You are on page 1of 35

HUKUM NEWTON

PENGERTIAN GAYA
Gaya adalah suatu tarikan atau dorongan
yang dikerahkan sebuah benda terhadap benda
lain. Satuan gaya dalam MKS adalah Newton (
N ), dan dalam cgs adalah dyne.

Gaya dapat diukur langsung dengan
menggunakan neraca pegas.
Besarnya gaya yang diukur
ditunjukkan oleh jarum penunjuk
yang ada pada neraca pegas.

GAYA DAN SATUANNYA

Gaya dapat digolongkan sebagai besaran vektor, karena
memiliki besar dan arah.

Satuan Gaya :

SI  1 Newton = 1 kg m/s2

cgs  1 dyne = 1 cm g/s2

1 newton = 105 dyne

... Dengan memperhatikan gaya sebagai besaran yang memiliki arah. RESULTAN GAYA Beberapa gaya yang bekerja pada suatau benda dalam satu garis kerja dapat diganti oleh sebuah gaya yang dinamakam Resultan Gaya. besarnya resultan gaya (sama dengan jumlah aljabar gaya-gaya tersebut dan secara matematis dirumuskan: RFF1F2F3..

gunakan teorema Phytagoras resultannya ditambahkan. resultannya dikurangkan. RESULTAN GAYA • Untuk gaya-gaya SEARAH. . resultannya ditambahkan. • Untuk gaya-gaya SALING TEGAK LURUS. • Untuk gaya-gaya BERLAWANAN ARAH.

HUKUM NEWTON I Benda Diam Bagaimana Hukum Newton I itu? .

HUKUM NEWTON I Hukum Newton I berbunyi : Setiap benda akan tetap diam atau bergerak dengan kecepatan konstan apabila tidak ada gaya yang dilakukan padanya. ∑F = 0 .

yang bergerak lurus beraturan tetap bergerak lurus beraturan disebut inersia benda atau juga disebut kelembaman. • Sifat lembam benda adalah sifat mempertahankan keadaannya. • Setiap benda akan memiliki kecepatan yang konstan kecuali ada gaya yang resultannya tidak nol bekerja pada benda tersebut. yaitu keadaan tetap diam atau keaduan tetap bergerak beraturan. maka pusat massa dari suatu benda tetap diam. Berarti jika resultan gaya nol. Hukum I Newton • Penjelasan hukum 1 Newton adalah : Sifat benda untuk mempertahankan keadaannya yang diam tetap diam. atau bergerak dengan kecepatan konstan (tidak mengalami percepatan). • Secara matematis hukum newton dinyatakan: sigma F= 0 .

Hukum I Newton .

• Koin yang berada di atas kertas di meja akan tetap disana ketika kertas ditarik secara cepat. Hukum I Newton Contoh hukum 1 Newton • Penumpang akan serasa terdorong kedepan saat mobil yang bergerak cepat direm mendadak. • Pemakaian roda gila pada mesin mobil. • Ayunan bandul sederhana. .

m = 1kg F = 20N. m = 5kg a= = = 20m/s2 a= = = 4m/s2 . HUKUM NEWTON II F = 20N.

a atau a = . ∑F ∑F = m. HUKUM NEWTON II Hukum Newton II berbunyi : Percepatan suatu benda sebanding dengan resultan gaya yang bekerja dan berbanding terbalik dengan massanya.

gaya berat kita akan berubah sesuai pergerakan lift. . Ketika kita berada di dalam lift yang sedang bergerak. Saat lift bergerak ke bawah. kita akan merasakan gaya berat yang lebih besar dibandingkan saat lift dalam keadaan diam. Hal yang sebaliknya terjadi ketika lift yang kita tumpangi bergerak ke bawah. Contoh hukum II Newton • Pada gerakan di dalam lift. kita akan merasakan gaya berat yang lebih kecil daripada saat lift dalam keadaan diam. Saat lift bergerak ke atas.

HUKUM NEWTON III .

HUKUM NEWTON III Hukum Newton III berbunyi : Jika suatu benda mengerjakan gaya kepada benda lain. maka benda lain akan mengerjakan gaya pada benda pertama yang besarnya sama tetapi arahnya berlawanan. Faksi = .Freaksi .

maka senapan akan terdorong ke belakang • Mesin jet mendorong gas ke belakang. yaitu : • Ketika peluru ditembakkan kedepan. Penerapan Hukum III Newton • Peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan Hukum III Newton. sedangkan pesawat jet meluncur ke depan • Adanya gaya gravitasi • Peristiwa gaya magnet • Gaya listrik .

dan arahnya selalu tegak lurus bidang sentuh. N = W atau N = mg . MACAM-MACAM GAYA GAYA NORMAL Gaya normal adalah gaya yang bekerja pada bidang sentuh antara dua permukaan yang bersentuhan.

W = mg . MACAM-MACAM GAYA GAYA BERAT Gaya berat (W) adalah gaya gravitasi bumi yang bekerja pada suatu benda.

. . MACAM-MACAM GAYA GAYA GESEKAN m M .gaya yang arahnya berlawanan dengan arah gerak benda.terjadi jika dua buah benda bersentuhan ketika benda yang satu bergerak terhadap benda yang lain.

fs = µ s N . GAYA GESEKAN 1. GAYA GESEKAN STATIS Gaya gesekan statis adalah Gaya yang bekerja pada benda yang diam atau pada benda yang akan bergerak.

fk = µ k N . GAYA GESEKAN KINETIS Gaya gesekan inetis adalah Gaya yang bekerja pada benda yang bergerak. GAYA GESEKAN 2.

Hukum Newton II dapat dinyatakan dengan rumus : ∑F = m. Berbagai macam gaya antara lain gaya normal.a 3. dan gaya gesekan . KESIMPULAN 1. gaya berat.Freaksi 4. Hukum Newton III dapat dinyatakan dengan rumus : Faksi = . Hukum Newton I dapat dinyatakan dengan rumus : ∑F =0 2.

Berat Benda & Berat Jenis Benda .

Berat benda adalah besarnya gaya gravitasi yang bekerja pada benda tersebut.g g = 9.8 m/s2 g  10 m/s2 Keterangan : • m = massa benda (kg) • W = berat benda (N) • g = percepatan gravitasi bumi (m/s2) . • Simbol :W • Satuan : Newton (N) • Persamaan : W = m.

Faktor-faktor yang menentukan berat benda : • Percepatan gravitasi. tempat benda berada • Jarak benda ke permukaan bumi • Tempat benda di permukaan bumi .

Satuannya : kg 5. Satuannya : Newton (N) . Besaran turunan 5. tergantung tempat tergantung tempat 3. Selalu tetap. Besaran vektor 4. Selalu berunah. Berasal dari zat 1. Massa benda (m) Berat Benda (W) 1. Besaran pokok 4. Berasal dari gaya tarik penyusunnya bumi 2. tidak 2. Besaran skalar 3.

.

sehingga bergerak. Tentukan besar percepatan gerak benda tersebut! 2.5 kg agar bergerak dengan percepatan 4 m/s2? . Sebuah benda yang massanya 2 kg didorong dengan gaya tetap sebesar 5 Newton. Berapa besar gaya yang harus diberikan pada benda yang massanya 1. LATIHAN SOAL 1.

LATIHAN SOAL 3. Berapa besar percepatan gerak kedua meja tersebut? 4. Berapa besar percepatan gerak benda yang massanya lebih kecil? . Dua buah benda yang massanya masing-masing bermassa 2. ternyata benda yang massanya lebih besar bergerak dengan percepatan 4 m/s2. Dua buah meja yang massanya masing-masing 2 kg didorong oleh seorang anak dengan gaya sebesar 50 Newton.5 kg dan 15 kg diberi gaya dorong yang sama.

berapakah percepatan gerak mobil yang massanya lebih besar? 6. LATIHAN SOAL 5. Dua orang anak melakukan tarik tambang dengan gaya masing-masing 200 Newton. Dua buahmobil yang massanya 1500 kg dan 2000 kg mendapat gaya mesin yang sama. Berapa besar percepatan yang dialami oleh kedua anak tersebut? . Bila percepatan gerak mobil yang lebih ringan adalah 4 m/s2.

dari gambar-gambar dibawah ini : . LATIHAN SOAL 7. Tentukan besar resultan gaya.

LATIHAN SOAL .

LATIHAN SOAL 8. Tentukan besar resultan kedua gaya tersebut? . Tentukan besar resultan gaya yang bekerja pada meja! 9. Amir dan Umar melakukan tarik tambang dan mereka mampu memberikan gaya yang besarnya sama yaitu 250 N. Sebuah meja didorong oleh dua oarang anak. Anak pertama mendorong kearah selatan dengan gaya 50 N. Berapa besar resultan kedua gaya yang bekerja pada benda? 10. sedangkan anak kedua mendorongnya ke arah barat dengan gaya 120 N. Pada sebuah benda bekerja dua buah gaya yang saling tegak lurus dengan besar masing-masing 60 N dan 80 N.

beratnya 80 N.Massa jenis benda c. volumenya 12 m3.Berat jenis benda . Sebuah benda yang massanya 60 kg. Tentukan : a. LATIHAN SOAL 11. Tentukan : a.Berat jenis benda 13. Sebuah benda berbenru balok dengan panjang 20 cm.5 kg! 12.Berat benda b. lebar 10 cm dan tingginya 2 cm.Massa jenis benda b. Hitung berat benda yang massanya 4.

tentukan : a. Berat jenis benda .000 N/m3 ! 15.8 m/s2. Bila percepatan gravitasi bumi 9. Suatu zat cair yang beratnya 245 N mempunyai volume 5 m3. LATIHAN SOAL 14. Berapakah volume 40 Newton alkohol yang berat jenisnya sebesar 8. Massa jenis benda b.