You are on page 1of 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester :V/1
Tema 4 : Sehat Itu Penting
Sub Tema 2 : Pola Hidup Sehat
Pembelajaran Ke :4
Alokasi Waktu : (1 x 35 menit) x Pertemuan

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI. 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI. 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI. 3 : Memahami pengetahuan aktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah.
KI. 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis,
dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan,
kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan
manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator :
 Menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan.

siswa dapat menyebutkan cara hidup selaras dengan lingkungan alam dengan percaya diri. Indikator :  Menggambar bangun datar pada bidang koordinat. C. serta menentukann letak objek berdasarkan arah mata angin. E. PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN . PPKn Kompetensi Dasar (KD) 3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.  Dengan menandai pernyataan. siswa dapat mengidentifikasi contoh aktivitas manusia yang selaras dengan lingkungan alam dengan cermat. Matematika Kompetensi Dasar (KD) 4.  Dengan mengamati gambar tentang aktivitas manusia. siswa dapat membedakan perilaku-perilaku selaras dan tidak selaras dengan lingkungan alam dengan teliti.  Menggambar bangun pada bidang koordinat.  Teks Perilaku manusia yang selaras dengan lingkungan dapat menghindarkan dari bencana. mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai lintasan. MATERI PEMBELAJARAN  Hidup selaras dengan lingkungan alam. Indikator :  Menjelaskan akibat dilanggarnya hak dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.  Gambar contoh aktivitas manusia yang selaras dengan lingkungan alam. TUJUAN PEMBELAJARAN  Dengan menjawab pertanyaan dari guru.8 Menggambar denah sederhana menggunakan skala.  Dengan latihan membuat bangun datar siswa dapat menggambar bangun datar pada bidang koordianat dengan tepat dan teliti. D.

3. 7. 3. Inti 1. 6. 3. Siswa bersama guru membuat rangkuman / 10 Menit simpulan dari kegiatan pembelajaran hari ini. Guru memberi tindak lanjut dengan mengingatkan tugas yang harus dilakukan oleh siswa dan orangtua di rumah. Siswa membaca teks bacaan tentang hidup selaras 20 Menit dengan alam untuk mencegah bencana dan mencari informasi penting didalamnya. 5. Guru melakukan apersepsi dengan bertanya tentang apa itu pola hidup sehat. 4. KEGIATAN PEMBELAJARAN ALOKASI KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN WAKTU Pendahuluan 1. Siswa mempresentasikan kesimpulan teks bacaan. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang kegiatan yang dilakukan hari ini dan apa tujuannya. Guru memberikan pesan moral dan . Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang teks bacaan. Guru mengapresiasi segala hal yang dilakukan siswa. Siswa dipandu oleh guru mencari benda-benda yang ada di sekitar yang berbentuk bangun datar lalu latihan membuat bangun datar tersebut pada koordinat. Guru membuka pertemuan dengan mengucapkan 5 Menit salam. 8.  Pendekatan : Saintifik  Metode : Permainan / simulasi. Penutup 1. diskusi. 2. tanya jawab. Guru menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka. penugasan dan ceramah. 2. F. 4. Siswa bersama kelompoknya dipandu oleh guru untuk menyimpulkan teks bacaan. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang koordinat. 2. Guru mengecek pemahaman siswa tentang pembelajaran yang dilakukan dengan tes lisan. berdoa dan mengisi daftar hadir.

Tidak percaya Menyontek mandiri. bimbingan guru rasa ingin tahu Rubrik membuat kesimpulan PERLU BAIK SEKALI BAIK CUKUP ASPEK BIMBINGAN 4 3 2 1 . ingin tahu meminta mengandalkan bantuan guru.  Gambar dan teks bacaan. 4. G. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN Rubrik membangun bangun ruang pada bidang koordinat PERLU BAIK SEKALI BAIK CUKUP ASPEK BIMBINGAN 4 3 2 1 Melakukan Seluruh langkah 75% langkah 50% langkah Dikerjakan seluruh prosedur pengerjaan pengerjaan pengerjaan tanpa dilakukan dilakukan dilakukan memperhatika n prosedur pengerjaan Jawaban lngkap Seluruh butir 75% pertanyaan 50% pertanyaan Sama sekali sesuai butir pertanyaan diisi diisi diisi tidak diisi pertanyaan Isi jawaban Seluruh jawaban 75% jawaban 50% jawaban Jawaban sama sesuai benar sesuai benar sesuai benar sesuai sekali tidak pertanyaan pertanyaan pertanyaan pertanyaan sesuai dengan pertanyaan Sikap Percaya diri. Percaya diri. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN  Buku Siswa Tema 4 : Sehat Itu Penting Kelas V (Buku tematik Terpadu Kurikulum 2013. Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa. H. Global). rasa sesekali diri. menyampaikan materi untuk pertemuan selanjutnya.

Kecermatan. dan bekerja. Kecermatan. lengkap baik. dan bekerja. dan ketepatan waktu ketepatan waktu ketepatan waktu ketepatan waktu dalam dalam dalam dalam pemenuhan pemenuhan pemenuhan pemenuhan tugas yang tugas yang tugas yang tugas yang diberikan. Kecermatan. lengkap memberikan memberikan informasi dan dapat informasi informasi singkat yang memberikan singkat yang singkat yang berguna bagi informasi berguna bagi berguna bagi pembaca singkat yang pembaca.Isi dan Keseluruhan Keseluruhan Sebagian besar Hanya sebagian Pengetahuan kesimpulan kesimpulan kesimpulan kecil dibuat dengan dibuat dengan dibuat dengan kesimpulan baik. ketelitian ketelitian ketelitian ketelitian bekerja. diberikan diberikan diberikan disertai juga menunjukan menunjukan menunjukan dengan kualitas sikap kualitas sikap kualitas sikap kreativitas yang sangat baik yang masih yang harus terus dapat terus diperbaiki ditingkatkan . dan bekerja. lengkap baik dan dapat dibuat dengan dan dapat dan dapat memberikan baik. serta pembaca berguna bagi disajikan dengan pembaca menarik Penggunaan Bahasa Bahasa Bahasa Bahasa Bahasa Indonesia yang Indonesia yang Indonesia yang Indonesia yang Indonesia yang baik dan benar baik dan benar baik dan benar baik dan benar baik dan benar digunakan digunakan digunakan digunakan dengan efisien dengan efisien dengan sangat dengan sangat dan menarik dalam efisien dalam efisien dalam dalam keseluruhan sebagian besar sebagian kecil keseluruhan penulisan penulisan penulisan penulisan Sikap Kecermatan.

...................Keterampilan Keseluruhan Keseluruhan Sebagian besar Hanya sebagian Penulisan hasil penulisan hasil penulisan hasil penulisan kecil hasil kesimpulan kesimpulan kesimpulan penulisan yang sistematis yang sistematis yang sistematis kesimpulan dan benar dan benar dan benar yang sistematis menunjukan menunjukan menunjukan dan benar keterampilan keterampilan keterampilan menunjukan penulisan yang penulisan yang penulisan yang keterampilan sangat baik.......... NIP ........................... ....... di baik terus penulisan yang atas rata-rata berkembang masih perlu kelas terus ditingkatkan Mengetahui........... Kepala Sekolah Guru Kelas V ( ) ( ) NIP ...