You are on page 1of 8

PENGKAJIAN KELUARGA

I. Data Umum
1. Nama Kepala Keluarga : Tn. D
2. Umur : 36 tahun.
3. Pendidikan Kepala Keluarga : SMA
4. Pekerjaan Kepala Keluarga : Petani
5.Agama : Wiraswasta
6. Suku : Mandar
8. Alamat : Tu’bu Lutang
7. Komposisi Keluarga :
No Hubungan
Nama JK Umur Pekerjaan Pendidikan
dengan KK
1 Ny. S P Istri 32 th IRT SMK
2 An. Y L Anak 12 tahun Pelajar TK
3 An. I L Anak 7 tahun Tidak bekrja TS

8.Genogram

56 44

? ?

30 34

12 7

Keterangan :
: Laki – laki : Serumah
: Perempuan : Klien
: Meninggal ? : Penyebab tdk diketa-
: Hubungan darah/perkawinan hui.

1

11 . 2. Riwayat Tahap Perkembangan Keluarga 1. Tipe keluarga  Keluarga inti yang terdiri dari ayah. S menikah dengan Tn. Riwayat kesehatan anggota keluarga : Tn. juga melakukan aktivitas nonyon tv bersama dan Ny. Status sosial ekonomi keluarga  Tn. D adalah suku mandar. dan anak 10. Riwayat keluarga inti  Ny. S sudah merasa bersyukur atas seluruh nikmat yang diberikan. Tahap perkembangan keluarga saat ini  Keluarga ny. N adalah seorang wiraswasta ibu n mengatakan bahwa penghasilan suami Alhamdulillah mencukupi kebutuhan sehari-hari. Aktivitas rekreasi keluarga  Ny. D pada tahun 2000 dan dari hasil pernikahannya Ny. 3. Riwayat penyakit keturunan ada yaitu DM dari ayah Ny S.semua aktifitas sehari-hari yang dilakukan tidak bertentangan dengan norma agama 12. Agama  Keluarga Tn. D mengatakan pernah mengalami ISK sedangkan Ny.menanamkan nilai dan norma agama. D menganut agama islam dan menjalankan kewajiban sholat lima waktu. S mengatakan hanya sekali-kali pergi rekreasi satu kali dalam sebulan. S mengatakan hanya berkumpul bersama sambil bercerita II. Suku Bangsa  Keluarga Tn. 13. 9. S mengatakan bahwa Ny.dalam keluarga apabila ada yang sakit berobat ke klinik atau ke pelayanan kesehatan. ibu.mengatur waktu bermain menstimulus pertumbuhan dan pekembangan. Riwayat keluarga sebelumnya  Riwayat orang tua suami/istri berasal dari keluarga yang religius serta selalu taat kepada Allah SWT.S Mengeluh nyeri ulu hati saat ini. 2 .s keluarga dengan anak tahap pra sekolah tugas perkembangan keluarga. S memiliki 2 orang putra 4. Tahap perkembangan keluarga yang belum terpenuhi:  Ny.

yang digunakan untuk aktifitas sehari-hari. sumber air yaitu dari mata air diatas gunung.C C. Kamar F. Dapur D. S mengatakan apabila telat makan. Ny. Lantai rumah menggunakan lantai papan dalam keadaan bersih. Kamar Utama B. dan kamar mandi dan wc hanya satu  Jarak sumur dengan bak penampung (septic tank) adalah < 15 meter. rumah terdiri dari 1 lantai. peralatan rumah tangga tertata dengan rapi.  Memiliki 1 wc  Pembuangan air limbah langsung ke spalk  Denah rumah G A B C Pintu F E D Masuk Keterangan : A. Ruang Tamu 3 .  Rumah yang di tempati Ny. Lingkungan 1. rumah tediri dari 2 kamar tidur. Kamar G. ruang tamu. W. Karakteristik rumah dan denah rumah. S rumah panggung.terlalu banyak mengkomsumsi sambal dan buah mangga beberapa menit kemudian akan mengalami nyeri ulu hati dan terkadang sakit kepala III. Ruang Makan E. 1 kamar utama dan 1 kamar anak.

S sering mengikuti kegiatan di masyarakat seperti ikut bergabung perkumpulan ibu majelis taklim serta mengikuti pengajian setiap bulannya 5. 4 . Struktur kekuatan keluarga  Keluarga inti terdiri dari suami. Mobilisasi geografis keluarga  Tn. D dan Ny. tetangga keluarga Tn D merupakan sebagian besar suku mandar.setiap ada masalah Tn. D dan Ny. pegawai. Perkumpulan keluarga dan interaksi dengan masyarakat  Ny. istri dan anak yang saling memperhatikan dan tidak ada perselisihan antara anggota keluarga. pengambilan keputusan didahului dengan cara musyawara 2. D pernah tinggal di desa alu dengan Ny. S tiggal di dusun Tu’bu lutang. S selalu mendiskusikan bersama. Pola Komunikasi Keluarga  Keluarga saling terbuka satu sama lain. S pindah dan membangun rumah di dusun Tu’bu lutang 4.bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa mandar tapi terkadang menggunakan bahasa tindonesia. Sistem pendukung keluarga  Keluarga memanfaatkan Puskesmas Pembantu/desa yang ada di dusun alu jika ada anggota keluarga yang sakit dengan menggunakan fasilitas JAMKESMAS yang diperoleh dari Puskesmas.semua anggota keluarga bebas berpendapat tetapi yang mengambil keputusan adalah Tn.  Ny. Karakteristik tetangga dan komunitas. IV. dan wiraswasta. 2. D sebagai kepala keluarga. S setelah terjadi banjir di desa alu rumah TN d hanyut terawa air sehingga Tn. 3. Struktur Keluarga 1. ada yang bekerja sebagai petani.dan biasanya juga langsung dibawa ke puskesmas  Ada keluarga dekat yang tinggal berdampingan dan selalu siap membantu bila keluarga memperoleh kesulitan.

5 . tidak langsung membawanya ke pelayanan kesehatan tapi mengobati keluarga dengan menggunakan obat-obat tradisional.juga melakukan pekerjaan rumah tangga seperti memasak. D sebagai kepala keluarga bertanggung jawab dalam memimpin rumah tangga dan mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari. Fungsi afektif  Semua anggota keluarga saling menyayangi satu sama lain. yaitu menuntut ilmu di sekolah dasar. Fungsi perawatan kesehatan  Ny. Fungsi sosialisasi  Keluarga Tn. Struktur peran  Tn. Fungsi Keluarga 1. S mengatakan apabila ada keluarga yang sakit. S adalah ibu rumah tangga dan merawat ke dua anaknya.  Ny. D menerapkan aturan sesuai dengan ajaran agama islam dan mengharapkan anaknya menjadi anak yang sholeh. S menekankan perlunya berhubungan dengan orang lain mereka membiasakan anaknya bermain dengan temannya 3. tempat tinggal orang tua Ny. dan terkadang membantu ibu dirumah  An. 3.ventilasi rumah cukup sehingga pencahayaan terang. Y hanya melakukan tugasnya. Nilai dan norma keluarga  Keluarga Tn. apabila keluarga belum sembuh barulah di bawa kepelayanan kesehatan  Kondisi lingkungan rumah sangat bersih. dalam keluarga menerapkan prilaku hidup bersih seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan V. S berdekatan sehingga apabila ada kesulitan saling membantu 2. I hanya tinggal dirumah bersama ibunya 4. mencuci dan lain- lain  An. D dan Ny.

Telinga Tidak ada luka Bersih. 6 .Strategi koping yang digunakan  Apabila ada masalah selalu dihadapi dan diselesaikan bersama-sama 4. tidak ada ada sekret ada sekret micus/ingus kelainan.tidak anemis. 3. ada lesi pada kepala 2. 4 Hidung Bersih. kelainan. Keluarga Ny. Strategi adaptasi disfungsional  Tidak terlihat adaptasi yang disfungsional.tidak anemis. Stresor  Stresor jangka pendek jangka panjang. dan tidak ada dan tak ada kelainan. S An. Ny. Kemampuan keluarga berespon terhadap stressor  Apabila dalam keluarga ada masalah biasanya dilakukan musyawara untuk menyelesaikan masalah. dan terkadang rontok.lebat tidak mudah bekas luka dan n rambut rata. tidak tidak ada lesi rambut tampak pada kulit kepala rontok.tidak normal. tidak Bersih. S berharap suaminya bisa mendapatkan pekerjaan tetap sehingga ada penghasilan tetap. tidak ada dan bersih. D Ny. 3. VII. kelainan. tidak kelainan. Y An. Komponen Tn.penyebara panjang. I KEPALA : 1. anemis anemis. Rambut Rambut tipis dan Rambut Rambut hitam Rambut hitam berwarna hitam. tidak Terdapat sekret. 2. tidak Bersih.tidak normal. S mengatakan sering nyeri pada ulu hatinya dan berharap bisa cepat sembuh. Stres dan Koping Keluarga 1. tipis tidak ada hitam. ada sekret ada luka dan sekret dan tidak pendengaran dan tidak ada pendengaran ada kelainan.VI. baik. tidak Bersih. Pemeriksaan Fisik No. Mata Konjongtiva Konjungtiva Konjongtiva Konjungtiva normal.tidak normal.tidak ikterus ikterus . agak dan pendek. baik. tidak ada Bersih.

tidak ada luka. kelainan.A. Respirasi 18 x / menit 20 x/menit 22 x/ menit 20 x/m VIII. tidak bebas. ada cedera.nyeri tekan nyeri tekan pada tiroid.tidak benjolan.5 °C 36... Dada dan Dada nampak Dada Dada Dada Nampak paru simetris kiri dan Nampak Nampak simetris kiri dan kanan.warna sawo matang.tidak ada pembesaran ada ada ada pembesaran kelenjar pembesaran pembesaran kelenjar limfe.. lumpuh sejak pergerakan pergerakan pergerakan lahir... dada. 11.. Kulit Kulit elastis. Suhu 36. putih.pergerakan bebas. normal lup- dup dup 9. Abdomen Tidak ada Nyeri pada Tidak ada Tidak ada kelainan ulu hati kelainan kelainan 10. stomatitis. stomatitis. Tek.. tidak ada bebas. tidak tidak bebas cedera. Harapan Keluarga Keluarga menyatakan sangat senang dengan kehadiran mahasiswa dan berharap sangat membantu keluarga mencegah terjadinya suatu penyakit. dan kanan.A. 120/80 15. Mulut dan Tidak ada Tidak ada Tidak ada Tidak ada gigi stomatitis.warna kulit elastis.K expansi dan kanan.T.5. Darah 120/80mmHg 110/80mmHg .tidak ada simetris kiri simetris kiri kanan. turgor kulit kuning langsat kulit putih kulit elastis baik.tidak ada kelenjar kelenjar tiroid.tidak tiroid. Ekstremitas Tidak ada Tidak ada Tidak ada Tangan dan kaki kelainan. Jantung Bunyi jantung Bunyi Bunyi Bunyi jantung jantung normal jantung jantung normal lup-dup lup-dup normal lup.T.tidak tidak ada pada leher ada nyeri ada nyeri leher tekan pada tekan pada leher leher 7.caries geraham kiri sudah 2 di satu gigi ada dan kanan cabut 6.. 12. Leher dan Tidak ada Tidak ada Tidak ada Tidak ada tenggorokan benjolan.6 °C 36.tidak Kulit Warna kulit Warna kulit kusut. kelainan. ada cedera. 7 .6 °C 36.tidak benjolan.tidak benjolan.graham mukosa caries gigi gigi seri bawah dicabut lembab.. Nadi 76 x / menit 80 x / menit 86 x/mnt 80 x/m 17. stomatitis. BB/TB 60 kg/167 cm 54 kg/154 cm 40 kg/157 cm 45 kg/154 cm 14.6 ºC 16.K expansi dada expansi dada tidak ada tidak ada 8. Kuku Pendek dan Pendek dan pendek dan Pendek dan bersih bersih bersih bersih 13..

8 .