You are on page 1of 5

BAB IV

METODE PENELITIAN

4.1 Desain penelitian

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu

desain penelitian yang bertujuan untuk mencari gambaran terhadap fenomena

(termasuk kesehatan) yang terjadi dalam suatu populasi tertentu

( Notoatmodjo, 2012 ).

Desain penelitian ini digunakan untuk menggambarkan variable penelitian

tentang gambaran penyembuhan luka ibu post SC yang melakukan mobilisasi

dini di RSIA Restu Bunda, Teluk Betung Bandar Lampung tahun 2015.

4.2 Populasi dan Sampel

4.2.1 Populasi

Populasi adalah keseluruhan objek penelitian atau objek yang diteliti

(Notoatmodjo, 2012). Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah

seluruh ibu post SC yang melakukan mobilisasi dini di RSIA Restu Bunda,

Teluk Betung Bandar Lampung sebanyak ….. orang (jumlah ibu post SC

yang melakukan mobilisasi dini di bulan April 2015).

Teluk Betung Bandar Lampung.1 Lokasi Penelitian Penelitian ini dilakukan di RSIA Restu Bunda. 4. .4. 4.4 Pengumpulan Data 4.3 Tekhnik Sampling Tekhnik pengambilan sampel dari populasi dalam penelitian ini menggunakan non random jenis accidental sampling yang berarti sampel yang didapatkan berdasarkan ketersediaan responden saat penelitian yang dilakukan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total populasi yang berarti seleruh ibu post SC di RSIA Restu Bunda. 2012).3.2.2.. orang.4.2 Waktu Penelitian Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei tahun 2015.3. 4. 4.2 Sampel Sampel adalah objek yang diteliti dan dianggap mewakili seluruh populasi (Notoatmodjo. Teluk Betung Bandar Lampung tahun 2015 yang berjumlah…. Responden yang memenuhi kreteria diambil sebagai penelitian.1 Alat Pengumpulan Data Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah ceklist mengenai penyembuhan luka ibu post SC yang melakukan mobilisasi dini.3 Lokasi dan Waktu Penelitian 4.

4. misalnya apakah sudah terisi lengkap. setalah ceklist peneliti mengumpulkan jawaban dalam rekapitulasi hasil penelitian ke dalam suatu table master dan dianalisis secara univariat.5. 2012) 4.2 Tekhnik Pengumpulan Data Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yang diambil secara langsung dengan menggunakan ceklist yang telah diobservasi kepada responden di RSIA Restu Bunda. Untuk variable penyembuhan luka yaitu jika kategori ( 0 ) .5. 4.5 Pengolahan Data Pengolahan data meliputi 4 tahap.1 Penyuntingan (Editing) Editing adalah langkah awal dari kegiatan pengolahan data yang memeriksa kelengkapan isian formulir atau ceklist.4. memasukkan data (entry atau pricessing) dan pembersihan data (cleaning). yaitu penyuntingan (editing). pengkodean (coding). 4. ( Notoatmodjo. Teluk Betung Bandar Lampung.2 Pengkodean (Coding) Pemberian atau pembuatan kode-kode dari tiap-tiap data yang termasuk dalam katagori yang sama yaitu Coding untuk variable melakukan mobilisasi yaitu jika kategori berilah tanda ceklist ( ) Pada kolom YA jika aktifitas dilakukan ibu dan pada kolom TIDAK jika aktifitas tidak dilakukan.

6 Analisa Data Setelah mendapatkan data dalam penelitian ini akan dianalisi dengan : 4. 2012). 4. apabila tidak terjadi atau ( 1 ) apabila terjadi tanda-tanda penyembuhan luka.4 Membersihkan data (Cleaning) Merupakan kegiatan dalam pemeriksaan kembali semua data yang telah dimasukkan kedalam program computer untuk melihat apakah terdapat kesalahan kode dan tidak lengkap.5. kemudian dilakukan pembetulan (Notoadmodjo. Teluk Betung Bandar Lampung Tahun 2015.3 Memasukkan data (Entry) Entry data yakni jawaban-jawaban dari masing-masing responden yang dalam bentuk “kode” dimasukkan dalam program software computer sesuai dengan kategori yang ditentukan. 4. 4.1 Analisa Data Analisa univariat digunakan untuk menggambarkan masing-masing variabel bebas dan variabel terikat dengan menggukan tabel distribusi frekuensi mengenai Gambaran Penyembuhan Luka Ibu Post SC yang Melakukan Mobilisasi Dini di RSIA Restu Bunda.6. Untuk mengetahui frekuensi menggunakan perhitungan presentase dengan rumus : .5.

P = ∑ f x100% n Keterangan : P : Jumlah persentase yang dicari f : Frekuensi jawaban responden n : Jumlah responden 100 % : Nilai tetap .