You are on page 1of 10

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Keluarga dapat diartikan sebagai kelompok sosial yang merupakan produk dari

adanya ikatan-ikatan kekerabatan yang mengikat satu individu dengan yang lainnya. Dengan

pengertian ini keluarga berarti merupakan unit sosial terkecil dalam masyarakat. Untuk

membentuk keluarga yang baik perlu adanya sebuah pembinaan.

Untuk memahami pengertian pembinaan keluarga menurut pandangan islam yang

sesuai dengan firman Allah SWT yang berbunyi :

“Hai orang-orang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang

bahanbakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar dan

keras, yang tidak mendurhagai Allah terhadap yang di perintahkannya, kepada mereka dan

selalu mengerjakan apa yang di perintahkan.” Kita harus mengetahui prinsif-prinsif dalam

berkeluarga, membentuk keluarga yang sakinah.mawadah,warahmah. Oleh sebab itu kami

menulis sebuah makalah yang bertajuk “Pembinaan Keluarga Menurut Persepsi Islam”.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas,penulis merumuskan rumusan masalah
sebagai berikut :

1. Apa pengertian keluarga menurut islam?
2. Apa saja klasifikasi keluarga menurut islam?
3. Apa fungsi keluarga menurut islam?
4. Bagaimana Islam mengajarkan membina keluarga?
5. Bagaimana peran suami dalam membentuk keluarga sakinah?

C. Tujuan Makalah

1

BAB III. Data tersebut diolah dengan teknik analisis isi melalui kegiatan mengeksposisikan data serta mengaplikasikannya dalam konteks tema makalah. yang berisi landasan teori yang meliputi pembinaan keluarga menurut islam. rumusan masalah. Kegunaan Makalah Makalah ini disusun untuk mengetahui tentang pengertian keluarga menurut islam. prosedur makalah dan sistematika penulisan. Pembinaan keluarga menurut islam 5. yang berisi latar belakang. Metode yang digunakan adalah internet searching artinya penulis mengumpulkan data melalui internet. bab ini merupakan rangkuman atau kesimpulan penulis dari analisis yang telah dipaparkan dan saran. BAB II. Sejalan dengan rumusan masalah diatas. Dengan harapan kita dapat merealisasikan dan berguna di kemudian hari. Peran suami dalam membentuk keluarga sakinah D. Pengertian keluarga menurut islam 2. BAB II PEMBAHASAN 2 .pembinaan keluarga menurut islam dan peran suami dalam membentuk keluarga yang sakinah. tujuan penulisan. makalah ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsi kan : 1. Sistematika Penulisan Makalah ini disajikan dalam 3 BAB yaitu : BAB I.klasifikasi dan fungsinya. kegunaan makalah. Prosedur Makalah Makalah ini disusun dengan menggunakan pendekatan kualitatif. F. E. Klasifikasi menurut islam 3. Fungsi keluarga menurut islam 4.

yaitu keluarga luas atau keluarga besar yang disebut dengan al-‘ailah. dan keluarga inti atau keluarga kecil yang disebut dengan istilah al-usrah. Pengertian keluarga menurut islam Keluarga dapat diartikan sebagai kelompok sosial yang merupakan produk dari adanya ikatan-ikatan kekerabatan yang mengikat satu individu dengan yang lainnya. Sebelum Islam lahir. sabar. C. B. Klasifikasi keluarga menurut islam Keluarga dapat diklasifikasikan dalam dua kategori. Terma ini dalam Islam dipahami sebagai masa terpisahnya anak (laki- laki atau perempuan) dari rumah tangga bapaknya. Sedangkan al-usrah adalah kelompok sosial yang terdiri dari suami. karena kedatangan Islam ke wilayah ini tidak banyak mempengaruhi sistem kekeluargaan yang ada.A. menghormati orang lain. Apabila seorang anak telah melakukan zawaj. Hal ini karena Islam memandang sinn al-zawaj sebagai batas seseorang untuk memiliki sikap kemandirian. tapi di bawah satu formasi keluarga. Tapi yang menjadi “kata kunci” untuk memahami sebuah sistem keluarga dalam Islam adalah istilah zawaj atau tazwij. Sistem kekeluargaan seperti ini pada dasarnya diterima Islam. Sistem ini pada umumnya menyebut sebuah keluarga dengan nama kepala sukunya. Fungsi keluarga menurut islam 3 . maka ia memiliki otoritas secara otonom untuk membina rumah tangganya tersendiri. cinta sesama. bahkan Islam cukup adaptif dengan sistem ini. sistem kekeluargaan yang digunakan masyarakat Timur (dunia Arab) adalah sistem kesukuan (nizam al-qabail) yang bersandar pada “kerabat keluarga” (al-qarabah al-usriyyah). Al-‘ailah dimaknai sebagai lembaga tempat hidup bersama dengan situasi yang berbeda-beda. Sebuah keluarga Muslim merupakan landasan utama bagi terbentuknya masyarakat Islami. qana’ah dan pemaaf merupakan di antara indikator bagi sebuah kepribadian yang luhur. Memiliki sifat kasih dan sayang. yang di dalamnya terbentuk sebuah ikatan bersama. istri dan anak-anak yang belum menikah. Hal ini karena Islam tidak menggunakan sistem tersendiri untuk sebuah sistem kekeluargaan. Dengan pengertian ini keluarga berarti merupakan unit sosial terkecil dalam masyarakat. jujur. Konsep ini menekankan bahwa sebuah keluarga Muslim harus dapat membentuk para anggotanya agar memiliki kepribadian yang luhur ini. Di dalam keluarga Muslim terkandung sebuah konsep religius (al- mafhum al-dini). yaitu bahwa para anggota keluarga diikat oleh sebuah ikatan agama untuk mewujudkan kepribadian yang luhur. baik dari segi psikis maupun fisik.

Kedua jenis kelamin ini secara alami berada pada posisi yang saling membutuhkan. antara laki-laki dan perempuan. jika perlu tiap hari diberi nafkah batin. sebab bila cinta mulai pudar.. padahal Alloh menjadikan padanya kebaikan yang banyak" Artinya disini ada respect (penghargaan) satu sama lain. (Q. demikian pula istri harus senantiasa memuji suaminya yang bekerja di luar rumah. maka bersabarlah karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu. Oleh karena itu berusahalah memantain cinta dalam rumah tangga. Setiap manusia sangat merasa suka bila dirinya dihargai dan dihormati. Pembinaan keluarga menurut islam 1. 3. saling menghormati dan menghargai Alloh Swt berfirman dalam surat An Nisa ayat 19". Itulah makanya banyak sekali keutuhan rumah tangga memudar dikarenakan tidak adanya penghargaan ataupun penghormatan terhadap pasangan kita. Fungsi seksual yang membuat terjadinya ikatan di antara anggota keluarga. Seorang istri sebaiknya bila dipandang menyenangkan suaminya. dia beranggapan bahwa bila istrinya tidak keluar rumah untuk bekerja dianggap bukan bekerja.. Fungsi kooperatif untuk menjamin kontinuitas sebuah keluarga. 4. Ada kejadian seorang suami yang berpenghasilan tidak menghargai istrinya yang tidak bekerja. memperkokoh rasa cinta kita dan saling menjaga kehormatan Cinta suami istrinya hendaknya senantiasa di perbaharui..S.. Dia menjadikan kamu saling mencintai (mawaddah) dan kasih sayang (rahmah). Fungsi genetik untuk melahirkan seorang anak dalam rangka menjaga keberlangsungan sebuah keturunan. orang australia sering kali mengucapkan excuse me. Ucapan terima kasih konon banyak memberi pengaruh terhadap diri kita. D. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka. thank you. Kita banyak lihat di Australi. Itu adalah pelajaran yang berharga bagi orang-orang yang berfikir". 30: 21). ada sense of respect.. al-Rum. ini juga merupakan bentuk respect atau penghargaan terhadap orang lain. Baik suami maupun istri harus senantiasa menjaga kehormatan/harga diri. 1. Oleh karena itu sebaiknya seorang suami senantiasa memuji istrinya yang telah bekerja di rumah. 2. padahal perkerjaan rumah tangga yang dilakukan istrinya bukanlah pekerjaan yang mudah. Alloh Swt berfirman:"Di antara tanda-tanda kebesaran Alloh adalah bahwa Dia telah menciptakan pasangan bagi kamu agar kamu menjadi tenteram (sakinah) bersamanya. 4 . Fungsi regeneratif dalam menciptakan sebuah generasi penerus secara estafet.bergaullah dengan mereka (istri-istrimu) dengan cara yang patut/baik. Semua dilakukan dengan niat iklas. suami dapat saja melirik kesana kemari. 2.

Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan ketakwaan dan janganlah kamu tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.. Oleh karena itu jangan sampai kekurangan yang ada pada pasangan kita sampai keluar dari rumah.muttaqin. maka mudahkan kita ajarkan. bahkan dapat pula diselesaikan ditempat tidur. Adalah penting bagi orang tua mengajarkan anaknya pendidikan agama sejak dini. jangan menyebarkan kekurangan pasangan kita masing-masing Istrimu adalah pakaian bagimu. 4. maka siapkanlah sekolah itu. Kedua orangtuanyalah yang menjadikan dia Yahudi.. sehingga hubungan orang tua dan anak menjadi baik. bila ada sedikit waktu manfaatkan waktu yang sedikit itu untuk berkomunikasi lebih baik dengan anak. moral dsb. Memang ada dalil yang menyebutkan " Al Ummu madrasatun kubra".a. atau orangtuanya ketimbang gurunya atau psikiater.Bila ada masalah sebaiknya diselesaikan dengan cara yang dingin. demikian pula suamimu adalah pakaian bagimu. Menjelekkan pasangan kita sama saja dengan mengotori pakaian kita sendiri (menjelekkan dirimu sendiri). agama. Sesibuk apapun. ibu diumpamakan seperti sekolah. Ada kecenderungan anak lebih mendengar ibunya. Nasrani atau Majusi.. agar generasinya menjadi baik. Hal ini penting sekali terutama memenangkan atau menundukkan hati anak kita.w bersabda: "Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah (suci yakni Muslim).3. Jangan sampai kesibukan bekerja diluar."(Bukhari) Pendidikan agama Islam sejak dini sangat penting terutama didalam membentuk 5 . Dari Abu Hurairah.padahal sebenarnya kerjaan dan mendidik anak tsb adalah tugas bersama pasangan suami-istri. Rasulullah s. memfungsikan keluarga kita dengan optimal guna membentuk manusia paripurna. oleh karena perlu adanya komunikasi yang baik antara orangtua dan anak.." (Al-Ma'idah: 2). Firman Allah ". mebuat orangtua tidak sempat lagi memperhatikan dan berkomunikasi dengan anak. sebab bila anak kita sudah tunduk. Dari Hubungan baik itu ada semacam ikatan batin ataupun ikatan emosional antara anak dengan orang tua. Harus ada kerjasama (ta'awun)antara suami istri Ada anggapan bahwa kerjaan rumah dan mendidik anak tanggung jwb ibu/istri. 5.. Anak merupakan amanah Allah kepada orangtuanya.

bila tidak didengar setelah ditegur sekali. atau dengan orang lain. b). Menunujukkan wajah yang berseri. Demikian pula ketika memanggil. karakter anak. Seperti sabda Rasulullah saw. bukanlah mustahil untuk mewujudkan kebahagian itu. suami mesti memahami posisi dirinya sebagai kepala rumah tangga serta tanggung jawabnya. karena bisa mengokohkan ikatan perasaan serta jalinan cinta. bila suami berbicara dengan isterinya. akan dihadapi. namun tegurlah dengan cara yang baik. "Kata-kata baik itu sedekah. c). baik kecil maupun besar. congkak. menunjukkan sikap tak peduli. Syaratnya. Beberapa pilar penting yang dapat menyangga bangunan kebahagiaan hidup rumah tangga. segera tegur. yaitu: a). E. Rasulullah saw telah memberi petunjuk kepada suami tentang bagaimana etika menemui isterinya. Sejumlah permasalahan. jabat tangan. tidak dengan kekerasan. baik dari tempat kerja maupun dari bepergian karena kepentingan lain. Berbicara dan Memanggil yang Menyenangkan. Kendati demikian. seorang suami seharusnya memilih kata-kata yang baik dan ungkapan menarik. Mengucapkan salam. Sebab bila kita mendidik dengan kekerasan maka generasi yang terbentuk akan keras juga. Jadi mendidik keluarga disini sangatlah penting dalam rangka membentuk manusia yang paripurna (muttaqin)." (Muttafaq'alaih). peran suami untuk menjadi suami yang baik serta menjadi teladan bagi isteri dan anaknya. sebagaimana layaknya seorang majikan berbicara kepada hamba sahayanya di jaman Jahiliyah dahulu. sebaiknya dengan panggilan kesukaan karena hal itu merupakan ungkapan kasih sayang dan penguat 6 . yang bisa dilakukan seorang suami diantaranya: 1. Ajarkan anak untuk menjadi manusia yang muttaqin yaitu senantiasa menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Bila istri ada kesalahan maka tergurlah. Dalam bertutur. Tidak terpuji. tidak semudah membalik telapak tangan. bila tidak mempan juga maka pukullah (pukul disini maksudnya ditegur dengan keras). 2.menjadi istri yang baik. Suami juga harus mendidik istrinya. maka berpisah ranjanglah. tiga kali. sombong. Langkah awal untuk menciptakan kebahagian keluarga adalah sikap manis yang ditunjukkan seorang suami tatkala pulang ke rumah. Ketika ada kesalahan pada anak. Peran suami dalam membentuk keluarga sakinah Selain peran seorang isteri dalam rumah tangga.dua kali. Memberikan Sambutan Hangat.

pangan. dan papan. Dalam konteks ini. merupakan kontribusi utama yang dapat mendatangkan keseimbangan dan kebahagian rumah tangga. bahkan kalau perlu dengan ungkapan manja. Suatu sikap mulia. Membantu Pekerjaan. Betapa indahnya. Sementara nafkah batin adalah kebutuhan biologis demi memupuk rasa cinta dan bahagia dalam keluarga. Nafkah apabila diberikan kepada isteri dengan lapang dada. 7 . seperti pengaturan anggaran belanja. apabila tidak ada halangan. Rasulullah saw ketika berada di rumah. Mencukupi Nafkah. dan sebagian lagi untuk umat. jumhur ulama berpendapat bahwa jima' bagi suami. sebagaiman perilaku Rasulullah saw memanggil Aisyah dengan suara lembut untuk memanjakannya. 4. Bagian keluarga itu ia manfaatkan untuk memberi pengajaran kepada isteri-isterinya. Allah swt mencegah orang beriman memanggil sesamanya dengan nama-nama buruk dan julukan-julukan yang melukai perasaan. Nafkah lahir adalah segala kebutuhan rumah tangga dan isterinya baik yang menyangkut sandang. jika suami mampu menciptakan perasaan senang hati isterinya dengan membantu melaksanakan tugas-tugasnya. untuk keluarga. Bermusyawarah dan Saling Mengingatkan. Berdanadan. membagi waktunya menjadi tiga bagian: sebagian untuk ibadah. Sebab ia merupakan manifestasi dari rasa kasih sayang di antara keduanya. tanpa sedikit pun unsur kikir. Nafkaah adalah tanggung jawab utama seorang suami (baik nafkah lahir maupun batin). 6. letupan- letupan kecil bisa didinginkan sesegera mungkin. Dalam Al-Quran. yang akan menciptakan ketenangan hati isteri. 5. tata ruang rumah. Islam menganjurkan kepada pasangan suami isteri untuk saling mengingatkan jika salah satu pihak bersalah. hukumnya wajib. Seorang suami seyogyanya menjaga prinsip musyawarah. Dengan cara itu. serta urusan eksternal keluarga. pendidikan anak. jika suami mau membantu mengerjakan tugas-tugas keseharian isterinya dengan penuh tulus ikhlas. terutama menyangkut urusan yang dipahami dan menjadi tanggung jawab isteri. 3.jalinan cinta. disamping ia merasa dihargai.

Memaafkan dan Menegur. Sabar merupakan kunci yang dapat menyejukkan suasana dalam kehidupan rumah tangga. Seorang suami harus pandai menyimpan rahasia rumah tangga termasuk urusan jima'. Watak pemaaf adalah salah satu dari perangai Rasulullah saw yang telah diwujudkan dalam kehidupan rumah tangganya beserta para isterinya. Menceritakan tentang keburukan rumah tangga kepada orang lain sama artinya menurunkan kehormatan diri mereka. umpatan. sehingga menjadikannya betah untuk selalu memandang dan berada di sampingnya. Bersikap Santun dan Sabar. lalu berusaha meringankan perasaan isteri tanpaa diminta. Riwayat-riwayat yang menceritakan bagaimana beliau menghadapi sikap Aisyah karena dikuasai emosi dan rasa cemburu. Sifat ini harus dimiliki suami yang shaleh dan menjadi hiasan bagi dirinya dalam mengarungi kehidupan rumah tangga. Seorang suami harus tetap bersabar dan tahan diri menghadapi terhadap berbagai goncangan yang terjadi dalam rumah tangga. 10. 7. Dengan demikian ia dapat menjalankan roda kehidupan rumah tangga secara baik. 9. 8. Berdandannya suami untuk isterinya akan menambah rasa cinta. Itu semua termasuk tradisi fitrah dan petunjuk Rasul. Suami mesti mempunyai perangai suka memaafkan. Islam mengimbau kepada kaum muslimin untuk selalu dalam keadaan rapi. merupakan bukti kongkrit keteladanannya selain merupakan mutiara agung yang mesti kita pungut. bahkan perilaku buruk lain yang tak terkendali. 8 . indah. bersih. Seorang suami hendaklah memiliki hati lembut dan perasaan peka. jangan terpancing emosi dan terburu-buru memvonis. Mengobati Hati. serta berbau harum. semua itu addalah rahasia rumah tangga yang harus dijaga. Jika terjadi persoalan dalam rumah tangga yang melahirkan celaan. Menjaga Rahasia. serta dapat memahami perasaan isteri.

penulis menuliskan saran sebagai berikut : 1. B. ii.memfungsikan keluarga kita dengan optimal guna membentuk manusia paripurna.warahmah. Seorang suami memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah keluarga sebagai pemimpin bagi istri dan anak-anaknya. Keluarga dapat diartikan sebagai kelompok sosial yang merupakan produk dari adanya ikatan-ikatan kekerabatan yang mengikat satu individu dengan yang lainnya.muttaqin. BAB III PENUTUP A. Saran Sejalan dengan simpulan di atas.saling menghormati dan menghargai 3.mawadah. Seorang suami hendaknya menjadi pemimpin yang baik dan bertanggung jawab kepada anak dan istrinya. iii. Kita hendaknya membentuk sebuah keluarga sakina.Harus ada kerjasama (ta'awun)antara suami istri 5.memperkokoh rasa cinta kita dan saling menjaga kehormatan 2. Pembinaan keluarga menurut islam : 1.jangan menyebarkan kekurangan pasangan kita masing-masing 4. Kesimpulan Berdasarkan uraian bab sebelumnya penulis dapat mengemukakan simpulan sebagai berikut : i. 9 . 2.

Julia I.2007.tersedia:www. DAFTAR PUSTAKA Anonim.pembinaan keluarga menurut persepsi islam. [20 oktober 2012] Suryakusuma.prisma(Jakarta).com.islam. 2000.[online]. Pembinaan keluarga menurut persepsi islam.no 7. Juli:4-5 10 .