Pyranometer

Radiasi adalah sebuah energi yang dikeluarkan, dipancarkan atau diterima berupa
gelombang atau partikel-partikel elektromagnetik. Untuk mengukur radiasi tersebut dapat
menggunakan alat yang disebut Pyranometer. Pyranometer atau solarmeter digunakan
untuk mengukur besarnya pengaruh radiasi cahaya pada permukaan bidang dengan
satuan W/m2. Cara kerja alat ini adalah dengan dipasang pada suatu permukaan bidang
kemudian dengan adanya hantaman cahaya tepat pada pyranometer sensor, maka akan
diteruskan pada tampilan komputer dalam bentuk simpangan besarnya fluks yang
diberikan cahaya tersebut. Nilai maksimum yang memberikan fluks terbesar jika cahaya
menghantam sensor sejajar dengan bidang vertikal dan nilai terkecil fluks cahaya adalah
saat cahaya jatuh sejajar bidang horizontal, sehingga besarnya simpangan fluks
bergantung pada sudut cosinus terhadap sumbu vertikal selain dari besarnya muatan
elektron yang menghantam sensor dari radiasi cahaya. Dengan adanya muatan elektron
tersebut dapat diukur dengan rumus medan listrik sehingga simpangan fluks magnet
berbanding lurus dengan peningkatan arus akibat penumpukan elektron. Pada saat
kalibrasi, pyranometer diletakan di dalam ruangan gelap tanpa cahaya dan pengaruh
medan listrik maupun medan magnet sebagai keadaan ideal saat keadaan normal atau
keadaan nol.

Gambar alat ukur pyranometer

piranometer umum digunakan di Amerika Serikat adalah Eppley dan Spectrolab
instrumen, di Eropa Moll-Gorczynski, di Rusia adalah Yanishevskiy, dan di Australia
adalah Trickett-Norris (Groiss) pyranometer.The Eppley presisi spektral pyranometer
(PSP) menggunakan detektor thermopile, dua konsentris hemispherical tanah penutup
optik, dan kompensasi suhu yang menghasilkan ketergantungan suhu 0,5% dari -20
sampai + 40◦C.

Hal ini juga mungkin. Pengukuran radiasi matahari pada bidang miring yang penting dalam menentukan input ke kolektor surya. Australia. seperti yang dijelaskan oleh Norris (1973). Casella. Dua jenis tambahan pengukuran dilakukan dengan piranometer: pengukuran radiasi difus pada permukaan horisontal dan pengukuran surya radiasi pada permukaan miring. Sebuah standar Metode telah ditetapkan dalam Annals of the International Geophysical Year (IgY. 4. kelas lain dari piranometer. Sinar matahari/radiasi yang datang secara langsung maupun yang dipancarkan atmosfir (radiasi solar global) dan yang dihamburkan langit akan menembus glass dome. yang mengharuskan pembacaan diambil pada saat langit cerah. Instrumen ini memiliki keuntungan menjadi sepenuhnya musim semi didorong sehingga tidak memerlukan energi listrik. ini sekunder pyranometer standar dianggap baik untuk ± 1% ketika dikalibrasi terhadap standar pirheliometer.Mereka secara luas digunakan dalam stasiun terisolasi dan merupakan sumber utama dari data radiasi matahariyang tersedia untuk lokasi di luar Eropa. dengan pyranometer yang berbayang dan unshaded pada saat yang sama sebagai bacaan yang diambil dengan pirheliometer tersebut. menggunakan detektor yang merupakan elemen bimetal dipanaskan oleh radiasi matahari. awalnya dirancang oleh Robitzsch. perbandingan langsung dari presisi Eppley dan bidang instrumen dapat dilakukan untuk menentukan konstanta kalibrasi instrumen lapangan. Radiasi dengan panjang gelombang sampai dengan 3. Ada bukti bahwa kalibrasi piranometer berubah jika instrumen yang . gerakan mekanis dari elemen ditransfer oleh linkage untuk indikator atau perekam pena. Variasi dari desain dasar yang diproduksi oleh beberapa perusahaan Eropa (Fuess.0 microns akan diteruskan ke lempeng logam hitam dan putih. dan Amerika Utara. 3. Lempeng logam hitam akan mengabsorbsi panas radiasi sementara lempeng putih akan memantulkan radiasi sehingga terjadi perbedaan temperatur diantara kedua jenis lempeng logam ini. dan SIAP). 1958). Perbedaan temperatur dari kedua lempeng ini dihubungkan ke circuit thermojunctions yang mengubah besaran panas menjadi perbedaan tegangan potensial diantara kedua ujung lempeng Piranometer biasanya dikalibrasi terhadap pirheliometer standar. Jepang. Pembahasan sebelumnya ditangani sepenuhnya dengan pengukuran radiasi total pada sebuah permukaan horizontal.Cara Kerja Pyranometer 1.Data dari instrumen ini umumnya tidak seakurat yang dari thermopile-jenis piranometer. 2. untuk mengkalibrasi piranometer terhadap standar sekunder pyranometer seperti presisi pyranometer Eppley.

Bellani distilasi bola pyranometer didasarkan pada prinsip yang berbeda. bola terhubung ke tabung penerima kondensor dikalibrasi. yang diwakili oleh bola. Kuantitas alkohol kental adalah ukuran energi surya yang terintegrasi pada penerima bola. Data dari total energi yang diterima oleh tubuh. . yang mengubah cara di mana panas ditransfer dari persimpangan panas dari thermopiles untuk cover dan bagian lain dari instrumen.cenderung horizontal. Menggunakan wadah bulat alkohol yang menyerap radiasi matahari. Hal ini terbukti dari data dan hasil diterbitkan lain yang kalibrasi piranometer adalah untuk beberapa derajat tergantung pada kemiringan dan informasi eksperimental diperlukan pada pyranometer tertentu dalam orientasi memadai menginterpretasikan informasi dari itu. yang menarik dalam beberapa proses biologis. Alasan untuk ini tampaknya perubahan pola konveksi di dalam kubah kaca.

. Pyrheliometer Pyrheliometer dipakai untuk mengukur intensitas radiasi matahari langsung (S). Tabung diputar mengikuti gerakan matahari sehingga sinar selalu jatuh tegak lurus ke permukaan sensor. Pada bagian ujung/ muka tabung terdapat tutup yang dapat diputar terhadap permukaan silinder. Penutup ini berfungsi sebagai pelindung sensor terhadap matahari dan juga sebagai pemutus dan penghubung kontak listrik. Sensor berada didalam sebuah tabung/silinder logam yang dapat diputar horizontal dan vertikal. yaitu sensor yang menghasilkan gaya gerak listrik dan recorder yang berisi battery. Pyrheliometer terdiri dari 2 bagian pokok. galvanometer dan amperemeter.

Tujuan internasional Pyrheliometer perbandingan. adalah untuk memastikan transfer seluruh dunia referensi Radiometric dunia. Perbandingan antara pyrheliometers untuk intercalibration dilakukan secara teratur untuk mengukur jumlah tenaga surya diterima. Gambar alat ukur pyrheliometer Pyrheliometer pengukuran spesifikasi dikenakan International Organization for Standardization (ISO) dan Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) standar. Selama acara ini. Semua peserta . yang berlangsung setiap 5 tahun di pusat radiasi dunia di Davos.

. Khas pyrheliometer pengukuran aplikasi termasuk observasi Meteorologi dan iklim ilmiah. surya-pelacakan dan sistem akuisisi data Davos untuk melakukan pengukuran simultan radiasi matahari dengan grup standar dunia. penelitian pengujian bahan dan penilaian atas efisiensi solar kolektor dan perangkat fotovoltaik.membawa mereka instrumen.