You are on page 1of 5

RUMAH SAKIT PROF. DR.

TABRANI
Jl. Jend. Sudirman No. 410 Pekanbaru 28125
Telp. (0761) 35464, 35467 Fax. (0761) 839114
Email : rsprofdrtabranirab@yahoo.co.id

Bismillaahirrahmaanirrahiim

PERATURAN DIREKTUR RUMAH SAKIT PROF. DR. TABRANI
NOMOR : 078/RSTAB/PER-DIR/I/2015
TENTANG
KEBIJAKAN HAK PASIEN DAN KELUARGA
DIREKTUR RUMAH SAKIT PROF. DR. TABRANI

Menimbang :
a. Bahwa seluruh staf bertanggung jawab melindungi dan mengedepankan hak pasien dan
keluarga;
b. Bahwa Rumah Sakit Prof. Dr. Tabrani menghormati hak pasien dan dalam beberapa
situasi hak istimewa keluarga pasien;
c. Bahwa Hak pasien dan keluarga merupakan elemen dasar dari semua bagian di rumah
sakit, stafnya serta pasien dan keluarganya;
d. Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam butir a, b dan c, perlu
ditetapkan dengan Peraturan Direktur Rumah Sakit Prof. Dr. Tabrani.

Mengingat :
a. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit;
b. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
c. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik
Kedokteran;
d. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 290 Tahun 2008 tentang Persetujuan Tindakan
Kedokteran;
e. Keputusan Dirjen HK.00.06.3.5.1866 Tahun 1999 tentang Pedoman Persetujuan
Tindakan Medik (Informed Consent);
f. Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1966 tentang Wajib Simpan Rahasia
Kedokteran;
g. Manual Persetujuan Tindakan Kedokteran, KKI Tahun 2006.

MEMUTUSKAN

Menetapkan :
KESATU : PERATURAN DIREKTUR RUMAH SAKIT PROF. DR. TABRANI
TENTANG KEBIJAKAN HAK PASIEN DAN KELUARGA;

KEDUA : Kebijakan tentang Hak Pasien dan Keluarga Rumah Sakit Prof. Dr.
Tabrani sebagaimana tercantum dalam Lampiran Peraturan ini;

KETIGA : Peraturan ini berlaku sejak ditetapkan dan dapat ditinjau ulang apabila ada

21 Januari 2015 Direktur. (0761) 35464. DR. Pekanbaru. (0761) 839114 Email : rsprofdrtabranirab@yahoo. dr.id kekeliruan.co. Sudirman No. RUMAH SAKIT PROF. TABRANI Jl. Dovy Saptika Faulin NIK : 2014001651 Lampiran . Jend. 35467 Fax. 410 Pekanbaru 28125 Telp.

Staf memahami kebijakan dan prosedur yang berkaitan dengan hak pasien dan dapat menjelaskan tanggung jawab mereka dalam melindungi hak pasien. 2. c. DR. 5. 3. Para Pemimpin Rumah sakit memahami hak pasien dan keluarga sesuai dengan undang-undang dan peraturan dan dalam hubungannya dengan komunitas yang dilayaninya. untuk mendapatkan hak istimewa dalam menentukan informasi apa saja yang berhubungan dengan pelayanan yang boleh disampaikan kepada keluarga atau pihak lain. DR. Kebijakan dan prosedur mengarahkan dan mendukung hak pasien dan keluarga dalam pelayanan rumah sakit. RUMAH SAKIT PROF. b. c. pemeriksaan. Upaya Perlindungan Harta Milik Pasien a. Rumah sakit mempunyai proses untuk melindungi pasien dari kekerasan fisik. Para Pemimpin Rumah sakit bekerjasama untuk melindungi dan mengedepankan hak pasien dan keluarga. Hak Pasien dan Keluarga a. . Adanya proses untuk mengidentifikasi dan menghormati nilai-nilai dan kepercayaan pasien dan keluarganya. (0761) 35464. TABRANI Nomor : 078/RSTAB/PER-DIR/I/2015 Tanggal : 21 Januari 2015 KEBIJAKAN HAK PASIEN DAN KELUARGA 1. b. TABRANI Jl. 4. Sudirman No. (0761) 839114 Email : rsprofdrtabranirab@yahoo. Jend. dalam situasi tertentu d. 410 Pekanbaru 28125 Telp. dan dalam beberapa situasi hak dari keluarganya. anak-anak. b. b. b. manula dan lainnya yang dikurangi/ tidak mampu melindungi dirinya sendiri. Bayi. Pasien memperoleh informasi tentang tanggung jawab rumah sakit dalam melindungi barang milik pribadi. Barang milik pasien dilindungi apabila rumah sakit mengambil alih tanggung jawab atau apabila pasien tidak dapat melaksanakan tanggung jawab. Perlindungan Terhadap Kekerasan Fisik a. prosedur/ pengobatan dan transportasi. Rumah sakit telah menentukan tingkat tanggung jawabnya terhadap milik pasien. PROF. Pelayanan Sesuai Kebutuhan Privasi Pasien a.co. Rumah Sakit menghormati hak pasien. Permintaan Pelayanan Kerohanian a.id Peraturan Direktur RS. 35467 Fax. e. Keinginan pasien untuk privasi dihormati pada setiap wawancara klinis. Staf mengidentifikasi harapan dan kebutuhan privasi selama pelayanan dan pengobatan. c. Rumah sakit mempunyai proses untuk merespon permintaan yang bersifat rutin atau kompleks yang berkenaan dengan agama dan dukungan spriritual serta merespon permintaan untuk keperluan dukungan agama dan spiritual pasien. Staf mempraktekkan proses tersebut dan memberikan pelayanan yang menghormati nilai dan kepercayaan pasien.

Perlindungan terhadap Kerahasiaan Informasi Pasien a. Staf diberikan pelatihan dalam pelaksanaan kebijakan dan prosedur serta peran mereka dalam 9. Staf memahami tanggung jawab mereka dalam proses perlindungan. RUMAH SAKIT PROF. e. Lokasi terpencil atau terisolasi di monitor. Rumah sakit mengidentifikasi kelompok yang berisiko. Sudirman No. (0761) 35464. individu yang cacat. budaya masyarakat. Pasien dan keluarganya memahami bagaimana dan kapan mereka akan dijelaskan tentang kondisi medis dan diagnosis pasti. Anak-anak. Staf dilatih untuk melaksanakan kebijakan dan prosedur. Kebijakan dan prosedur tentang hak pasien bertujuan untuk tidak menimbulkan rasa takut untuk mencari second opinion dan kompromi dalam pelayanan baik didalam maupun diluar rumah sakit. d. Posis rumah sakit sesuai dengan norma-norma agama. . Rumah sakit memberitahukan pasien dan keluarganya tentang konsekuensi dari keputusan tersebut dan tersedianya alternative pelayanan dan pengobatan. bila mereka menghendakinya. 12. c. Individu yang yang tidak memiliki identitas diperiksa. Rumah sakit telah menetapkan posisinya pada saat pasien menolak pelayanan resusitasi dann membatalkan atau mundur dari pengobatan bantuan hidup dasar. Komunikasi Efektif Untuk Mendorong Keterlibatan Pasien dan Keluarganya Dalam Proses Pelayanan Kebijakan dan prosedur dikembangkan untuk mendukung dan mendorong keterlibatan pasien dan keluarganya dalam proses pelayanan. Rumah sakit menghormati dan mendukung hak pasien dengan cara asesmen manajemen nyeri yang sesuai. Persetujuan Tindakan Kedokteran a. Cara Memperoleh Second Opinion di dalam dan di luar Rumah sakit a. b. 8. Pasien diinformasikan tentang kerahasiaan informasi dan tentang kerahasiaan informasi mengenai pasien dalam undang-undang dan peraturan. (0761) 839114 Email : rsprofdrtabranirab@yahoo. kapan persetujuan akan diminta dan proses bagaimana cara memberikannya. b. persyaratan umum dann peraturan. b.id c. g. Rumah sakit memberitahukan pasien dan keluarganya tentnag hak mereka untuk menolak atau tidak melanjutkan pengobatan. 6. f. 10. TABRANI Jl. Pelayanan kedokteran tentang manajemen nyeri a. 410 Pekanbaru 28125 Telp. b. serta memahami hak mereka untuk berpartisipasi dalam keputusan pelayanannya. d. Penjelasan Hak Pasien dalam Pelayanan a. 11.co. DR. Pasien memberikan informed consent sesuai dengan kebijakan dan prosedur. 35467 Fax. 7. Jend. Pasien diminta persetujuannya untuk membuka informasi yang tidak tercakup dalam undang-undang dan peraturan. c. lanjut usia dan kelompok lain yang diidentifikasi rumah sakit untuk dilindungi. Rumah sakit menghormati kerahasiaan informasi kesehatan pasien. b. Rumah sakit telah menjabarkan dengan jelas proses informed consent dalam kebijakan dan prosedur. Penolakan Resusitasi a.

Kebijakan dan prosedur mendukung konsisten pelayanan. Staf memahami peran mereka dalam mengidentifikasi nilai-nilai dan kepercayaan pasien dan keluarganya. serta bagaimana nilai kepercayaan tersebut dihormati di dalam proses tersebut. 17. Indentifikasi Nilai-nilai Kepercayaan Pasien dalam Pelayanan a. Jend.co. 18. Rumah sakit mempunyai prosedur untuk menjelaskan kepada pasien tentang hak dan tanggung jawabnya bila komunikasi tertulis tidak efektif. Keluhan. Pasien mengenal identitas para dokter dan praktisi kesehatan lain yang bertanggung jawab melayani mereka. Pekanbaru. b. Dr. 16. 21 Januari 2015 Direktur. Pasien diberitahu tentang proses menyampaikan keluhan.id b. b. 13. 15. Informasi secara tertulis tentang hak dan tanggung jawab pasien. TABRANI Jl. serta pemeriksaan dan pengelolaan nyeri secara akurat. Staf rumah sakit menghargai hak pasien yang sedang menghadapi kematian. dr. budaya dan sosial pada hak pasien untuk melaporkan rasa nyeri. konflik atau perbedaan pendapat yang yang timbul dalam proses pelayanan harus diselidiki rumah sakit. memiliki kebutuhan yang unik dan dinyatakan dalam proses asuhan. Pemberian Informasi Hak dan Tanggung Jawab Pasien a. (0761) 35464. Pemberian Informasi tentang rencana pengobatan a. 14. b. b. Konflik atau Perbedaan Pendapat Pasien dan Keluarga a. RUMAH SAKIT PROF. Rumah sakit mengetahui bahwa pasien yang menghadapi kematian mempunyai kebutuhan yang unik. 35467 Fax. Pelayanan tahap terminal a. Dovy Saptika Faulin NIK : 2014001651 . DR. Penyelesaian Komplain. Tabrani. Staf memahami peran mereka dalam melindungi hak pasien dan keluarga. Pasien memberikan penjelasan dan rencana pengobatannya. c. Sudirman No. c. (0761) 839114 Email : rsprofdrtabranirab@yahoo. Ada proses menanggapi permintaan tambahan informasi dari pasien tentang tanggung jawab praktisi untuk pelayanannya. Staf rumah sakit memahami pengaruh pribadi. 410 Pekanbaru 28125 Telp. b. Pada standar HPK 7 s/d 11 tidak dilakukan di Rumah Sakit Prof. Perntayaan tentang hak dan tanggung jawab pasien juga ditempel atau bisa diperoleh dari staf rumah sakit pada setiap saat.