You are on page 1of 5

nama-nama khodam dalam Surah Al-Quran yaitu : Khodam Basmalah Sayyid

Kahyalin. Khodam Surat Al-Fatihah Sayyid Ar-Rofrofur Ukhdhoir. Khodam Surah Al-
Ikhlas Syaikh Abdul Wahid, Khodam Ayat Kursyi Sayyid malik kandiyyas. Khodam
Surat Yasin Syaikh shirall. Khodam Surah Al-Kahfi Syaikh Abdul Rojaq

ILMU NABI KHAIDIR.AS
Al'Khidir atau khaidir secara harfiah diartikan seseorang yang berwarna hijau dan
hijau melambangkan simbolisme dari sebuah kesegaran jiwa, warna hijau
melambangkan sebagai ilmu pengetahuan. Imam Bukhari mengatakan bahwa jika
Nabi Khaidir duduk diatas tumpukan jerami yang telah kering maka jerami-jerami
tersebut akan menjadi hijau dan segar kembali.

Siapa Nabi Khaidir As.Ibnu Askir dan sahabat-sahabatnya meriwayatkan bahwa
hamba Allah ini digelari “ Khaidir ” karena perubahan warna disekitarnya menjadi
kehijauan bila dia shalat disuatu tempat, sementara itu sahabat Nabi yang bernama
Ikrimah meriwayatkan bahwa dia digelari Khaidir karena bila dia duduk disuatu
tempat maka cahaya disekitar itu berubah menjadi kehijauan.

Kalau ada manusia paling misterius dimuka bumi ini, maka Nabi Khaidirlah
orangnya, meski memiliki kisah yang unik dengan Nabi Musa, dalam Kitab Taurat
maupun Kitab Injil tidak menceritakannya, cerita itu hanya diceritakan dalam Kitab
Al’Quran meski tidak secara langsung disebutkan namanya Khaidir didalam
Al’Quran.

Nabi Khaidir As adalah seorang sosok Nabi yang misterius yang dituturkan dalam
Al-Quran, selain kisah tentang Nabi Khaidir yang mengajarkan tentang ilmu hakekat
dan ilmu kebijaksanaan kepada Nabi Musa As, Beliau juga dikenal sebagai sosok
yang tetap hidup atau Abadi, karena beliau dianggap telah meminum air kehidupan.

Menurut riwayat mengatakan pada zaman dahulu ada seorang Raja bernama
Iskandar Zulkarnain yang memiliki wilayah jajahan dari barat hingga timur, beliau
memiliki seorang sahabat karib dan sekaligus penasihatnya adalah Khaidir, pada
suatu waktu Raja Iskandar Zulkarnain didatangi oleh Malaikat Jibril As dan berkata
kepadanya : “ Barang siapa yang meminum Ainul Hayat maka niscaya Allah akan
mengekalkan hidupnya ”.

Karena Raja Iskandar Zulkarnain ingin hidup kekal untuk beribadah kepada Allah,
beliau mengerah bala tentaranya untuk mencari Ainul Hayat atau air kehidupan
tersebut, namun tidak dijumpainya, kemudian Raja Iskandar Zulkarnain bersama
sahabat karibnya Khaidir keluar mencari air tersebut dan dijumpainya tetapi yang
dapat minum, mandi dan berwudhu hanya sahabat beliau saja.

Menurut riwayat sahabat Raja Iskandar Zulkarnain yang bernama khaidir itulah Nabi
Khaidir.Nabi Khaidir adalah seorang anak cucu Nabi Adam yang taat beribadah
kepada Allah dan di tangguhkan ajalnya. Dan sosok beliau telah disamakan dengan
Pengembara abadi. Para cendikiawan telah menganggapnya dan mengkarakterkan
sosoknya sebagai orang yang Suci, Nabi, pembimbing Nabi, pembimbing para Wali
yang misterius dan lain sebagainya.

Dalam beberapa riwayat mengatakan bahwa Nabi Khaidir As memiliki ciri-ciri fisik
secara khusus yang tidak dimiliki oleh orang lain yaitu pada jempol tangan kanan

karena beliau adalah salah satu hamba Allah yang ditunda kematiannya selain itu beliau diutus untuk memberi pelajaran Makrifat kepada Allah kepada Para Wali. para Sufi. cahaya diri makrifat inilah yang menjadi firasat. maka akan dirasakannya semua dari Allah : “ Minallah “ . Siapa yang berkelakuan pada Dzat itu . Itulah rahasia Tuhan. Dan bila sudah di rasakan oleh batinnya semua dari Allah. Tentulah dari Allah. Dan juga mengajarkan ilmu Laduni. Asma. Dari mana awal suara dari hati ini .. bagi orang hakiki tidak . ? Dari batin.. ?. Bila sudah memahami hal ini..beliau tidak bertulang dan beliau selalu membawa tongkat sedangkan perawakan beliau lebih tinggi dari kebanyakan orang. ? Tentulah dari sirr. Tentulah dari Dzat. Cahaya Tuhan itu bernama Nur. bagaimana lagi kita mau menyangkal bahwa tiada perbuatan baharu lagi . Dari mana awal suara dari Dzat ini . Nur Muhammad sudah lahir baru bersuara.. maupun kepada orang yang dengan tekun mendekatkan diri kepada Allah. diri makrifat rahasia Tuhan yang ada pada Adam ( kita ). Ruh ini Zat. Dzat ke sirr ke hati ke lisan. Diri Makrifat itulah yang menggerakkan ( Dzat. Sifat. Maka ketika orang sudah Tauhid dan mengetahui akan jalan ini.. bisa mengetahui semuanya dan perbuatannya yang akan terjadi.. Dari mana awal suara dari sirr hati ini .. inilah suara Allah langsung pada Muhammad. dengan sirr ini kita dapat membedakan mana suara dari setan dan mana suara dari Allah. Nabi Khidir merupakan hamba Allah yang sangat khusus. Dengan pemahaman dan kemantapan ilmu ini sehingga Nabi Khidir As.. Diri Makrifat itu menghimpunkan semua ( Tubuh – Hati – Nyawa – Rahasia ) . diri makrifat itu menghimpunkan segala Af`al. Kelakuan zahir ini kelakuan dari mana . Af`al ).. dirasakannya rasa isbat saja. Jadi diri Makrifat itu sifat Tuhan juga rahasia Tuhan. yang batin itu ruh dan yang zahir itu tubuh.. berarti batinnya sudah karam musyahadahnya pada Allah dan ketika melihat zahirnya itu. Dari mana awal suara dari mulut dan lidah kita ini ..Namun bukan Dzat Allah bersatu dalam ruh karena Ruh adalah makhluk sedangkan Allah adalah Qadim “ Laisa Kamislihi Syaa’iun “... diri Makrifat itu jadi apa pada kita ini . beliau mengajarkan ilmu tentang mengenal kepada Allah ( Marifatullah ).... ? Tentulah Dzatnya Dzat.Tuhan menjadikan zahir dan batin kita. Tentulah dari hati. itulah Tuhan maka ilham Allah pada Ruh. dan segala diri.. ?. Ketahuilah bahwa Dzat itu diri makrifat. segala Sifat. kelakuan batin itu kelakuan siapa . dan rahasia Tuhan itu juga yang dinamakan Muhammad yang awal dan Nur Muhammad itu juga dinamani titik Nur yang awal. Nur itu cahaya Tuhan. segala Asma. tubuh ini sifat. Adapun sebagian dari ajaran ketuhanan Nabi Khaidir As. sedangkan Nur Muhammad itu menjadi peringatan “ . ? Kelakuan Dzat. “ Sesungguhnya Tuhan mentajallikan cahayanya.. ?. ? Jadi ruh. ?.

“ Aku ”. Hal inilah yang menjadikan Khidir sebagai ikon guru ruhani dalam tradisi spiritual Islam. beliau hadir jika ada yang membutuhkan dengan niat tulus dan terkadang kedatangannya untuk menyadarkan orang yang didatangi. Sosok beliau banyak dicari oleh orang. sebagaimana Kisah perjalana Nabi Musa As dan Khiḍir dituturkan dalam kitab suci Al-Qur’an dalam Surah Al-Kahf ayat 65-82. Di samping itu. Dan pada umumnya para Wali Allah mempelajari berbagai ilmu pengetahuan banyak oleh Nabi Khaidir sehingga para Wali Allah diberikan karunia berbagai macam karomah.. Nabi Khaidir diberi kekuasaan oleh Allah menguasai. pergi pun sesuka hatinya. menjaga 10 alam nyata maupun alam gaib dan memiliki 10 nama yang berbeda-beda seperti nama : Abul. ” Jawab Nabi Musa. Ubay bin Ka’ab menceritakan bahwa beliau mendengar nabi Muhammad Saw bersabda: “ Sesungguhnya pada suatu hari. Kemudian Allah Swt menegur Nabi Musa As dengan firmannya. ia datang tak diundang. sebab para pencarinya menemukan atau bertemu dengan di air meski ini tidak selamanya. 18: 65 ). Sosok Nabi.. Musa berdiri di khalayak Bani Israil lalu beliau ditanya. pertemuan dengan Nabi Khidir memang tidak bisa dijadwalkan. “ Wahai Tuhanku. dimanakah aku dapat menemuinya . di situlah kamu akan bertemu dengan hambaku itu. Abbas. Cerita Nabi Khidir As ini menjadi bahan renungan dalam kehidupan. “ Bawalah bersama-sama kamu seekor ikan di dalam sangkar dan sekiranya ikan tersebut hilang.bingung dengan kelakuan Nabi Khidir As. keganjilan cara penyampaian bahkan isinya menjadi ciri khas Nabi Khidir. Itulah kisah pertama tentang Nabi Khidir yang menjadi guru hakikat membimbing Nabi Musa mengenal ilmu-ilmu yang selama ini belum pernah diketahui. ? ” Allah pun berfirman.. ?. bulya. Menurut Ibnu Abbas. kehadirannya diyakini dapat membawa berkah dan membukakan pintu hikmah meski pertemuan itu hanya sebentar.. atau Orang yang berkaromah terkadang hanya dimanfaatkan oleh kepentingan duniawi. dll. Doanya hanya dimanfaatkan untuk meraih sesutau yang . Sedangkan keunikan.” Sesungguhnya teguran Allah itu mencetuskan keinginan yang kuat dalam diri Nabi Musa untuk menemui hamba yang shalih itu. Nabi Musa juga ingin sekali mempelajari ilmu dari Hamba Allah tersebut. terkadang Nabi Khidir dijuluki “ Nabi Air ”. Hal yang paling melekat dengan Nabi Khidir adalah keunikan ajarannya. “ Sesungguhnya di sisiku ada seorang hamba yang berada di pertemuan dua lautan dan dia lebih berilmu dari pada kamu ” Lantas Musa pun bertanya. ilmu yang bersifat langsung dari Allah ( QS. beliau dijuluki gurunya ilmu hikmah. Wali. “ Siapakah orang yang paling berilmu . mulkan Khaidir. Nabi Khidir sendiri dianugerahi ilmu laduni.

Kami mengijazahkan program keilmuan yang mudah di mengerti dan sederhana untuk menerapkan aplikasi suatu ilmu pada zaman sekarang. 2 . ASMA JAMALLY NABI KHAIDIR AS . sehingga kalangan orang awam pun dapat mengamalkannya. Inilah realita bagaimana agama. Pengamalnya akan diberikan kesejatraan hidup. 2 . Sarana dapat membuat pasukkan ghaib. Sarana diberi keselamatan dari segala senjata tajam dan tumpul yang tidak akan melukai tubuhnya dan manfaat lainnya. Sarana memperpanjang umur dan manfaat lainnya. Asma Jamally Nabi Khaidir As. Padahal kehadirannya agama. KHOTAMUN NABI KHAIDIR AS Khotam yang tertulis pada cincin Nabi Khaidir As sebagai cap atau stempel Kerasulan dan Kenabian beliau. bahkan ayat-ayat Al-Qur’an terkadang hanya dimanfaatkan hanya untuk memburu kemewahan dunia. toko. 3 . wali. Adapun mengetahui tentang makna sejarah Nabi Khidir As dan Ilmu Nabi Khidir As untuk memperteguh keyakinan dan keimanan akan adanya kebesaran Allah. SAEFI NABI KHAIDIR AS Pemilik atau pemegang ilmu ini akan memiliki kekuatan di jaga baik dalam tidur maupun dalam kedaan jaga oleh ribuan malaikat. Sarana di segani. Sarana dapat mengirim bayangan sendiri untuk menjaga rumah. Sarana akan diberi ilmu hikmah dan kepahaman dari segala macam ilmu yang di pelajari. Materi keilmuan berisi : 1 . dan Kitab Suci tidak lain sebagai pembawa kabar gembira sekalipun peringatan Ilmu Nabi Khidir As banyak serat akan manfaat baik untuk tujuan kerohanian maupun keduniawian. Nabi.sementara dan fana. Ilmu Khotamun Nabi Khaidir As. Di samping itu bagi kita yang ingin mengharap suatu khasiat atau keutamaan tertentu. Karomah Siir Nabi Khaidir As. Sarana dimudahkan dalam segala hal. wali. 4 . gedung agar tidak di masuki orang jahat seperti maling dan perampok. 1 . Sarana keselamatan dalam hidup sehari-hari maupun dalam pertempuran tidak akan yang dapat memudaratkannya. Sarana dilapangkan rezekinya oleh Allah. Saefi Nabi Khaidir As. di hormati orang banyak. Dengan meminta didoakan supaya terkabul segala hajat namun setelah berhasil kita lupa dengan janji semuanya. serta memiliki pengamalan yang mudah. 3 . Sarana memiliki kembaran ghaib yang sering dilihat orang.

Sarana bagi pengamalnya akan terpancar dari hatinya oleh sumber Ilmu dan hikmah yang mengalir dari hatinya ke lisannya dan Allah akan menghilangkan penutup antara mata hati dan mata kepalanya sehingga dia dapat menyaksikan hal-hal musykilat yang tidak di mengerti oleh akal. C . Sedangkan lamanya dalam pengamalannya tergantung dari suatu ilmu yang anda pilih. Memang kita akui yang namanya ilmu gaib dan ilmu lainnya. B . ( Keilmuan ini bisa diturunkan ke orang lain ) Dan keilmuan diatas bisa dipelajari dari jarak jauh. Sarana mendapat ikan yang banyak saat memancing dilaut atau disungai. menampakkan rahasia yang masih samar. mengangkat derajat. Sedangkan yang Anda maharin adalah bentuk fisik dari suatu produk yang Anda pesan dan anda pelajari. 4 . Sarana diberi kemudahan dan menuntaskan segala macam kesulitan. Sarana memelihara ikan. menghapus segala macam kesusahan. mendapatkan ilmu laduni. Atau bisa datang langsung ke Majelis kami. menenangkan fikiran. maupun yang zhahir. Dan manfaatt lainnya. KAROMAH SIIR NABI KHAIDIR AS Sarana agar hajat mudah tercapai dan untuk melembutkan hati yang keras. karena terkadang suatu ilmu itu sama nama dan sama manfaatnya akan tetapi yang membedakan tata cara pengamalan dan penggunaannya oleh karena itu carilah suatu keilmuan yang dirasa cocok dengan kemampuan diri Anda. Keilmuan diatas memiliki kunci dan penutup ilmu serta khasiat dan manfaat dan jenis ilmu tersebut. Dan manfaat lainnya. akan menyaksikan alam-alam ghaibnya Allah. Sarana di temui oleh Nabi Khaidir di dalam mimpi atau dialam nyata akan diajarkan segala berbagai ilmu. memang sangat sukar untuk dipelajari oleh sebab itulah Majelis kami menyiapkan Diktat Panduan ilmu secara tertulis + Rajah Karomah Mandi. . Mas kawin keilmuan atau Mahar tersebut untuk menghargai waktu kami dalam menyediakan Khotaman ilmu jarak jauh dan layanan jasa spiritual. Sarana agar ddilapangkan dari kesempitannya. ( Di Maharkan ) KETERANGAN A . Rajah Kaeomah Minum + Garam Berasmak Minum sebagai sarana agar ilmu-ilmu yang dipelajari atau ilmu apa saja yang anda dalami akan mudah dan sebagai penyelaras keilmuan yang bermanfaat. Sarana penyembuhan penyakit ringan atau penyakit berat. Sarana doa dan ucapan akan mustajab. dan tidak perlu anda datang kealamat kami dan penyempurnaan ilmu bisa dipandu lewat jarak jauh. kepiting agar cepat besar dan terjaga dari gangguan baik gaib. Sarana dimudahkan dalam mempelajari segala ilmu apapun. uang. Sarana dimudahkan semua urusan-urusannya. mempercepat dan memperlancar Anda dalam mengamalkan keilmuan. serta menghilangkan hati yang ragu dan was-was.