You are on page 1of 7

Skizofrenia

Definisi skiz0frenia
Skozofrenia berasal dari dua kata, yaitu “Skizo” yang artinya retak atau pecah
(split), dan “Frenia” yang artinya jiwa. Dengan demikian seseorang yang
menderita skizofrenia adalah seseorang yang mengalami keretakan jiwa atau
keretakan kepribadian (Hawari, 2014). Skizfrenia adalah sekelompok reaksi
psikotik yang mempengaruhi berbagai fungsi individu, termasuk berfikir dan
perilaku, menerima dan menginterpretasikan realitas, merasakan dan
menunjukkan emosi dan perilaku dengan sikap yang dapat diterima secara sosial
(Isaac Ann, 2005).

Etiologi
Menurut Hawari (2014), mengemukakan tentang penyebab skizofrenia
antara lain:
1. Endokrin
3eori ini dikemukakan berhubung dengan sering timbulnya skizo%renia
pada waktu pubertas.
2. Metabolisme
3eori ini didasarkan karena penderita skizo%renia tampak pucat, tidak sehat,
ujung eHtremitas agak sianosis, nafsu makan berkurang dan berat badan
menurun.
3. )eori Adol% Meyer
Menurut Meyer skizo%renia merupakan suatu reaksi yang salah. Oleh Karena itu
timbul suatu disorganisasi kepribadian dan lamaIkelamaan orang itu menjauhkan
diri dari kenyataan.
4. 3eori Sigm'nd *re'd
Skizo%renia terdapat (1) kelemahan ego, yang dapat timbul karena penyebab
psikogenik ataupun somatik (2) superego dikesampingkan sehingga tidak
bertenaga lagi dan Id yang berkuasa serta terjadi suatu regresi ke fase
narsisisme dan (3) kehilangan kapasitas untuk pemindahan (trans%erence)
sehingga terapi psikoanalitik tidak mungkin.
5. +'gen ,le'ler
Penggunaan istilah skizofrenia menonjolkan gejala utama penyakit ini yaitu jiwa
yang terpecah belah, adanya keretakan atau disharmoni antara proses berfikir,
perasaan dan perbuatan. (leuler membagi gejala skizofrenia menjadi 2
kelompok yaitu gejala primer (gangguan proses pikiran, gangguan emosi,
gangguan kemauan) gejala sekunder (waham, halusinasi dan gejala
katatonik atau gangguan psikomotorik yang lain).
6. keturunan

2. Hal ini di dukung bahwa amfetamin. d. dapat psikosis yang mirip skizofrenia. 7. Pikirannya penuh dengan kecurigaan atau seakan-akan ada ancaman terhadap dirinya. 8. merasa serba mampu dan sejenisnya f. Eaduh. .Dapat dipastikan bahwa ada faktor keturunan yang juga menentukan timbulnya skizofrenia. gejala negatif a. mondar-mandir. Kekacauan alam pikiran Dapat dilihat dari isi pembicaraannya. gejala positif a. Misalnya bicaranya kacau. halusinasi Pengalaman panca indera tanpa ada rangsangan (stimulus). Menyimpan rasa permusuhan. 6lam perasaan (affect) JtumpulJ dan JmendatarJ Eambaran alam perasaan ini dapat terlihat dari wajahnya yang tidak menunjukkan ekspresi. b. Ne'rokimia Hipotesis dopamin menyatakan bahwa skizofrenia disebabkan oleh o*er akti*itas pada jaras dopamin mesolimbik.2. agresif. e. tidak dapat diam. Delusi atau waham uatu keyakinan yang tidak rasional (tidak masuk akal). gelisah.1. bicara dengan semangat dan gembira berlebihan. Gejala skizofrenia Menurut Hawari (2014) gejala-gejala skizofrenia dapat dibagi dalam dua kelompok yaitu- 1. sehingga tidak dapat diikuti alur pikirannya. 2.1. Meskipun telah dibuktikan secara objektif bahwa keyakinannya itu tidak rasional. tetapi kelainan patologis yang ditemukan mungkin disebabkan oleh perubahan postmortem. Merasa dirinya Orang besar. g. usunan araf Pusat Penyebab skizofrenia diarahkan pada kelainan P yaitu pada diensefalon atau kortek otak. Misalnya penderita mendengar suara-suara8bisikan-bisikan di telinganya padahal tidak ada sumber dari suara8bisikan itu. namun penderita tetap menyakini kebenarannya. yang kerjanya melepaskan dopamin. c.

menang menyendiri (Solitary) b. b. ulit dalam berpikir nyata f. Klasifikasi Menurut Hawari (2014). Pembicaraan tidak menentu 8 melompat I lompat 3. Kegaduhan katatonik. yaitu pertahanan suatu sikap kaku terhadap semua upaya untuk menggerakkan dirinya. Skizofrenia tipe hebefrenik seseorang yang menderita skizofrenia tipe ini. b. yaitu pengurangan hebat dalam reakti*itas terhadap lingkungan dan atau pengurangan dari pergerakan atau akti*itas spontan sehingga nampak seperti patung. d. e. Menarik diri atau mengasingkan diri. Skizofrenia tidak terinci . skizofrenia dibagi menjadi 5 tipe antara lain - 1. sukar diajak bicara dan pendiam. c. yaitu kegaduhan akti*itas motorik. disebut juga disorganized type atau kacau balau yang ditandai dengan gejala-gejala antara lain sebagai berikut- a. Waham kejar atau waham kebesaran. yang nampaknya tak bertujuan dan tidak dipengaruhi oleh rangsangan luar. Kekakuan katatonik. Pola pikir steorotip g. tupor katatonik. Afek dangkal dan tidak wajar (sering tertawa sendiri) c. Skizofrenia tipe katatonik seseorang yang menderita skizofrenia katatotik menunjukkan gejala-gejala sebagai berikut - a. 4. Halusinasi yang mengancam pasien 2. negati*ise katatonik. yaitu suatu perlawanan yang nampaknya tanpa motif terhadap semua perintah atau upaya untuk menggerakkan dirinya.b. Skizofrenia tipe paranoid Seseorang yang menderita skizpfrenia tipe paranoid yang menunjukkan gejala- gejala sebagai berikut - a. c. yaitu sikap yang tidak wajar atau aneh. Kontak emosional amat sedikit. tidak mau bergaul atau kontak dengan orang lain dan suka melamun. Tidak ada / kehilangan dorongan kehendak dan tidak ada inisiatif. e. sikap tubuh katatonik. d. Pasif dan apatis serta menarik diri dari pergaulan sosial.

B.1.a. . beberapa gejala skizofrenia masih tetap ada. Depresi pasca skizofrenia A. h. adiksi dan dependensi. 2. Tidak memenuhi kriteria untuk diagnosis skizofrenia paranoid. Psikoterapi ini dimaksudkan untuk memberikan dorongan. (single doses). b. i. Dapat menghilangkan gejala positif maupun negatif skizofrenia dalam waktu relatif singkat- d. 3idak memenuhi untuk kriteria skizofrenia residual atau depresi pasca skizofrenia 5. pikiran tidak logis dan tidak rasional atau pelonggaran asosiasi pikiran.14. g. sebagai contohnya psikoterapi suportif. hebrefenik atau katatonik b. 3idak menyebabkan habituasi. Psikofarmaka Adapun obat psikofarmaka yang ideal yaitu yang memenuhi syarat-syarat antara lain sebagai berikut - a. Kalau mungkin pemakaiannya dosis tunggal. c. tingkah laku eksentrik. psikoterapi a. 3idak ada efek samping. kalaupun ada relatif kecil.ramor/id). Memperbaiki pola tidur. semangat dan moti*asi agar penderita tidak merasa putus asa. 3idak menyebabkan kantuk. Misalnya alam perasaan yang tumpul dan mendatar serta tidak serasi. Skizofrenia tipe residual Tipe ini merupakan sisa-sisa (resid') dari gejala skizofrenia yang tidak begitu menonjol. gEejala I gejala depresi menonjol dan telah ada paling sedikit 2 minggu 6. 4ebih cepat memulihkan fungsi kognitif (daya pikir dan daya ingat). 3idak menyebabkan lemas otot. penatalaksanaan pasien skizofrenia adalah sebagai berikut - 1. T3erapi skizofrenia Menurut Hawari (2014). e. 2. f. Suportif Jenis 3erdapat banyak macam psikoterapi tergantung dari kebutuhan Dan latar belakang penderita sebelum sakit (. c. Pasien telah menderita skizofrenia 12 bulan terakhir ini. Dosis rendah dengan efekti*itas terapi dalam waktu yang relati*e singkat. penarikan diri dari pergaulan sosial.

Psikoterapi keluarga g. Psikoterapi Perilaku Jenis psikoterapi ini dimaksudkan untuk memulihkan gangguan prilaku yang terganggu (maladaptif) menjadi prilaku yang adaptif (mampu menyesuaikan diri). 2014). d. Psikoterapi Kognitif e. Psikoterapi Re-konstruktif Jenis psikoterapi ini dimaksudkan untuk memperbaiki kembali (re-konstruksi) kepribadian yang telah mengalami keretakan menjadi kepribadian utuh seperti semula sebelum sakit. . c. ehingga dapat meningkatkan kemampuan pasien dalam melakukan kegiatan kehidupan sehari-hari secara mandiri (Hawari.b. Psikoterapi Psiko-dinamik f. 3erapi Psikososial salah satu bagian dari terapi psikososial adalah terapi okupasi dimana dalam terapi okupasi ini terdapat bermacam-macam jenis kegiatan yang diberikan salah satunya adalah mengajarkan pasien untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Psikoterapi Re-edukatif Jenis psikoterapi ini dimaksudkan untuk memberikan pendidikan ulang yang maksudnya memperbaiki kesalahan pendidikan di waktu lalu dan juga dengan pendidikan ini dimaksudkan mengubah pola pendidikan lama dengan yang baru sehingga penderita lebih adaptif terhadap dunia luar. 3.