You are on page 1of 10

Macam-Macam Garnish

PENDAHULUAN

Dalam dunia seni masak memasak, bukan saja rasa enak yang menjadi tujuan utamanya,
faktor keindahan dan keserasian juga memegang peranan penting. Maksud hiasan (garnish) pada
suatu hidangan adalah untuk memberi daya tarik serta keindahan pada hidangan tersebut. Kedua
faktor ini akan mempengaruhi penglihatan kita, sehingga menimbulkan selera yang akhirnya
berkeinginan untuk segera mencicipi hidangan yang disajikan. Sebenarnya, seni menghias
hidangan dengan buah dan sayuran itu merupakan suatu warisan dari leluhur kita. Misalnya,
bentuk hiasan buah-buahan untuk sesaji di Pulau Bali dan gunungan pada Sekaten di Yogyakarta.
Garnish kadang-kadang menunjukkan nama suatu tempat dari mana makanan itu berasal atau
menunjukkan nama siapa yang sedang dipestakan. Misalnya, singkatan nama pengantin yang
sedang dipestakan diukir pada patung atau mentega sebagai salah satu hiasan yang indah.
Apabila akan menghias hidangan, hendaknya memperhatikan beberapa persyaratan, berikut :

1. Bahan yang dipakai harus bahan-bahan yang segar, dapat dimakan, tidak berulat, dan
bersih.

2. Harus mengetahui jenis masakan yang akan dihias, sehingga bahan yang dipakai dapat
disesuaikan dengan bahan yang akan dimasak.

3. Pergunakan warna yang menyolok dan menarik.

4. Besar hiasan dan hidangan yang akan dihias harus seimbang dengan besar ruangan dan
tahu persis dimana hiasan itu akan ditempatkan. Perbandingan hidangan dengan garnish ±
10 : 1.

5. Alat-alat yang dipergunakan sesuai dengan kebutuhan agar hasilnya bagus, rapi, indah,
dan memesona.

6. Memberikan variasi warna pada makanan yang memang mempunyai warna yang kurang
menarik agar terlihat lebih menarik.

7. Makanan harus kelihatan menarik dan tekstur lebih baik. Makanan yang mempunyai
bentuk kurang menarik, misalnya makanan tersebut terdiri dari bermacam-macam warna
sehingga terlihat ramai. Garnish akan sangat membantu suatu makanan agar terlihat lebih
menarik, misalnya dengan memberikan sehelai daun peterseli atau irisan tomat/jeruk
nipis dan lain-lain.

cream of asparagus soup ditambah dengan potongan asparagus yang kecil-kecil. karena kita bermain dengan komposisi. layaknya rambut atau wajah untuk membangkitkan appetite dan emosi orang yang melihatnya. Tapi jangan sampai penataan makanan malah mengalihkan fokus orang dari makanan itu sendiri. Lalu memperlakukan makanan yang cepat meleleh seperti keju panas. Bahan-bahan tersebut harus mempunyai perpaduan rasa dan aroma dengan makanan pokok atau bahan satu dengan yang lainnya. adalah garnish yang terdiri dari satu bahan atau lebih. seperti crouton. cereal atau makanan-makanan yang sudah jadi. steak yang mempunyai rasa hambar ditambahkan lada hitam dan lain-lain Jenis-jenis garnish : 1. Simple Garnish. Misalnya. Sebenarnya ini berhubungan erat dengan seni. 2. Composite Garnish. saus atau es krim juga harus dengan kecepatan khusus. bread. tekstur dan kepekaan. ISI  hiasan dari timun Bahan-Bahan yang Harus Dipersiapkan Untuk Membuat Garnish Dari Buah Mentimun (Bentuk Bunga)  3 buah tusuk gigi  1 buah timun Jepang  1 buah pisau ukir kecil  1 buah piring atau alas  1 buah talenan . 8. warna. memiliki karakter masing-masing dan tidak bisa diperlakukan sama untuk dapat menimbulkan kesan yang sesuai. Setiap makanan. adalah garnish yang terdiri dari bermacam-macam bahan sebagai hiasan yang sesuai dengan makanan dasar. tart. biasanya terbuat dari sayur-sayuran. Penerapan Garnish Salah satu food stylish andalan Indonesia mengatakan bahwa makanan juga perlu didandani. Menambah rasa dan aroma yang lezat. Misalnya saja buah ceri tidak matching bila dipakai menghias ikan gurame. dan sebagainya. Soalnya kita berpacu dengan waktu.

anda bisa duduk didepan layar monitor dan siap menyimak langkah demi langkah yang akan kami jelaskan pada tutorial food art kali ini. dan bentuk seperti kerucut irisan timun yang sudah diberikan . Berikutnya. Pastikan potongan timun yang anda buat dari timun jepang ini dipotong setipis mungkin. letakan potongan diatas talenan. Lakukan hal yang sama pada semua irisan timun yang sudah anda iris. Buat beberapa potongan sesuai selera. Selanjutnya. 3. 4. Inilah Dia Cara Membuat Garnish Dari Buah Mentimun (Bentuk Bunga) 1.Jika bahan-bahan diatas sudah anda persiapkan. kemudian sayat bagian timun yang melingkar. anda bisa memulai dengan terlebih dahulu mengambil timun jepang kemudian letakan diatas talenan. 2. Langkah yang pertama. kemudian potong tipis-tipis. siapkan tusuk gigi.

6. atau menu- menu lainnya.  HIASAN DARI STRAWBERRY Cara Membuat : • . Nah. 5.sayatan. Garnish kali ini akan sangat cocok disertakan bersama dengan hidangan makanan nusantara seperti nasi kuning. Lanjutkan melakukan hal yag sama dan susun irisan timun agar membentuk seperti mahkota bunga. Bentuk beberapa irisan. Selain itu. kemudian tusuk bagian yang tersayat yang ditumpukan dengan bagian lainnya. buat beberapa tusukan bentuk bunga dan nantinya untuk mempercantik penampilannya anda bisa menancapkannya pada satu buah apel utuh agar terlihat seperti bunga yang asli. kini garnish dari buah mentimun (bentuk bunga) sudah selesai. 7. anda bisa mengaplikasikannya dirumah setelah menyimak tutorial kali ini.

Taruh mawar dengan hati-hati di atas piring dan siap dipakai untuk hiasan masakan Anda. jangan sampai putus. Ambil sebuah tomat ukuran sedang dan kupas kulitnya tipis-tipis secara melingkar menggunakan pisau tajam. iris 1/8 inci. Kupaslah sampai panjang/habis. Kemudian Potong bagian pangkalnya Pilih satu wortel untuk dijadikan kembangnya 3. 3. • Tempatkan strawberry pada sisinya dan hati-hati kipas keluar irisan. 2.tetapi tidak sepenuhnya iris dengan tipis. Gulung potongan kulit tomat sambil dibentuk. dan letakkan dengan ujungbatang bawah. Siapkan dulu 2 batang wortel 2. Ambil sedikit bagian pada wortel sekeliling wortel secara memanjang seperti pada gambar . potong lurus ke bawah untuk membendung.  HIASAN DARI WORTEL 1. Tempatkan strawberry pada papan pemotongan.  GARNIS DARI KULIT TOMAT CARA KERJA  Membuat garnish bentuk bunga mawar menggunakan tomat 1. • Gunakan pisau tajam.

3. Susun kupu-kupu di atas potongan apel lainnya. Potong secara horizontal ¼ bagian apel. Di bagian yang sudah terpotong tadi. Rekatkan dengan tusuk gigi. usahakan tangkainya jangan ikut terbuang. Terakhir selipkan kembang-kembang yang telah dibuat dengan wortelnya yang satunya tadi ke dalam celah yg telah kita buat  HIASAN DARI APEL 1.Sisihkan. Ambil wortel yang satunya lagi untuk dijadikan tiang..4. Belah dua tangkai apel untuk antene kupu-kupu. potong tapi jangan sempai putus sehingga ada celah 5. Kemudian pada bagian atas wortel irislah tipis-tipis sehingga nampak kotak-kotak 6. . iris ½ cm. 4. Usahakan tangkai apel juga ikut di bagian ini. 5. Tempelkan potongan apel sebelumnya. 2. hati-hati jangan sampai terputus (untuk membentuk kupu-kupu).

. Tarik kulit bawang sampai mekar.  HIASAN DARI CABAI BESAR a. Sayat kulit bawang menjadi 5 bagian atau lebih (dalam jumlah ganjil). Agar tidak lekas putus sewaktu menggunting. kemudian gunting cabe sepanjang 3.5 cm di atas pangkal cabe.dan rendam di air. 2 2. sisakan 1. b.   1 1.jangam sampai putus. bergantung dari besarnya cabe. Tangkai cabe biarkan saja.4 cm menurut panjangnya kea rah tangkai menjadi delapan atau dua belas helai daun bunga. c. Pilih cabe merah yang besar dan gemuk.

Pertama tuangkan coklat yang sudah dicairkan ke atas marmer atau keramik anti gores yang mempunyai unsur dingin. pastikan waktu mengscarp coklat ketebalan coklat diatur dengan benar biasanya disesuaikan dengan apa yang akan kita buat. karena kita sedang membuat Hiasan Coklat KIPAS maka ketebalan coklat sekitar 1.5 mm saja. (lembab) bila sudah didapati kondisi SET maka coklat siap diserut. coklat sudah tidak menempel lagi ditangan. dan lakukan ini didalam ruangan yang ber AC. namun juga coklat tidak kering.  HIASAN DARI COKLAT 1. 2. Kenapa harus mengunakan alas dingin dan ruang ber AC ?? alasannya adalah supaya pengerjaan pembuatan coklat jadi lebih cepat karena coklat terbantu dikeraskan dengan ruangan ber AC dan alas yang dingin. untuk diperhatikan bahwa perataan coklat ini harus dibuat selapis selapis maksudnya adalah dengan menscrap coklat dari atas kebawah secara berulang ulang sampai coklat mendapatkan tekstur yang pas (SET) cara memastikan coklat sudah SET (siap untuk diserut) adalah dengan memegang coklat. Ratakan Coklat dengan mengunakan Scrap. .

Merendam garnis ini dalam kulkas akan menghasilkan kelopak bunga yang semakin mekar dan terbuka sehingga hasilnya lebih cantik.Buat kelopak lebih kecil dibagian dalam dari kelopak pertama. doronglah dengan cepat namun pasti lurus kedepan dan lihat lah hasilnya. ulangi terus bila belum mendapatkan hasil maksimal. gunakan scarp dan posisikan sekita 30 derajat. 4. 2. hasil bunga mawar bisa direndam dengan larutan pewarna makanan sesuai selera.Bagian ini adalah yang paling menentukan. reaksi browning akan terjadi karena permukaan buah dan sayuran akan bereaksi dengan udara. Perhatikan: Jangan menyiimpan garnis dari sayuran dan buah dalam suhu ruang. Buat keratan membentuk lima kelopak di bagian permukaan. Selamat berkreasi. Rendam garnis dalam air sebelum digunakan agar tidak berubah warna menjadi kecokelatan. Sayat dibagian motif kelopak hingga terbentuk kelopak. 3. Agar Lebih menarik. Semoga berhasil. Hasilnya garnis akan berwarna kecokelatan dan tidak menarik lagi. gunakan kedua tangan untuk mendorong dan satu jari memegang ujung scarp. . Perlu diperhatikan juga coklat jangan sampai kering duluan sehingga susah untuk diserut. Kupas kentang/bengkoang/lobak. Jumlah kelopak sebaiknya lebih sedikit dan lebih kecil dari kelopak sebelumnya. 3.  HIASAN DARI KENTANG 1. keluatkan/buang bagian yang terpotong sehingga terbentuk lekukan (lihat gambar). Lakukan dengan hati-hati. sebaiknya disimpan dalam air di kulkas. Jika garnis akan digunakan lama. Perhatikan cara menyerut coklat.

html .id/2014/11/macam-macam-garnish-pendahuluan- dunia.http://dapurekaece.blogspot.co.