tingkat keamanan yang melindungi data sistem informasi akuntansi Dalam hal ini. Prosedur dan instruksi yang digunakan untuk mengumpulkan. berapa jumlah pembelian yang dilakukan untuk melakukan aktivitas bisnisnya. dan jaringan komunikasi yang digunakan dalam Sistem Informasi Akuntansi 6. Pengumpulan data ini disebut sebagai bisnis proses. berapa banyak barang yang terjual. Orang-orang yang menggunakan sistem tersebut 2. dan menyimpan data 3. Bisnis proses juga erat kaitannya dengan give-get exchange atau siklus transaksi. mengawasi. termasuk komputer. seperti berapa pendapatan yang ada.Setiap elemen organisasi memilki tugas masing-masing. Software yang digunakan untuk memproses data 5. alat-alat terkait. Sistem informasi akuntansi adalah sistem yang diperlukan dalam setiap organisasi untuk memproses data yang berkenaan dengan akuntansi. melaksanakan. organisasi seperti FEB UI juga memerlukan adanya sistem informasi akuntansi karena setiap elemen yang ada di FEB UI selalu berkaitan dengan data-data penting yang perlu diolah sedemikian rupa agar menghasilkan informasi yang berguna untuk menghasilkan keputusan bagi setiap struktur maupun FEB UI secara keseluruhan. Sistem informasi akuntansi juga diperlukan oleh FEB UI untuk mempermudah FEB UI dalam menyimpan data-data penting terkait aktivitas yang dilakukan oleh setiap elemen yang ada. Ada enam komponen dalam sistem informasi akuntansi: 1. maka semua elemen harus mengetahui informasi terkait dengan visi misi organisasi. Sistem informasi akuntansi juga dapat mengubah data menjadi informasi sehingga setiap elemen yang ada dapat merencanakan. Data mengenai organisasi dan aktivitas bisnis organisasi tersebut 4. memproses. Untuk membuat keputusan yang efektif pada setiap divisi. keterkaitan antara setiap divisi dan elemen dan mengetahui bagaimana mengumpulkan setiap data yang dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah informasi. dan mengevaluasi terkait hal-hal 4 . Infrastruktur teknologi informasi.

4. Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya dari produk dan jasa. Contoh: hal-hal terkait dengan akuntansi dari setiap departemen yang ada dapat diolah dengan lebih cepat sehingga pengambilan keputusan yang terkait dapat segera dibuat. Meningkatkan stuktrur pengawasan internal. Meningkatkan efisiensi. 5 . Sistem informasi akuntansi dapat mengidentifikasi situasi yang memerlukan manajemen yang baik 2. Manfaat Sistem Informasi Akuntansi dalam FEB UI Manfaat sistem informasi akuntansi yang paling utama dalam FEB UI adalah menyajikan informasi yang berguna untuk mendukung elemen-elemen yang ada mengambil keputusan terkait aktivitas organisasi dalam rangka mencapai visi dan misinya. Sistem informasi akuntansi dapat menyediakan informasi yang akurat. Manfaat sistem informasi akuntansi dalam membantu FEB UI dalam pengambilan keputusan antara lain dapat dicapai dengan cara: 1. 2. Sistem informasi akuntansi dapat menyimpan informasi mengenai hasil dari keputusan sebelumnya yang berguna dan dapat digunakan untuk meningkatkan keputusan yang akan diambil berikutnya 4. Contoh: FEB UI memiliki data basis yang berisikan informasi mengenai berapa pemasukkan yang mengalir ke FEB UI serta berasal dari mana pemasukan tersebut. Contoh: Sistem informasi akuntansi dengan stuktrur pengawasan internal yang tepat dapat melindungi sistem dari error. Contoh: Sistem informasi akuntansi dapat digunakan untuk mengolah data yang dibutuhkan oleh setiap departemen kemudian diubah menjadi informasi dan informasi tersebut dapat digunakan untuk mendukung komunikasi antar departemen yang ada di FEB UI. manfaat sistem informasi akuntansi terpenting lainnya adalah untuk menambahkan nilai (add value) dengan cara: 1. 3. Menyebarluaskan pengetahuan. Sistem informasi akuntansi dapat mengurangi ketidakpastian dan karenanya dapat membuat kemungkinan alternatif 3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari rantai pasokan 5. Selain itu.mengenai akuntansi serta menyediakan kontrol yang memadai untuk menjaga aset dan data yang dimiliki FEB UI. kegagalan sistem dll.

Business Processes or Transaction Cycles di FEBUI (Laras) Sumbangan alumni Sumbangan pemerintah Citra baik Sallary 6 . Contoh: adanya sistem informasi akuntansi mempermudah FEB UI dalam mengambil keputusan karena informasi yang dibutuhkan secara cepat digunakan oleh setiap elemen yang ada. Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan. 6.

yang dalam organisasi FEB UI ini merupakan proses pembelian jasa. Pegawai Dosen Dari bagan diatas dapat dijelaskan bahwa dalam hal get and give cash (exchanges) terdapat lima group dari Business Process atau Transaction Cycles. SBMPTN. Dalam kasus organisasi FEB UI kelompok kami tidak hanya menekankan pada pengelolaan pegawai dan para dosen melainkan juga pengelolaan terhadap para mahasiswa. Human Resources/ Payroll Cycle merupakan rangkaian aktivitas yang berhubungan dengan cara yang efektif dalam mengelola pegawai (Romney & Steinbert. mempersiapkan 7 . Sedangkan untuk pengelolaan mahasiswa terdapat Bidang Pendidikan berupa Biro Pendidikan yang mengatur hal-hal yang berkaitan dengan jadwal perkuliahan. Dari proses ini akan dihasilkan Raw Materials berupa dosen-dosen berkualitas dan mahasiswa yang telah terseleksi sebelumnya melalui berbagai jalur ujian masuk seperti melalui SNMPTN. yang terdiri atas : Expenditure Cycle merupakan rangkaian kegiatan bisnis yang berhubungan dengan pembelian serta pembayaran barang dan jasa. PPKB. Talent Scouting dan SIMAK. 2005). Pengelolaan Pegawai didukung dengan adanya Bidang Umum yang terdiri dari Bidang Keuangan dan Bidang Sumber Daya Manusia.

serta hubungan dengan para alumni. Proses ini juga dibantu oleh proses akademik dari tiap tujuh elemen yang ada di FEB UI yaitu. Program Studi S1 Ilmu Ekonomi Islam. Program Studi S1 Bisnis Islam. dan Departemen Manajemen. 2005). penelitian yang mutakhir dan berkualitas. Dengan hasil finish goods/services yang demikian. Departemen Akuntansi. Kelas khusus Internasional. selama menimba ilmu di fakultas ini mahasiswa akan dikenai dan harus membayar biaya pendidikan. perkembangan kerjasama dalam dan luar negeri secara berkelanjutan akan menghasilkan kepuasan lulusan dari FEB UI yang nantinya akan memberikan future benefit kepada para lulusannya berupa citra yang semakin baik bagi FEB UI dan memungkinkan FEB UI untuk mendapatkan sumbangan financial dari para lulusannya. Revenue Cycle merupakan rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pemrosesan informasi terkait yang terus berulang dengan menyediakan barang dan jasa ke para pelanggan dan menagih kas sebagai pembayaran dari penjualan-penjualan tersebut (Romney & Steinbert. 8 . Raw Materials berupa mahasiswa yang telah terseleksi akan di didik oleh dosen-dosen berkualitas yang akan menghasilkan Finish Goods/Services berupa kualitas lulusan yang baik. Production Cycle merupakan proses dimana Raw Materials akan diubah menjadi sebuah Finish Goods/ Services. Finish Goods/Service berupa kualitas lulusan yang baik. biaya pendidikan oleh mahasiswa. penelitian dan pengabdian masyarakat yang ada di FEB UI. Departemen Ilmu Ekonomi. pengabdian kepada masyarakat yang tepat guna. dan sumbangan dari para alumni FEB UI yang nantinya dapat dipergunakan untuk memberikan gaji kepada para pegawai dan dosen. menghasilkan penelitian yang mutakhir dan berkualitas. Financing Cycle merupakan proses yang berkaitan dengan perolehan dan manajemen dana modal termasuk kas. pengabdian kepada masyarakat yang tepat guna.bahan-bahan yang diperlukan untuk evaluasi studi mahasiswa dan Bidang Kemahasiswaan yang berkaitan dengan beasiswa. Perolehan dana oleh FEB UI di dapat dari sumbangan pemerintah akan pendidikan. serta layanan pendidikan. perkembangan kerjasama dalam dan luar negeri secara berkelanjutan yang akan menghasilkan kepuasan pelanggan yang dalam hal ini adalah lulusan dari FEBUI. Dalam kasus organisasi FEB UI.

Referensi Romney.uinjkt.ui.id/tentang-ui/struktur-ui.html http://wempi.staff. Pearson Prentice Hall.id/tata-tertib.html http://www.ui.ac.id/files/2011/09/Rev-1-Proses-Bisnis.ac.ub.id http://dgb. New Jersey 2012 http://feb. “Accounting Information System”.ac.ac.Dari kelima group tersebut akan didapatkan sebuah data dan informasi yang akan dibentuk menjadi sebuah Laporan Keuangan berupa General Ledger dan Reporting System yang ada di FEB UI.. Marshal.pdf http://pustipanda.ac. Paul Steinbart.ui. 12 edition.id/business-service-business-process-dan-it-service-di-institusi- pendidikan/ 9 .

10 .