You are on page 1of 6

CANARD

Sebuah canard dapat melayani dua tujuan; dapat meningkatkan kontrol pesawat, yang sering
terlihat di pesawat tempur. Canard juga dapat memberikan kontribusi untuk gaya angkat,
menggantikan horizontal stabilizer dan - secara teoritis - mengurangi gaya seret secara
keseluruhan.
Bagaimana sebuah gaya angkat canard mengurangi drag? Yaitu dengan mengurangi jumlah total
gaya angkat pesawat perlu untuk dihasilkan, yang menurunkan hambatan. Namun, hal ini dengan
konsekuansi - canard bisa membuat tidak stabil dan mengurangi pemulihan stall.

Meningkatkan Kinerja Dengan Penurunan Lift

Kebanyakan pesawat menggunakan stabilizer horizontal pada ekor untuk menjaga stabilitas,
seperti pada pesawat Cessna 172. Dengan pusat gravitasi berada di depan pusat gaya angkat
sayap, pesawat tersebut ingin agar hidung pesawat miring ke bawah. Namun, horizontal
stabilizer pada ekor bertindak sebagai sayap mini menghasilkan gaya angkat ke bawah (disebut
gaya tekan ke bawah ekor) dan memiringkan hidung kembali ke atas.

Ada gaya ke bawah di sini - sayap perlu cukup menghasilkan lift untuk menentang baik berat dan
stabilizer gaya tekan ke bawah ekor. Jadi, jika pesawat berbobot 2.000 pounds dan ekor
menghasilkan 250 pounds gaya tekan ke bawah ekor, sayap pesawat perlu untuk menghasilkan

500 pounds gaya angkat untuk terbang (2250 pounds dari sayap. Untuk menyeimbangkan kecenderungan turunnya hidung pesawat secara alami. yang berarti lebih banyak kinerja.050 pounds gaya angkat. Selisih 250 pounds gaya angkat menciptakan gaya seret lebih - menurunkan kinerja dan efisiensi.yang membantu melawan berat badan. Long-EZ harus memiliki gaya seret yang lebih sedikit. dan menempatkan pusat gaya angkat sayap ke belakang pusat gravitasi.250 pounds gaya angkat. dibandingkan dengan 1. Dan canard menghasilkan 250 pounds gaya angkat untuk menyeimbangkan pesawat.300 pounds. Jika pesawat beratnya 1.300 pounds gaya angkat yang dibutuhkan untuk menerbangkan 1300 pounds Long-EZ. Canard pada dasarnya menggerakan naik ekor horisontal sampai ke hidung pesawat. Cessna harus menghasilkan total 2. dan 250 pounds dari ekor) . sayap hanya perlu untuk menghasilkan 1.2. . canard yang menghasilkan gaya angkat ke atas .lebih 500 pounds dari total berat.

Dalam hal ini. Pesawat sekarang memasuki sebuah stall yang lebih dalam dan menjadi tidak terpulihkan. pusat gravitasi akan menuurunkan sayap dan ekor. Dalam kasus Cessna itu. jika sayap stall sebelum ekor. sayap yang lebih besar ini menambah berat dan drag. Namun. mengurangi efisiensi desain stabilitas. Namun. aerodinamika tidak pernah sesederhana itu. Canards juga bisa membuat pesawat terbang tidak stabil. jika pesawat memiliki canard bukannya horizontal stabilizer pada ekor. Hal ini memastikan bahwa sayap tidak akan dekat dengan sudut serang kritis sebelum canard stall. . pemulihan stall alami. jika embusan angin sebentar meningkatkan sudut serang pada pesawat Cessna 172. Pada kedua kasus. Jadi. pesawat secara alami akan miring ke bawah. karena mengurangi sudut serang horizontal stabilizer.Ini Tidak Semudah Itu . Namun. memiringkan hidung pesawat ke atas. Canard Harus Stall Sebelum Sayap Pada Cessna 172. bagaimana cara mengatasi masalah ini? Perlu dipastikan bahwa sayap selalu jauh dari sudut serang kritis dibandingkan canard. Jika ekor stall sebelum sayap. hal tersebut benar-benar mengurangi gaya tekan ekor ke bawah. Akan menjadi rumit ketika stall. Namun. masih ada kemampuan pengendalian untuk memiringkan lagi ke bawah.Stabilitas Dan Stall Di Dapatkan Dalam Perjalanan Jika canards sesederhana itu. maka kesulitan besar akan dihadapi jika sayap stall terlebih dahulu. setiap pesawat akan menggunakannya. Sederhananya. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan sayap yang lebih besar pada pesawat. pesawat cenderung untuk memiringkan hidung ke bawah dan kembali ke posisi awalnya. peningkatan sudut serang meningkatkan gaya angkat sayap.

Tapi high wing loading menghasilkan lebih induced drag. peningkatan sudut serang menyebabkan sedikit kenaikan pada gaya angkat daripada low wing loading. Untuk mengatasi ini. desainer menggunakan high wing loading pada canard tersebut. Jika kenaikan gaya angkat pada canard lebih besar dari sayap. Peningkatan sudut serang menyebabkan kedua canard dan sayap untuk menghasilkan lebih banyak gaya angkat. tetapi membuat canard susah untuk dibuat. Pada high wing loading. hidung pesawat akan miring lebih lagi. Itu akan menurunkan gaya seret.yang itu berarti panjang dan sempit. Untuk mengatasi masalah ini. canard benar-benar dapat membuat pesawat miring ke atas lebih lagi. .Namun. desainer sering menggunakan canard aspek rasio tinggi . Ini berarti bahwa canard menghasilkan gaya angkat lebih per kaki persegi daripada sayap.

Sebuah pesawat canard dilengkapi mencolok . meskipun.dan menghasilkan banyak perhatian pada jalan. adalah tampilan. kompleksitas melebihi manfaat. tapi bagi banyak desain. . itu menambah banyak kompleksitas desain untuk pesawat terbang. Rutan yang menguasai konsep pada VeriEze dan seri panjang-EZ pesawat. Satu hal yang mutlak.Tidak Ada Yang Pernah Sempurna Sebuah canard tampak hebat di atas kertas. tapi seperti yang terlihat.

Pro dan kontra dari canard dibandingkan konfigurasi konvensional banyak dan kompleks. dan tidak mungkin untuk mengatakan yang unggul tanpa mempertimbangkan aplikasi desain tertentu.Dalam konfigurasi ini. berat pesawat dibagi antara sayap utama dan sayap canard b) Control canard: . Canard harus memiliki aspek rasio lebih tinggi dari sayap utama. mantan makhluk yang dikenal sebagai "canard". Sebaliknya pesawat konvensional memiliki horizontal stabilizer kecil di belakang sayap utama. 3) Luas sayap canard harus 20% sampai 40% dari sayap utama. 4) Jaga jarak antara sayap canard dan sayap utama selama mungkin. CANARD Canard adalah konfigurasi badan pesawat dari pesawat sayap tetap di mana permukaan depan lebih kecil dari belakang. 2) Bagian airfoil sayap canard harus stall sebelum sayap utama. Desain canard dibagi ke dalam dua kelas utama: a) Lifting canard: . 5) Keseimbangan atau pusat gravitasi harus tepat di depan sayap utama. Berbagai Parameter yang terlibat dalam desain Canard Pesawat: 1) Kedua canard dan sayap utama harus aspek rasio tinggi.sebagian besar berat pesawat dilakukan oleh sayap utama dan sayap canard digunakan terutama untuk kontrol memanjang selama manuver. sedangkan yang kedua adalah sayap utama. .