KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, saya
panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah,
dan inayah-Nya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah Administrasi
Investaris Sekolah.

Adapun makalah Administrasi Investaris Sekolah tentang kegiatan yang dilakukan oleh
bagian administrasi investaris sekolah ini telah saya usahakan semaksimal mungkin dan tentunya
dengan bantuan berbagai pihak, sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu
saya tidak lupa menyampaikan banyak terima kasih kepada pihak yang telah membantu saya
dalam pembuatan makalah ini. Namun tidak lepas dari semua itu, saya menyadari sepenuhnya
bahwa ada kekurangan baik dari segi penyusun bahasanya maupun segi lainnya. Oleh karena itu
dengan lapang dada dan tangan terbuka saya membuka selebar-lebarnya bagi pembaca yang
ingin memberi saran dan kritik kepada saya sehingga saya dapat memperbaiki makalah
Administrasi Investaris Sekolah ini.

Akhirnya penyusun mengharapkan semoga dari makalah Administrasi Investaris Sekolah
ini kita dapat mengambil hikmah dan manfaatnya sehingga dapat memberikan inspirasi terhadap
pembaca.

Gadut, Juni 2015

Penyusun

. Definisi inventaris sekolah....... dibutuhkan suatu keahlian juga ketrampilan di dalam menangani urusan tata administrasi sekolah tersebut.............. Salah satu komponen pendukung yang penting dalam instansi pendidikan............................................................ POKOK BAHASAN..................................... PENUTUP...................... serta faham akan job diskripsinya............................................ Tujuan dan manfaat inventarisasi sekolah.................... Masih kurang dan rendahnya kompetensi yang ...........2 d....................... 2 DAFTAR PUSTAKA. 2 b................................................................. peran dari tenaga dalam hal ini sumberdaya manusia di dalam memperlancar tata administrasi sekolah sangatlah penting...............................Maka dari itu itu sangat diperlukan tenaga tata administrasi yang terampil................................................................................................................................ 2 a...... Klasifikasi dan kode barang inventaris sekolah........ KESIMPULAN.2 f................. dalam hal ini sekolah adalah tenaga administrasi.................................... Peran dari tenaga administrasi sekolah sangatlah penting dalam mendukung kesuksesan dan kelancaran tata administrasi sekolah.................................................. 2 3............. Daftar Isi KATA PENGANTAR............................ Pengadministrasian barang inventaris sekolah............................. PENDAHULUAN................... Di samping itu......................................... 2 5................ handal.................................................................................... Oleh karena itu sumberdaya manusia dalam hal ini tenaga administrasi menjadi komponen yang penting dalam suatu sekolah................................................. Berkenaan dengan hal itu semua.2 c.................................................................................................. Di dalam menangani tata adminsitrasi sekolah dibutuhkan suatu keahlian dan kemampuan yang cukup dalam bidang administrasi............... PENDAHULUAN Sekolah merupakan instansi pendidikan yang berintregitas antara komponen yang satu dengan yang lain........................................ i 1.......................... PEMBAHASAN...................... 2 2.. Job tenaga administrasi inventaris sekolah..........2 4.................................................................................................... 2 g............... Pelaporan inventarisasi sekolah......2 e......... serta tidak bisa dipisahkan antara komponen yang satu dengan yang lain..................................... 2 1..... Peran dan kinerja tenaga tata administrasi sekolah...

bahan dan sebagainya. b. Pengadministrasian barang inventaris sekolah e. PEMBAHASAN a. Karena peran dari tenaga tata adminstrasi di dalam sebuah sekolah diibaratkan sebagai sebuah nyawa yang bergantung pada bentuk fisiknya. Barang inventaris sekolah adalah semua barang milik negara (yang dikuasai sekolah) baik yang diadakan/dibeli melalui dana dari pemerintah. POKOK BAHASAN Di dalam makalah ini. Tiap sekolah wajib menyelenggarakan inventarisasi barang milik negara yang dikuasai/diurus oleh sekolah masing-masing secara teratur. Peran dan kinerja tenaga tata administrasi sekolah 3. Job tenaga administrasi inventaris sekolah d. DPP maupun diperoleh sebagai pertukaran. Tujuan dan manfaat inventarisasi sekolah . Kepala sekolah melakukan dan bertanggung jawab atas terlaksananya inventarisasi fisik dan pengisian daftar inventaris barang milik negara yang ada di sekolahnya. Pelaporan inventarisasi sekolah g. Definisi inventaris sekolah b. Definisi inventaris sekolah Inventaris berasal dari bahasa latin “inventarium” yang berarti daftar barang- barang. Tujuan dan manfaat inventarisasi sekolah c. hadiah atau hibah serta hasil usaha pembuatan sendiri di sekolah guna menunjang kelancaran proses belajar mengajar. dimiliki tenaga tata administrasi sekolah menjadi sebuah fenomena yang perlu dituntaskan dengan segera. Klasifikasi dan kode barang inventaris sekolah f. 2. Berarti inventaris sekolah adalah pencatatan atau pendaftaran barang-barang milik sekolah ke dalam suatu daftar inventaris barang secara tertib dan teratur menurut ketentuan dan tata cara yang berlaku. tertib dan lengkap. saya akan membahas tentang: a.

c. Membuat daftar penggunaan barang inventaris. Memberikan data dan informasi untuk dijadikan bahan/pedoman dalam penyaluran barang. Memberikan kode ataupun nomor pada barang non inventaris. d) Untuk memudahkan pengawasan dan pengendalian 2) Manfaat inventarisasi sekolah Daftar inventarisasi barang yang disusun dalam suatu organisasi yang lengkap. b. Job tenaga administrasi inventaris sekolah Job dari tenaga administrasi yang berkecimpung dalam inventarisasi meliputi: a. Mengklasifikasikan setiap item yang akan diinventasisasi. i. Memberikan data dan informasi dalam menentukan keadaan barang (tua. e. Memberikan data dan informasi dalam rangka memudahkan pengawasan dan pengendalian barang. teratur dan berkelanjutan dapat memberikan manfaat. . Memberikan kode ataupun nomor pada barang inventaris. Mencatat penerimaan barang inventaris dan non inventaris. c) Sebagai bahan atau pedoman untuk menghitung kekayaan suatu sekolah dalam bentuk materil yang dapat dinilai dengan uang. inventarisasi dilakukan dengan tujuan-tujuan sebagai berikut: a) Untuk menjaga dan menciptakan tertib administrasi yang dimiliki oleh suatu sekolah. e. c. Menyediakan data dan informasi dalam rangka menentukan kebutuhan dan menyusun rencana kebutuhan barang. Mencatat daftar penggunaan barang inventaris. Mencatatkan dan mengisi barang inventaris apa saja pada buku induk inventaris. lebih) sebagai dasar untuk menetapkan penghapusannya. Memberikan data dan informasi untuk dijadikan bahan/pedoman dalam pengarahan pengadaan barang. d. b) Untuk menghemat keuangan sekolah baik dalam pengadaan maupun untuk pemeliharaan. g. d. Secara khusus. Mengisi golongan non inventaris. c. b. yakni sebagai berikut: a. rusak. 1) Tujuan inventarisasi sekolah Secara umum. f. Mengisi golongan inventaris. h. inventarisasi dilakukan dalam rangka usaha penyempurnaan pengurusan dan pengawasan yang efektif yang dimiliki oleh suatu sekolah.

Daftar Laporan Triwulan Mutasi Barang Inventaris adalah daftar tempat mencatat jumlah bertambah dan atau berkurangnya barang inventaris sebagai akibat mutasi yang terjadi dalam triwulan yang bersangkutan. j. Pengadministrasian barang inventaris sekolah Pelaksanaan kegiatan pengadministrasian barang inventaris dilakukan dalam: a. Sesuai dengan tujuan tersebut . e. tinta dan sejenisnya. d. Membuat Daftar Rekapitulasi Barang Inventaris. yaitu tempat-tempat mencatat semua barang inventaris menurut golongan barangnya. e. Membuat laporan setiap tribulan atau tahunan. seperti. c. Membuat rencana penambahan barang inventaris. d. pensil. Buku Catatan Non Inventaris adalah buku tempat mencatat semua barang habis pakai. Buku Golongan Barang Inventaris adalah buku pembantu tempat mencatat barang inventaris menurut golongan barang yang telah ditentukan. Membuat Daftar Isian Inventaris. Buku Induk Barang Inventaris adalah buku tempat mencatat semua barang inventaris milik negara dalam lingkungan sekolah menurut urutan tanggal penerimaannya. mutasi barang yang terjadi selama setahun tersebut. kertas ketik. Untuk Daftar Isian Inventaris dan Daftar Rekapitulasinya. dan keadaan barang inventaris pada tanggal 1 April tahun anggaran berikutnya. Klasifikasi dan kode barang inventaris sekolah Pada dasarnya maksud dan tujuan mengadakan penggolongan barang ialah agar terdapat cara yang cukup mudah dan efisien untuk mencatat dan sekaligus untuk mencari dan menemukan kembali barang tertentu. f. k. kapur. yaitu merupakan daftar yang menunjukkan jumlah barang inventaris menurut keadaan pada tanggal 1 April tahun yang lalu. Daftar ini tersusun menurut jenis barang pada masing-masing golongan inventaris. b. penghapus papan tulis. sekolah wajib membuat dan mengisinya dalam rangkap 2 (dua) untuk disampaikan 1 set (asli) kepada unit kerja yang membawahinya dan 1 set (tembusan) untuk arsip sendiri. baik secara fisik maupun melalui daftar catatan ataupun di dalam ingatan orang.

Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota (Inspektorat) wajib mengisi Daftar Isian Inventaris dan Daftar Rekapitulasi Laporan Tahunan Inventaris yang berasal dari sekolah/UPT di lingkungannya. . Laporan Tahunan Inventaris (yang membuat Daftar Isian Inventaris dan Rekapitulasi Barang Inventaris) disampaikan 1 set (asli) kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota (Inspektorat) setempat. untuk disampaikan 1 (satu) set (asli) kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat dan 1 set untuk arsip sendiri. kelompok dan atau jenis barang haruslah bersifat membantu/memudahkan penglihatan dan ingatan orang dalam mendapatkan kembali barang yang diinginkan. f. Di samping itu pula. Laporan Tahunan Inventaris tersebut disampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan Propinsi u. Laporan tersebut harus sudah disampaikan paling lambat 7 hari setelah berakhirnya triwulan tahun anggaran berjalan. serta memberi petunjuk mengenai formulir nama yang harus dipergunakan untuk tempat mencatat jenis barang tertentu. Selanjutnya Kantor Depdik Kabupaten/Kota sendiri menyampaikan kepada Dinas Pendidikan Propinsi setempat u. penyusunan angka nomor kode ini diusahakan agar memungkinkan dilakukan pengembangan. 2. Tiap sekolah wajib mengisi Daftar Isian Inventaris dan Rekapitulasi Barang Inventaris rangkap 2 (dua). Laporan triwulan mutasi barang inventaris 1. 2.maka bentuk lambang.p Kepala Bagian Perlengkapan. terutama oleh mereka yang secara langsung menangani pencatatan barang. Sandi atau kode yang dipergunakan melambangkan nama atau uraian kelompok/jenis barang adalah berbentuk angka bilangan (numerik) yang tersusun menurut pola tertentu. Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota membuat rekapitulasi laporan triwulan yang berasal dari sekolah/UPT/Dinas Pendidikan Kecamatan. Pelaporan inventarisasi sekolah i. sandi atau kode yang dipergunakan sebagai pengganti nama atau uraian bagi tiap golongan. agar mudah diingat dan dikenali.p Kepala Bagian Perlengkapan. Laporan tahunan inventaris 1. Tiap sekolah dan unit pelaksana teknis wajib membuat daftar laporan triwulan mutasi barang inventaris rangkap 2 (dua). ii.

sekarang ini mutu dan kinerja tenaga tata administrasi sekolah masih rendah. Setiap sumberdaya manusia yang bergerak di berbagai instansi saat ini dituntut untuk “melek” mata menyongsong keberadaan Informasi dan Tekhnologi yang bergulir secara cepat saat ini. Fenomena ini banyak terjadi di sekitar lingkungan penulis sendiri. bekerja sama dan juga bertanggung jawab.Padahal kita juga menyadari bahwa peran dari tenaga tata administrasi sangat dibutuhkan dalam sebuah instansi. Dan. keahlian. hal itu semua selayaknya diimbangi dengan pendapatan yang diperoleh oleh tenaga tata administrasi itu sendiri di dalam meningkatkan etos kerja mereka. dan tanggung jawab terhadap tugas – tugas mereka. Janganlah hanya menjadi slogan belaka. Untuk itu. Akan tetapi di dalam mendukung semua tugas yang berjalan di dalam instansi dibutuhkan tenaga tata adminsitrasi yang mempunyai disiplin. ironis jadinya. Sumberdaya manusia merupakan individu yang penting. . Di tambah lagi sebagian besar instansi di tingkat dasar atau sekolah dasar tidak memiliki tenaga tata administrasi yang cakap dan mampu di bidangnya. apalagi menjemput era Informasi dan Tekhnologi seperti sekarang ini. Keberadaan tenaga tata administrasi di dalam sebuah instansi pendidikan ke depannya harus benar – benar dipertimbangkan. kemampuan. karena penulis juga mengalami hal tersebut. Peran dan kinerja tenaga tata administrasi sekolah Peran dan kinerja tenaga tata administrasi sekolah mempunyai nilai berharga dalam menunjang tugas – tugas di sebuah instansi. dan tanggungjawab di dalam mengemban tugas – tugas kedinasan. Hal tersebut yang menyebabkan suatu tatanan administrasi di dalam sebuah instansi tidak bisa berjalan secara maksimal. Boleh dikatakan masih amburadul dan tidak tertib. g. Sayangnya. Selain itu banyaknya tenaga tata administrasi yang merangkap melakukan tugas selain tugas tata administrasi itu sendiri. kualitas. baik dalam hal mutu. fenomena ini hanyalah didasarkan pada pengamatan penulis dari berbagai sample kasus yang terdapat di sekitar lingkungan penulis. terutama dalam sebuah instansi pendidikan. di dalam mewujudkan dan memperlancar tugas – tugas di dalam instansi pendidikan diharapkan antara komponen satu dengan yang lain harus bersinergi. loyalitas. kecakapan.

Peran ganda dan rangkap seharusnya diakhiri. untuk mencapai hasil yang maksimal. keahlian yang memadai. diharapkan juga setiap komponen yang terdapat di instansi pendidikan mampu mengoptimalkan kinerja mereka masing – masing. Karena dengan adanya job description yang jelas profesionalitas dapat tercapai di instansi pendidikan tersebut. selain memiliki kemampuan. dunia pendidikan pada umumnya. selain itu juga dapat meningkatkan mutu manajemen sekolah itu sendiri. Dengan eksisnya tenaga tata administrasi yang diharapkan berperan secara professional.Oleh karena itu. Di bawah ini rekapitulasi sisa barang pakai habis Per 31 Desember 2012 SMA Negeri 2 Tilatang Kamang: REKAPITULASI SISA BARANG PAKAI HABIS PER 31 DESEMBER 2012 SMA NEGERI 2 TILATANG KAMANG STOK TAHUN LALU TAHUN 210 N SATUAN JENIS BARANG (31 Desember 2011) PENGADAA JUMLA PENGELUARA BA O (UNIT/BH) (UNIT/BH) N H N 1 2 3 4 5 6=4+5 7 8 1 2 0 Spidol 2 warna lusin 0 2 2 5 2 Kertas jilid pak 0 5 3 90 70 Map tulang plastik buah 10 100 4 24 0 Baterai besar buah 5 29 5 2 1 Amplop putih kecil pak 0 2 6 2 1 Amplop putih besar pak 0 2 7 180 165 Pensil 2B buah 105 285 8 File Lucky buah 1 20 21 21 9 Penghapus buah 93 100 193 93 . diharapkan tenaga tata administrasi juga harus mempunayi visi dan komitmen di dalam memajukan sebuah instansi pendidikan khususnya. kecakapan.

5" buah 0 10 10 24 14 Lakban hitam 2" buah 11 10 21 Jumlah 25 19 Pena gel lusin 14 8 22 26 4 Type X buah 4 20 24 27 2 Refil boliner lusin 0 3 3 28 7 Map combo buah 1 20 21 29 23 Kertas stensil rim 5 20 25 30 Buku isi 40 buah 95 200 295 102 .10 Tinta print hitam buah 12 15 27 27 11 Bantal stempel B buah 0 2 2 2 12 90 135 Kertas HVS F4 rim 53 143 13 1 0 Pelubang kertas Besar buah 0 1 14 10 3 Tinta print DP 27 kotak 0 10 15 40 20 Tinta print 40 kotak 0 40 Jumlah Jumlah Pindahan 16 15 0 Spidol WB lusin 8 23 17 2 1 Stabilo lusin 0 2 18 11 0 Box file buah 1 12 19 5 0 Map ordner 401 buah 0 5 20 400 469 Map snelhecter buah 149 549 21 89 Buku kwarto isi 100 buah 54 40 94 22 0 Tinta printer DP 41 kotak 0 10 10 23 3 Lakban hitam 1.

31 8 Double folio rim 11 10 21 32 CD R buah 44 50 94 45 33 7 Amplop folio pak 6 2 8 34 2 Kwitansi NCR buah 2 1 3 35 0 CD Case tabung buah 0 1 1 36 0 Pena boliner lusin 0 1 1 37 8 Tinta spidol WB lusin 8 10 18 JUMLAH Jumlah Pindahan ALAT KEBERSIHAN 1 12 Tisue buah 0 30 30 2 0 Pengharum botol 0 2 2 3 0 Karbol buah 0 5 5 4 3 Sapu plastik buah 0 12 12 5 4 Stella gantung buah 0 8 8 6 0 Tong sampah buah 0 3 3 7 0 Kemoceng buah 0 12 12 8 0 Sunlight buah 0 15 15 9 16 1 Yurisol buah 1 15 10 2 0 Sapu loteng buah 0 2 JUMLAH CETAKAN 1 Amplop cetak folio pak 5 20 25 11 .

2 0 Amplop cetak dinas pak 8 7 15 3 0 Amplop cetak dinas pak 0 1 1 4 Sampul rapor lembar 0 80 80 80 JUMLAH .

baik secara fisik maupun melalui daftar catatan ataupun di dalam ingatan orang. saya mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari saudara-saudara. Table di atas menunjukkan berapa banyak barang terpakai habis pada SMA Negeri 2 Tilatang Kamang per 31 Desember 2012. Semoga makalah ini dapat membawa berkah dan manfaat bagi kita semua. PENUTUP Demikianlah makalah yang dapat saya susun. Amin. saya dapat menyimpulkan bahwa inventaris sekolah adalah pencatatan atau pendaftaran barang-barang milik sekolah ke dalam suatu daftar inventaris barang secara tertib dan teratur menurut ketentuan dan tata cara yang berlaku. Oleh karena itu. 5. KESIMPULAN Dari paparan di atas. Pada dasarnya maksud dan tujuan mengadakan penggolongan barang ialah agar terdapat cara yang cukup mudah dan efisien untuk mencatat dan sekaligus untuk mencari dan menemukan kembali barang tertentu. 4. . saya yakin masih banyak kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan. Secara umum. inventarisasi dilakukan dalam rangka usaha penyempurnaan pengurusan dan pengawasan yang efektif yang dimiliki oleh suatu sekolah.

1996. Hlm. 26 M. 2008.Hlm. Administrasi Sekolah. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. DAFTAR PUSTAKA Daryanto. 2008). Ngalim. 2004. 2008. Ary H. Administrasi Pendidikan. 144 Daryanto. 26-27 Ary H. Gunawan. Ngalim Purwanto. 1996). Administrasi Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Gunawan. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Hlm. Gunawan. (Jakarta: Rineka Cipta. 2008). Hlm. Manajemen Pendidikan di Sekolah. 141 Suryosubroto. Ary H. M. Administrasi Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Suryosubroto. (Jakarta: Rineka Cipta.. (Bandung: PT Rosda Karya. Administrasi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya. Manajemen Pendidikan di Sekolah. (Jakarta: Rineka Cipta. Purwanto. 99 . 2004). Hlm.