Klasifikasi Sumberdaya dan Cadangan Batubara

Klasifikasi Sumberdaya dan Cadangan Batubara
1. Klasifikasi Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI)
Ada dua istilah utama yang digunakan dalam pengklasifikasian endapan, yaitu sumberdaya
(resources) dan cadangan (reserve). Sumberdaya
adalah bagian dari endapanbatubara dalam bentuk dan kuantitas tertentu serta mempunyai
prospek beralasan yangmemungkinkan untuk ditambang secara ekonomis. Lokasi, kualitas,
kuantitas, karakteristikgeologi dan kemenerusan dari lapisan batubara yang telah diketahui,
diperkirakan ataudiinterpretasikan dari bukti geologi tertentu. Sumberdaya batubara dibagi s
esuai dengan tingkatkepercayaan geologi ke dalam kategori tereka. tertunjuk, dan terukur. Se
dangkan cadangan
adalah bagian dari sumberdaya batubara tertunjuk dan terukur yang dapat ditambang secar
a ekonomis. Estimasi cadangan batubara harus memasukkan perhitungan dilution dan losse
syang muncul pada saat batubara ditambang. Penentuan cadangan secara tepat t e l a h d
ilaksanakan yang
mungkin termasuk studi kelayakan. Penentuan tersebut harus telahmempertimbangkan semu
a faktor-faktor yang berkaitan seperti metode penambangan, ekonomi, pemasaran,
legal, lingkungan, sosial dan peraturan pemerintah. Penentuan ini harusdapat memperlihatka
n bahwa
pada saat laporan dibuat, penambangan ekonomis dapatditentukan secara memungkinkan.
Cadangan batubara dibagi sesuai dengan tingkatkepercayaannya ke dalam cadangan batubara
terkira dan cadangan batubara terbukti (lihat Gambar 2.8).
Klasifikasi sumberdaya dan cadangan batubara menurut Standar Nasional Indosia (SNI)
5015:2011, adalah sebagai berikut :
a. Sumberdaya Batubara Tereka (inferred coal resource)

bagian dari total estimasi sumberdaya batubara yang kualitas dan kuantitasnya hanyadapat d
iperkirakan dengan tingkat kepercayaan yang rendah. Titik lnformasi yang mungkin didukun
g
oleh data pendukung tidak cukup untuk membuktikan kemenerusan lapisan batubaradan/atau
kualitasnya. Estimasi dari kategori kepercayaan ini dapat berubah secara berartidengan ek
splorasi lanjut.
b. Sumberdaya Batubara Tertunjuk (indicated coal resource)

bagian dari total sumberdaya batubara yang kualitas dan kuantitasnya dapatdiperkirakan d
engan tingkat kepercayaan yang masuk akal, didasarkan pada informasi yangdidapatkan dari
titik-titik pengamatan yang mungkin didukung oleh data pendukung. Titiklnformasi yang
ada
cukup untuk menginterpretasikan kemenerusan lapisan batubara, tetapi tidak cukup untuk
membuktikan kemenerusan lapisan batubara dan/atau kualitasnya.
c. Sumberdaya Batubara Terukur (measured coal resource)

bagian dari total sumberdaya batubara yang kualitas dan kuantitasnya dapatdiperkirakan d
engan tingkat kepercayaan tinggi, didasarkan pada informasi yang didapat darititik-titik p

Sumberdaya terukur dan tertunjuk dapat ditingkatkan menjadi cadangan terkira dan terbukti apabila telah memenuhi kriteria layak (Gambar 2.10). parit uji. serta sumber tereka harus memiliki tingkat keyakinan yang lebih besar dari sumberdaya hipotetik. e. begitu pula sumberdaya terunjuk harus mempunyai tingkat keyakinan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sumberdaya tereka. Titik-titik pengamatanjaraknya cukup berdekatan untuk membuktikan kemenerusan lapisan batubara dan/ataukualitasnya. 1.engamatan yang diperkuat dengan data-data pendukung. yaitu aspek geologi dan aspek ekonomi. tetapi ada ketidakpastian pada salahsatu atau semua f aktor penyesuai yang terkait diterapkan. Aspek Geologi Berdasarkan tingkat keyakinan geologi. sumberdaya terukur harus mempunyai tingkat keyakinan yang lebih besar dibandingkan dengan sumberdaya tertunjuk. Titik informasi dapat berupa singkapan. Cadangan Batubara Terkira (probable coal reserve) bagian dari sumberdaya batubara tertunjuk yang dapai ditambang secara ekonomis setelah f aktor-faktor penyesuai terkait diterapkan. d. dapat juga sebagai bagian dari sumberdayabatubara terukur yang dapat ditambang secara ekonomis. Pengelompokan tersebut mengandung dua aspek. Tingkat keyakinan geologi tersebut secara kuantitatif dicerminkan oleh jarak titik informasi (singkapan. lubang bor). Gambar Hubungan antara Sumberdaya Dan Cadangan Batubara (SNI 5015: 2011) Klasifikasi sumberdaya dan cadangan batubara menurut Standar Nasional Indonesia (SNI) didasarkan pada tingkat keyakinan geologi dan kajian kelayakan. Cadangan Batubara Terbukti (proved coal reserve) Bagian yang dapat ditambang secara ekonomis dari sumberdaya batubara terukur setel ah faktor-faktor penyesuai yang terkait diterapkan. sumur uji. dan titik pengeboran dangkal atau pun . Adapun persyaratan yang berhubungan dengan aspek geologi berdasarkan Persyaratan jarak titik informasi untuk setiap kondisi geologi dan kelas sumberdayanya adalah Jarak pengaruh / jarak dimana kemenerusan dimensi dan kualitas batubara masih dapat terjadi dengan tingkat keyakinan tertentu yang disesuaikan dengan kondisi geologi daerah penyelidikan.

yang menyebabkan kualitas batubaranya menurun karena kandungan abunya meningkat. pekerja.pengeboran dalam. namun juga sangat dipengaruhi oleh variabel faktor-faktor ekonomi seperti halnya harga batubara. pengolahan. rank. Klasifikasi dilakukan berdasarkan pada tingkat keyakinan geologi (geological assurance) dan kajian kelayakan ekonomi (economic feasibility). Sedangkan tingkat kelayakan ekonomi tidak hanya dipengaruhi oleh faktor fisik maupun kimia yaitu ketebalan. dan stratigrafi. korelasi antar lapisan batubara. 891 tahun 1983 merupakan klasifikasi sumberdaya dan cadangan batubara sebagai revisi / perbaikan pada USGS Circular 831. biaya peralatan tambang.transportasi. pajak. merupakan beberapa unsur yang terkait dengan aspek ekonomi dan perlu diperhatikan dalam menggolongkan sumberdaya batubara. Sistem klasifikasi USGS Circular 891 membahas tentang sumberdaya dan cadangan batubara di mana di dalamnya berisi : . kualitas. hukum lingkungan dan aturan-aturan hukum suatu negara. Tingkat keyakinan geologi mempunyai keterkaitan terhadap jarak dari titik pengamatan/informasi yang telah diukur atau di ambil conto batuannya. 2. serta struktur geologi yang berkembang. permintaan dan kebutuhan (demand and supply). perluasan area. Klasifikasi Berdasarkan USGS Circular 891 Tahun 1983 United State Geological Survey (USGS) Merupakan suatu badan organisasi milik pemerintah Amerika Serikat yang bergerak dalam pelayanan keilmuan kepada masyarakat yang dibentuk pada 3 Maret 1789. bunga bank. kualitas. genesa endapan batubara. Sedangkan USGS Circular no. ketebalan batubara dan lapisan tanah penutup. pengetahuan tentang rank. Aspek Kelayakan Ekonomi Ketebalan minimal lapisan batubara yang dapat ditambang dan ketebalan maksimal lapisan pengotor atau "dirt parting" yang tidak dapat dipisahkan pada saat ditambang. Penentuan titik-titik informasi disesuaikan dengan penyebaran batubara (garis singkapan) dan jarak pengaruh Tabel Jarak Titik Informasi Menurut Kondisi Geologi (SNI 5015: 2011) Sumberdaya Kondisi Kriteria Geologi Tereka Terunjuk Terukur Sederhana Jarak Titik Informasi (m) 1000 < x ≤1500 500 < x ≤1000 x ≤ 500 Moderat Jarak Titik Informasi (m) 500 < x ≤1000 250 < x ≤ 500 x ≤ 250 Komplek Jarak Titik Informasi (m) 200 < x ≤400 100 < x ≤ 200 x ≤ 100 2.

tereka (indicated). Jarak standar terhadap titik pengamatan singkapan batubara sehingga menghasilkan sumberdaya terukur (measured). daerah dalam radius lingkaran 1200 m – 4800 m adalah untuk sumberdaya tereka (inferred) dan untuk sumberdaya batubara hipotetik (hypothetical) memiliki radius lingkaran tidak terbatas. Sumberdaya potensial yang menguntungkan berkaitan dengan perubahan ekonomi (marginal reserves and inferred marginal reserves) 5. Sub-Ekonomis.1. dan hipotetik (hypothetical) 2. terunjuk (inferred). daerah dalam radius lingkaran 400 m . terlalu dalam. 3. Cadangan batubara tertambang (Similar to coal currently being mined). (lihat gamba) Gamba Teknik Perhitungan Sumberdaya Berdasarkan USGS Circular 891 tahun 1983 .400 m adalah untuk perhitungan sumberdaya terukur (measured). Sumberdaya potensial saat ini yang bersifat ekonomis (reserves and inferred reserves) 4. ketidakmenerusan lapisan batubara. dikarenakan menipisnya lapisan batubara. Daerah dalam radius lingkaran 0 m .1200 m adalah untuk sumberdaya terunjuk (indicated).