You are on page 1of 7

TUGAS INDIVIDU

GEOLOGI LAUT

TEORI PEMBENTUKAN LAUT

“TEORI KONVEKSI”

OLEH:

MUH.AQRAM RAMADHAN

L111 14 024

DEPARTEMEN ILMU KELAUTAN

FAKULTAS ILMU KELAUTAN DAN PERIKANAN

UNIVERSITAS HASANUDDIN

MAKASSAR

2017

gas-gas terlarut. Laut adalah koleksi besar air garam dan berhubungan dengan samudra. embrio bumi tumbuh semakin besar.5% air murni dan 3. bebatuan angkasa yang saling bertabrakan itu saling menyatu dan membentuk suatu massa batuan yang kemudian menjadi cikal bakal (embrio) bumi.5% air murni. Menurut ceritanya.5% material lainnya seperti garam-garam. semakin besar pula gaya tarik gravitasinya sehingga bebatuan angkasa yang ada mulai semakin cepat menabrak permukaan embrio bumi yang sudah tumbuh semakin besar itu. dimana awalnya bersifat sangat asam dengan air yang mendidih (dengan suhu sekitar 100C) karena panasnya bumi pada saat itu. Akibat adanya gaya gravitasi. Asamnya air laut terjadi karena saat itu atmosfer bumi dipenuhi oleh karbon dioksida. Sejalan dengan semakin berkembangnya embrio bumi tersebut. tata surya kita yang bernama Bima Sakti.5 milyar tahun yang lalu.4 milyar tahun yang lalu. dimana awalnya tabrakan yang terjadi masih lambat. Bumi dilahirkan sekitar 4. Bebatuan angkasa tersebut selanjutnya saling bertabrakan. terbentuk dari kumpulan debu (nebula) di angkasa raya yang dalam proses selanjutnya tumbuh menjadi gumpalan bebatuan dari mulai yang berukuran kecil hingga seukuran asteroid dengan radius ratusan kilometer. Laut adalah kumpulan air asin yang sangat banyak dan tersebar luas di permukaan bumi yang memisahkan atau menghubungkan benua dengan benua lain dan sebuah pulau dengan pulau lain. Lama kelamaan dengan semakin banyaknya bebatuan yang menjadi satu tersebut. Air laut merupakan campuran dari 96. bahan organik dan partikel yang tidak larut. Laut sendiri menurut sejarahnya terbentuk 4. Keasaman air inilah .besaran pula. Akibat tumbukan2 yang sangat dahsyat tersebut timbulah ledakan yang sudah pasti sangat dahsyat pula yang mengakibatkan terbentuknya kawah yang sangat besar dan pelepasan panas secara besar . Sifat fisik utama air laut ditentukan oleh 96.

Hess mengemukakan pendapatnya tentang aliran konveksi yang sampai ke permukaan bumi di mid oceanic ridge (punggung tengah laut). yaitu "dari mana air yang membentuk lautan di bumi itu berasal?" Itu pertanyaan yang sukar dijawab. Salah seorang pengikut teori konveksi adalah Harry H. Di puncak mid oceanic ridge tersebut lava mengalir terus dari dalam kemudian tersebar ke kedua sisinya dan membeku membentuk kerak baru. ada satu pertanyaan yang mengganjal yang perlu diajukan di sini. Pada abad 19 lahirlah yang disebut Teori Konveksi. sehingga ketika arus konveksi yang membawa materi berupa lava sampai ke permukaan bumi di mid oceanic ridge (punggung tengah samudera). Hess dan dikembangkan lebih lanjut oleh Robert Diesz. Pasang surut laut yang terjadi pada saat itu bertipe mamut alias 'ruar biasa' tingginya karena jarak bulan yang begitu dekat dengan bumi. Hess dari Princenton University. Salah satu versi yang mengemukakan teori terbentuknya lautan adalah teori konveksi. Teori Konveksi mengemukakan bahwa terjadi aliran konveksi kearah vertikal di dalam lapisan astenosfer yang agak kental. Aliran Konveksi yang merambat ke dalam kerak bumi menyebabkan batuan kerak bumi menjadi lunak. Pada tahun 1962 dalam bukunya History of the Ocean Basin. Pada saat itu. Aliran tersebut sampai ke kerak bumi yang ada di atasnya. Sebelum kita lanjutkan pembahasannya. gelombang tsunami sering terjadi karena seringnya asteroid menghantam bumi. Menurut teori konveksi yang dikemukakan oleh Arthur Holmes dan Harry H. dan para ahli sendiri memiliki beberapa versi tentang hal itu. lava tersebut akan membeku membentuk .yang menyebabkan tingginya pelapukan yang terjadi yang menghasilkan garam- garaman yang menyebabkan air laut menjadi asin seperti sekarang ini. menyatakan bahwa di dalam bumi yang masih dalam keadaan panas dan berpijar terjadi arus konveksi ke arah lapisan kulit bumi yang berada di atasnya.

Artinya terdapat gerakan yang berasal dari Mid Oceanic Ridge ke arah berlawanan yang disebabkan oleh adanya arus konveksi dari lapisan di bawah kulit bumi. Bukti kebenaran teori konveksi adalah terdapatnya tanggul dasar samudera (Mid Oceanic Ridge). MODEL ARUS KONVEKSI Terdapat 3 Model pergerakan arus konveksi : 1. A. seperti Mid Atlantic Ridge dan Pasific-Atlantic Ridge. Model konveksi satu lapis (whole mantle convection)  Model konveksi satu lapis konveksi terjadi pada seluruh lapisan mantel  Didasarkan oleh observasi dimensi lempeng besar dengan dimensi horizontal 2000 – 5000 km dimensi vertikal kemungkinan sebanding  Diasumsikan mantel merupakan material seragam yang memungkinkan adanya transfer panas dan transfer materi  Dikuatkan oleh adanya bukti tomografi slab yang menunjam hingga CMB (2900 km dari permukaan) Gambar 1. umur batuan semakin tua. Bukti lainnya didasarkan pada penelitian umur dasar laut yang membuktikan bahwa semakin jauh dari punggung tengah samudera. Model konveksi satu lapis (whole mantle convection) .lapisan kulit bumi yang baru menggeser dan menggantikan kulit bumi yang lebih tua.

bukan barrier yang tak dapat ditembus. Model konveksi campuran (hybrid mantle convection)  Model hybrida dikemukakan Ringwood & Irifune (1988). Model konveksi dua lapis (layered mantle convection) 3. Model konveksi dua lapis (layered mantle convection)  Model konveksi dua lapis àpemodelan geokimia menunjukkan tidak adanya transfer materi melalui batas mantel atas dan mantel bawah (660 km di bawah permukaan)  Mantel atas dan mantel bawah dianggap terpisah dan memiliki aliran konveksi sendiri-sendiri  Didukung kuat oleh pencitraan tomografi yang mengindikasikan adanya slab yang tertahan pada kedalaman 660 km. Gambar 2. penumpukan massa pada kedalaman 660 km dapat menyebabkan slab menembus batas antara mantel atas dan mantel bawah  Batas mantel atas dan mantel bawah dianggap hanya sebagai penahan.2. .

Model konveksi campuran (hybrid mantle convection) .Gambar 3.

pdf https://id.html .2011.co.com/sejarah-awal-mula-terbentuknya-laut-di-bumi/ http://oseanografi.com/doc/244458054/7-Teori-Terbentuknya-Lautan http://www.blogspot.gurupendidikan.id/2005/07/sejarah-terbentuknya-laut. Bahan Ajar Pengantar Oseanografi Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Ilmu Kelautan Dan Perikanan Universitas Hasanuddin. Makassar http://scilib.scribd.edu/sio/hist_oceanogr/hess-history-of-ocean-basins. SUMBER Lanuru Mahatma.ucsd.