You are on page 1of 12

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Dalam memberikan asuhan keperawatan, perawat menyadari bahwa klien
adalah manusia utuh dan unik yang terdiri dari aspek bio, psiko, sosial, dan
spritual tuntutan masyarakat akan kwalitas pelayanan perawatan cenderung
semakin meningkat. Hal ini membawa dampak yang positif terhadap peran dan
fungsi perawat untuk mengantisipasi tuntutan masyarakat mutu pelayanan
perawatan.

Pada pengkajian seringkali perawat hanya memusatkan perhatian pada
aspek biologis atau fisiknya saja, sehingga asuhan keperawatan secara spiritual
kurang diperhatikan. sesungguhnya dalam agama pun dibahas mengenai
kesehatan. Contohnya dalam agama Kristen Katolik, memiliki paradigma tentang
kesehatan dalam berbagai cabang kesehatan, seperti : bayi tabung, KB, dan
khususnya tentang sehat-sakit.

1.2 Rumuan Masalah
a. Bagaimana konsep sehat-sakit menurut agama Kristen Katolik?
b. Bagaimana Pandangan agama Kristen Katolik tentang kesehatan, KB,
bayi tabung, dan HIV/AIDS?
1.3 Tujuan Penulisan
a. Agar mahasiswa dapat mengetahui konsep sehat-sakit menurut
paradigma agama Kristen Katolik.
b. Agar mahasiswa mengetahui tentang kesehatan, KB, bayi tabung, dan
HIV/AIDS menurut agama Kristen Katolik.
1.4 Manfaat Penulisan
Menambah wawasan pengetahuan mahasiswa mengenai kesehatan
menurut paradigma masing-masing agama, khususnya agama Kristen
Katolik.

BAB II

PEMBAHASAN

1

tugas untuk menjadi dewasa. masak sebagai manusia kristiani peluang untuk senasib. Ia sendiri menempuh jalan salib menanggulangi penderitaan. Adanya kesadaran akan nilai relatif dari kesehatan. Sakit dalam kitab suci (alkitab) perjanjian lama dikaitkan dengan kelakuan manusia sendiri dan ditafsirkan sebagai reaksi alam yang maha adil dan menghukum kejahatan.1 Konsep Sehat sakit menurut Kristen katolik Sehat sebagai kemampuan seseorang untuk mengatasi gangguan fisik. Sakit bukan pula nasib melainkan tugas yang harus dilaksanakan dengan harapan pada kesabaran.2.12. pasrah dan taqwa. terutama yang lemah dan tak berdaya.1-16. Kesadaran tentang arti peristiwa sakit adalah kesempatan bagi umat beriman merenungkan arti hidupnya yang makin menjadi masalah baginya dan mendesaknya untuk berpikir lebih lanjut. sehingga manusia terhambat dalam mewujudkan dirinya atau arti dirinya. Kerya penyembuhan Yesus mempunyai sifat datangnya kerajaan Allah. kegagalan penyesuaian diri dengan lingkungan. Penyakit dan penderitaan dipandang sebagai hukuman. Kehilangan kesehatan bukanlah bencana terbesar. psikis. terutama kusta (BIL. Penyakit saul ditafsirkan sebagai hukuman tuhan (1 SAM 16.14-23). sehingga umat beriman tidaklah berbuat seolah-olah telah kehilangan segala-galanya. 16-21) Dalam perjanjian baru sabda dan karya Yesus diresapi cinta kasihnya terhadap manusia. sehingga tidak terhambat dalam menyatakan panggilan hidupnya. social. sehidup semati mengikuti jalan salibnya menuju kebangkitan.Sakit merupakan gangguan regulasi kehidupan dalam tubuh atau hubungan dengan lingkungan. dan dihubungkan dengan segala macam bentuk penampilan kejahatan. karena penderitaan dan penyakit yang membutuhkan pertolongan. melewati kematian sampai kejayaannya pada kebangkiyan. 2 . karena memang kesehatan bukanlah segala- galanya. Sakit dan derita ditafsirkan sebagai konsekuensi dosa. dan sakit menunjukkan hidup abadi lebih luhur dari hidup yang fana ini.2 TAW 26.

menghindari tempat-tempat berbahaya untuk mencegah cedera. Bukan hanya dengan hiburan. Ukuran kasih kita kepada Allah menjadi tolok ukur kita untuk mengasihi sesama. mengurangi konsumsi produk-produk yang dapat meningkatkan risiko penyakit kronis. jelas terkandung prinsip-prinsip kesehatan 3 . melainkan didasarkan oleh kasih Tuhan kepada manusia. perawat mendis memiliki tanggung jawab yang lebih besar untuk menabahkkan hati si sakit.S. 22:38-40). makan secukupnya. Pandangan Agama Kristen tentang Kesehatan Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat (Ibr. olahraga teratur. dengan penghiburan iman dan doa bersama mereka bersama kristus menghadapi penderitaannyaa. Buklet yang diterbitkan oleh U. Beberapa hal diantaranya antara lain adalah dengan cara mengontrol berat badan. Tugas semua umat beriman berjuang melawan penyakit. dll. Nilai solidaritas umat kristiani membantu orang sakit dengan belas kasihan dan meringankan penderitaan mereka. Usaha pihak dokter. Kasih Allah yang kita respon. maka kita harus mengasihi diri. tapi juga bantuan lain untuk meringankan sakitnya dan menyembuhkannya. diwujudkan dengan iman dan harus mewujud nyata dalam segala aspek hidup kita. perawat medis harus dilihat sebagai tanda injil (kabar baik) kehadiran kristus penyelamat. Iman Kristen bukan didasarkan oleh ketakutan terhadap segala sesuatu yang ada di hadapan manusia.6 Dalam kesemua syarat tersebut. 11:1). Bila kita beriman kepada Yesus Kristus. dengan menjaga kebersihan dan kesehatan. orang lain. Keluarga dan saudara-saudara si sakit.Department of Health and Human Services menyebutkan beberapa hal yang dapat dilakukan setiap orang untuk tetap sehat. A. masyarakat dan dunia (Mat. menggunakan obat-obatan dengan benar.

7 Tuhan tidak ingin manusia mengandalkan pikirannya sendiri. Orang yang mengasihi Allah. orang beriman diminta untuk menggunakan segenap hati. Yakub memerintahkan kepada anak-anaknya untuk membeli gandum di Mesir. orang Kristen memelihara kesehatannya hanya agar kita dapat lebih mengasihi Tuhan dan melayani Tuhan dengan lebih efektif (Fil. Yakub tahu bahwa ia memiliki Allah yang hidup. Ilmu pengobatan merupakan karunia Allah. Lebih dari pada itu. Bagi orang Kristen kesehatan spiritual lebih penting dari pada kesehatan tubuh (1 Kor. 2:30). Berharap kesembuhan turun dari langit. Tuhan mau agar manusia hidup selalu bersandar kepadaNya (Mzm 40:5). Kesehatan sebagai bukti iman atas dasar kasih kepada Allah Salah satu ayat yang penting dalam membahas pentingnya kasih kepada Allah dalam hubungannya dengan kesehatan tubuh terlihat pada 2 Tawarikh 16:12. Orang beriman seharusnya menyikapi penyakit yang dideritanya dengan cara yang sama seperti yang dilakukan Yakub:3 Tuhan memiliki cara yang berbeda-beda dalam memelihara umatNya. dan 4 . adalah bukti manusia sedang mencobai Allah. Karena itulah.sebagai bukti iman atas dasar kasih manusia kepada Allah. dan sesamanya. sebagai Pencipta obat. Yakub tidak menyuruh anak-anaknya untuk tetap tinggal diam di dalam rumahnya. yang tidak akan membiarkannya mati kelaparan di negerinya sekarang. yang dapat memberikan kesembuhan. 12:9). dan kesehatan tubuh adalah kunci dari kebahagiaan. Martin Luther memberikan contoh dalam Kejadian 42:1 Ketika terjadi musim kelaparan di seluruh negeri. Orang Kristen tidak dikendalikan oleh prinsip yang salah. tidak akan mencobai Allah untuk kesembuhannya. namun hanya Allah sendiri. dan tidak berusaha untuk meraih kesembuhan. dan tidak berharap makanan jatuh dari langit. segenap jiwa. akan tetapi ia tidak mau diam saja. termasuk dalam proses penyembuhan penyakit. dirinya sendiri. yakni prinsip yang menyatakan bahwa kebahagiaan yang sejati dapat ditemukan dalam hidup ini. 1.

16:32). Yesus malah menguji iman terlebih dahulu sebelum Ia menyembuhkannya. 5 . Ia datang mengendap-endap dari belakang. imanmu telah menyelamatkan engkau. Luk. misalnya saja dalam masalah makanan (Ams. Mrk. dan juga. 22:37. yakni adanya kesembuhan bagi mereka berdua. Tuhan Yesus sendiri ketika mengobati orang-orang yang datang kepadaNya. Pada beberapa kasus. Yesus sudi memandang perempuan ini. hai anak-Ku. tidak selalu menyembuhkannya secara langsung. Yesus mengerti bagaimana gundah gulananya hati perempuan ini sehingga Ia mengatakan.8 2. b. ketika semua orang menutup mukanya terhadap perempuan ini dengan perasaan jijik. … " Lebih dari itu. a. sebagai bukti kita mengasihiNya (Ul. Walaupun dalam proses penyembuhan. "Teguhkanlah hatimu. orang Kristen yang benar-benar beriman akan mengasihi dirinya sendiri. Terhadap kepala rumah ibadat ini. Mat." Perempuan ini telah menghampiri Yesus dengan cara yang kurang sopan. Yesus berpaling dan memandang dia serta berkata: "Teguhkanlah hatimu. Maksudnya di sini adalah orang Kristen tahu bagaimana ia merawat dirinya sendiri sebagai bukti bahwa ia mengasihi dirinya. Yesus menggunakan cara yang berbeda. 6:5. Kesehatan sebagai bukti iman atas dasar kasih kepada diri sendiri Secara khusus pada kesehatan tubuh manusia. kesehatan tubuh/jasmani itu sulit untuk dicapai. tapi pada akhirnya kedua peristiwa itu memiliki persamaan hasil dari iman. Yesus tidak mengatakan apa- apa. Tetapi. Terhadap perempuan yang sakit pendarahan. Yesus segera bertindak. Ia bangkit dan mengikuti kepala rumah ibadat ini. Setiap orang yang percaya diharapkan mampu mengontrol keinginan daging. Yesus sudi berpaling dan memandang perempuan ini. Tanpa adanya iman yang dilandasi oleh kasih terhadap diri sendiri. 10:27). Hal ini terlihat pada kasus berikut yang terjadi hampir bersamaan (Mat 9:18-25). segenap akal budi untuk mengetahui rencanaNya. 12:30. terhadapnya Yesus tidak menguji imannya.

d. b. 14:1-3). meningkatkan produksi sel darah merah. Menggunakan alat tertentu yang digunakan untuk mengetahui atau meramal kesehatan seseorang. mengasihi sesama tidak berpengaruh sama sekali pada kesehatan kita. Diantaranya dapat menjaga kesehatan jantung. orang Kristen yang mengetahui bagaimana cara mengobati penyakitnya. maupun menjaga kesehatan. Menurut penelitian. 6 . salah satu diantaranya adalah donor darah. Menggunakan energi yang tidak terlihat untuk menyembuhkan penyakit manusia (Kel. dan dapat dengan mudah mendeteksi penyakit serius. Menggunakan teknik pengobatan yang tidak ilmiah. a. Beberapa hal menyimpang yang sering dilakukan oleh orang Kristen dalam proses untuk meraih kesehatan tubuh itu antara lain. meningkatkan kesehatan. c. Menggunakan paham tertentu untuk melarang orang memakan makanan (Rm. Akan tetapi fakta yang ada di dalam kehidupan kita sehari-hari ternyata berkata lain. mendapatkan kesehatan psikologis. Orang Kristen tidak boleh mencobai Tuhan. 18:9-12). Menggunakan latihan mental untuk menghilangkan aura negatif dan menghasilkan aura positif (Rm. misalnya selalu beralasan telah menggunakan doa untuk meminta Tuhan memberkati makanan yang telah dimakan. misalnya pendulum (Ul. I Tim 4:3-4). 12:1-2). 6:20). 3. e. ataupun yang ilmiah namun tidak sesuai dengan firman Tuhan (I Tim. Akan tetapi semua pengobatan yang dilakukan oleh orang Kristen jangan sampai menyimpang dari perintah Tuhan. Sebagaimana telah juga disebutkan pada bagian sebelumnya. juga harus menggunakan cara itu sebagai bukti ia mengasihi dirinya sendiri (Mat. membantu penurunan berat badan. 20:3-5). 9:12). 14: 3. Kesehatan sebagai bukti iman atas dasar kasih manusia pada sesamanya Sering kali kita berpikir. padahal sebelumnya ia telah mengetahui bahwa makanan itu adalah makanan yang menjadi pantangan untuk dirinya sendiri (Rm. untuk memperoleh kesehatan. donor darah sangat bermanfaat bagi kesehatan pendonor.

Orang yang tidak mau mengasihi sesamanya. Misalnya saja pada acara gotong royong untuk membersihkan selokan yang ada di depan rumah masing-masing untuk mencegah terjadinya banjir. Orang tua yang mengasihi anak-anaknya akan memberikan anaknya makanan yang sehat. titik tolak dan acuan utama dalam upaya umat Kristen membangun keluarga sejahtera. agar penyakitnya tidak tertular kepada orang lain. Karena keluarga sejahtera hanya bisa dibangun jika ada penghargaan terhadap kedirian manusia sebagai manusia ciptaan Allah yang amat mulia. 2. manusia mempunyai mandat dari Allah untuk menaklukkan bumi. Itu semua adalah untuk pertahanan diri mereka dalam mencegah penyakit (Mat. Misalnya saja pada penderita penyakit kusta yang diharuskan untuk mengasingkan dirinya sebagai upaya pencegahan. 6:2). Ide untuk mengkarantina (mengasingkan) orang-orang yang mendertita penyakit menular juga penting sebagai cara manusia untuk mengasihi sesamanya.2 Pandangan Agama Kristen tentang KB Manusia dalam perspektif agama Kristen mesti menjadi dasar. Dalam Alkitab diceritakan. Allah hanya mengatakan: 7 . bergotong royong adalah salah satu bukti nyata orang beriman benar-benar mengasihi sesamanya (Gal. 13:46). akan tetapi prinsip pengasingan ini masih terus dipakai dalam bidang medis saat ini (Im. manusia diciptakan Allah dengan istimewa: dicipta pada hari terakhir. Keistimewaan penciptaan manusia dibanding mahkluk lain secara eksplisit diungkapkan dalam Alkitab. Untuk benda/makhluk lain. dalam kasus ini berarti tidak mau bergotong royong. 7:11). Ini adalah suatu perlindungan yang diberikan Allah sendiri kepada bangsa Israel pada masa itu. dicipta segambar dan serupa dengan Allah. Baik sejak proses penciptaan hingga segala bentuk pemberontakan manusia kepada Allah. maka dampak banjir tersebut akan dirasakan. yakni timbulnya penyakit bagi diri sendiri dan juga orang lain. Seorang anak yang sakit dapat menimbulkan polemik di tengah keluarga. Bahkan tidak jarang orang tua juga dapat tertular penyakit yang dibawa oleh anak tersebut dari luar. Mengasihi sesama ini juga terlihat amat nyata bila diterapkan dalam kehidupan dalam keluarga. Alkitab memang memberi deskripsi yang amat jelas tentang manusia. Dalam kehidupan bertetangga. Sebab itu.

. Karena itu. proaktif). Kita perlu membatasi hidup.3 Pandangan Agama Kristen tentang Bayi Tabung Gereja katolik tidak mengijinkan bayi tabung..(ungkapan ini netral/pasif).Jadilah. Namun terdapat sedikit perbedaan dalam pandangan agama Kristen.Agama Kristen Protestan tidak melarang umatnya berKB. KB. pandangan tentang manusia menurut Kristen harus menjadi acuan utama dalam membangun keluarga sejahtera. (ungkapan yang dinamis. Untuk mengatur kelahiran anak. Langkah awal mewujudkan keluarga sejahtera menurut alkitabiah. Karena itu. Perkawinan sebagai sebuah proses. Keberbedaan cara penciptaan ini. Keistimewaan lainnya.. Jika manusia mengolah bayi tabung artinya manusia itu sudah melampaui kewajaran 8 . Keparalelan tersebut terletak pada tanggung jawab membawa bahtera rumah tangga dalam takut akan Allah. Sebuah proses yang bertanggungjawab. menurut gambar dan rupa kita. bahwa kebahagiaan suatu keluarga bergantung dari tiap anggota. Manusia disebut gambar Allah. Kristen mendukung program KB. program KB dapat menunjang terciptanya kebahagiaan keluarga. sebab bayi tabung merupakan teknologi fertilisasi atau konsepsi yang dilakukan oleh para ahli.. memberikan gambaran jelas tentang keunikan dan keistimewaan manusia.. bagaimana ia memainkan peranannya dengan tepat terhadap tiap anggota yang lain.. Pandangan ini didasarkan antara lain. secara filosofis bertujuan untuk melindungi hidup. tercermin dari perkawinan. sebab manusia adalah mahkluk yang menggambarkan Allah. Allah mengatakan: Baiklah kita menjadikan manusia. Dari perspektif Kristen. kesejahteraaan keluarga memiliki makna yang paralel dengan apa yang disebut keluarga yang bertanggungjawab. di mana hak dan peran anggotanya dapat diwujudkan secara memadai. Allah membentuk manusia dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya. suami-istri harus tetap menghormati dan menaati moral Katolik dan umat Katolik dibolehkan berKB dengan metode alami yang memanfaatkan masa tidak subur 2. Bagi agama Kristen. yang intinya mengatur kelahiran. atau Hendaklah. Tapi sedikit berbeda dengan agama Katolik yang memandang kesejahteraan keluarga diletakkan dan diwujudkan dalam pemahaman holistik sesuai dengan kehendak Allah. Tetapi dalam penciptaan manusia.

apabila ia mengetahui bahwa salah satu dari orang tua yang membesarkannya bukanlah orang tua biologisnya. Kehidupan baru tidak dibuahkan melalui tindakan kasih antara suami dan isteri. dan itu baik buat manusia. yaitu: 1. karena pernikahan dilakukan untuk seumur hidup baik suka maupun duka. yaitu untuk menyatukan seorang laki-laki dan seorang wanita yang sudah direncanakan Tuhan dengan melihat janji pernikahan menurut agama katolik. Persatuan cinta suami isteri berlangsung secara jasmaniah sedangkan bayi tabung mengingkari kodrat perkawinan. 9 . dan 5. Tidak boleh diceraikan. Miskin.\ Praktek IVF/ Bayi tabung dan ET itu tidak sesuai dengan ajaran Gereja Katolik. melainkan melalui suatu prosedur laboratorium yang dilakukan oleh para dokter atau ahli medis. Menurut gereja katolik pernikahan bukanlah tujuan untuk mendapatkan anak. kecuali oleh maut 2. Tak jarang pula dipergunakan telur atau sperma dari “donor” artinya ayah atau ibu genetik dari anak bisa saja seorang lain dari luar perkawinan. karena apa yang diberikan Tuhan itu semua adalah rencana-Nya. tetapi ada tujuan lain. dan bukannya membantu tindakan kasih suami isteri itu mencapai tujuannya yang alami. Fertilisasi in vitro menghapuskan tindakan kasih perkawinan sebagai sarana terjadinya kehamilan. Umumnya IVF atau bayi tabung melibatkan aborsi. Suami isteri hanya sekedar sebagai sumber “bahan baku” telur dan sperma. Duka 4. karena beberapa alasannya: a. yang kemudian dimanipulasi oleh seorang ahli sehingga menyebabkan sperma membuahi telur.atau melebihi kekuasaan Allah Bapa yang sudah menciptakan manusia. Seorang suami karena ingin memiliki anak lalu dia ingin menikah lagi dengan wanita lain sangat dilarang oleh agama Katolik. Suka 3. Kaya Seorang anak akan diberikan Tuhan jika calon orang tua sudah siap. karena embrio yang tidak berguna dihancurkan/ dibuang. Hal ini dapat menimbulkan situasi yang membingungkan bagi si anak kelak.

Persatuan sel telur dan sperma dilakukan diluar hubungan suami isteri yang normal. Gunakanlah kondom bagi mereka yang mempunyai pasangan HIV positif. IVF adalah percobaan yang tidak mempertimbangkan harkat sang bayi sebagai manusia. faktor risiko HIV secara nasional dan global di dominasi oleh hubungan seksual di dalam dan di luar nikah. e. melali hubungan perkawinan suami istri. Hindari hubungan seks di luar nikah dan berganti pasangan di luar nikah. Pengambilan sperma dilakukan dengan masturbasi. c. Padahal.penularan HIV melalui hubungan seksual bisa terjadi di dalam dan di luar nikah (sifat hubungan seksual) jika salah satu dari pasangan tersebut menghidap HIV dan laki-laki tidak memiliki kondom setiap kali sanggama (kondisi hubungan seksual). belum ada kasus penularan HIV melalui facial wajah. Tidak ada kaitan langsung antara penularan HIV dan hubungan seks di luar nikah. Bertolak dari fakta tentang pencegahan HIV berdasarkan perspektif agama seperti yang ada pada leaflet maka bisa di pastikan masyarakat luas tidak tidak 10 . d. Jika melibatkan “ibu angkat” ini juga berarti menghilangkan haknya untuk dikandung oleh ibunya yang asli. 2. masturbasi selalu dianggap sebagai perbuatan dosa dan tidak pernah dibenarkan. Praktek IVF atau bayi tabung menghilangkan hak sang anak untuk dikandung dengan normal. 2. Melalui cairan kelamin (air mani. cairan vagina dalam hubungan seksual) dengan cara pencegahannya adalah: 1. Buktinya 12 persen kasus HIV/AIDS di Jakarta terdeteksi pada ibu rumah tangga mereka tertular dari suaminya akibat hubungan seksual di dalam ikatan pernikahan yang sah Pada perspektif agama katolik dan Kristen disebutkan melalui kontak darah seperti pada fical wajah. melainkan hanya untuk memenuhi keinginan orang tua.4 Pandangan Agama Kristen tentang HIV/AIDS Pencegahan HIV dalam perspektif Agama katolik mengandung mitos. Disebutkan penularan HIV. b.

BAB III PENUTUP 3. sehingga tidak terhambat dalam menyatakan panggilan hidupnya. Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat (Ibr. Terutama di kalangan laki-laki dewasa akan terus terjadi ini dapat di pantau dari kasus HIV/AIDS pada ibu rumah tangga yang terditeksi. melainkan didasarkan oleh kasih Tuhan kepada manusia. prinsip-prinsip kesehatan sebagai bukti iman atas dasar kasih manusia kepada Allah. sehingga manusia terhambat dalam mewujudkan dirinya atau arti dirinya. 11:1). Iman Kristen bukan didasarkan oleh ketakutan terhadap segala sesuatu yang ada di hadapan manusia. dirinya sendiri. psikis. Kesehatan sebagai bukti iman atas dasar kasih kepada Allah 2. maka tidak mengherankan kalau kemudian insiden penularan HIV baru.akan pernah mengetahui cara-cara penularan dan pencegahan yang konkret. dan sesamanya. 1. Kesehatan sebagai bukti iman atas dasar kasih kepada diri sendiri Gereja katolik tidak mengijinkan bayi tabung. kegagalan penyesuaian diri dengan lingkungan. Jika 11 .Sakit merupakan gangguan regulasi kehidupan dalam tubuh atau hubungan dengan lingkungan.1 Kesimpulan Sehat sebagai kemampuan seseorang untuk mengatasi gangguan fisik. social. sebab bayi tabung merupakan teknologi fertilisasi atau konsepsi yang dilakukan oleh para ahli.

html 12 .html http://www.slideshare.id/2012/01/hubungan-iman-kristen-dengan- kesehatan.net/nunieksajah/konsep-sehat-sakit-31603136 http://remaja.slideshare.2 Saran Mahasiswa keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan.com/web/id/archives/approaching_buddhism/ interreligious_dialogue_and_harmony/developing_a_healthy_society/de veloping_a_healthy_society.org/hubungan-antara-iman-kristen-dan-kesehatan- tubuh http://gnibot.id/2009/12/kb-hubungannya-dengan- pandangan-agama.slideshare.co.blogspot.co. DAFTAR PUSTAKA http://ikhwan554.blogspot.berzinarchives.net/yulianingsihkodim/hiv-dalam-perspektif- agama http://www.sabda.html http://www.manusia mengolah bayi tabung artinya manusia itu sudah melampaui kewajaran atau melebihi kekuasaan Allah Bapa yang sudah menciptakan manusia. 3.slideshare.net/pjj_kemenkes/pandangan-agama-terhadap- kesehatan http://www. tidak hanya memberi asuhan keperawatan kepada pasien dari sisi fisiologisnya.net/yulianingsihkodim/bayi-tabung-menurut-5- agama http://www.tips/documents/kristen-katolik.html http://dokumen. tetapi juga tidak lupa menyisipkan sisi spiritual.