You are on page 1of 13

PENGABDIAN MASYARAKAT

DAN PEMBANGUNAN
MANUSIA

Sujito
LPM Universitas Jember

APA ITU PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT? .

.Berdasarkan UU No. 12 tahun 2012. Pengabdian kepada Masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

MENGAPA KITA HARUS MELAKUKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT? .

 Menggugurkan kewajiban BKD?  Mendapatkan poin?  Mendapatkan tambahan koin?  Membantu menyelesaikan masalah di masyarakat?  Agar termasuk kelompok orang baik? .

BAGAIMANA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KITA LAKSANAKAN? .

.  Tidak seperti halnya pengelolaan kegiatan penelitian. Dapat dilakukan secara individu ataupun kelompok.  Dapat dilakukan secara mandiri (dengan dana sendiri) atau dengan menggunakan dana hibah. pengelolaan kegiatan pengabdian dengan sumber dana hibah dari Ditlitabmas dilakukan secara terpusat.

APA DASAR PEMILIHAN TOPIK KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT? .

DASAR PEMILIHAN TOPIK KEGIATAN PENGABDIAN  Kompetensi dosen  Program kegiatan pengabdian institusi  Kondisi dan kebutuhan masyarakat  Ketersediaan anggaran .

.KOMPETENSI DOSEN  Kompetensi dosen bukan merupakan halangan bagi dosen tidak melakukan pengabdian kepada masyarakat  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat dilakukan secara kelompok/tim dengan multidisiplin/kompetensi.

.  Jawa Timur sendiri rata-rata IPMnya masih di bawah rata-rata IPM nasional.  Jember menduduki urutan ke 31 dari 38 Kabupaten/Kota yang ada.  Namun demikian dari sisi IPM atau HDI Indonesia termasuk kelompok yang IPMnya rendah.KONDISI DAN KEBUTUHAN MASYARAKAT KITA SAAT INI  69 tahun kita merdeka. alhamdulillah Indonesia menduduki urutan ke 4 negara- negara di dunia yang jumlah penduduknya paling banyak.

INDIKATOR PEMBANGUNAN MANUSIA  Tingkat pendidikan  Tingkat kesehatan  Tingkat ekonomi  Lingkungan .

TERIMA KASIH .